Nomor Referensi Transfer

  • Whatsapp

Ada yang udah tau belum apa maksud dari nomor referensi transfer? Nah, jika kamu belum mengetahui, simak artikel ini sampai selesai ya.

Sebelum kita membahas pengertian mengenai nomor referensi transfer, alangkah baiknya jika kita juga mengetahui dasar dari arti referensi itu sendiri.

Read More

Apa Itu Referensi?

Arti referensi dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yakni adalah acuan atau rujukan atau bisa dibilang sebagai petunjuk. Namun jika ditarik kek konteks yang berbeda makana dari referensi sangat luas dan menjadi hal yang berbeda. Seperti referensi bank yang merupakan salah satu istilah dari dunia perbankan.

Sebenarnya referensi maknanya hampir sama dengan rujukan. Penggunaannya yang paling umum adalah penyusunan karya ilmiah, karya tulis atau surat kabar. Jika untuk penulisan referensi dipakai untuk pengakuan atas karya orang lain yang dipakai untuk kepentingan penelitian.

Tujuan referensi dalam hal tersebut menghindari plagiarisme sekaligus juga memperkuat teori dan argumentasi. Dengan sadanya sumber referensi yang kadang dituliskan dalam catatan kaki juga dimaksudkan untuk memberikan informasi pada pembaca. Untuk jenis-jenisnya juga dibagi menjadi dua yaitu faktual dan non faktual.

Setelah kamu mengetahui apa sebenarnya referensi itu, selanjutnya akan membahas lebih jauh arti dari referensi dalam dunia perbankan yang khususnya refensi transfer. Untuk itu cari lebih jauh mengenai ulasan ini dan juga memanfaatnya. Sebenarnya nomor referensi transfer hampir sama dengan nomor referesni bank, namun mungkin sedikit berbeda.

Referensi Bank

Sebelumnya sudah kita bahas ya mengenai arti dari referensi bank di Nomor Referensi BNI di artikel tersebut juga menjelaskan mengenai apa itu nomor referensi bank.

Terkait:  Biaya Admin Transfer Uang Lewat Indomaret

Referensi bank berarti sesuatu yang digunakan untuk memberikan informasi guna memperkuat pernyataan secara tegas. Referensi juga sering kita kenal sebagai rujukan dan ada juga referensi secara faktual maupun nonfaktual. Referensi faktual itu umunya yang berupa statistik, misalnya kesaksian dan objek faktual. Referensi sendiri dapat berupa bukti, kredibilitas, serta nilai-nilai. Pada dunia perbankan juga dikenal dengan referensi bankarti referensi bank ini berbeda pandangan menurut para ahli.

Jika menurut dra Suparji, arti referensi bank yaitu surat yang diterbitkan oleh pihak bank dengan isi surat berbagai keterngan atau informasi nasabahnya, seperti profil data, uang, dll.

Jika kamu itu serta tender juga harus membutuhkan nomor referensi bank. Karena salah satu syarat keikutsertaan tender yang harus dipenuhi adalah referensi bank. Jadi, nomor referensi bank ialah suatu keterangan dalam bentuk surat yang dibuat pihak bank yang menjadi temapat kegiatan keuangannya. Isi surat tersebut terkait dengan data pribadi atau perusahaan selaku nasabah bank tersbeut, misalnya keadaan rekening, kedisiplinan, kejujuran dan sebagainya.

Referensi bank juga bisa diartikan sebagai kode transfer bank, karena arti referensi bank bisa dimaknai sebagai surat keterangan bank yang dimintakan nasbaah untuk tujuan tertentu. Intinya ini untuk menegaskan kemampan finansial nasabah sehingga pihak lain juga bisa yakin.

Nomor Referensi Transfer

Nomor Referensi Transfer
Nomor Referensi Transfer

Nomor referensi adalah nomor unik yang menjelaskan sepesifik transfer dana tersebut. Biasanya diperlukan jika proses transfer adalah untuk pembayaran sebuah produk atau jasa yang memiliki kode unik tertentu.

Nomor Referensi di ATM atau Internet Banking

Apabila nasabah menerima uang dari orang lain misalnya keluarga, teman atau sebagainya yang beda ATM maka harus melakukan pemabayaran dengan meyediakan nomor referensi khusus, nomor referensi pada saat transfer di ATM bisa di skip atau tidak udah dimasukan nomor referensi nya atau jika ingin mengisi juga bisa dengan nomor asal-asalan. Akan tetapi tidak dengan internet bangking BRI yang mana harus diisi.

Terkait:  Cara Bikin Kartu Kredit BCA

Pengertian Nomor Referensi Nasabah dan Nomor Referensi Perbankan

Arti referensi pada perbankan berasal dari bahasa Inggris yaitu tefference yang artinya acuan atau petunjuk. Berdasarkan hal itu nomor referensi artinya adalah nomor acuan atau nomor petunjuk. Nomor referensi yang berkaitan dengan perbankan ada dua, yaitu nomor referensi nasabah dan juga nomor referensi bank.

Nomor Referensi Nasabah

Nomor referensi nasabah ialah nomor unik yang nasabah harus buat sendiri untuk dirinya sendiri sebagai tanda bahwa itu adalah nasabah yang melakukan transaksi. Pembuatan nomor ini tidak ada aturannya dan bisa sekendak dari pengirim, akan tetetapi fasilitas ini hanya ada di bank BRI. Nomor referensi biasnaya diperlukan bila proses transfer adalah untuk pembayaran sebuah produk atau jasa yang memilik kode unik tertentu.

Nomor Referensi Perbankan

Sedangkan arti nomor referensi bank adalah kode bank yang harus dimasukkan ketika melakukan transaksi atau transfer antar bank. Nomor referensi bank nantinya digunakan untuk mengidentifikasi transaksi yang dilakukan pada masing masing bank. Jadi nasabah hanya perlu mengetikkan nomor referensi bank yang ingin dituju atau ingin ditransfer sebelum nasabah mengetikkan nominal dan tujan nomor rekening banknya. Nomor referensi bank biasanya berupa 3 digit angka dan tiap bank memliki kode bank yang berbeda-beda.

Berikut Kode Unik Berbagai Bank Untuk Transfer

KODE BANK NEGARA, SWASTA, DAN SYARIAH KODE BANK
BANK BRI 002
BANK BCA 014
BANK MANDIRI 008
BANK BNI 000
BANK BNI SYARIAH 427
BANK SYARIAH MANDIRI (BSM) 451
BANK CIMB NIAGA 022
BANK CIMB NIAGA SYARIAH 022
BANK MUAMALAT 147
BANK BTPN 213
BANK BTPN SYARIAH 547
JENIUS 213
BANK BRI SYARIAH 422
BANK BTN 200
BANK PERMATA 013
BANK DANAMON 011
BANK BII MAYBANK 016
BANK MEGA 426
BANK SINARMAS 153
BANK COMMONWEALTH 950
BANK OCBC NISP 028
BANK BUKOPIN 441
BANK BUKOPIN SYARIAH 521
BANK BCA SYARIAH 536
BANK LIPPO 026
CITIBANK 031
INDOSAT DOMPETKU 789
TELKOMSEL TCASH 911
LINKAJA 911
Terkait:  Pinjaman Online BCA

Kode Bank Daerah

KODE BANK DAERAH KODE BANK
BANK JABAR 110
BANK DKI JAKARTA 111
BPD DIY (YOGYAKARTA) 112
BANK JATENG (JAWA TENGAH) 113
BANK JATIM (JAWA BARAT) 114
BPD JAMBI 115
BPD ACEH 116
BPD ACEH SYARIAH 116
BANK SUMUT 117
BANK NAGARI (BANK SUMBAR) 118
BANK RIAU KEPRI 119
BANK SUMSEL BABEL 120
BANK LAMPUNG 121
BANK KALSEL (BANK KALIMANTAN SELATAN) 122
BANK KALBAR (BANK KALIMANTAN BARAT) 123
BANK KALTIMTARA (BANK KALIMANTAN TIMUR DAN UTARA) 124
BANK KALTENG (BANK KALIMANTAN TENGAH) 125
BANK SULSELBAR (BANK SULAWESI SELATAN DAN BARAT) 126
BANK SULUTGO (BANK SULAWESI UTARA DAN GORONTALO) 127
BANK NTB 128
BANK NTB SYARIAH 128
BANK BPD BALI 129
BANK NTT 130
BANK MALUKU MALUT 131
BANK PAPUA 132
BANK BENGKULU 133
BANK SULTENG (BANK SULAWESI TENGAH) 134
BANK SULTRA 135
BANK BPD BANTEN 137

Demikian artikel yang membahas tentang nomor referensi transfer, kseimpulannya ialah jika kamu melakukan transfer melalui ATM maka kamu bisa meng skip atau tidak memasukan nomor referensi akan tetapi jika kamu melakukan transaksi transfer melalui internet banking yang khususnya BRI maka kamu diwajibkan untuk memasukan nomor referensi.

Nomor referensi untuk transfer biasanya dilakukan beda bank, misalnya dari BRI ke Mandiri, BCA ke BRI, BNI ke Mandiri atau sebagainya. Untuk diitu artikel ini juga menyajikan kode unik pada masing-masing bank agar memudahkan kamu ketika ingin mengetahui kode unik bank yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Terima kasih telah membaca artikel ini hingga selesai. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua. See You!

Related posts