Biaya JNE per Kg

  • Whatsapp

Mengirim barang ke berbagai pelosok di Indonesia, why not? Ucapan tersebut, kini bukan hanya sekedar bualan belaka. Buktinya, pengiriman barang kalian dapat terselesaikan hanya dalam hitungan hari saja. Bahkan, beberapa diantaranya sampai ke alamat tujuan di hari yang sama dengan pemesanan barang. Ini dia biaya JNE per Kg.

Buat kalian yang gemar melakukan browsing barang-barang mulai dari perlengkapan rumah sampai dengan kebutuhan yang sifatnya lebih privacy via online. Bisa nih, coba menggunakan jasa kirim barang dari perusahaan JNE. Selain sudah terbukti aman, barang kalian akan sampai dalam kondisi utuh tanpa ada lubang hasil tusukan oleh sang kurir.

Read More

Karena biasanya, beberapa perusahaan lain tidak terlalu memberikan peringatan yang ketat kepada sang kurir untuk tidak merusak atau mencoba mencari tahu isi dari paketan tersebut. Memang, ada benarnya juga. Takutnya, didalam paket berisi barang hasil penyelendupan yang bersifat ilegal.

Akan tetapi, dilain sisi perilaku sang kurir sama saja dengan merusak kepercayaan pelanggan yang memakai jasa ekspedisi tersebut. Oleh karena itu, perusahan JNE memberikan packaging tambahan berupa plastik untuk menjaga keamanan serta memastikan agar barang diterima tanpa merukak privacy  dari penerimanya. Berikut, biaya JNE per Kg.

Biaya JNE per Kg

Biaya JNE per Kg
Biaya JNE per Kg

Tarif JNE per Kg 2021

Sebelum membahas berapa sih tarif JNE per Kg di tahun 2021? Nah, coba kita sedikit kenalan dulu sama asal usul dari berdirinya perusahaan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir ini. Mulai didirikan pada tahun 1990, terfokus dalam urusan pelayanan jasa kepabeanan terutama dalam layanan import, membuat tanggung jawab JNE semakin besar.

Tidak hanya bertanggung jawab kepada para pelanggannya saja, beberapa partner kerja JNE yang turut andil membantu meningkatkan keberhasilan perusahaan juga perlu dipertimbangkan. Terlebih, tanpa bantuan dari para mitra kerja, JNE akan sulit bergerak lebih cepat dalam memberikan kualitas terbaiknya.

Terkait:  Biaya Kirim Paket JNE

Oleh karena itu, terhitumg hingga saat ini sebanyak 6.000 lokasi kota besar di Indonesia mampu digapai oleh JNE untuk mempermudah jaringan pengiriman barang ke lokasi tujuan. Adapun jumlah karyawannya, bisa mencapai lebih dari 40.000 orang ditambah dengan lebih dari 150 lokasi JNe telah tersambung dengan sistem komunikasi on-line.

Handalnya JNE ini, dapat kalian buktikan dengan adanya berbagai macam penghargaan yang telah diraih oleh perusahaan. Selain itu, perusahaan juga telah menerima sertifikasi ISO 9001:2008 untuk kriteria sistem manajemen mutu. Kantor pusatnya berlokasi di Jakarta Barat tepatnya Jl. Tomang Raya No. 11.

Nah..untuk jenis pelayanan yang ditawarkan oleh PT Jalur Nugraha Ekakurir, mereka memberikan opsi sebanyak empat macam jenis layanan yang bisa digunakan oleh para pelanggan. Pertama, regular atau REG. Kedua ada Ongkos Kirim Ekonomis atau OKE, super speed  atau SS, dan yang terakhir adalah Yakin Esok Sampai atau YES.

Diantara keempat pilihan layanan pengiriman tersebut, waktu tiba di lokasi tujuannya berbeda-beda. Contohnya, layanan YES maksimal barang sampai yakni satu hari. Lalu, OKE selama 7 hari jam kerja, reguler selama 2 hingga 4 hari lamanya. Terakhir, SS diperuntukkan bagi pelanggan yang butuh barangnya sampai di hari yang sama alias 24 jam saja.

Selain waktu sampainya yang beda, harga setiap layanannya juga berbeda. Tapi, kebanyakan dari kalian pasti lebih memilih menggunakan jenis layanan REG atau regular. Bagi pelanggan yang melakukan pengiriman barang dari Jakarta hingga ke beberapa kota besar yang ada di Indonesia, perlu menyimak penjelasan berikut ini!

  • Jakarta-Bandung  muatan 1 Kg, sebesar Rp 11.000,-
  • Jakarta-Palembang muatan 1 Kg, sebesar Rp 22.000,-
  • Jakarta-Yogyakarta muatan 1 Kg, sebesar Rp 18.000,-
  • Jakarta-Surabaya muatan 1 Kg, sebesar Rp 19.000,-
  • Jakarta-Denpasar muatan 1 Kg, sebesar Rp 28.000,-
  • Jakarta-Palembang muatan 1 Kg sebesar Rp 22.000,-
  • Jakarta-Samarinda muatan 1 Kg sebesar Rp 55.000,-
  • Jakarta-Medan muatan 1 Kg, sebesar Rp 37.000,-
  • Jakarta-Merauke muatan 1 Kg, sebesar Rp 150.000,-
Terkait:  Biaya Bikin STNK Hilang

Biaya Ongkir JNE per Kg

Setelah pembahasan diatas menjelaskan berapa nominal yang perlu kalian setorkan saat melakukan transaksi pengiriman barang rute Jakarta hingga ke beberapa kota besar di Indonesia. Berikutnya. akan dibahas berapa angka rupiah dari biaya ongkir JNE per Kg dari 4 jenis layanan yang ditawarkan oleh pihak perusahaan.

Pertama, mulai dari jenis layanan yang menjadi andalan masyarakat dalam persoalan ongkos kirim yang terjangkau. Ya, JNE REG atau reguler. Layanan ini, menawarkan estimasi lama pengiriman sekitar 1 sampai dengan 7 hari kerja. Sayangnya, layanan REG tidak memberikan garansi uang kembali kepada pelanggan bila terjadi kecelakaan pada barang.

Contohnya, pengiriman yang dilakukan dari Purwokerto, Jawa Tengah ke kota besar yang ada di wilayah Jawa Barat, Bekasi. Tarif regular per Kgnya, mencapai angka Rp 22.000,-. Akan tetapi, dengan harga tersebut kalian hanya perlu menunggu selama 1 hingga 2 hari saja untuk mendapatkan barang kiriman sampai ke alamat tujuan.

Tidak butuh waktu lama. Apalagi kalau kalian menggunakan layanan YES yang hanya membutuhkan estimasi waktu selama 24 jam saja.  Namun, biaya per Kgnya terbilang cukup mahal. 1 Kg barang dikenakan harga sebesar Rp 34.000,- untuk rute pengiriman Purwokerto-Bekasi. Selain itu, terdapat garansi uang kembali, bila terjadi keterlambatan.

Berikutnya, kita beralih ke layanan OKE. Sesuai dengan julukannya, OKE yang merupakan kepanjangan dari Ongkos Kirim Ekonomis memang terbukti memberikan ongkir termurah dari ketiga jenis layanan lainnya. Masih dengan anggapan rute Pwt-Bks. Tarif untuk layanan OKE, sekitar Rp 20.000,-/Kgnya. Lebih hemat bukan?

Sayangnya, estimasi pengirimannya berlangsung cukup lama dibandingkan REG. Dimana perusahaan membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 hari kerja supaya paket kalian sampai di alamat tujuan. Namun, ada satu jenis layanan lainnya lagi buat kalian yang ingin melakukan pengiriman barang dalam jumlah besar. Minimum beratnya mencapai 5 Kg.

Terkait:  Biaya Konsultasi Hukum

Layanan tersebut dikenal dengan sebutan JTR. Ada JTR utnuk kapasitas barang mencapai 250 Kg. Kemudian, JTR <150 Kg, dan JTR>250 Kg. Masing-masing jenis JTR tersebut, menawarkan harga yang berbeda. Selain itu, bila dihitung, justru jauh lebih murah dibandingkan 3 layanan yang telah disebutkan sebelumnya.

Misalnya, kalian mengirimkan paketan dengan bobot barang mencapai 5 Kg pas. Nah, maka ongkos kirim yang perlu kalian bayarkan hanya sebesar Rp 50.000,- saja. Padahal, bila dihitung berdasarkan satuan Kg dengan rute yang sama yaitu Pwt-Bks, harusnya jumlah yang dibayarkan sekitar Rp 100.000,- menggunakan layanan OKE.

Terlihat bukan hematnya? Kalian bisa saving ongkos mencapai 50%. Bahkan, estimasi pengirimannya juga sama dengan layanan OKE, yaitu berkisar 2-3 hari kerja. Jadi, tidak perlu khawatir karena terkesan jauh lebih murah maka waktu sampai barangnya juga akan jauh lebih lama dari layanan REG, OKE, dan YES.

Kalau JTR <150 Kg, ongkirnya sebesar Rp 700.000,- dengan lamanya waktu pengiriman yaitu, 2-3 hari kerja. Lalu, disusul layanan JTR 250 Kg. Tarifnya mencapai angka Rp 1.200.000,-.  Terakhir, JTR >250 Kg dikenankan biaya sebesar Rp 1.600.000,-. Intinya, semakin berat bobot paketan kalian, maka semakin hemat ongkos kirimnya.

Itulah informasi biaya JNE per Kg, tarif JNE per Kg 2021, dan biaya ongkir JNE per Kg pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa mampir juga ke artikel terkait biaya JNE trucking. Sampai jumpa…

Related posts