Tabel Angsuran KPR

Tabel Angsuran KPR
Tabel Angsuran KPR

Belakangan ini sebagian besar perusahaan pembiayaan mulai berminat menyediakan program KPR untuk semua nasabahnya. Kamu bisa menggunakan tabel angsuran KPR untuk tahu berapa jumlah pinjaman dan tenor yang akan didapatkan dari pihak kreditur.

Hal ini dikarenakan setiap pemberi pinjaman mempunyai kebijakan masing-masing, sedangkan kamu harus mematuhi ketentuan dan syarat yang diberikan. Tujuannya supaya bisa memberi permohonan pinjaman lagi di kemudian hari.

Read More

KPR sering dianggap sebagai salah satu program pinjaman tunai yang meminta suku bunga tinggi kepada debiturnya. Apabila diperhatikan dengan seksama, ternyata bunganya cukup ringan supaya kamu bisa melunasi angsuran per bulannya.

Di samping itu, sebagian besar bank nasional memberikan bunga rendah dengan tenor panjang untuk menarik perhatian calon debitur. Tak sedikit bank nasional menawarkan promo menarik supaya kamu bisa segera mengajukan pinjaman KPR kepada mereka.

Untuk mendapatkan pinjaman KPR dengan suku bunga rendah, kami sarankan kalian ajukan permohonannya ke bank atau perusahaan pembiayaan resmi. Pasalnya, mayoritas dari mereka sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kalian bisa ajukan pinjaman tunai dengan cepat dan mudah. Di sisi lain mereka tidak akan menyulitkan nasabah yang berminat mengajukan dana atau modal kembali pasca angsurannya lunas, sedangkan kegiatan administrasi aman dan terpercaya.

Tabel Angsuran KPR

Tabel Angsuran KPR
Tabel Angsuran KPR

Siapa saja mungkin mengalami krisis finansial sehingga butuh dana darurat dengan cepat dan mudah. Maka dari itu, solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah mengajukan pinjaman KPR supaya kamu bisa mempunyai hunian pribadi untuk ditempati bersama seluruh anggota keluarga tercinta.

Terkait:  Biaya Admin DANA Ke Bank

Kamu akan mendapatkan informasi perihal tabel angsuran KPR dengan nilai kompetitif, agar dapat melunasi angsuran bulanan dengan lancar selama menempati hunian pribadi yang dipilih.

KPR menjadi salah satu program pinjaman yang menawarkan suku bunga rendah dan nilai angsuran tetap kepada semua debiturnya. Kamu tidak akan dibebani dengan berbagai macam anggaran diluar cicilan kredit yang harus disetorkan setiap bulannya.

KPR adalah pilihan tepat untuk kalian yang sedang butuh hunian pribadi demi keluarga tercinta. Bukan rahasia umum bahwa harga rumah mengalami kenaikan cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Tabel Angsuran KPR dan Jenis-jenis Bunga KPR di Indonesia

Barangkali kalian masih penasaran dengan tabel angsuran KPR yang nilainya berbeda antar kreditur. Selain itu, KPR mempunyai jenis-jenis bunga berbeda di Indonesia dimana nilainya masih berlaku dan ditetapkan sebagian besar penyedianya sampai sekarang.

Kamu bisa mendatangi salah satu bank lokal atau perusahaan pembiayaan terdekat yang menawarkan program KPR. Biasanya mereka akan melakukan sesi tanya jawab mengenai alasan dan sistematikan pengajuan KPR yang diambil.

Apa Itu KPR?

KPR (Kredit Pemilikan Rumah) merupakan produk pembiayaan untuk membeli rumah dengan skema pembiayaan hingga 85%-90% dari harga rumah. Kini, KPR disediakan oleh perbankan meski sudah ada perusahaan pembiayaan yang menyalurkan pendanaan dari lembaga sekunder untuk pembiayaan perusahan (housing financing).

Penyalur biasanya sudah bekerja sama dengan bank untuk mempermudah proses pengajuan KPR, salah satu pertimbangan ketika membeli rumah adalah pihak bank yang menyalurkan KPR.

Syarat Ajukan KPR

  • Warga Negara Indonesia (KPR).
  • Umur minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun (karyawan).
  • Umur minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun (profesional dan wiraswasta).
  • Memiliki penghasilan tetap per bulan.
  • Bekerja minimal 2 tahun (karyawan).
  • Menjalankan bisnis atau usaha minimal 3 tahun (profesional dan wiraswasta).
Terkait:  Cara Bayar Indihome MBanking BNI dengan Mudah [Updated]🤎

Jenis-jenis Bunga KPR di Indonesia

  • Bunga Tetap (Fixed Rate)
    Bunga dikenakan ke debitur dengan patokan angka tertentu selama tenor tertentu, contohnya suku bunga tetap 8% per tahun. Maka dari itu, suku bunga tahun pertama tetap 8% meski bunga pasar fluktatif.
  • Bunga Mengambang (Floating Rate)
    Bunga yang dikenakan kepada debitur dengan mengikuti fluktasi suku bunga acuan. Bank biasanya menerapkan gabungan bunga dalam sebuah produk KPR seperti anda membayar cicilan dengan bunga tetap selama beberapa tahun pertama, sedangkan debitur melunasi sisanya dengan bunga mengambang.
  • Bunga Capped
    Beberapa bank menawarkan bunga capped atau dibatasi kepada debitur. Bunga ini bersifat seperti bunga mengambang, tetapi dibatasi. Contohnya bila kamu menerima bunga capped sebesar 10%, maka bisa dikenakan fluktatitf sesuai pasar tetapi maksimal 10%.

Tabel Angsuran Bunga KPR Bank BTN

Masa Fix Suku Bunga
Fixed 2 Tahun 8,88%
Fixed 3 Tahun 8,88%
Fixed 4 Tahun 9,49%

Tabel Angsuran Bunga KPR Bank Mandiri

Masa Fix Suku Bunga
Fixed 1 Tahun 3,88%
Fixed 3 Tahun 4,88%
Fixed 5 Tahun 6,86%
Fixed 10 Tahun 8,88%

Tabel Angsuran Bunga KPR Bank Standard Chartered

Masa Fix Suku Bunga
Fxed 3 Tahun 6,75%
Fixed 5 Tahun 8,75%

Tabel Angsuran Bunga KPR Bank Panin

Masa Fix Suku Bunga
Jangka Waktu 1-5 Tahun 7,75%
Jangka Waktu 6-10 Tahun 8,75%
Jangka Waktu > 10-15 Tahun 9,90%

Tabel Angsuran Bunga KPR Bank Lainnya

Nama Bank Suku Bunga
Bank BNI 7,25%
BPD DIY 5,85%
Hana Bank 7,25%
Bank DBS 7,80%
Bank Permata 8,25%
Bank DKI 8,75%
Bank UOB 8,80%
Maybank 9,00%
Nobu Bank 9,25%
Bank BKE 9,28%

Cara Menghitung Simulasi KPR

Apabila kamu hendak membeli rumah dengan anggaran sebesar Rp.800 juta dengan suku bunga fix 10%, maka bisa melakukan pembayaran uang muka (DP) minimal 30% sebesar Rp.240 juta dengan sisa pembayarannya senilai Rp.560 juta.

Terkait:  Cara Bayar Indihome Via BRI (ATM, Internet Banking, BRImo, BRILink)💙

Selain itu, suku bunga biasanya sebesar 8,88% dengan tenor maksimal 20 tahun. Beberapa bank cenderung memberi kebijakan tersebut guna memaksimalkan potensi sang debitur dalam melunasi cicilan kredit kepada mereka.

Take Over KPR

Take Over KPR menjadi alternatif bila kamu ingin membeli rumah di lokasi tertentu dengan harga lebih murah. Hal ini dikarenakan membeli rumah yang sedang dicicil alias take over kredit, sering mengakibatkan pemilik rumah atau penjual sedang butuh dana dengan cepat.

Pihak bank melihatnya sebagai pangsa pasar yang prospektif, biasanya memberi kemudahan dan kenyamanan untuk nasabah yang dianggap bankable sehingga dapat menerima uang tunai dalam jumlah besar dengan cepat dan mudah.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan tentang Bunga KPR

  • Down Payment (DP) harus diperhatikan ketika memilih bunga KPR terkait.
  • Tentukan masa pinjaman KPR kalian.
  • Pastikan kalian sudah membandingkan jenis dan tingkat bunga KPR.
  • Pastikan kalian sudah membaca semua kebijakan bank tempat kalian memilih bunga KPR.
  • Kalian harus melunasi kredit sebelum masa cicilan habis.
  • Ketahui penurunan sisa nilai KPR dengan menghubungi pihak bank terkait.

Sementara itu, kami beritahukan bahwa informasi tersebut bersifat simulasi dan mungkin berubah sewaktu-waktu. Kamu bisa mendatangi salah satu bank terdekat sambil membawa semua berkas persyaratan yang dibutuhkan untuk mengikuti program cicilan KPR.

Kalian bisa tahu informasi mengenai tabel angsuran KPR dan suku bunga yang ditawarkan dengan menghubungi pihak bank masing-masing. Kamu bisa mengajukan pinjaman KPR untuk segera mendapatkan hunian pribadi yang nyaman agar dapat dihuni seluruh anggota keluarga.

Selain itu, pastikan cicilan dan tenor yang dipilih sesuai kemampuan finansial masing-masing, sehingga kamu dapat melunasi angsuran bulanannya dengan cepat dan mudah. Kamu juga bisa mengajukan program kredit lainnya kepada bank yang sama selama punya riwayat pembayaran benar dan lancar.

Related posts