Cara Cek Nomor Referensi BRI

  • Whatsapp

Kamu bingung bagaimana cara cek nomor referensi BRI? Nah cocok banget nih, karena artikel ini akan membahasnya hingga tuntas. Simak artikel ini sampai selesai ya!

Sebagai nasabah dari BRI yang menggunakan layanan internet banking pasti tidak asing dengan istilah nomor referensi tersebut. Internet banking adalah salah satu layanan dari bank BRI yang diberikan kepada nasabahnya untuk memudahkan transaksi perbankan tanpa harus mengunjungi ATM atau bank.

Read More

Melalui internet banking ini maka nasabah bisa melakukan beberapa hal seperti mengecek saldo, membeli token listrik PLN maupun untuk aktivitas pembayaran lainnya. Sayangnya untuk internet banking ini tidak dapat digunakan sebagai tarik tunai, khususnya bagi nasabah BRI yang bingung terhadap permintaan input nomor referensi nasabah.

Biasanya untuk nasabah bari bank BRI akan sedikit kebingungan ketika pertama kali menggunakan transaksi internet banking BRI. Karena unutk menyelesaikan transaksi melalui layanan tersebut maka diharuskan untuk mengisi nomor referensi nasabah terlebih dahulu.

Jika ingin menggunakan layanan internet banking BRI untuk transfer dengan tujuan ke rekening bank lainnya atau melakukan cek saldo maka akan diminta untuk mengisi nomor referensi nasabah tersebut.

Sebagai nasabah memang tidak bisa mengosongkan nomo tersebut dan jika dikosongkan maka transaksi tidak dapat dilakukan. Nomor referensi diartikan sebagai acuan atau petunjuk dan nomor unik ini bisa dibuat sendiri oleh nasabah.

Cara Pengisian Nomor Referensi Nasabah di Internet Banking

Nomor referensi nasabah ayng harus dimasukkan saat menggunakan layanan internet banking BRI sebenarnya adalah suatu nomor unik yang bisa dibuat sendiri. Sebenarnya memang tidak ada aturan baku untuk menuliskan nomor unik tersebut dan tidak ada format tertentu.

Terkait:  0896 No Apa

Kamu sebagai nasabah bisa mengisi dengan kombinasi tanggal lahir, tanggal pernikahan, nomor telepon atau mungkin bisa membuatnya secara asal-asalan. Hal ini tidak masalah karena yang terpenting nomor refernsi tersebut terisi.

Dengan kata lain kamu bisa mengisi nomor tersebut sesuka hati atau boleh asal-asalan dan kamu tidak perlu khawatir dengan keamannya. Untuk lebih jelasnya kamu mungkin bisa mengikuti panduan sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu bisa buka dan login ke https://ib.bri.co.id/ib-bri/Homepage.html
  • Setelah itu pilih menu transfer
  • Pilih opsi transfer antar bank atau pilih bank BRI. Sesuaikan dengan opsi tujuan transfer kamu
  • Masukan nominal yang ingin di transfer ke rekening tujuan
  • Masukan nomor referensi nasabah seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa dalam proses trasnfer uang maka ada beberapa kolom yang tidak boleh dilewati yaitu nomor referensi nasabah
  • Masukan nomor referensi misalnya tanggal lahir kamu atau tanggal spesial bahkan kamu juga boleh mengarang anka secara sembarang di kolom tersebut
  • Dan selanjutnya jangan lupa masukan nomor PIN
  • Setelah kamu memasukan PIN maka artinya sudah menyelesaikan proses transfer ini.

Mungkin sebagian dari kalian ada yang bertanya-tanya mengenai sebenarnya apa sih fungsi nomor referensi BRI? Untuk itu simak penjelasan dibawah ini ya.

Fungsi Nomor Refensi Bank BRI

Taukah kamu bahwa nomor referensi atau kode unik bank BRI ini berfungsi sebagai pertanda bahwa kamu telah menyelesaikan transaksi. Selain itu nomor ini juga mempunyai fisik sebagai proteksi tambahan untuk mengamankan transaksi yang sedang kamu lakukan.

Misalnya jika kamu sudah melakukan suatu transaksi, akan tetapi bukti struk transaksi yang kamu dapatkan ternyata hilang atau kamu lupa naruhnya dimana. Nah dengan itu kamu bisa meminta kepada pihak bank untuk melacak transaksimu sebelumnya dengan mengirimkan nomor referensi ke bank.

Berdasarkan nomor referensi tersebut yang telah kamu berikan kepada bank, maka bank BRI akan memberikan secara detail transaksi yang kamu butuhkan.

Terkait:  Cara Transfer SMS Banking BRI

Cara Cek Nomor Referensi BRI

Cara Cek Nomor Referensi BRI
Cara Cek Nomor Referensi BRI

 

Nomor referensi sebenarnya itu sebuah nomor atau angka unik yang dibuat sendiri untuk penanda identitas saat kamu melakukan transaksi. Contoh angka unik yang bisa dimasukan minimal tiga angka seperti 987, 112, 554, 523, 765, 888, 10021. 20002, atau kamu bisa menggunakan digit angka sesuai dengan tanggal di hari spesialmu misalnya tanggal lahir atu tanggal pernikahan. Yang menetukan kode unik nasabah ini tidak memiliki aturan khusus sehingga kamu bisa mau menggunakan nomor berapapun.

Nomor Referensi Bank BRI

Jika di atas adalah nomor referensi yang dibuat oleh nasabah sendiri, maka sekarang membahas tentang nomor referensi bank BRI. Pada masing-masing perusahaan bank memiliki kode unik yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa kode unik bank yang ada di Indonesia:

KODE BANK NEGARA, SWASTA, DAN SYARIAH KODE BANK
BANK BRI 002
BANK BCA 014
BANK MANDIRI 008
BANK BNI 009
BANK BNI SYARIAH 427
BANK SYARIAH MANDIRI (BSM) 451
BANK CIMB NIAGA 022
BANK CIMB NIAGA SYARIAH 022
BANK MUAMALAT 147
BANK BTPN 213
BANK BTPN SYARIAH 547
JENIUS 213
BANK BRI SYARIAH 422
BANK BTN 200
BANK PERMATA 013
BANK DANAMON 011
BANK BII MAYBANK 016
BANK MEGA 426
BANK SINARMAS 153
BANK COMMONWEALTH 950
BANK OCBC NISP 028
BANK BUKOPIN 441
BANK BUKOPIN SYARIAH 521
BANK BCA SYARIAH 536
BANK LIPPO 026
CITIBANK 031
INDOSAT DOMPETKU 789
TELKOMSEL TCASH 911
LINKAJA 911

 

KODE BANK DAERAH KODE BANK
BANK JABAR 110
BANK DKI JAKARTA 111
BPD DIY (YOGYAKARTA) 112
BANK JATENG (JAWA TENGAH) 113
BANK JATIM (JAWA BARAT) 114
BPD JAMBI 115
BPD ACEH 116
BPD ACEH SYARIAH 116
BANK SUMUT 117
BANK NAGARI (BANK SUMBAR) 118
BANK RIAU KEPRI 119
BANK SUMSEL BABEL 120
BANK LAMPUNG 121
BANK KALSEL (BANK KALIMANTAN SELATAN) 122
BANK KALBAR (BANK KALIMANTAN BARAT) 123
BANK KALTIMTARA (BANK KALIMANTAN TIMUR DAN UTARA) 124
BANK KALTENG (BANK KALIMANTAN TENGAH) 125
BANK SULSELBAR (BANK SULAWESI SELATAN DAN BARAT) 126
BANK SULUTGO (BANK SULAWESI UTARA DAN GORONTALO) 127
BANK NTB 128
BANK NTB SYARIAH 128
BANK BPD BALI 129
BANK NTT 130
BANK MALUKU MALUT 131
BANK PAPUA 132
BANK BENGKULU 133
BANK SULTENG (BANK SULAWESI TENGAH) 134
BANK SULTRA 135
BANK BPD BANTEN 137
Terkait:  Biaya Transfer Antar Bank BRI

Cek Nomor Referensi Setelah Melakukan Transaksi

Jadi proses awal ketika akan bertransaksi, kamu sebagai nasabah BRI akan memasukan nomor referensi yang dibuat sendiri. Saat transaksi berikutnya kamu bisa masukan nomor referensi Bank yang dimiliki bank BRI. Kode uniknya sudah dijelaskan diatas semua ya.

Dan untuk cek nomor referensi BRI kamu bisa lihat kode unik yang berupa angka biasanya terletak di bukti tranfer yang telah kamu dapatkan sebelumnya. Nanti akan terdapat keterangan dengan tujuan nomor rekening, jumlah nominal yang ditransfer, tanggal transfer, nama transaksi dan nomor referensinya.

Atau kamu bisa pergi ke kantor cabang bank BRI terdekat secara langsung, maka dengan begitu pihak bank BRI akan melakukan pengecekan ke nomor referensi yang kamu berikan tersebut. Setelah pengecekan selesai dilakukan, maka pihak bank akan memberikan detail transaksi berdasarkan dari nomor referensi kamu.

Jadi demikianlah cara yang perlu kamu lakukan untuk mengecek nomor referensi BRI. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman semua, terima kasih sudah membaca hingga selesai. Jika ada salah kata, kami mohon maaf dan jangan lupa untuk dibagikan ke teman-teman yang lain yaa. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Related posts