Biaya Kuliah di Oxford University

University of Oxford berhasil dinobatkan sebagai perguruan tinggi terbaik di dunia tahun ini. Wajar kalau calon mahasiswa internasional ingin tahu berapa biaya kuliah di Oxford University supaya bisa mengenyam pendidikan tinggi di sana.

Aktris dan Penyanyi Indonesia, Maudy Ayunda berhasil membuat iri para mahasiswa tanah air karena dia berhasil menempuh pendidikan sekaligus meraih gelar bergengsi di perguruan tinggi terbaik yang berada di Inggris itu.

University of Oxford merupakan perguruan tinggi terbaik yang diincar seluruh mahasiswa dunia karena mereka ingin sekali berkuliah di sana. Bagaimana tidak, siapa saja yang baru saja mengakhiri pendidikan SMA/K pasti berambisi untuk kuliah di Oxford University.

Tak sedikit calon mahasiswa tanah air rela menguras tenaga dan waktu untuk meraih cita-citanya dengan bersaing merebut pendidikan tinggi di sana, sedangkan persaingannya pun sangat ketat.

Untuk menempuh pendidikan di University of Oxford memang tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan. Pasalnya, kalian harus melewati hal-hal tertentu yang merupakan ketentuan dan syarat mutlak untuk disahkan sebagai mahasiswanya.

Di samping itu, beredar kabar di dunia maya kalau uang kuliah yang harus disiapkan ternyata tidak sedikit, bahkan calon mahasiswa tanah air mengurungkan niatnya karena jumlah membuat geleng-geleng kepala.

Biaya Kuliah di Oxford University

Biaya Kuliah di Oxford University
Biaya Kuliah di Oxford University

Oxford University bisa dibilang sebagai salah satu dari 10 perguruan tinggi terbaik di dunia yang kerap menciptakan persaingan ketat antar calon mahasiswa internasional. Pasalnya, siapa saja yang ingin bergabung sebagai bagian dari pelajar di sana harus melewati beragam hal cukup sulit lho.

Beberapa alumninya bahkan mengaku kalau mereka harus menjalani sesi wawancara yang setiap pertanyaannya sama sekali berada diluar logika kalian. Menarik, bukan?.

Meskipun demikian, pihak-pihak Oxford University mempunyai tujuan di balik sesi wawancara yang terkesan menyeramkan tersebut. Mereka ingin tahu apakah kalian bisa menerapkan segala aspek yang berkaitan dengan jurusan pilihanmu nanti dalam kehidupan sehari-hari.

Wajar kalau mayoritas lulusannya pasti punya prospek kerja menjanjikan dengan masa depan cerah, bahkan mereka kerap dipandang sebagai alumni perguruan tinggi terbaik yang selalu diistimewakan dalam dunia kerja.

Biaya Kuliah di Oxford University, Kenapa Jadi Pilihan Semua Orang?

Hal yang utama dalam mencari tahu soal biaya kuliah di Oxford University adalah pastikan sumbernya jelas dan terpercaya. Tak sedikit orang bimbang saat menyiapkan segalanya untuk bisa bertolak ke Inggris dan berkuliah di kampus tersebut.

Maka dari itu, kamu bisa mencari sumber terpercaya melalui pembahasan ini yang sudah dirangkum secara jelas dan ringkas. Daripada penasaran, rasa ingin tahu kalian akan dijawab melalui ulasan berikut :

Sekilas Tentang University of Oxford

University of Oxford merupakan perguruan tinggi terbaik di dunia tahun ini. Kampus tersebut menduduki urutan pertama mengalahkan beberapa perguruan tinggi bergengsi lainnya dari negara-negara lain seperti Amerika Serikat, Prancis, Jerman dan lainnya.

University of Oxford dinobatkan sebagai kampus paling bergengsi versi majalah Times Higher Education. Sebelumnya, kampus tersebut juga menempati posisi puncak sebagai universitas terbaik di dunia tahun 2020.

Penilaian tersebut dilakukan dengan mendata nyaris 1,400 perguruan tinggi di 92 negara, serta diurutkan sesuai peringkat kampus terbaik. Times Higher Education melakukan metode penilaian berdasarkan 13 kinerja yang dikalibrasi ke dalam lima bidang seperti pengajaran, penelitian, pengaruh penelitian, pandangan internasional serta transfer pengetahuan. Tak bisa dipungkiri University of Oxford berhasil memperoleh nilai tertinggi untuk kelima metode tersebut.

University of Oxford adalah kampus tertua kedua di dunia yang masih bertahan sampai sekarang. Kampus ini sudah melakukan pengajaran sejak tahun 1096 silam yang berlokasi di Oxford | Inggris.

Universitas ini mempunyai 44 fakultas dengan menghadirkan 100 perpustakan. Oleh karena itu, perpustakan milik Oxford University adalah perpustakan terpopuler di kalangan civitas akademik dunia. Jumlah mahasiswanya mencapai 22 ribu orang, sedangkan 40% dari mereka berasal dari 140 negara berbeda.

Lulusannya sukses menelurkan 11 pemenang Hadiah Nobel dalam bidang kimia, 5 dalam fisika dan 16 dalam bidang kedokteran. University of Oxford bahkan merupakan kampus terbaik yang menjadi almamater para tokok dunia seperti Stephen Hawking, Richard Dawkins, Rosamund Pike, Hugh Grant.

Penulis Oscar Wilde, Philip Pullman, Graham Greene dan Vikram Seth juga adalah para alumni kampus ini yang membuktikan popularitasnya sangat diperhitungkan.

Berapa Biaya Kuliah di Oxford University?

Dengan kualitas pendidikan yang tidak diragukan, berapa biaya kuliah di University of Oxford? Secara umum uang sekolah yang dibayarkan saat meneruskan studi di sana termasuk biaya langganan kampus dan fakultas.

Untuk Program Sarjana, anggaran yang harus disiapkan adalah sebesar GBP 9,250 atau setara dengan Rp.187 juta per tahun (mahasiswa asal Inggris dan Uni Eropa), sedangkan mahasiswa dari luar Uni Eropa harus merogoh kocek sebesar GBP 25,740 atau sekitar Rp.520 juta s/d Rp.729 juta per tahun.

Apabila kalian ingin mengambil Program Magister dan Doktoral, maka bisa siapkan budget sebesar GBP 3,545 s/d GBP 18,455 atau setara dengan Rp.71 juta s/d Rp.372 juta per tahun bagi mahasiswa asal Inggris maupun Uni Eropa.

Mahasiswa dari luar Uni Eropa juga bisa mengajukannya setelah melunasi budget senilai GBP 4,265 s/d GBP 36,065 atau sebesar Rp.86 juta sampai Rp.728 juta. Nilai tersebut belum termasuk biaya asuransi kesehatan dan mungkin berubah sewaktu-waktu berdasarkan program studi yang dipilih.

Untuk mahasiswa dari luar negara Uni Eropa biasanya bakal dikenakan uang tambahan untuk asuransi kesehatan. Dana tersebut belum termasuk biaya hidup seperti akomodasi, makanan, buku dan sejenisnya.

Mahasiwa Program Sarjana asal Inggris maupun negara-negara Uni Eropa bisa mengajukan permohonan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah Inggris, biasanya dalam bentuk pinjaman mahasiswa (student loan). Biasanya diberikan mencakup uang kuliah, bebas bunga dan bisa dibauar lagi secara bertahap pasca lulus.

Jurusan di Oxford University

Berdasarkan QS World University Rankings 2015/2016, University of Oxford mempunyai beragam subject strength sebagai berikut :

  • Ranked 1st in the world for Arts & Humanities.
  • 3rd for Social Sciences & Management.
  • 3rd for Life Sciences & Medicine.
  • 5th for Natural Sciences.
  • 9th for Engineering & Technology.

University of Oxford mempunyai jurusan-jurusan terbaik sebagai berikut :

  • Arsitektur, Bangunan dan Perencanaan.
  • Humaniora.
  • Hukum.
  • Bisnis dan Manajemen.
  • Kesehatan dan Kedokteran.
  • Ilmu Sosial dan Komunikasi.
  • Ilmu Komputer dan Matematika.
  • Pendidikan dan Pelatihan.
  • Ilmu Pengetahuan Murni dan Terapan.
  • Seni Rupa Kreatif dan Desain.
  • Rekayasa dan Teknologi.
  • Pertanian.

University of Oxford punya beberapa jenjang pendidikan seperti Undergraduate (S1), Graduate (S2) dan Continuing Education (program S1, S2 dan S3 yang menawarkan sistem pembelajaran part time basic dan digelar secara online).

Kamu harus tahu kalau University of Oxford melakukan tahap seleksi dengan menyediakan beberapa tahapan seperti seleksi dokumen (via UCAS), tes tertulis untuk beberapa jurusan, written work untuk jurusan tertentu sampai tes wawancara yang ditujukan kepada program S1.

Untuk program S2 biasanya hanya seleksi dokumen dan wawancara saja. Untuk informasi lengkapnya, silakan akses situs resmi University of Oxford via https://www.ox.ac.uk/ atau telepon di +44 1865-270000 dalam Bahasa Inggris.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...