Biaya Kuliah Harvard

Biaya Kuliah Harvard

Siapa yang tidak mengenal University of Harvard? Belakangan ini mayoritas pelajar Indonesia sedang berlomba untuk bisa kuliah di sana. Tak heran kalau biaya kuliah Harvard sangat menarik dicari tahu dan dikaji lebih dalam lagi.

Hal ini dikarenakan sebagian besar calon mahasiswa internasional yang ingin menempuh pendidikan tinggi di sana pasti terbentur secara finansial. Wajar kalau persaingan ketat antar calon mahasiswa dunia nya terbilang ketat dan sulit.

Amerika Serikat merupakan salah satu negara yang mempunyai beragam perguruan tinggi kelas dunia. Harvard University menjadi salah satu kampus internasional yang didambakan banyak orang untuk bisa mengenyam pendidikan tinggi di sana.

Di samping itu, kampus elite tersebut merupakan perguruan tinggi dari 8 mantan presiden Amerika Serikat lho. Barack Obama menjadi salah satu alumni Harvard University yang popularitasnya sangat luas dan berpengaruh di dunia sampai sekarang.

Tak heran kalau Harvard University bukanlah perguruan tinggi sembarangan. Hal ini dikarenakan siapa saja yang ingin sekolah di sana harus melewati berbagai macam proses terlebih dahulu. Selain itu, kamu harus memenuhi aturan dan syarat supaya bisa berpredikat calon mahasiswanya.

Di sisi lain pun kalian sebetulnya bisa mencari informasi seputar beasiswa internasional yang membuka gerbang studi agar kamu dapat kuliah di kampus ternama dari Negeri Paman Sam tersebut.

Biaya Kuliah Harvard

Biaya Kuliah Harvard
Biaya Kuliah Harvard

Barangkali kamu tidak tahu kalau semua pelajar dunia, termasuk asal Indonesia ternyata ingin sekali kuliah di Harvard University. Mengapa? Hal ini dikarenakan kampus terbaik di Amerika Serikat tersebut punya segudang prestasi yang tidak dimiliki perguruan tinggi mana pun.

Terkait:  Biaya Homeschooling Kak Seto

Tak hanya itu, Harvard University juga berhasil menduduki peringkat ketiga sebagai kampus terbaik di dunia versi QS World University Ranking pada tahun 2019, setelah Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan Stanford University.

Ketiga kampus bergengsi tersebut berada di negara yang sama, Amerika Serikat. Tak bisa dipungkiri kalau Amerika Serikat merupakan salah satu negara yang pantas dituju dalam mengenyam pendidikan tinggi di bangku perkuliahan.

Di samping itu, sebanyak 33 dari 100 universitas terbaik di dunia ternyata berada di Amerika Serikat. Wajar kalau banyak pelajar Indonesia ingin bertolak ke Negeri Paman Sam untuk menempuh pendidikan tinggi di salah satu kampus bergengsi pilihannya masing-masing.

Biaya Kuliah Harvard, Kampus Elite Pilihan Para Pelajar Dunia

Hal yang utama sebelum mengajukan permohonan kuliah adalah pastikan kamu mencari informasi tentang biaya kuliah Harvard terlebih dahulu. Guna mencegah pemborosan anggaran selama di Amerika Serikat, kalian harus memastikan tempat tinggal dan kebutuhan apa saja yang dibutuhkan ketika tinggal di sana.

Meski begitu, pihak kampus juga menyediakan asrama bagi para mahasiswa nya lho. Penasaran, kan? Silakan simak ulasan lengkapnya berikut :

Sekilas Tentang Harvard University

Harvard University merupakan salah satu kampus terbaik dunia yang berlokasi di Cambridge | Massachusetts | Amerika Serikat yang sudah berdiri sejak tahun 1636 silam. Kampus ini merupakan perguruan tinggi tertua di Negeri Paman Sam yang termasuk salah satu tertua di dunia.

Selain itu, sebanyak 50 program sarjana, 134 program pascasarjana dan 34 program profesional yang dihadirkan Harvard University. Guna memudahkan para calon mahasiswa dalam meraih mimpi sesuai minatnya masing-masing.

Tak bisa dipungkiri bahwa alumi Harvard University paling populer adalah 8 mantan presiden Amerika Serikat dan 188 miliuner yang masih hidup sampai sekarang.

Terkait:  Biaya Transfer BNI ke BCA

Di samping itu, sebanyak 160 pemenang nobel, 18 pemenang Fields Medal dan lainnya sudah berafiliasi dengan Harvard University sebagai mahasiswa, pengajar maupun peneliti. Kampus ini juga mempunyai perpustakaan akademik terbesar di dunia yang mempunyai semua jenis buku di dalamnya.

Daftar Fakultas Kuliah Harvard University

Fakultas Tahun Berdiri
Harvard Faculty of Arts and Sciences 1636
Harvard Medical School 1782
Harvard Divinity School 1816
Harvard Law School 1817
Harvard Business School 1908
Harvard Graduate School of Design 1914
Harvard Graduate School of Education 1920
Harvard School of Public Health 1922
Kennedy School of Government 1936

Daftar Sekolah Pemberi Gelar di Harvard University

Nama Sekolah
Harvard Business School
Harvard College
Harvard School of Dental Medicine
Harvard Divinity School
Harvard Faculty of Arts and Sciences
Harvard Graduate School of Design
Harvard Graduate School of Education
Harvard Graduate School of Arts and Sciences
Harvard John A. Paulson School of Engineering and Applied Sciences
Harvard Kennedy School
Harvard Law School
Harvard Medical School
Harvard T.H. Chan School of Public Health

Daftar Biaya Kuliah Harvard University

Jenis Biaya Biaya
Biaya Kuliah dan Biaya Kursus saat Perkuliahan Rp.420,000,000
Sewa Ruangan Kuliah Rp.80,000,000
Biaya Keperluan Layanan Mahasiswa Rp.30,000,000
Biaya Asuransi Kesehatan Rp.30,000,000
Biaya Hidup di Harvard University (Kost) Rp.60,000,000
Biaya Wisuda Rp.1,000,000

Kami beritahukan kalau informasi biaya kuliah Harvard tersebut hanya gambaran kotor saja dan bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan Harvard University. Namun, kabar terbaru membuktikan kalau uang kuliah di Harvard University tahun akademik 2020/2021 yang diperlukan sebesar USD 51,925 (program sarjana).

Di samping itu, beberapa pihak mengklaim untuk kuliah secara reguler (tanpa beasiswa) dibutuhkan budget sebesar USD 45,000 atau setara dengan Rp.590 juta. Kamu berikan gambaran lainnya mengenai biaya kuliah di Harvard University tahun akademik 2019/2020 sebagai berikut :

  • Studi Penuh
    Apabila kamu bakal mengambil kuliah penuh, maka bisa menyiapkan budget sebesar USD 50,144 atau sekitar Rp.718,174,904 (kurs USD 1 = Rp.14,322) per tahun akademik.

    Di samping itu, kalian harus mengambil studi penuh jika berstatus sebagai mahasiswa internasional. Ketentuan ini didasari undang-undang Amerika Serikat agar kamu mendapatkan visa untuk bertolak ke sana.

  • Studi Paruh Waktu (Kursus)
    Jika kalian hanya mengambil beberapa kursus tertentu saja, maka kamu bisa menyiapkan anggaran sebesar USD 6,268 atau setara dengan Rp.89,771,863 per kursus. Kamu bisa menentukan bidang yang diminati atau mata pelajaran untuk dipelajari dan dikaji per kursus nya.
  • Sekolah Doktor
    Apabila kamu ingin mendaftarkan diri ke sekolah kedokteran, biasanya budget yang disiapkan sebesar USD 2,507 per semester atau setara dengan Rp.35,905,880 per semester. Selain itu, kamu harus membayar uang asuransi kesehatan sekitar USD 4,906 atau sebesar Rp.70,264,958 per semester.

Bisakah Kuliah di Harvard University dengan Beasiswa?

Di sisi lain pun mahasiswa Harvard University yang mengikuti program kuliah tahun akademik 2018/2019 harus menghabiskan budget tanpa keringanan sebesar USD 46,340 di tambah fees sekitar USD 4,195.

Akan tetapi, mahasiswa dengan program beasiswa hanya membayar uang pendidikan sebesar USD 12,000 per tahun. Tak bisa dipungkiri sebanyak 55 persen mahasiswa Harvard University juga mendapatkan beasiswa sesuai kebutuhan dengan rata-rata anggaran mencapai USD 53,000 per tahun.

Apabila kamu ingin tahu lebih dalam soal biaya kuliah Harvard, kamu harus mempunyai net price calculator yang bisa diakses melalui situs resmi Harvard University via https://www.hardvard.edu/. Di sana, kamu akan diminta memaskkan data keuangan keluarga secara detail lho.

Kalkulator tersebut bakal menghitung perkiraan budget yang harus dibayar setiap calon mahasiswa untuk menempuh pendidikan tinggi sesuai jurusan atau prodi pilihan masing-masing di Harvard University.

Terkait:  Biaya Ganti Thermal Paste Laptop

Similar Posts