Biaya Transfer Antar Bank BRI

biaya transfer antar bank BRI
biaya transfer antar bank BRI

Menyelesaikan persoalan transaksi, kini tidak membutuhkan waktu hingga berhari-hari. Cukup dengan menekan nominal yang akan kalian transfer ke rekening tujuan, maka pembayaran akan terselesaikan hanya dalam hitungan menit. Hal tersebut juga berlaku untuk para nasabah bank BRI. Berikut, biaya transfer antar bank BRI selengkapnya.

Bank BRI merupakan salah satu perusahaan perbankan milik negara Indonesia. Sesuai dengan namanya Bank Rakyat Indonesia. Bank ini dibangun semata-mata untuk menjamin kemajuan perekonomian rakyat di Indonesia. Pertama kali dibangun pada tahun 1895 oleh seorang bernama Raden Bei Aria Wirjaatmadja di Purwokerto, Jawa Tengah.

Read More

Hingga kini, sudah terdapat 5 anak perusahaan yang bergerak dibawah naungan dari bank BRI. Pertama, ada PT Bank BRI Syariah, kemudian PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk, lalu BRI Remittance Co. Ltd, PT Asuransi BRI Life, dan PT BRI Multifinance Indonesia. Rata-rata semuanya bergerak di bidang perbankan ataupun asuransi.

Tercatat di tahun 2017, sektor yang mendominasi pinjaman bank dimiliki oleh sektor perdagangan hingga mencapai persentase sebesar 34,32% dengan nilai rupiah sebanyak 193,7 triliun. Karena alasan tersebut juga lah, BRI berinisiatif mengembangkan keuangan berkelanjutan Indonesia atau dikenal sebagai First Step to Be A Suistanable Finance.

Biaya Transfer Antar Bank BRI

biaya transfer antar bank BRI
biaya transfer antar bank BRI

Biaya Transfer BRI ke BRI

Secara umum, transaksi yang dilakukan dari satu bank yang sama, tidak akan dikenakan charge atau biaya administrasi. Sehingga, tidak ada potongan untuk biaya adminnya. Akan tetapi, dalam kondisi tertentu seseorang dapat terkena beban biaya admin ketika melakukan transfer ke rekening yang sama untuk negara yang berbeda.

Namun, sejak peraturan di tahun 2021, BRI mulai menerapkan biaya transaksi sebesar Rp 1.000,- ke pengguna tabungan bank BRI. Berikut adalah nominal pembayaran yang harus disetorkan oleh pentransfer saat melakukan proses transaksi menggunakan rekening BRI.

Terkait:  Biaya Transfer BRI ke Bank Lain
Warkat BI to BRI rates (Rp) BRI to Customer (Rp) Explanation
KLIRING
Customer 750/transaksi 5.000/transaksi
Non Customer 750/transaksi 5.000/transaksi
REJECTED INQUIRY
Insufficient balance 1.000/transaksi 125.000/transaksi
Other reason 1.000/transaksi 125.000/transaksi
RTGS
Customer 9.000 (06:30-10:00 WIB)

18.000 (10:00-14:00 WIB)

23.000 (14:00-cut off)

30.000
Non Cutomer 35.000
BI-SSS
BI-SSS 23.000/transaksi 33.300/transaksi Termasuk 10%VAT dan biaya agen
BI-ETP
Shipping offer/bidding 23.000/transaksi
Bidding correction 23.000/transaksi
Acceptance or denial of transaction 23.000/transaksi

Akan tetapi, kalian tidak perlu khawatir. Bagi yang ingin terbebas dari biaya admin, dapat melakukan transaksi melalui aplikasi digital  milik BRI yakni, BRImo. Selain aplikasi tersebut, ada juga aplikasi transfer lainnya yang telah didukung oleh OJK untuk persoalan transfer di masalah keuangan. Ya, aplikasi yang dimaksud adalah Flip.

Oleh karena itu, meskipun dari pihak perbankan dikenakan biaya transaksi ke sesama pengguna kartu ATM BRI. Ada trik yang bisa kalian gunakan untuk menghindari bayaran tambahan diluar nominal yang hendak ditransfer. Salah satunya seperti yang telah disebutkan sebelumnya, yakni menggunakan aplikasi berbasis digital.

Kenapa bank BRI kini mengadakan tambahan biaya untuk transaksi ke sesama bank BRI? Padahal, sebelumnya biaya admin hanya dikenakna kepada nasabah yang melakukan transaksi ke rekening bank lain. Lebih lanjut alasannya dikarenakan, pihak bank ingin meningkatkan kualitas dari pelayanan yang nantinya juga akan ikut dirasakan oleh nasabah.

Biaya Transfer BRI ke Bank Lain

Kalau biaya transfer BRI ke bank lain, secara umum kalian pasti sudah tau konsekuensi yang harus dihadapi oleh pihak pentransfer. Apalagi, terkadang biaya yang harus ditanggung oleh pihak pengirim akan berbeda tergantung dari bank yang dipakai oleh rekening penerima. Berikut biaya transaksi BRI ke bank lain di tahun 2020.

Tercatat pada tahun 2020, BRI mengadakan biaya transfer antar bank BRI ke bank lainnya yang ada di Indonesia kurang lebih sekitar Rp 6.500,-. Harga tersebut, berlaku untuk pengiriman yang dilakukan ke bank Mandiri dan BCA via ATM, interntet banking, mobile banking, hingga SMS banking sekalipun.

Namun, biaya transfer ke rekening bank BNI dari BRI, akan lebih rendah senilai Rp 4.000,- jika menggunakan ATM Link Himabara Merah Putih. Sedangkan data biaya transaksi BRI terbaru di tahun 2021, menunjukkan adanya perubahan yang terbilang cukup signifikan. Dan, beberapa nasabah BRI mungkin masih belum mengetahui informasi satu ini.

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa layanan transfer ke sesama pemegang kartu ATM BRI saja dikenakan biaya hingga sebesar Rp 1.000,-. Lalu bagaimana nasib pentransfer jika hendak melakukan transaksi ke rekening yang berbeda milik negara atau perseroan dari pihak swasta? Simak penjelasannya dibawah ini!

Biaya transfer BRI ke BNI

Jenis transaksi Biaya (Rp)
Biaya transfer BRI ke bank BNI di ATM bersama 6.500
Biaya transfer BRI ke BNI di ATM Link 4.000
Biaya transfer BRI ke BNI di SMS Banking 6.500
Biaya transfer BRI ke BNI di Internet Banking 6.500
Biaya transfer BRI ke BNI di Mobile Banking 6.500
Biaya transfer BRI ke BNI di Kliring 5.000
Biaya transfer BRI ke BNI di RTGS 25.000

Biaya transfer BRI ke Mandiri

Jenis transaksi Biaya (Rp)
Biaya transfer BRI ke bank Mandiri di ATM bersama 6.500
Biaya transfer BRI ke Mandiri di ATM Link Himbara Merah Putih 4.000
Biaya transfer BRI ke Mandiri di SMS Banking 6.500
Biaya transfer BRI ke Mandiri di Internet Banking 6.500
Biaya transfer BRI ke Mandiri di Mobile Banking 6.500
Biaya transfer BRI ke Mandiri di Kliring 5.000
Biaya transfer BRI ke Mandiri di RTGS 25.000

 Sedangkan untuk biaya transfer antar bank BRI ke BCA, sama halnya seperti tarif yang berlaku ketika melakukan proses transaksi dari bank BRI ke bank Mandiri.Berbeda lagi jika kalian menggunakan jalur aplikasi mobile yang memang dikhususkan untuk menghindari biaya admin yang dapat dikatakan cukup memberatkan pihak nasabah.

Umumnya, ketika aplikasi tersebut dioperasikan yang tertera selain nominal rupiah yang hendak ditransfer ada juga angka unik. Angka tersebut, nantinya berperan sebagai pengganti tarif normal yang perlu disetorkan oleh pihak pengirim. Angka atau kode unik tersebut, umumnya hanya terdiri dari dua hingga tiga digit.

Akan tetapi, sebelum kalian memutuskan menggunakan aplikasi pengiriman uang selain dari mobile banking yang disediakan oleh pihak perusahaan bank BRI. Pastikan kemanan data diri kalian terjaga ketika melakukan proses transaksi. Selain itu, perhatikan juga rating yang diberikan oleh para pengguna apakah cukup memuaskan atau tidak.

Kalian yang ingin mencoba memanfaatkan aplikasi selain dari mobile banking BRI atau dikenal dengan BRImo ini, pastikan pilih aplikasinya yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, kalau ingin melakukan transaksi hingga ke luar negeri tanpa biaya admin. Gunakan aplikasi yang mendukung untuk melakukan pengiriman ke negara yang dituju.

Biasanya, kalian dapat mengeceknya di bagian deskripsi dari aplikasi tersebut. Namun, disarankan untuk menggunakan aplikasi mobile banking resmi bawaan dari bank yang digunakan. Misalnya, kalau nasabah BRI maka sebaiknya menggunakan BRImo. Aplikasi lainnya, dipakai hanya ketika transaksi berlangsung dalam nominal yang rendah.

Hal tersebut, guna menghindari terjadinya kebocoran data diri pengguna aplikasi. Apalagi, banyak sekali kejahatan dunia maya atau yang lebih dikenal dengan istilah cybercrime berlalu lalang tanpa henti mencari korbannya. Oleh karena itu, kalian yang kini tinggal di jaman serba canggih perlu lebih waspada dan meningkatkan kesadaran teknologi.

Sekian informasi mengenai biaya transfer antar bank BRI, biaya transfer BRI ke BRI dan biaya transfer BRI ke bank lain. Semoga bermanfaat dan simak juga penjelasan biaya transfer antar bank BCA. See ya!

Related posts