Nomor Referensi Token Listrik

  • Whatsapp

Beberapa orang mungkin ada yang kurang akrab dengan nomor token atau pulsa listrik prabayar sehingga tidak tahu berapa digit nomor referensi token listrik setelah isi ulang baik itu melalui online maupun offline.

Setelah kita bahasa kemaren mengenai apa itu nomor refensi secara detail, kamu bisa membukanya melalui Nomor Referensi Transfer. Sudah dijelaskan bahwa dasar dari kata refensi adalah “Petunjuk” nah sama dengan halnya ini, nomor referensi token listrik itu adalah nomor petunjuk token listrik untuk membayar melalui Trasnfer, melalui Alfamart, Indomaret atau yang lainnya dan ini pasti akan membutuhkan yang namanya nomor referensi untuk mempermudah mengenali pembayaran tersebut.

Read More

Apa Itu Token PLN?

Listrik pintar mulai diperkenalkan kepada masyarakat pada tahun 2012 di NTB. Perusahaan Listrik Negara ini melakukan inovasi baru dengan nama Listrik Prabayar (LPB). Agaknya PLN terinspirasi dengan kartu prabayar dari perusahan-perusahaan telekomunikasi. Sehingga menanamkan produk unggulannya sebagai Listri Prabayar, dan listrik prabayar ini cendering lebih hemat dalam pemakaian listrik sehari-hari.

Listrik Pra Bayar

Bisa dikatakan sebagai listrik prabayar karena harus membayar terlebih dahulu alias membeli token PLN sebelum menikmati fasilitas listrik yang diberikan oleh PLN.

Perbedaan Listrik Pra Bayar vs Listrik Paska Bayar

Dengan listrik pra bayar, kamu harus bayar atau beli token listrik dulu sebelum menggunakan fasilitasnya. Dikatakan sebagai listrik pra bayar karena kamu harus membayar terlebih dahulu alias membeli token listrik untuk dapat mendapatkan fasilitas listrik.

Terkait:  0831 No Apa

Sedangkan listrik paska bayar adalah kamu bisa menikmati fasilitas listriknya terlebih dahulu, dan untuk membayarnya kamu bisa di bulan depan. Dalam perkembanannya, masyarakat  Indonesia telah menerima dengan baik melalui listirk prabayar ini.

Nah bagi kamu yang masih bingung mengetahui nomor id token listrik (no meter) untuk listrik prabayar dan juga pascabayar, artikel ini juga akan membahas sedikit untuk pengetahuan kamu. Mungkin permasalahan id pelanggan dan token listrik  yang sering hilang atau lupa, pastinya akan sulit untuk membayar tagihan pascabayar maupun ingin mengisi ulang token listik prabayar. Jika kedua hal tersebut hilang atau lupa, artikel ini akan menjelaskan juga bagaimana cara mengetahui id pelanggan PLN dan juga cara cek nomor meteran listrik. Simak dibawah ini ya.

Nomor Referensi Token Listrik

Nomor Referensi Token Listrik
Nomor Referensi Token Listrik

Membeli Token PLN Via Online

Terdapat agen penjual token listrik online di Internet, kamu bisa membeli token listrik ini melalui shopee, Tokopedia, Lazada dan lain-lain. Saran saja sih, ketika kamu ingin membeli token PLN via online lebih baik melalui pihak ketiga seperti yang saya sebutkan diatas. karena lebih aman dan tidak ada unsur penipuan.

Membeli Token PLN Via ATM Bank

Kamu perlu menyiapkan terlebih dahulu nomor seri meter KWH atau nomro ID pelanggan, biasanya dari PLN juga memberikan sebuah kartu yang tertera di dalamnya yaitu nomor seri KWH yang terdiri dari 11 digit angka. Untuk ID pelanggan berbeda dengan nomer seri KWH yang memiliki 12 digti angka. Nah didalam menu di ATM bank tertentu terdapat 2 pilihan input PLN prabayar atau pascabayar. Kamu bisa pilih salah satu sesuai dengan jumlah digit nomor yang kamu punya. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pilih Menu Lainnya
  • Kemudian kamu bisa pilih pembayaran atau pembelian
  • Lanjut pilih saja listrik atau gas
  • Setelah itu kamu bisa pilih yang token prabayar jika kamu menggunakan ini atau kamu juga bisa pilih pascabayar, sesuaikan dengan kebutuhan kamu
  • Selanjutnya kamu bisa masukan nomer meter (11 digit)
  • Pilih tekan jika benar dan nanti akan muncul identitas KWH meter kamu untuk dikonfirmasi
  • Pilihlah jumlah nominal pembelian token listrik kamu (20.000, 50.000 hingga 500.000)
  • Setelah itu lakukan pembayaran, dan kamu bisa ambil struk yang telah keluar dari ATM berisi data KWH atau nomor token yang nantinya harus dimasukan ke KWH prabayar kamu.
Terkait:  0877 No Apa

Berapa Digit Nomer Token Listrik?

Nomor token listrik merupakan kode 16 digit yang akan kamu dapatkan setelah membeli pulsa listrik PLN prabayar, lewat mana saja baik di Indomaret, Alfamart, ATM, Internet Banking atau melalui situs macam Shopee, Blibli, Elevenia, dan lain-lain.

Saat kamu membeli pulsa listrik di Indomaret atau alfamart, kamu akan mendapatkan struk dari kasir dan struknya tertulis 16 digit nomor token yang harus kamu masukan ke meteran listrik agar KWH listrik bertambah.

Berapa kira-kira kwh listrik yang didapatkan? kwh listrik bertambah itu tergantung daari nominal pulsa listrik yang kamu beli. Jika kamu membeli pulsa listrik 50 ribu, maka jumlah kwh yang akan didapat juga berbeda dengan pulsa listrik 100 ribu atau 200 ribu.

Contoh Nomor Token Listrik Prabayar

Informasi yang paling penting yang dibutuhkan untuk mengisi pulsa listrik adalah nomor ID pelanggan atau nomor meteran listrik. Jika tidak ada kedua nomor tersebut, maka kamu tidak akan bisa membeli pulsa lisrik.

Biasanya jika pulsa listrik akan habis, maka pada kwh berapa meteran akan berbunya dan itu menandakan satanya kamu untuk mengisi ulang token listrik.

Mengisi Token Listrik 200 Ribu Berapa KWH?

Jika kamu mengisi token listrik prabayar 200 rib, maka kamu kan mendapatkan sekitar 142 KWH dan ini beda daerah juga beda KWH yang didapat meskipun nominal token listrik yang dibayar sama, karena beda tarif pengenaan PPJ atau Pajak Penerangan Jalannya.

Dan jika kamu bertanya, kalo isi token listrik 200 ribu bisa untuk berapa bulan ya? Hal tersebut juga tergantung si pemakainya, karena kebutuhan orang kan beda-beda, jika diisi rumah kamu yang membutuhkan listrik banyak maka isi token listriknya juga harus menyesuaikan.

Terkait:  0881 No Apa

Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN dan Cek Nomor Meteran Listrik

Jika kamu ingin membayar tagihan listrik pascabayar atau isi ulang listrik prabayar, maka syaratnya harus memiliki ID atau token listriknya. ID pelanggan dan nomor meteran listrik itu berbeda. Jika ID pelanggan itu sebagai nomor untuk melakukan pengisian token listrik dan jika nomor meteran listrik itu sebagai nomor yang ada di meteran listrik.

Kamu bisa mengetahui nomor meteran dan juga ID pelanggan melalui struk pembelian atau pengisian ulang kamu. Karena pasti akan ada riwayat transaksi pembelian, baik itu melalui afamart, indomaret, transfer dan sebagainya.

Atau kamu juga bisa mengetahui ID pelanggan dan juga meteran listrik dari kode meteran yang di rumah kamu. Biasanya kode meteran listrik ini akan ditempelkan di rumah-rumah.

Demikianlah mengenai artikel nomor referensi token listrik, kesimpulanya ketika kamu ingin mengisi token listrik melalui ATM atau transfer internet banking kamu harus memerlukan yang namanya nomor referensi untuk mempermudah mengenalinya. Selain membahas kode refensi token listrik, artikel ini juga mengulas sedikit pemahan mengenai cara membeli token listrik dan juga cara megetahui nomor ID pelanggan dan nomor meteran pada istik kamu.

Semog artikel ini bermanfaat, dan saya ucapkan terima kasih sudah membaa hingga habsis. See you next artikel!

Related posts