Cek Nomor Referensi BRI

Cek Nomor Referensi BRI
Cek Nomor Referensi BRI

Apakah kamu ingin cek nomor referensi BRI tapi bingung caranya? Tenang, artikel ini akan membahasnya hingga tuntas kok. kamu dapat membaca laman yang akan kami berikan, supaya kamu lebih mengetahui tentang informasi tersebut. Simak hingga selesai ya.

Nah, sebelumnya kita sudah pernah bahas ya mengenai apa itu Nomor Referensi BRI. Nomor referensi BRI merupakan sebuah kode unik yang dapat dimasukkan oleh para nasabah saat mereka melakukan transaksi. Penggunaan nomor referensi ini biasanya digunakan ketika ingin melakukan transaksi transfer.

Read More

Namun, yang terjadi dilapangan banyak nasabah BRI yang belum paham mengerti tentang nomo referensi apalagi nomor referensi ini sangat penting fungsi dan juga kegunaannya ketika ingin melakuakn transaksi transfer melalui internet banking BRI.

Nomor referensi juga bisa diartikan dengan kode unik yang berupa angka-angka dan dibuat oleh nasabah sebagai tanda bukti bahwa nasabah tersebut telah melakukan transaksi. Tetapi sekarang ini belum banyak nasbah bank BRI yang mengerti tentang nomor referensi, sedangkan nomor referensi ini cukup krusial fungsi dan kegunaannya saat kamu melakukan transaksi. Sehingga penting untuk kamu mengetahui hal-hal yang mengenai nomor referensi.

Penggunaan kode unik ini bisa digunakan ketika kamu melakukan transfer melalui aplikasi BRImo, Internet Banking atau ATM. Perlu digaris bawahi jika kamu mengirim uang melalui ATM, memasukan nomor referensinya bisa di skip kok.

Karena untuk pengisian kode unik ini bersifat opsional, namun dengan begitu masih banyak nasabah yang belum tahu memasukan nomor referensi padahal nomor tersebut sangat memiliki fungsi yang sangat penting. Selain sebagai tanda bukti telah menyelesaikan pembayaran, nomor ini juga bisa mudah untuk mengenali transaksi kamu. Jadi semisal terjadi kegagalan atau kesalahan saat kirim uang, kamu bisa klaim ke kantor bank cabang BRI dengan menunjukan nomor referensi tersebut sehingga transaksi kamu bisa terlacak.

Fungsi Nomor Referensi BRI

Fungsi utama nomor ini adalah sebagai tanda bukti bahwa kamu telah melakukan transaksi pembayaran online atau transfer. Selain itu, nomor ini juga berguna untuk perlindungan tambahan pada sata transaksi yang kamu lakukan.

Terkait:  Nomor Referensi Kur BNI

Selain itu nomor referensi juga berfungsi sebagai proteksi tambahan untuk mengamankan transaksi yang kamu lakukan, misalnya kamu telah melakukan transaksi akan tetapi kamu tidak sengaja menghilangkan struk transaksi tersebut. Maka kamu bisa meminta pihak bank untuk melacak transaksimu dengan mengirimkan Nomor referensi ke Bank, berdasarkan nomor tersebut pihak bank nantinya kan memberikan secara detail transaksi yang kamu mau.

Contoh: Pada saat kamu telah menyelesaikan sebuah transaksi, akan tetapi struk transaksi kamu hilang. Maka kamu bisa meminta kepada pihak bank untuk melacak transaksi kamu sebelumnya dengan cara mengirimkan nomor referensi yang kamu buat tadi. Intinya buat jaga-jaga semisal telah terjadiyang tidak kita inginkan.

Cek Nomor Referensi BRI

Cek Nomor Referensi BRI
Cek Nomor Referensi BRI

 

Cara Cek Nomor Referensi BRI Setelah Transaksi

Untuk mengecek nomor referensi ini hanya bisa dilakukan pada nomor referensi setalah melakukan transaksi. Khusus nomor referensi nasabah dan bank tidak perlu dicek karena pasti kamu sudah atau apa kode nomor referensi mereka.

Cara mengecek nomor referensi ini tergolong sangat mudah loh, kamu cukup buka bukti transfer dari transaksi yang kamu ingin cek nomor referensinya dan nanti bakal ada keterangan dimana kamu telah melakuakn transfer ke rekening mana beserta nama pemilik tujuan, nominal transfer, waktu dan transfer dan nomor referensi.

Semisal kamu tidak memiliki bukti transfer maka kamu bisa datangi kantor bank BRI yang ada di kotamu, maka inilah kegunaan kenapa kita harus memasukan nomor referensi.

Nomor referensi BRI biasanya kita dapatkan setelah kita melakukan transaksi, beda dengan nomer referensi yang biasanya cuma 3 digit saja. Kalo yang 3 digit angka itu adalah kode unik dari bank tersebut. Maka dari itu, nomor referensi setelah transfer sifatnya opsional. Biasanya juga terdiri dari kombinasi huruf dan angka. Nomor ini berguna sebagai masing-masing identatitas dari milyaran transaksi yang terjadi di dunia perbankan.

Terkait:  Cara Cek Berita Hoax WhatsApp (2 Metode), 100% Valid!

Setiap selesai melakukan transaksi, kamu akan memperoleh kode ini dan setiap kode berbeda dengan kode-kode yang lainnya.

Nomor referensi sering disebut sebagai kode referensi dan tiap-tiap bank memiliki kode yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa kode bank yang ada di Indonesia:

KODE BANK NEGARA, SWASTA, DAN SYARIAH KODE BANK
BANK BRI 002
BANK BCA 014
BANK MANDIRI 008
BANK BNI 009
BANK BNI SYARIAH 427
BANK SYARIAH MANDIRI (BSM) 451
BANK CIMB NIAGA 022
BANK CIMB NIAGA SYARIAH 022
BANK MUAMALAT 147
BANK BTPN 213
BANK BTPN SYARIAH 547
JENIUS 213
BANK BRI SYARIAH 422
BANK BTN 200
BANK PERMATA 013
BANK DANAMON 011
BANK BII MAYBANK 016
BANK MEGA 426
BANK SINARMAS 153
BANK COMMONWEALTH 950
BANK OCBC NISP 028
BANK BUKOPIN 441
BANK BUKOPIN SYARIAH 521
BANK BCA SYARIAH 536
BANK LIPPO 026
CITIBANK 031
INDOSAT DOMPETKU 789
TELKOMSEL TCASH 911
LINKAJA 911

 

KODE BANK DAERAH KODE BANK
BANK JABAR 110
BANK DKI JAKARTA 111
BPD DIY (YOGYAKARTA) 112
BANK JATENG (JAWA TENGAH) 113
BANK JATIM (JAWA BARAT) 114
BPD JAMBI 115
BPD ACEH 116
BPD ACEH SYARIAH 116
BANK SUMUT 117
BANK NAGARI (BANK SUMBAR) 118
BANK RIAU KEPRI 119
BANK SUMSEL BABEL 120
BANK LAMPUNG 121
BANK KALSEL (BANK KALIMANTAN SELATAN) 122
BANK KALBAR (BANK KALIMANTAN BARAT) 123
BANK KALTIMTARA (BANK KALIMANTAN TIMUR DAN UTARA) 124
BANK KALTENG (BANK KALIMANTAN TENGAH) 125
BANK SULSELBAR (BANK SULAWESI SELATAN DAN BARAT) 126
BANK SULUTGO (BANK SULAWESI UTARA DAN GORONTALO) 127
BANK NTB 128
BANK NTB SYARIAH 128
BANK BPD BALI 129
BANK NTT 130
BANK MALUKU MALUT 131
BANK PAPUA 132
BANK BENGKULU 133
BANK SULTENG (BANK SULAWESI TENGAH) 134
BANK SULTRA 135
BANK BPD BANTEN 137
Terkait:  Pinjaman Online BRI Ceria

Nah dari keterangan diatas, umumnya kode bank terdiri dari 3 digit angka. Nomor nomor diaas menjadi identitas sebuah bank yang gunanya agar kita tidak salah transfer jika ingin transfer ke bank lain.

Oh ya sekedar informasi aja, admin akan berikan informasi mengenai harga biaya transfer dari rekening BRI ke BRI atau BRI ke bank yang lain. Cek informasinya dalam tabel berikut ini:

Biaya transfer BRI ke BRI

Jenis transaksi Biaya (Rp)
Biaya transfer BRI ke BRI di ATM BRI 750
Biaya transfer BRI ke BRI di ATM Link Gratis
Biaya transfer BRI ke BRI di ATM Link Himbara 4.000

Biaya transfer BRI ke Bank Mandiri, BNI,BCA

Jenis transaksi Biaya (Rp)
Biaya transfer BRI ke Bank Mandiri di ATM Link 4.000
Biaya transfer BRI ke Bank Mandiri di Internet Banking 6.500
Biaya transfer BRI ke Bank Mandiri di SMS Banking 6.500
Biaya transfer BRI ke Bank Mandiri di Mobile Banking 6.500
Biaya transfer BRI ke Bank Mandiri di kliring 5.000
Biaya transfer BRI ke Bank Mandiri di RTGS 25.000

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan ke pada kalian semua. Semoga dengan adanya informasi ini dapat bermanfaat serta teman-teman juga dapat mempergunakan informasi tersebut dengan sebaik mungkin, sehingga tidak merugikan pihak lainnya.

Terima kasih juga sudah meluangkan waktu untuk membaca, sampai ketemu di artikel-artikel selanjutnya.

 

Related posts