Biaya Masuk Candi Prambanan

  • Whatsapp

Candi Prambanan termasuk salah satu objek wisata tercantik se-Asia Tenggara yang eksistensinya semakin dikenal banyak orang. Hal ini dikarenakan biaya masuk Candi Prambanan tidak terlalu mahal seperti objek wisata lainnya di Indonesia.

Kamu bahkan bisa melihat pemandangan alam indah dan luas di sekitar platarannya. Selain itu, objek wisata ini termasuk salah satu destinasi liburan pilihan sebagian besar wisatawan domestik maupun mancanegara.

Candi Prambanan merupakan objek wisata sekaligus tempat peribadatan umat Hindu dengan bangunan terbesar di Indonesia. Tempat ini menjadi destinasi berlibur para turis lokal dan internasional saat berkunjung ke Yogyakarta.

Pasalnya, tempatnya tidak terlalu jauh dari beberapa objek liburan di Kota Gudeg seperti Malioboro. Kamu akan melihat langsung sebuah bangunan sangat besar yang menawarkan keindahan alam dengan panorama menakjubkan sejak pagi hingga malam harinya.

Banyak orang selalu menyempatkan diri berkunjung ke Candi Prambanan saat berlibur di sekitar wilayah Yogyakarta. Bukan rahasia umum bahwa tempat ini sering menjadi tujuan utama para pelajar yang hendak menjalani study tour.

Tak hanya itu, Candi Prambanan juga menyimpan cerita dan sejarah menarik yang selalu membuat para wisatawan penasaran lho. Pengunjung dipastikan betah selama berada di sana dan ingin mengabadikan momen-momen seru dengan lingkungan asri ke media sosial.

Biaya Masuk Candi Prambanan

Biaya Masuk Candi Prambanan
Biaya Masuk Candi Prambanan

Belakangan ini orang-orang ingin tahu berapa biaya masuk Candi Prambanan, karena tidak sedikit pengunjung tertentu mengklaim harga tiket masuk ke sana mahal. Apabila dianalisa dengan seksama, kamu sebenarnya tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk mendapat akses masuk ke Candi Prambanan.

Terkait:  Biaya Admin Top Up ShopeePay

Kalian bahkan cukup siapkan budget kurang dari Rp.200 ribu untuk menikmati pemandangan alam sambil mengabadikan momen seru berupa foto dan video di sana.

Pengunjung bahkan tidak sekadar mengelilingi Candi Prambanan saja, namun juga melihat segala spot terbaik yang berada di sekitar lokasinya. Kamu bisa menyewa kendaraan sampai mengunjungi tempat-tempat wisata lain yang masih berada di sekitar plataran Candi Prambanan.

Tak hanya itu, siapapun pasti tidak ingin pulang karena betah melihat segala objek menarik di sana, kamu juga bisa bertemu dengan sesama turis lokal sampai luar negeri di tempat yang sama.

Biaya Masuk Candi Prambanan, Hal Menarik yang Harus Kamu Tahu

Kamu harus tahu biaya masuk Candi Prambanan terlebih dahulu guna berlibur dengan nyaman dan seru di sana. Selain itu, Candi Prambahan menghadirkan panorama indah yang jarang ditemukan di tempat-tempat wisata mana pun.

Tempat ini memiliki hal-hal menarik yang harus kalian tahu sehingga kamu dapat mengenalnya lebih dalam. Candi Prambanan pun sukses menjadi salah satu destinasi wisata terbaik yang tidak pernah sepi dipadati wisatawan dari mana saja sampai sekarang.

Sejarah Candi Prambanan

Candi Prambanan dimulai pembangunannya oleh Rakai Pikatan pada tahun 850 Masehi. Tempat ini awalnya berdiri sebagai tandingan dari Borobudur dan Candi Sewu. Pembangunan Candi Prambanan berlangsung secara terus menerus sampai Raja Lokapala serta Raja Balitung Maha Sambu, tepatnya pada masa kerajaan Medang Mataram.

Candi Prambanan sukses mempertahankan eksistensinya sebagai salah satu destinasi wisata bersejarah di Indonesia sampai sekarang.

Fungsi Candi Prambanan

Pembangunan Candi Prambanan bertujuan sebagai penghormatan untuk Tri Murti yakni tiga dewa utama di dalam agama Hindu mulai dari Dewa Pencipta (Dewa Brahmana), Dewa Pemusnah (Dewa Siwa) serta Dewa Pemelihara (Dewa Wishnu).

Terkait:  Biaya Administrasi Digibank

Candi Prambanan adalah tempat sakral yang digunakan untuk pemujaan Dewa Siwa. Bahkan, sebagian besar umat Hindu sering mendatangi tempat ini dalam melaksanakan ritual tersebut yang masih diyakini sampai sekarang.

Hal Menarik di Candi Prambanan

Candi Prambahanan memiliki keindahan alam tiada duanya. Kamu akan melihat tampilan arsitektur yang estetik dan memukau dengan kemegahan tiga candi utama yang berlokasi di halaman utamanya.

Ketiga candi utama yang terdiri dari Candi Siwa, Candi Wishnu dan Candi Braha, semuanya merupakan lambang dari Trimurti terhadap kepercayaan agama Hindu. Ketiganya bahkan saling menghadap ke arah timur dan para wisatawan bisa melihatnya dengan jelas.

Di belakang komplek candi terdapat kebun binatang yang memelihara koleksi rusa. Tempat ini berguna sebagai lokasi bersantai yang seru dengan keluarga atau kerabat saat berlibur ke Candi Prambanan.

Meski begitu, kamu bisa memperoleh momen terbaik dengan menunggu waktu senja di Candi Prambanan. Keindahan matahari terbenam di sana pasti membuat kamu terkenang dan ingin selalu menghabiskan waktu kosong ke Candi Prambanan bersama keluarga maupun kerabat tercinta.

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan

Golongan Biaya
Tiket Anak (3-10 Tahun) Rp.25,000
Tiket Dewasa (> 10 Tahun) Rp.50,000
Tiket Khusus Rombongan Pelajar > 20 Orang Rp.25,000
Tiket Terusan Prambanan – Borobudur Anak (3-10 Tahun) Rp.35,000
Tiket Terusan Prambanan – Borobudur Dewasa Rp.75,000
Tiket Terusan Prambanan – Ratu Boko Anak (3-10 Tahun) Rp.35,000
Tiket Terusan Prambanan – Ratu Boko Dewasa Rp.75,000
Tiket Terusan Prambanan – Plaosan – Sojiwan Anak (3-10 Tahun) Rp.35,000
Tiket Terusan Prambanan – Plaosan – Sojiwan Dewasa Rp.75,000
Tiket Anak Mancanegara (3-10 Tahun) Rp.130,000
Tiket Dewasa Mancanegara (> 10 Tahun) Rp.240,000

Ciri Khas Candi Prambanan

Candi Prambanan punya ciri khas di bagian tepinya dengan hiasan relief yang mengisahkan tentang Ramayana yang dapat dinikmati para pengunjung ketika berjalan mengeliling lokasi. Pusat tempat ini selalu berada di sebelah kanan pengunjung dengan melewati lorong-lorong.

Terkait:  Biaya Kuliah Hukum

Di candi utamanya menghadap utara yang berisi patung Roro Jonggrang, walaupun patung tersebut sebetulnya merupakan permaisuri nya Dewi Durga yang dikenal sangat cantik.

Sementara itu, Komplek Candi Prambanan terdiri dari beberapa candi, yakni 3 Candi Trimurti, 2 Candi Apit, 3 Candi Wahana, 4 Candi Kelir, 4 Candi Patok dan 224 Candi Perwara. Jumlah candi tersebut terbagi ke dalam 4 barisan, sedangkan formasinya yang paling dalam adalah 44, 52, 60 dan 68.

Ciri khasnya adalah pintu masuk utama yang berada di samping timur dan arsitekturnya tercantum pada kitab Wastu Sastra. Pola bangunan menjulang tinggi punya bentuk menyerupai Gunung Suci Mahameru yang diyakini sebagai tempat para dewa istirahat.

Lokasi Candi Prambanan yang Strategis dan Unik

Beberapa wisatawan lokal maupun mancanegara masih bingung mengenai Candi Prambanan yang dianggap sulit diakses. Lokasi Candi Prambanan sebenarnya strategi dan unik karena siapapun pasti bingung menulisnya.

Hal ini dikarenakan pintu masuknya berada di wilayah Desa Tlogo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Selain itu, kompleknya berada di kawasan Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Alhasil, dua kecamatan yang sama namun provinsinya berbeda.

Lokasinya terletak di jalanan Yogyarta – Solo, karena Candi Prambanan berada di tempat sangat strategis dan pengunjung bisa menemukannya. Kamu bisa memanfaatkan Google Maps seandainya sulit mencari pintu masuk tempat ini setibanya di Klaten atau Sleman.

Kami beritahukan pula biaya masuk Candi Prambanan mungkin saja berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya, sedangkan jam operasionalnya tetap dibuka pada pkl.08:00 s/d 16:00 WIB (setiap hari).

Related posts