Biaya Kuliah DKV

Biaya Kuliah DKV

Seiring berjalan waktu orang-orang ingin sekali menempuh pendidikan ke jenjang lebih tinggi supaya bisa mendapat pekerjaan yang layak. Tak heran kalau jurusan DKV menjadi salah satu pilihan karena biaya kuliah DKV terbilang lebih terjangkau dibandingkan prodi mana pun.

Belakangan ini sebagian besar calon mahasiswa semakin berminat menempuh pendidikan kuliah jurusan DKV. Hal ini dikarenakan mereka mengaku bakal mendapat prospek kerja lebih menjanjikan.

Meskipun demikian, beberapa orang apalagi mahasiswa mengaku kalau uang kuliah jurusan DKV tidak berbeda daripada jurusan lainnya. Tak bisa dipungkiri calon mahasiswa mana pun harus mempersiapkan diri supaya bisa mengenyam pendidikan demi menambah ilmu pengetahuan sesuai minatnya masing-masing.

DKV menjadi pilihan terbaik bagi generasi muda yang ingin mencoba pengalaman dan suasana baru dibandingkan beragam jurusan lainnya. Calon mahasiswa sebetulnya tidak hanya berpacu membayar uang semester saja selama mengenyam bangku perkuliahan jurusan DKV.

Hal ini dikarenkan siapapun harus mengetahui daftar biaya yang tidak kalah penting diperhatikan supaya kamu bisa bertahan di kampus pilihan sampai lulus. Meski begitu, sebagian besar PTN atau PTS sudah memberlakukan sistem UKT (Uang Kuliah Tunggal) yang menyesuaikan dengan pendapatan orang tua mahasiswa masing-masing.

Biaya Kuliah DKV

Biaya Kuliah DKV
Biaya Kuliah DKV

Ketika kamu sedang berencana meneruskan studi ke jenjang lebih tinggi, masalah utama yang sering terjadi adalah bingung menentukan jurusan sesuai minat. Belakangan ini banyak calon mahasiswa mulai tertarik untuk mencoba pengalaman baru dengan menempuh pendidikan tinggi jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual).

Hal ini dikarenakan jurusan tersebut termasuk salah satu program studi (prodi) seni yang sedang naik daun sejak beberapa waktu terakhir. Kami beritahukan kalau mahasiswa mana pun harus tahu daftar biaya kuliah DKV yang dibayarkan sejak semester awal sampai akhir.

Terkait:  Biaya Buat Rumah Ukuran 6x9

Biasanya pihak kampus tidak memasukkan unsur mana pun ke dalam anggaran yang dibayarkan mahasiswa setiap bulan atau tahunnya. Hal ini dikarenakan pihak kampus tidak bisa menyediakan kebutuhan internal untuk para mahasiswa selama belajar, sedangkan kalian harus membelinya secara mandiri tanpa mengandalkan pihak fakultas atau kampus.

Biaya Kuliah DKV, Apa Saja yang Harus Dibayarkan?

Barangkali kalian ingin tahu apakah biaya kuliah DKV sama mahalnya dengan beberapa jurusan kuliah lainnya. Meskipun demikian, mahasiswa tidak selalu merogoh kocek sangat dalam supaya bisa menikmati bangku perkuliahan dengan mempelajari jurusan tersebut.

Tak bisa dipungkiri sebagian besar mahasiswa berkesempatan mendapat beasiswa untuk meringankan bebas orang tua supaya bisa belajar lebih efisien sampai lulus. Jika ingin tahu informasinya, simak ulasannya berikut :

Syarat Kuliah Jurusan DKV

Secara umum calon mahasiswa harus memenuhi beberapa persyaratan untuk menempuh pendidikan kuliah jurusan DKV. Biasanya kalian harus bisa dan suka menggambar, karena mahasiswa mana pun akan menerima tugas yang berkaitan erat dengan gambar menggambar.

Di sisi lain kalian juga harus bisa mengatur waktu atau jadwal semaksimal mungkin. Hal ini dikarenakan kalian pasti tertarik untuk mengikuti beragam kegiatan diluar rutinitas kuliah, kalian harus memanfaatkan waktu semaksimal mungkin.

Kami beritahu kalau calon mahasiswa DKV harus memenuhi persyaratan lain berupa mampu nekerja secara individu maupun tim. Pasalnya, tugas yang diberikan dosen bisa antar individu atau kelompok. Biasanya dosen akan menyuruhmu bekerja antar tim kalau tugasnya memang berat.

Secara umum tugas-tugas yang diberikan saat awal kuliah adalah membuat nirmana, menggambar bentuk objek dan lainnya (individu), sedangkan membuat animasi, iklan, film dan lainnya adalah tugas kelompok.

Syarat berikutnya adalah kalian harus punya beberapa perlengkapan kuliah seperti pensil, kertas, buku gambar, alat tulis kantor, cat sampai kuas. Kamu bahkan akan butuh alat lainnya seperti PC atau laptop, scanner, printer dll jelang semester akhir.

Terkait:  Biaya Administrasi DANA

Syarat terakhir yang harus kamu penuhi adalah kalian memang ingin belajar, bukan hanya tuntutan sebagai mahasiswa. Jangan lupa kalian harus aktif saat berada di kelas dan sebisa mungkin bertanya kalau ilmu baru yang diajarkan memang sulit dipahami.

Daftar Biaya Masuk Kuliah Jurusan DKV

Golongan Biaya Biaya / Nominal
Biaya Pendaftaran Rp.300,000
Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan (UP3) Rp.6,000,000
Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan (SDP2) Rp.3,000,000
Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) Rp.6,000,000
Biaya Sewa Asrama Rp.7,000,000
Uang Jaminan Kesehatan (JPKM) Rp.200,000
Biaya Pembuatan Jas Almamater Rp.200,000

Untuk mengenyam pendidikan tinggi jurusan DKV, kamu harus melewati ujian tertulis yang diselenggarakan pihak kampus pilihan. Namun, kamu mungkin hanya butuh nilai raport SMA/K selama 3 semester terakhir kalau melalui JPPA-N (Jalur Penelusuran Potensi Akademik Nasional).

Kami beritahukan kalau BPP merupakan anggaran yang wajib dibayar setiap semester, sedangkan biaya kuliah DKV tersebut bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan setiap PTN atau PTS di seluruh Indonesia.

Daftar Biaya Per Semester Jurusan DKV

Golongan Biaya Biaya / Nominal
Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) Rp.6,000,000
Uang Jaminan Kesehatan (JPKM) Rp.200,000

Walaupun setiap kampus punya kebijakan masing-masing, namun kalian harus membayar kedua iuran tersebut setiap semesternya. Apabila kamu tidak membayarnya, maka kamu bisa dianggap mengundurkan diri dari kampus terkait.

Seandainya kalian ingin cuti kuliah, kalian harus membayar 10% dari BPP. Kalian juga masih diakui sebagai salah satu mahasiswa jurusan DKV dari kampus terkait meski berhalangan hadir selama beberapa hari atau bulan.

Tips Kuliah Jurusan DKV

Secara umum kalian tidak boleh menyamakan dunia kuliah dengan sekolah SMA/K. Sebab, kalian akan menemukan persaingan ketat sesungguhnya dan calon mahasiswa yang masuk bersamaan belum tentu lulus pada waktu serupa.

Terkait:  Biaya Grooming Kucing

Oleh karena itu, kalian harus memanfaatkan dan mengatur waktu dengan efektif nan efisien. Jangan sampai kalian membuang waktu saat kuliah supaya bisa menuntaskan prodi dengan IPK sempurna sambil memiliki momen tak terlupakan.

Bukan rahasia umum kalau semua mahasiswa jurusan DKV atau prodi mana pun tidak boleh menunda tugas. Kalian tidak bisa mengesampingkan semua tugas dari dosen untuk kegiatan tidak penting seperti main game, nongkrong sampai bolos kuliah.

Pasalnya, semakin malas kalian kuliah, tugas yang diberikan semakin banyak. Tak bisa dipungkiri beberapa mahasiswa bahkan mendapatkan dosen pembimbing yang kurang nyaman akibat sering mengabaikan semua tugas yang diberikan.

Kami beritahu kalau kalian tidak bisa menjalankan segalanya sendiri selama kuliah. Kamu boleh bergaul dengan siapa saja selama rekan-rekan tersebut mendorongmu ke jalan benar dan memberikan dampak positif dalam kehidupan sehari-hari.

Kamu bisa bergaul dengan teman kuliah yang punya satu passion atau hobi. Tak hanya itu, kalian perlu berteman dengan dosen dan dekati mereka saat konsultasi. Mereka tidak segan memberikan nilai memuaskan selama kamu mengikuti sarannya dengan baik.

Sementara itu, kami sarankan kalian tetap menjaga kesehatan selama kuliah di jurusan DKV. Jangan pernah memaksakan diri untuk menatap layar monitor laptop atau PC terus menerus demi tugasmu kelar keseluruhan.

Kamu juga berhak istirahat supaya bisa menjalani hari-hari ke depan dan lebih fokus selama kondisi tubuhmu masih sehat. Andaikan tubuhmu sedang tidak fit, beritahu dosenmu kalau kamu sakit dan mereka akan memberikan kompensasi sampai kesehatanmu membaik.

Similar Posts