Biaya Kuliah Fisioterapi

  • Whatsapp

Secara umum biaya kuliah fisioterapi hampir sama dengan berbagai macam jurusan di bangku perkuliahan. Kalian tidak perlu menghabiskan uang banyak bahkan hingga ratusan juta rupiah untuk mengenyam pendidikan tinggi di jurusan tersebut.

Selain itu, fisioterapi masih saja dianggap remeh karena banyak orang menduga bidang tersebut berkaitan dengan tukang pijit atau tukang urut. Padahal, stigma tersebut tidak selalu benar karena prospek kerjanya cukup luas.

Beberapa orang menilai seorang lulusan fisioterapi tidak memiliki prospek kerja menjanjikan seperti jurusan kesehatan lainnya. Namun, tahukah kalian? Jurusan tersebut sebetulnya punya jenjang karir bersaing dan patut diperhitungkan lho.

Tak bisa dipungkiri salah satu profesi umum yang berhubungan erat dengan bidangnya adalah fisioterapis. Fisioterapis merupakan profesi yang menilai dan merawat beragam kondisi dimana mempengaruhi fungsi maupun gerakan tubuh secara fisik.

Barangkali kalian tidak tahu kalau jurusan fisioterapi mempelajari berbagai macam praktisi dalam sektor swasta, olahraga, rumah sakit umum, kesehatan dan kebugaran komunitas, kesehatan anak-anak sampai lansia.

Maka dari itu, kamu tidak boleh menyepelekan jurusan fisioterapi dalam dunia perkuliahan. Bukan rahasia umum kalau sebagian besar lulusannya bisa bersaing dengan alumni kampus mana pun yang semakin memadati dunia kerja dan usaha saat ini.

Biaya Kuliah Fisioterapi

Biaya Kuliah Fisioterapi
Biaya Kuliah Fisioterapi

Kami beritahu kalau jurusan fisioterapi semakin banyak ditemukan pada kampus-kampus negeri maupun swasta di Indonesia. Kalian harus tahu berapa biaya kuliah fisioterapi yang harus dikeluarkan supaya bisa menyiapkan diri sebagai calon mahasiswa nya dari sekarang.

Biasanya kalian bukan hanya membayar uang semester saja, namun juga uang pendaftaran dan uang tambahan yang harus dilunasi agar kamu dapat menuntaskan prodi sejak awal sampai akhir.

Terkait:  Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI

Dalam pembelajaran fisioterapi, semua mahasiswa nya bakal diajarkan tentang bagaimana fungsi gerak tubuh manusia seperti pergerakan sendi, tulang dan otot. Tak bisa dipungkiri kalau kuliah jurusan fisioterapi sangat berkaitan erat dengan ilmu kedokteran.

Jangan kaget kalau mayoritas lulusannya pasti dibutuhkan beberapa instansi maupun perusahaan tertentu saat ini. Sebab, risiko penularan penyakit semakin cepat antar manusia yang tidak boleh ditangani secara lamban.

Biaya Kuliah Fisioterapi, Bagaimana Jenjang Karir Lulusannya?

Barangkali kamu masih penasaran berapa biaya kuliah fisioterapi yang harus dihabiskan sejak semester awal sampai akhir. Bukan rahasia umum kalau program studinya terbilang menarik dan berhubung dengan ilmu kedokteran dan kesehatan.

Tak mustahil kalau beberapa PTN atau PTS memasang uang kuliah dalam jumlah besar bagi seluruh caloh mahasiswa jurusan fisioterapi. Daripada penasaran, silakan ikuti dan simak semua ulasannya sebagai berikut :

Apa Itu Fisioterapi?

Fisioterapi merupakan program studi yang mempelajari beragam hal soal fungsi gerak tubuh manusia mulai dari cara gerak sampai bentuk otot, tulang maupun sendi. Selain itu, program studi ini juga mendalami seputar gerak tubuh manusia maupun organ tubuh lainnya yang berperan di dalamnya.

Fisioterapi termasuk salah satu cabang dari program studi Kedokteran (Pendidikan Dokter) yang tidak bisa dipisahkan dalam dunia kesehatan dan kebugaran tubuh manusia.

Fisioterapi menggunakan energi dari alam (latihan maupun pijatan) dan gerakan mekanis seperti terapi manual, elektroterapi, biomekanik dan terapi olahraga yang diterapkan dalam memulihkan gangguan seperti luka-luka, penyakit serta meningkatkan mobilitas dan fungsi di kehidupan.

Di samping itu, fisioterapi juga dipakai untuk meningkatkan daya hidup pasien lewat pemeriksaan, prognosis dan diagnosis yang dibutuhkan para calon pasien untuk tahu jenis penyakit dideritanya.

Hal yang Dipelajari dalam Jurusan Fisioterapi

Kami informasikan bahwa perkuliahan fisioterapi mengajarkan beragam ilmu penting seperti struktur, fungsi sampai mekanisme alat gerak tubuh, khususnya soal otot, persendian dengan fungsinya masing-masing.

Terkait:  Cara Dropship di Shopee

Di sisi lain pun kalian bakal diajarkan mengenai penanganan beragam gangguan yang terjadi pada alat gerak dengan memakai alat atau tanpa bantuan apapun. Fisioterapi juga mempunyai sejumlah bidang yang berkaitan satu sama lain sebagai berikut :

  • Parademik.
  • Keperawatan.
  • Kedokteran dan Kesehatan.
  • Biokimia.
  • Ilmu Keolahragaan.
  • Manajemen RS.

Berapa Biaya Kuliah Fisioterapi?

Secara umum calon mahasiswa jurusan fisioterapi harus membayar uang pangkal, uang semester 1 (termasuk UTS, SKS dan UAS), uang kegiatan sebelum perkuliahan serta jas almamater senilai Rp.23,500,000. Di samping itu sebagian besar kampus memasang angsuran pertama sekitar Rp.3,000,000 dengan sisa angsuran per bulannya sebesar Rp.5,000,000.

Tak hanya itu, kalian harus membayar biaya semester 2 dst senilai Rp.11,000,000 per semester yang bisa dicicil sebanyak 3 kali. Meski begitu, harga tersebut mungkin bersifat dinamik dan akan berbeda di setiap PTN maupun PTS di seluruh Indonesia.

Jenis-jenis Karakter yang Sesuai di Jurusan Fisioterapi

  • Tekun.
  • Teliti.
  • Observan.
  • Terstruktur.
  • Senang berhitung.
  • Keterampilan komunikasi.
  • Keterampilan interpersonal.
  • Bisa bekerjasama dengan tim.
  • Senang menganalisis.

Prospek Kerja Jurusan Fisioterapi

Prospek kerja para lulusan prodi fisioterapi sangat luas dan terbuka lebar, khususnya di klinik maupun rumah sakit yang memberikan sekaligus menangani pelayanan fisioterapi. Lulusannya juga bisa bekerja di berbagai macam fasilitas kesehatan yang menangani sistem pelayanan kebugaran.

Di sisi lain seorang fisioterapis juga bisa menjadi konsultas fisioterapi pribadi untuk para atlet atau orang lain yang memerlukannya. Lulusan Fisioterapi mempunyai jenjang karir dengan profesi sangat beragam lho. Kalian bisa memilih salah satu bidang pekerjaan terbaik yang menjanjikan sebagai berikut :

  • Ahli Terapi Pernapasan.
  • Penyuluh Kesehatan (Health Educators).
  • Pelatih Kesehatan Atlet (Olahragawan).
  • Terapis Kelainan Penglihatan, Spesialis Orientasi, Mobilisasi dan Terapis Rehabilitasi Kesehatan.
  • Dokter Pengobatan Fisik dan Rehabilitasi.
  • Terapis Fisik.
  • Manajer Kebugaran dan Kesehatan.
  • Terapis Pekerjaan.
Terkait:  Biaya Kirim Paket ke Luar Negeri

Daftar Kampus Pilihan dengan Jurusan Fisioterapi di Indonesia

Nama Kampus Status
Universitas Indonesia Negeri
Universitas Airlangga Negeri
Universitas Hasanuddin Negeri
Universitas Udayana Negeri
Politeknik Kesehatan Makassar Negeri
Universitas Sriwijaya Negeri
Universitas Sumatera Utara Negeri
Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Negeri
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta Negeri
Universitas Riau Negeri
Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta Negeri
Universitas Esa Unggul Swasta
Universitas Muhammadiyah Malang Swasta
Universitas Kristen Indonesia Swasta
Universitas Muhammadiyah Surakarta Swasta
Institut Teknologi dan Sains Bandung Swasta
Universitas Binawan Swasta
Universitas Dhyana Pura Swasta
Universitas Islam Malang Swasta
Universitas Swadaya Gunung Jati Swasta
Universitas Prof.Dr. Moestopo Swasta
Universitas Respati Yogyakarta Swasta
Universitas Baiturrahmah Swasta
Politeknik Piksi Ganesha Swasta

Daftar Kampus Pilihan dengan Jurusan Fisioterapi di Luar Negeri

Nama Kampus Rangking (Peringkat di Benua Asal berdasarkan QS Ranking)
Eropa
University of Oxford 1
University of Zurich 22
Maastricht University 33
University of Nottingham 34
Universitat de Barcelona 69
Amerika Utara
Stanford University 2
Columbia University 11
John Hopkins University 24
University of Toronto 34
McGill University 54
Asia
National University of Singapore 1
University of Tokyo 11
Teikyo University (Fukuoka Campus) 86
National Yang Ming University 102
Asia Metropolitan University 405
Australia
University of Melbourne 2
University of Sydney 3
University of New South Wales (UNSW) 4
University of Western Australia 7
Curtin University 13

Prodi Fisioterapi sangat sesuai untuk kalian yang berminat dengan dunia anatomi tubuh manusia. Fisioterapi juga difokuskan untuk mengembalikan fungsi gerak sendi maupun otot manusia kalau terjadi gangguan.

Apabila kamu suka mempelajari ilmu biologi dan mendalami anatomi tubuh manusia, maka jurusan fisioterapi bisa menjadi prodi terbaik di kuliah nanti. Di sisi lain pun biaya kuliah fisioterapi tidak begitu mahal agar kamu dapat mendapat jenjang karir lebih menjanjikan.

Related posts