Biaya Jasa Desain Interior

Rumah memiliki arti yang cukup mendalam. Selain sebagai tempat tinggal demi melindungi diri dari teriknya matahari ataupun basah ketika hujan tiba, setiap rumah pasti meninggalkan kenangan. Oleh sebab itu, banyak sekali masyarakat yang berususah payah mencari cara agar mereka dapat nyaman tinggal didalamnya. Ini dia biaya jasa desain interior.

Sebelum membahas lebih dalam mengenai harga jasa seorang desainer interior. Mari intip dulu apa pengertian dari desain interior itu sendiri. Memiliki arti, sebagai seni tata letak ruangan yang mencakup bagian luar ruangan agar membentuk satu kesatuan elemen yang tampak estetik serta memaksimalkan kenyamanan dalam ruangan.

Seorang desainer interior, dituntut untuk dapat menciptakan suasana nyaman nan indah dan menampilkan sisi yang menarik dari ruangan tersebut. Adapun tingkat kesulitan yang akan dihadapi oleh desainer interior berbeda-beda tergantung dari permintaan client mereka. Masalah konsultasi, bisa dilakukan secara virtual.

Contohnya, salah satu perusahaan jasa desain interior memberikan penawaran jaminan project rumah kalian akan selesai hanya dalam waktu 8 minggu. Selain itu, ada juga garansi selama 2 tahun. Bayarannya juga dapat dicicil dengan jumlah bunga kreditnya sebesar 0%. Menarik bukan? Berikut penjelasan biaya desain interior selengkapnya.

 Biaya Jasa Desain Interior

Biaya jasa desain interior
Biaya jasa desain interior

Biaya Jasa Desain Interior Bandung

Kalian yang tertarik untuk mengubah nuansa didalam rumah ataupun apartemen agar tampak lebih lega dan leluasa dalam menjalani aktivitas dalam ruangan, bisa mencoba bantuan dari desainer interior. Masalah harganya? Tidak perlu khawatir, karena  desainer profesional pasti memiliki access yang dapat membantu client mendapatkan furniture tanpa biaya mahal.

Disamping itu, biaya jasa desain interiornya sendiripun tidak kalah terjangkau seperti halnya ketika kalian membeli perabotan rumah yang disarankan oleh desainer. Tarifnya disesuaikan dengan kebutuhan bangunan dan ruangan. Namun, tidak menampik realita bahwa harganya dihitung per meter persegi bangunan.

Akan tetapi, desain ruangan yang telah ditunjukkan kepada kalian sebagai pelanggan. Bebas dilakukan penggantian pada beberapa titik tertentu maupun keseluruhan, istilahnya dikenal dengan sebutan revisi. Tenang saja, selama proses revisi berlangsung, perusahaan desain interior tidak akan meberikan biaya tambahan kepada client.

Kisaran atau estimasi harga yang diberikan oleh beberapa vendor interior rumah, mulai dari Rp 250.000,- sampai dengan tertingginya ada di nominal Rp 1.000.000 per meter persegi. Ini kalau ketentuan harga secara umum. Tapi, kalian juga bisa mendapatkan harga yang jauh lebih terjangkau, yaitu sebesar Rp 20.000,- per m2nya.

Mau tahu faktor apa saja yang mempengaruhi besarnya biaya renovasi ruangan rumah kalian? Ada dua hal yang sangat berperan penting dalam meningkatkan biaya pengeluaran desain ruangan. Pertama, luas ruangan itu sendiri. Kedua, bahan baku yang digunakan. Simak penjelasan selengkapnya dibawah ini!

1. Plywood

Material satu ini, dapat diartikan sebagai kombinasi dari berbagai lembaran kayu tipis yang kemudian direkatkan satu sama lain dengan menggunakan lem khusus dan melalui teknik press bertekanan tinggi. Plywood sendiri, sangat pas digunakan di bagian penampang luas. Berkualitas unggul, serta banyak direkomendasikan oleh para desainer interior.

Kenapa harus memilih material plywood, alasannya? Tidak lain karena harga bahan yang terjangkau. Selain itu, menurunkan resiko terjadinya perubahan bentuk bila dipasang di penampang luas arena. Berbeda dengan kayu solid yang sangat rentan berubah, plywood yang tersusun dari lembaran kayu tipis ini sangat efektif dan kokoh.

2. Kayu Solid

Bahan baku berikutnya yang sering menjadi andalan masyarakat, yaitu kayu solid. kayu solid ini, terbagi lagi menjadi beberapa bahan kayu dengan kualitas terbaik. Diantaranya ada kayu pinus, kayu mindi, kayu jati, dan kayu sungkai. Definisi dari kayu solid, yakni kayu yang bersifat padat dari hasil pemotongan bongkahan ataupun papan kayu besar.

Kalian pasti tahu dong, kalau bertanya soal keawetan tentu yang menjadi juaranya hingga saat ini adalah kayu jati. Tapi, beberapa bahan kayu solid lainnya yang telah disebutkan tidak kalah berkualitas. Contohnya kayu pinus. Sering dimanfaatkan dalam memadu padukan komposisi dalam ruangan agar tampak lebih estetik.

Selain itu, keistimewaan dari kayu pinus yakni terletak pada warna kayunya yang cerah. Berikutnya, kita bahas nilai plus dari kayu mindi. Pasti kalau ini kalian juga akan setuju, istimewanya karena harganya jauh lebih murah dibandingkan kayu jati. Menariknya lagi, perbedaan antara kayu mindi dan kayu jati tidak terlalu jauh berbeda.

So, buat kalian yang ingin ruangannya tampak memukau seperti halnya ketika menggunakan bahan baku dari kayu jati, kayu mindi dapat menjadi solusi alternatif yang tepat. Lanjut lagi ke kayu sungkai. Kalau masalah karakteristik, kayu sungkai dapat disandingkan dengan kayu pinus. Selain itu cara pengolahannya juga lebih mudah dengan kualitas yang oke punya.

3. Besi

Kayu sudah, sekarang kita gali lebih dalam lagi bahan baku besi yang cocok untuk desain interior ruangan rumah kalian. Ada beberapa besi berkualitas tinggi yang dapat dijadikan pilihan dalam mendekorasi ruangan. Pertama solid metal, kemudian hollow metal, dan terakhir adalah stainless steel.

Solid metal atau besi padat, kerap dijadikan sebagai pilihan utama dalam pembuatan furniture yang membutuhkan kondisi perlengkapan rumah yang kuat dan kokoh. Sedangkan hollow metal, digunakan dalam perabotan yang membutuhkan beban yang lebih ringan karena bagian dalamnya terdapat ruangan kosong.

Berikutnya, ada stainless steel. Stainlees tidak hanya dimanfaatkan dalam pembuatan furniture ruangan saja. Bahkan, seringkali ditemukan juga sebagai bahan dasar peralatan makan seperti sendok, garpu, dan lain sebagainya. Model besi satu ini, sudah terkenal akan kelebihannya yang mampu bertahan dari karat dan korosi.

Biaya Jasa Desain Interior Rumah

Seperti yang telah dibahas diatas. Secara umum, kalian dapat menemukan kisaran harga biaya jasa desain interior diluaran sana dengan tarif yang terbilang cukup mahal. Bukan tanpa sebab, melainkan karena dampak dari luas ruangan per meter perseginya. Bahkan, ada desiner top interior yang memberikan komponen biayanya tersendiri kepada clientnya.

Estimasi harga tidak dapat dijadikan sebagai angka valid karena dapat berubah sewaktu-waktu. Oleh karena itu, penetapan harga biaya desain interior juga bisa ditetapkan berdasarkan persentase dari keseluruhan jumlah pengerjaan. Misalnya, project rumah kalian telah selesai hingga 100%.

Maka, kurang dari angka 10%, antara 3% sampai dengan 7% fee yang nantinya akan didapatkan oleh desainer interior kalian. Akan tetapi, ada yang unik untu persoalan biaya jasa satu ini. Sebagai contoh, bila rumah yang ruangannya didekorasi menghabiskan anggaran hingga mencapai Rp 1 miliar. Desainer dapat menerima persentase sebesar 4%.

Namun, kalau buget yang dihabiskan kurang lebih sekitar Rp 500 juta. Pendapatan yang diperoleh oleh desainernya justru semakin besar. Dia bisa saja mendapatkan persentase 6 hingga 7%. Hal ini dikarenakan ada peraturan dari pemerintah setempat yang sudah mengatur sedemikian rupa agar sang client dan desainer tidak saling merugi.

Buat kalian yang masih bingung terkait hal biaya jasa desain interior, biaya jasa desain interior Bandung, dan biaya jasa desain interior rumah dapat segera konsultasikan ke desainer profesional. Informasi diatas hanya gambaran secara umumnya saja.  Baca juga biaya desain arsitek. Semoga sehat selalu untuk kita semua. Bye!