Biaya Liburan ke Singapura

Biaya Liburan ke Singapura
Biaya Liburan ke Singapura

Bagi orang Indonesia mungkin liburan ke Singapura merupakan sesuatu yang sangat seru. Namun, banyak pelancong tanah air belum tahu biaya liburan ke Singapura yang harus dikeluarkan selama berada di sana.

Orang Indonesia bisa dibilang tidak asing dengan liburan ke luar negeri seperti Malaysia dan Thailand. Namun, beberapa dari mereka bahkan kamu sendiri tidak tahu bahwa negara tetangga kita, Singapura memiliki panorama alam lebih baik dan menakjubkan lho.

Singapura merupakan sebuah negara kota yang ukurannya terbilang kecil lho. Meski begitu, Negeri Singa bisa dibilang sebagai satu-satunya negara maju di Asia Tenggara karena punya sektor ekonomi dan pembangunan canggih nan modern.

Singapura berhasil mengalahkan negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Vietnam, Filipina, Malaysia, Thailand serta Indonesia sebagai negara maju di ASEAN, sedangkan dirinya mampu mensejajarkan diri dengan negara maju di Asia lainnya seperti Korea Selatan dan Jepang saat ini.

Oleh karena itu, kehebatannya sebagai satu-satunya negara maju di Asia Tenggara membuat siapa saja ingin sekali menginjakkan kakinya di Singapura. Negeri Singa menawarkan berbagai macam keindahan alam dengan panoramanya yang menakjubkan.

Kami pastikan kalian akan betah bahkan enggan kembali ke Indonesia karena suasananya sangat tenteram dan tenang. Kamu bahkan akan tahu kehidupan metropolitan sesungguhnya yang berhasil mengalahkan Jakarta sampai sekarang.

Biaya Liburan ke Singapura

Biaya Liburan ke Singapura
Biaya Liburan ke Singapura

Singapura merupakan sebuah negara kota yang luas wilayahnya tidak lebih dari 1,000 km2. Tak bisa dipungkiri keindahan kota dengan gemerlapnya kehidupan di sana membuat siapa saja berasumsi kalau biaya liburan ke Singapura sangat mahal, namun sebenarnya tidak selalu benar.

Terkait:  Biaya Ganti Minyak Rem Mobil

Pasalnya, Indonesia merupakan satu-satunya negara tetangga yang paling dekat dengan Singapura karena berbatasan langsung dengan Provinsi Kepulauan Riau dan Selat Malaka.

Singapura menjadi negara maju yang menyita perhatian masyarakat dunia. Negeri Singa sendiri mempunyai beragam agama dan etnis yang dianut seluruh lapisan masyarakatnya. Tak hanya itu, siapa saja yang melancong bahkan merantau ke sana bisa menggunakan Bahasa Melayu, Inggris, Cina dan lainnya.

Namun, etnis melayu masih menjadi mayoritas dari seluruh warga negara Singapura. Kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk bisa menginjakkan kaki di negara kota terbaik di Asia tersebut.

Biaya Liburan ke Singapura ala Backpacker, Murah dan Nyaman!

Biaya Liburan ke Singapura
Biaya Liburan ke Singapura

Hal utama yang perlu diperhatikan para wisatawan asal Indonesia adalah siapkan biaya liburan ke Singapura secukupnya, namun tidak salah kalian membawa budget lebih sebagai antisipasi bila terdapa hal-hal tak terduga di sana.

Kami beritahukan bahwa kamu bisa berlibur ala backpacker ke Singapura karena negara tersebut masih menempati nomor wahid sebagai destinasi liburan para pelancong asal Indonesia. Semua rasa penasaranmu akan terjawab melalui ulasan seperti berikut :

Biaya Paspor dan Visa

Kami tegaskan bahwa kalian tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun dalam mendapatkan visa, tetapi kalian tetap sisihkan uang untuk mengajukan pembuatan paspor ke kantor imigrasi. Selain itu, batas maksimum tinggal di sana adalah 30 hari alias sebulan dengan masa berlaku paspor selama 6 bulan.

Kamu bisa mengajukan permohonan perpanjangan masa tinggal di Immigration & Checkpoints Authority sebelum masa berlaku visa kalian habis.

Sementara itu, budget pembuatan paspor adalah sebesar Rp.350 ribu (48 halaman), sedangkan e-paspor alias paspor elektronik adalah senilai Rp.650 ribu (48 halaman). Apabila paspor kalian hilang, wajib didenda sebesar Rp.1 juta.

Terkait:  Biaya Go Clean

Estimasi pembuatan paspor juga tidak terlalu lama, bahkan kurang dari 3 hari saja. Pastikan kamu sudah membuat paspor sebelum bertolak ke Singapura sambil menyiapkan berbagai macam hal yang dibutuhkan selama berada di sana.

Biaya Pesawat ke Singapura

Kalian harus menggunakan pesawat terbang supaya bisa bertolak ke Singapura. Indonesia menawarkan berbagai macam maskapai terbaik seperti Air Asia, JetStar dan Garuda Indonesia untuk para wisatawan yang ingin pergi ke sana.

Biasanya biaya pesawat ke Singapura yang ditawarkan tidak lebih dari Rp.500 ribu untuk sekali jalan. Namun, kamu bisa berangkat dengan budget lebih murah yakni sebesar Rp.900 ribu melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta (Jakarta) menuju Bandara Internasional Changi (Singapura) selama 1 jam 30 menit.

Biaya Penginapan

Di Singapura, kamu bisa menemukan berbagai macam penginapan dengan harga murah lho, bahkan tidak sampai satu juta rupiah per malam. Untuk memangkas pengeluaran, maka kamu bisa memilih homestay atau guest house.

Di wilayah Lavender, kamu bisa memilih tempat terbaik seperti Moni Gallery Hostel, GUSTI Bed & Breakfast maupun Gap Year Hostel yang harganya berkisar Rp.500 ribu per malam. Selain itu, kamu bisa mencoba menginap di Hawaii Hostel (Rp.470 ribu per malam) atau Shophouse the Social Street (Rp.163 ribu per malam).

Biaya Transportasi

Kamu bisa berkeliling wilayah sekitar Singapura dengan menumpangi MRT sampai tempat penginapan di pusat kota. Di Singapura, ongkos MRT berkisar SGD 2 dari Bandara Changi sampai Stasiun Aljunied.

Apabila kalian berangkat dari Orchid Bay dan berminat mengunjungi Marina Bay Sands, maka bisa mengeluarkan ongkos MRT sebesar MRT 1,3 per orang. Murah, bukan? Hal ini dikarenakan jaraknya cukup dekat dan strategis karena sering dikunjungi wisatawan asing maupun mancanegara.

Terkait:  Biaya Konsultasi Jerawat ke Dokter Kulit

Biaya Makan dan Minum

Wisatawan bisa menemukan beragam makanan dan minuman enak selama melancong di Singapura. Kamu cukup datang ke Lau Pa Sat, Bread Orchard serta China Town Food Street yang menawarkan harga makanan sangat murah, yakni sebesar SGD 15.

Bagi wisatawan muslim yang ingin menikmati hidangan halal dan sehat, maka bisa mendatangi kawasan Arab Street , Sultan Mosque atau Bugis Street dengan kisaran harganya sebesar SGD 5 per porsi, sedangkan harga tersebut tidak pernah berubah sejak beberapa tahun terakhir lho.

Harga Tiket Masuk Tempat Wisata di Singapura

Singapura memiliki berbagai macam tempat wisata yang bisa dikunjungi dengan harga murah bahkan gratis. Kamu bisa datang ke Merlion Park yang bisa diakses dengan berjalan kaki lewat jembatan yang dihiasi bunga bougenville sampai ke Esplanade.

Di sana, kamu bisa bersua foto sambil menikmati pertunjukan seni tanpa dipungut biaya apapun alias gratis. Tak hanya itu, kamu bisa mengunjungi beragam objek wisata menarik lainnya seperti berikut :

  • Garden by the Bay.
  • Marina Bay Sands.
  • Singapore River.
  • Orchard Road.
  • Singapore Botanic Garden.
  • East Coast Park.
  • Kawasan Clarke Quay.
  • Marina Barrage.
  • Bugis Street.
  • Jembatan Henderson Wave.
  • Sentosa Island.
  • Dll.

Hingga kini, Sentosa Island merupakan salah satu destinasi wisata utama para pelancong karena kamu akan langsung melihat pemandangan menakjubkan. Di sana, wisatawan bahkan akan melihat sebuah bukit dan kamu bisa menaikinya selama beberapa menit saja.

Bukan rahasia umum siapa saja yang sedang mencari informasi soal biaya liburan ke Singapura pasti akan mengernyitkan dahi. Namun, kami tegaskan bahwa berlibur ke Singapura ala backpacker bisa dipilih untuk siapapun, sedangkan budget sebesar Rp.5 juta bisa mengantarkanmu sampai ke sana hanya kurang dari 2 jam saja.

Related posts