Biaya Kuliah Teknik Perminyakan

Biaya Kuliah Teknik Perminyakan

Hal utama yang harus diperhatikan sebelum mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa adalah menentukan jurusan pilihannya. Namun, belakangan ini banyak orang ingin tahu biaya kuliah teknik perminyakan karena dianggap kompetitif.

Barangkali kamu penasaran mengapa beberapa calon mahasiswa tertarik mengambil program studi tersebut. Hal ini dikarenakan sebagian besar dari mereka mengklaim jurusan teknik perminyakan punya prospek kerja sangat menggiurkan.

Teknik Perminyakan bisa dibilang sebagai salah satu jurusan kuliah yang patut diperhitungkan lho. Hal ini dikarenakan sebagian besar kampus negeri maupun swasta tidak punya program studinya sampai sekarang.

Kamu bahkan bisa mempelajari berbagai macam informasi dan pengetahuan yang tidak dimiliki jurusan kuliah mana pun. Wajar kalau siapa saja yang ingin kuliah jenjang Sarjana (S1) pasti berminat mengambil jurusan tersebut sebagai pilihan utama mereka.

Meskipun demikian, kalian tidak hanya sekadar kuliah dan menyandang gelar di belakang nama saja. Kamu harus tahu apakah jurusan pilihanmu memberikan masa depan cerah dengan prospek kerja terbaik.

Oleh karena itu, teknik perminyakan adalah program studi tepat untuk kalian yang sedang mencari jurusan kuliah dengan prospek kerja menjanjikan. Kamu bahkan tidak sekadar bekerja di dalam negeri, namun juga di luar negeri dengan gaji sampai ratusan juta rupiah.

Biaya Kuliah Teknik Perminyakan

Biaya Kuliah Teknik Perminyakan
Biaya Kuliah Teknik Perminyakan

Barangkali kamu menganggap biaya kuliah teknik perminyakan sama dengan jurusan lainnya. Padahal sebetulnya kuliah program studi tersebut bisa dibilang butuh anggaran cukup besar karena cukup langka alias tidak ditemukan pada kampus mana pun.

Terkait:  Biaya Transfer ATM Link

Akan tetapi, kalian tidak perlu khawatir karena lulusan teknik perminyakan punya kesempatan berkarir sangat luas dengan menempati jabatan pada posisi tertentu yang gajinya terbilang sangat menggiurkan lho.

Di Indonesia, teknik perminyakan merupakan salah satu jurusan yang jarang ditemukan pada kampus negeri atau swasta mana pun. Kalian bisa menempuh pendidikan ke jenjang S1 jurusan teknik perminyakan di Universitas Pertamina (UP) yang berlokasi di Jakarta.

Kampus tersebut merupakan salah satu dari sebagian kecil perguruan tinggi yang menyediakan prodi teknik perminyakan, sedangkan masa belajarnya normal sehingga kamu dapat langsung bekerja setelah lulus kuliah nanti.

Biaya Kuliah Teknik Perminyakan, Bisakah Kuliah ke Luar Negeri?

Kalian mungkin penasaran apakah kuliah teknik perminyakan bisa di luar negeri atau tidak. Kamu harus tahu kalau prodi tersebut bukan hanya terdapat di Indonesia saja, namun juga negara-negara lain yang tidak kalah bagus dalam menawarkan prospek kerja terbaik seperti Australia, Cina sampai Amerika Serikat.

Beberapa negara bahkan menawarkan gaji tinggi sampai ratusan juta rupiah untuk lulusan teknik perminyakan yang segalanya bisa diketahui seperti berikut :

Apa Itu Jurusan Teknik Perminyakan?

Secara umum teknik perminyakan merupakan salah satu jurusan pertambangan dari luar negeri yang punya keahlian dalam berkarir pada sektor pertambangan maupun eksplorasi gas beserta minyak. Kamu bakal memperoleh beragam keuntujngan secara personal maupun profesional selama berkarir dalam jurusan tersebut.

Kamu bahkan bisa mempelajari sektor pertambangan dan menghasilkan berbagai macam logam dan mineral yang berperan penting terhadap kehidupan manusia seperti intan, mangan, tembaga, nikel, emas, timah dan lainnya.

Kamu juga akan mempelajari dan mengetahui beberapa komoditas penting yang menjadi sumber energi global yang sangat vital. Tak bisa dipungkiri gas dan minyak bahkan menjadi alasan terjadi konflik bersenjata beberapa negara di seluruh dunia.

Terkait:  Biaya Admin ATM Bersama

Hal ini dikarenakan sifat utamanya sangat penting dan sektornya masih kekurangan individu dengan kompetensi tinggi. Maka dari itu, lulusan teknik perminyakan dan pertambangan sangat dibutuhkan dalam mengembangkan sektor tersebut.

Biaya Kuliah Teknik Perminyakan di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina menjadi salah satu kampus unggulan yang menghadirkan jurusan teknik perminyakan bagi calon mahasiswanya di seluruh Indonesia. Secara umum kalian harus membayar uang kuliah sebesar Rp.10 juta (Sumbangan Pengembangan Industri) yang dibayarkan sekali.

Sedangkan uang per semesternya senilai Rp.10 juta. Universitas Pertamina merupakan kampus terbaik yang menghadirkan jurusan teknik perminyakan karena berada di bawah naungan PT.Pertamina (Persero).

Mengapa Kuliah Jurusan Teknik Perminyakan?

Beberapa orang merasa tertarik menempuh pendidikan tinggi jurusan teknik perminyakan karena menawarkan potensi penghasilan sangat tinggi. Bukan rahasia umum bahwa siapa saja yang berhasil menempatkan diri sebagai salah satu karyawan PT.Pertamina atau perusahaan sejenisnya, bisa mendapat gaji sampai puluhan juta rupiah.

Tak hanya itu, seiring berjalan waktu kemajuan teknologi pada sektor migas dan pertambangan sangat pesat sehingga lulusannya dapat dibutuhkan dan diserap dengan cepat.

Sementara itu, para lulusan teknik perminyakan akan memiliki jenjang karir sangat luas karena kalian tidak mungkin sulit mencari pekerjaan. Hal ini dikarenakan kamu bisa bekerja di BUMN, kementerian atau lembaga sampai perusahaan swasta seperti perusahaan tambang atau migas nasional serta internasional.

Kamu juga bisa berkarir di negeri orang yang merupakan target utama para lulusan dalam negeri karena menawarkan gaji besar sampai ratusan juta rupiah.

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Teknik Perminyakan?

Biasanya mahasiswa akan mempelajari tentang eksplorasi, geologi serta gas bumi dan mineral pada semester-semester awal. Namun, kamu akan mengetahui mata kuliah penting lainnya seperti berikut :

  • Geologi Dasar.
  • Kalkulus.
  • Matematika Teknik.
  • Pengantar Teknologi SDA.
  • Manajemen Pertambangan.
  • Dasar Metalurgi.
  • Mekanika Batuan.
  • Ekonomi Pertambangan.
  • Geoteknik.
  • Teknik Peledakan.
  • Fisika Teknik.
  • Teknik Gas Bumi.
  • Geomorfologi.
  • Teknik Reservoir.
  • Evaluasi Proyek Pertambangan/Mineral dan Gas.
Terkait:  Biaya Kartu ATM BCA

Karakter yang Sesuai di Jurusan Teknik Perminyakan

  • Fleksibel.
  • Aktif.
  • Kritis.
  • Bisa bekerjasama dengan tim.
  • Beradaptasi dengan cepat.
  • Gemar mempelajari matematika dan sains.

Kampus Terbaik yang Punya Jurusan Teknik Perminyakan di Luar Negeri

Universitas Lokasi Ranking Dunia Per Jurusan
Colorado School of Mines Amerika Serikat 1
Curtin University Australia 2
McGill University Kanada 3
The University of Western Australia Australia 4
The University of Queensland Australia 5
The University of New South Wales (UNSW) Australia 6
Queen’s University at Kingston Kanada 7
Universidad de Chile Chile 8
University of British Columbia Kanada 8
Pennsylvania State University Amerika Serikat 1

Kamu juga bisa meneruskan kuliah ke jenjang lebih tinggi dengan mengambil prodi teknik pertambangan dan migas dengan menentukan salah satu negara tujuan seperti berikut :

  • Arab Saudi.
  • Belanda.
  • Rusia.
  • Prancis.
  • Jerman.
  • Afrika Selatan.
  • Norwegia.
  • Italia.
  • Meksiko.
  • Cina.

Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Teknik Perminyakan

Pekerjaan Perkiraan Gaji
Insinyur Perminyakan USD 61,000 s/d USD 170,000 per tahun
Insinyur Pengeboran USD 76,000 s/d USD 180,000 per tahun
Insinyur Reservoir USD 77,000 s/d USD 176,000 per tahun
Ahli Geologi Perminyakan USD 65,000 s/d USD 170,000 per tahun
Insinyur Pertambangan USD 55,000 s/d USD 117,000 per tahun
Ahli Geologi Teknik USD 40,000 s/d USD 113,000 per tahun
Insinyur Energi USD 53,000 s/d USD 94,000 per tahun

Untuk menempuh pendidikan tinggi jurusan teknik perminyakan, kalian harus menghabiskan waktu selama 3-4 tahun untuk meraih gelar Sarjana (S1). Apabila kamu sudah menuntaskan kuliah jenjang sarjana, maka kamu bisa mengambil jenjang S2 (Magister) selama dua tahun dengan biaya kuliah teknik perminyakan seimbang dengan gaji yang bakal kamu dapatkan nanti.

Similar Posts