Cara Cek Nomor Referensi Mandiri

Cara Cek Nomor Referensi Mandiri
Cara Cek Nomor Referensi Mandiri

Apakah kamu pengguna internet banking dan ingin melakukan transfer ke bank Mandiri? Lalu kamu bingung memasukan kolom yang berisi nomor referensi nasabah serta bingung bagaimana cara cek nomor referensi Mandiri? Yuk, simak artikel ini hingga selesai.

Nomor referensi Mandiri akan kamu jumpai ketika hendak melakukan transaksi. Misalnya kamu ingin melakukan transaksi sejumlah uang ke teman kamu, maka nanti ketika kamu melakukan proses transfer pada mesin ATM mandiri akan dimintai nomor referensi. Hal ini khusus ketika kamu melakukan transfer beda bank yah, misalnya BRI ke BCA, BCA ke Mandiri, BNI ke BRI atau BRI ke Mandiri. Nah nanti akan menemukan nomor referensi yang bisa kamu masukan.

Read More

Sebelum memasuki bagaimana cara cek nomor referensi mandiri, lebih baik kamu mengetahuoi fungsi dan juga kegunaan dari nomor referensi tersebut supaya kamu lebih paham makna dari memasukan nomor tersebut.

Fungsi dan Kegunaan Nomor Referensi Mandiri

Pada bank Mandiri nomor referensi ini bemanfaat sebagai pertanda jika kalian sudah menyelesaikan transaksi. Nomor referensi juga bermanfaat sebagai proteksi tambahan untuk mengamankan transaksi yang kalian lakukan.

Contohnya kalian sudah melakukan transaksi namun tidak sengaja menghilangkan struk transaksi. Maka kamu dapat meminta bank untuk melacak transaksi kalian dengan mengirimkan nomor referensi ke bank. Dari nomor referensi yang kalian berikan, maka bank akan memberikan detail transaksi yang kalian inginkan.

Cara Cek Nomor Referensi Nasabah Mandiri

Cara Cek Nomor Referensi Mandiri
Cara Cek Nomor Referensi Mandiri

Jika kamu menggunakan internet banking dan ingin mengirimkan uang ke bank Mandiri kamu perlu mengisi nomor referensi nasabah. Nomor referensi tidak ditetapkan oleh masing-masing bank karena itu merupakan kode transaksi yang bisa disepakati oleh pihak pengirim dan penerima saldo.

Terkait:  Cara Install Google Play Store

Sebagai contoh saya membeli sebuah jaket dengan metode pembayaran transfer uang atau saldo rekening penjual. Kebetulan nomor rekening yang digunakan untuk transfer saldo adalah rekening bank BRI dan penjual menggunakan Bank Mandiri.

Untuk memastikan penjual mengenali uang yang ditransfer dari rekening saya sebelumnya disepakati nanti mencantumkan nomor referensi sebagai contoh 123456.

Nomor referensi nasabah tersebut saya masukkan transaksi berhasil dan saldo sudah didebet di rekening bank BRI. Jadi sebenarnya kita bisa mengisi nomor referensi sesuai dengan angka yang disepakati. Nomor referensi berbeda dengan kode Bank Bank Mandiri yang sudah ditentukan ketika transfer saldo dari rekening BRI ke Bank Mandiri.

Hal ini juga berlaku untuk nomor referensi bank lainnya seperti Bank BCA, bank BNI, bank Bukopin, Bank CIMB, Niaga Permata Bank, dan lain-lain.

Transfer saldo dari Bank BRI ke rekening bank lain juga mungkin mengalami sedikit keterlambatan meskipun sejauh ini uang yang ditransfer langsung masuk ke rekening bank tujuan. Keterlambatan biasanya terjadi karena traffic transaksi padat atau hari libur nasional.

Untuk memastikan Apakah saldo yang ditransfer telah berhasil silahkan cek mutasi rekening atau cetak rekening koran disana terlihat transaksi debet dan kredit.

Nomor Referensi Bank Mandiri

Jika di atas adalah nomor referensi yang dibuat oleh nasabah sendiri, maka sekarang membahas tentang nomor referensi bank BRI. Pada masing-masing perusahaan bank memiliki kode unik yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa kode unik bank yang ada di Indonesia:

KODE BANK NEGARA, SWASTA, DAN SYARIAH KODE BANK
BANK BRI 002
BANK BCA 014
BANK MANDIRI 008
BANK BNI 009
BANK BNI SYARIAH 427
BANK SYARIAH MANDIRI (BSM) 451
BANK CIMB NIAGA 022
BANK CIMB NIAGA SYARIAH 022
BANK MUAMALAT 147
BANK BTPN 213
BANK BTPN SYARIAH 547
JENIUS 213
BANK BRI SYARIAH 422
BANK BTN 200
BANK PERMATA 013
BANK DANAMON 011
BANK BII MAYBANK 016
BANK MEGA 426
BANK SINARMAS 153
BANK COMMONWEALTH 950
BANK OCBC NISP 028
BANK BUKOPIN 441
BANK BUKOPIN SYARIAH 521
BANK BCA SYARIAH 536
BANK LIPPO 026
CITIBANK 031
INDOSAT DOMPETKU 789
TELKOMSEL TCASH 911
LINKAJA 911
Terkait:  Cara Transfer Mandiri ke BCA

 

KODE BANK DAERAH KODE BANK
BANK JABAR 110
BANK DKI JAKARTA 111
BPD DIY (YOGYAKARTA) 112
BANK JATENG (JAWA TENGAH) 113
BANK JATIM (JAWA BARAT) 114
BPD JAMBI 115
BPD ACEH 116
BPD ACEH SYARIAH 116
BANK SUMUT 117
BANK NAGARI (BANK SUMBAR) 118
BANK RIAU KEPRI 119
BANK SUMSEL BABEL 120
BANK LAMPUNG 121
BANK KALSEL (BANK KALIMANTAN SELATAN) 122
BANK KALBAR (BANK KALIMANTAN BARAT) 123
BANK KALTIMTARA (BANK KALIMANTAN TIMUR DAN UTARA) 124
BANK KALTENG (BANK KALIMANTAN TENGAH) 125
BANK SULSELBAR (BANK SULAWESI SELATAN DAN BARAT) 126
BANK SULUTGO (BANK SULAWESI UTARA DAN GORONTALO) 127
BANK NTB 128
BANK NTB SYARIAH 128
BANK BPD BALI 129
BANK NTT 130
BANK MALUKU MALUT 131
BANK PAPUA 132
BANK BENGKULU 133
BANK SULTENG (BANK SULAWESI TENGAH) 134
BANK SULTRA 135
BANK BPD BANTEN 137

Kamu bisa cek nomor referensi Mandiri dengan melihat kode unik yang berupa angka biasnya terletak di bukti transfer yang telah kamu dapatkan sebelumnya.

Nanti akan terdapat keterangan dengan tujuan nomor rekening, jumlah nominal yang ditransfer, tanggal transfer, nama transaksi dan nomor referensinya.

Atau kamu bisa pergi ke kantor cabang bank BRI terdekat secara langsung, maka dengan begitu pihak bank BRI akan melakukan pengecekan ke nomor referensi yang kamu berikan tersebut. Setelah pengecekan selesai dilakukan, maka pihak bank akan memberikan detail transaksi berdasarkan dari nomor referensi kamu.

Cara Melihat Bukti Transaksi Via Mandiri Online Mobile

Perlu diperhatikan, kamu tidak bisa mencari bukti transfer atau transaksi lainnya di aplikais mandiri mobile yang dilakukan di gerai ATM atau kantor Bank Mandiri. Dimana laporan atau resi transaksi yang bisa dicari hanya khusus yang kita lakukan dengan aplikasi mobile banking saja. Jika ingin cek keseluruhan tentunya kamu harus meminta rekening koran atau melalui cetak tabungan di kantor bank Mandiri terdekat. Berikut adalah contoh mencari dan melihat nota transaksi transfer via aplikasi Mandiri:

  • Langkah pertama, silahkan buka dan login ke akun aplikasi mandiri mobile di smartphone kamu
  • Setelah halaman utama aplikasi terbuka, kamu bisa masuk ke menu pada bagian pojok kiri atas
  • Pada deretan menu yang tersedia, masuklah ke opsi Status Transaksi
  • Di halaman yang terbuka, pilih saja filter pencarian dan silahkan isi rentang tanggal bulan dan tahun pencarian
  • Selanjutnya pada opsi “Pilih Menu” tentukn transaksi apa yang kamu ingin cari, semisal transfer ke sesama bank atau lain bank, pebelian, pembayaran tagihan atau lain sebagainya
  • Di bagian nomor rekening pilih akun rekening mandiri kamu
  • Nah untuk opsi “Status” silahkan pilih Semua status atau bisa mempersempit pencarian dengan memilih status transaksi, semisal berhasil, gagal, terkirim, ditolak dan sebagainya
  • Setelah semua terisi, klik tomol pencarian dan tunggu proses berlangsung
  • Nantinya akan terlihat halaman “Daftar Status Transaksi” dimana kamu bisa klik salah satu daftar tersebut untuk menampilkan bukti detail transaksi yang bisa dilihat.
Terkait:  Cara Cek iPhone Asli

Jadi demikianlah cara yang perlu kamu lakukan untuk mengecek nomor referensi Mandiri. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman semua, terima kasih sudah membaca hingga selesai. Jika ada salah kata, kami mohon maaf dan jangan lupa untuk dibagikan ke teman-teman yang lain yaa. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Rekomendasi Ulasan Baru:

Related posts