Biaya Transfer Antar Bank Mandiri

biaya transfer antar Bank Mandiri
biaya transfer antar Bank Mandiri

Percepatan pertumbuhan ekonomi di Indonesia, mendorong masyarakatnya untuk dapat bergerak lebih cepat dalam menjalani setiap aktivitas. Salah satu kegiatan yang menjadi sumber pendapatan dalam perekonomian, tidak lain adalah transaksi. Mau tahu berapa biaya transfer antar bank Mandiri?

Bank Mandiri, merupakan salah satu dari banyaknya perusahaan perbankan di Indonesia yang namanya sudah sangat terkenal di masyarakat. Meskipun bukan bank tertua di tanah air, bank Mandiri termasuk kedalam bank yang terbesar dalam urusan pinjaman, deposit, aset dan urusan keuangan lainnya di negara Indonesia.

Read More

Termasuk kedalam jenis lembaga bank yang tergabung dibawah naungan BUMN atau Badan Usaha Milik Negara, tidak membuat perusahaan satu ini merasa terkekang. Buktinya saja, sudah ada beberapa anak perusahaan yang dikembangkan oleh PT Bank Mandiri Persero Tbk. Bank Mandiri juga bertekad menjadi institusi terbaik se-ASEAN dalam urusan keuangan.

Usaha yang dijalankan oleh Bank Mandiri tidak sia-sia. Buah hasil yang dicapainya pada tahun 2020, menjadikan PT BMRI, terpilih sebagai salah satu bank terbaik di dunia. Dalam versi Global Finance. Sedangkan di Indonesia, Mandiri meraih penghargaan dari CNBC Indonesia Award pada tahun yang sama. Simak biaya transfer antar Bank Mandiri, berikut!

Biaya Transfer Antar Bank Mandiri

biaya transfer antar Bank Mandiri
biaya transfer antar Bank Mandiri

Biaya Transfer Antar Bank Mandiri ke BRI

Kalau kita membahas biaya transfer antar bank Mandiri ke BRI, tentu yang pertama kali terlintas dalam pikiran adalah berbayar. Ya, memang itulah kenyataan yang harus dihadapi oleh para pengirim. Apalagi jika kalian perlu perlu melakukan beberapa pengiriman ke rekening BRI dengan pemilik yang berbeda-beda.

Satu kali transaksi dari bank Mandiri ke BRI saja, sudah dikenakan biaya sebesar Rp 6.500,-. Bila dalam sehari ATM kalian memiliki limit transfer minimalnya sebesar Rp 5.000.000,-. Maka untuk dua kali pengirimannya saja, biaya admin yang perlu dibayarkan mencapai angka Rp 13.000,-.

Terkait:  Biaya Kliring Antar Bank

Pemilik kartu debit Mandiri yang melakukan transaksi via antar rekening atau melangsungkan pengiriman ke interbank, tidak akan dikenakan biaya tambahan. Sedangkan bila mengecek saldo dan tarik tunai melalui ATM merah putih, free biaya admin. Akan tetapi, berbeda halnya jika mentransfer ke rekening yang berbeda akan dikenakan biaya Rp 4.000,-.

Kalian juga dapat melakukan penarikan, pengecekan saldo hingga transfer melalui ATM bersama. Jenis ATM satu ini, paling banyak ditemukan di sekitar pinggir jalan ataupun tempat-tempat ramai seperti halnya mall. Biaya cek saldo Mandiri via ATM bersama, dikenakan charge sebesar Rp 4.000,-.

Lalu, bagi kalian yang ingin melakukan tarik tunai Mandiri dengan ATM bersama, besarnya potongan biaya tambahannya mencapai Rp 7.500,-. Namun, biaya admin justru lebih murah bila melakukan transfer Mandiri ke rekening bank lainnya, yakni sebesar Rp 6.500,-. Tidak sampai disini saja, kegiatan tersebut juga dapat dilakukan melalui Prima.

Mandiri, support ATM yang terdapat logo Prima didalamnya. Kalian bisa mengecek, menarik saldo dan melakukan transfer uang dengan biaya tambahannya sama seperti ketika menggunakan ATM bersama. Terakhir, Mandiri juga dapat diproses melalui ATM yang bertuliskan Visa Plus.

Secara penggunaan Mandiri via Visa Plus, ditujukan bagi mereka yang memiliki keperluan cek saldo, tarik tunai, dan transfer dari luar negara Indonesia. Singkatnya, mereka sedang tidak berada di tanah air. Besarnya biaya yang dikenakan oleh pihak perusahaan kepada nasabah pemilik kartu debit Mandiri, untuk kegiatan cek saldo sebesar Rp 3.000,-.

Berbeda lagi nominal tambahannya jika diperuntukkan dalam kegiatan tarik tunai, yakni sekitar Rp 20.000,-. Kalau perlu melakukan transfer dari tabungan, biaya tambahannya tidak diketahui atau N.a (Not available). Nah, kalian juga perlu memperhatikan kalau ada gagal transaksi yang dilakukan ketika menggunakan Via Plus.

Terdapat tambahan biaya bagi pemilik kartu debit yang hendak melakukan pengecekan, penarikan, ataupun transfer tapi gagal karena saldo yang dimiliki tidak cukup. Biaya kegagalannya bisa sebesar Rp 5.000,-. Berlaku juga kalau kalian salah memasukkan nomor PIN ATM dikenakan Rp 5.000,-.

Terkait:  Cara Transfer Mandiri ke BRI

Biaya Transfer Antar Bank Mandiri ke BCA

Sebagai salah satu perusahaan perbankan yang dapat dikatakan sukses di tanah air bahkan Asia ini, Mandiri menyajikan berbagai fasilitas lengkap kepada para nasabahnya. Tidak hanya itu, layanan yang disediakan oleh pihak bank juga turut meningkat. Seperti halnya layanan transfer antar bank Mandiri ke BCA yang dikenakan tarif Rp 6.500,-.

Berawal dari layanan transfer yang dilakukan serba manual melalui mesin ATM ataupun datang langsung ke bank Mandiri terdekat, kini sudah dapat kalian lakukan hanya dengan berdiam diri di rumah saja. Mudah dan praktis, itulah kata yang tepat untuk menggambarkan layanan transfer Mandiri ke bank lainnya termasuk BCA secara online.

Ada beberapa tahapan yang perlu kalian perhatikan sebelum melakukan transaksi via Mandiri online. Pertama-tama, pastikan nasabah memiliki rekening bank Mandiri, dan tentunya melakukan pendaftaran diri untuk dapat log in ke Mandiri online. Berikut tahapan yang harus dilakukan oleh pengguna Mandiri online.

1. Pendaftaran dan Aktivasi

Pendaftaran untuk dapat menggunakan layanan transfer secara online Mandiri ini, nasabah perlu mendaftarkan nomor ponsel yang digunakan serta support WA ke pihak bank. Pastikan juga kalian membawa berkas yang dibutuhkan. Berkas yang dimaksud adalah identitas diri. Kemudian, kunjungi cabang bank Mandiri terdekat.

Terutama bagi kalian yang termasuk sebagai pengguna atau akan membuka buku rekening baru. Bisa dilakukan dengan dua cara. Ada yang lebih memilih langsung mendatangi cabang bank Mandiri, serta jalur online. Namun, sebagian besar nasabah lebih memilih menggunakan jalur pertama, yaitu langsung datang ke cabang bank Mandirinya.

Kalian yang ingin membuka rekening tabungan Mandiri via online, dapat mengunjungi website berikut ini. Setelah berhasil memiliki kartu Mandiri debit, langkah berikutnya adalah mengaktifkan fitur SMS Finanasial dan memiliki MPIN.

Bila terdapat kesulitan setelah berusaha registrasi via online dan gagal. Dapat menghubungi Mandiri di 14000 atau mendatangi cabang bank Mandiri terdekat. Bila status SMS Finansial kalian masih belum terdeteksi lakukan hal yang sama, lakukan panggilan ke pihak bank atau datang langsung.

Terkait:  Cara Melamar Kerja di Bank (Online & Offline) dengan Mudah

2. Download aplikasi Livin’

Setelah mengaktifkan SMS Finansial serta membuat 6 digit MPIN melalui cabang bank Mandiri terdekat. Langkah berikutnya tinggal memberitahukan nomor ponsel serta perangkat yang digunakan oleh kalian sebagai nasabah bank Mandiri. Beberapa operator yang didukung oleh bank Mandiri diantaranya: Indosat, XL, Telkomsel, Tri (3)m dan Smartfren.

Kemudian, pastikan juga saldo pulsa kalin mencukupi. Setelah mendownload aplikasi Livin’ melalui Google play store atau App store, aplikasi akan mengirimkan SMS yang berisikan nomor verifikasi. Biaya SMS tersebut, akan dibebankan kepada penerima isi SMS. OS atau perangkat yang digunakan, untuk Livin’, android minimalnya lollipop 5.1.

Sedangkan bagi pengguna iOS, minimalnya versi 8 keatas. Selanjutnya, lakukan registrasi dengan memasukkan data Mandiri kartu debit kalian di aplikasi Livin’. Lalu, lakukan verifikasi nomor ponsel melalui SMS dan berikutnya pengguna tinggal menentukan User ID dan password untuk akun yang akan digunakan.

3. Membuat User ID dan Password Akun

User ID tersebut, biasanya berisikan nama lengkap dari pemilik akun Mandiri atau bisa juga nama panggilan saja. Dalam beberapa kasus, terkadang User ID menggunakan alamat email yang aktif. Setelah selesai memilih User ID yang diinginkan oleh kalian sebagai pemilik rekening Mandiri, jangan lupa tentukan juga password untuk menjaga keamanan akun.

4. Log in dan Pilih Menu Transfer

Anggaplah kalian sudah selesai melakukan registrasi di aplikasi Livin’.  Untuk kegiatan transfer dari bank Mandiri ke BCA, misalnya. Bisa memilih menu transfer yang terletak di bagian atas sebelah kiri dari menu bayar. Berikutnya, setelah tap menu tersebut, akan terlihar tulisan ke rekening Mandiri atau ke bank lain dalam negeri.

Pilih ke bank lain dalam negeri, lalu isi form rekening sumber sesuai dengan rekening yang dituju secara lengkap. Langkah selanjutnya, isi rekening tujuan serta nominal yang hendak kalian transfer ke rekening yang dimaksud. Tentukan juga waktu pengirimannya pada pilihan kapan?. Lakukan konfirmasi dan masukkan MPIN kalian, lalu pilih kirim.

Biaya transfer antar bank Mandiri, biaya transfer antar bank Mandiri ke BRI, dan biaya transfer antar bank Mandiri ke BCA dapat kalian simak informasinya diatas. Sekian perjumpaan kali ini, semoga bermanfaat. See ya!

Related posts