Cara Cek Nomor Referensi BNI Syariah

  • Whatsapp

Apakah kamu pengguna bank BNI Syariah dan ingin melakukan transfer dengan memasukan nomor referensi akan tetapi bingung caranya? Nah artikel ini akan membahas mengenai cara cek nomor referensi BNI Syariah. Simak artikelnya hingga selesai ya.

Sebelum membahasnya, akan lebih baik jika kamu juga perlu mengetahui apa itu bank BNI syariah dan juga kegunannya sehingga kamu dapat lebih paham sebelum melakukan transfer dengan memasukan nomor referensi.

Read More

Apa Itu Bank BNI Syariah?

Saat ini bank-bank syariah di Indonesia cukup banyak jumlahnya, salah satunya ialah bank BNI syariah yang kini hadir sebagai salah satu layanan bank dengan konsep syariah. Bank BNI pun turut andi dalam menjawab perkembangan zaman demi kepuasan transaksi nasabah.

Bank BNI Syariah adalah lembaga perbankan di Indonesia. Bank ini semula bernama Unit Usaha Syariah Bank Negara Indonesia. sejak 2010, unit usaha BNI syariah telah menjadi bank umum syariah dengan nama PT Bank BNI Syariah terus berkembang hingga pada tanggal 1 Febuari 2021 pukul 13.00 WIb, BNI Syariah digabung dengan bank BRI syariah Indonesia dan bank syariah Mandiri menjadi Bank Syariah Indonesia.

Kode Bank BNI Syariah

Dulu kode BNI syariah sama dengan kode bank BNI konvensional yaitu 009, tetapi sejak 29 Desember 2017 lalu, sejak menajadi BNI Syariah menjalin kerja sama dalam pemanfaatan jariangan ATM bersama dengan Arta Jasa, Kode Bank BNI Syariah menjadi 427.

Kode ini yang akan jadi identitas dari rekening bank BNI Syariah untuk sebuah tujuan transfer atau tujuan pengiriman uang dan ketika kamu melakukan transaksi transfer tidak menggunakan kode bank ini pasti transaksi kamu akan gagal.

Terkait:  Cara Cabut Indihome

Fungsi dan Kegunaan Kode Bank

  • Sebagai Identitas Bank
    Kode bank ini seperti halnya kode rumah, yaitu dijadikan identitas bank agara mudah dibedakan antar bank satu dan bank yang lain.
  • Transaksi Antar Bank
    Ketika kamu akan melakukan transaksi melalui ATM, maka kamu akan membutuhkan kode bank untuk dapat dpat melakukan proses transaksi tersebut sebagai identitas bank yang akan dituju tanpa memasukan kode tersebut bisa dipastikan proses transaksi kalian akan gagal

Setelah kamu mengetahui apa itu bank BNI syariah dan juga fungsi serta kegunaannya. Sekarang kita bahas apa itu nomor refensi pada nasabah.

Nomor refensi nasabah adalah nomor unik yang nasabah harus buat sendiri untuk dirinya sebagai tanda nasabah tersebut yang melakukan transaksi. Nomor referensi biasanya diperlukan jika proses transfer adalah untuk pembayaran sebuah produk atau jasa yang memiiki kode unik tertentu.

Lalu apa yang akan terjadi jika tidak memasukan nomor tersebut? Sebenarnya tidak akan terjadi apa-apa namun nasabah juga tidak akan bisa melakukan transfer jika tidak memasukan nomor referensi nasabah. Lebih jelasnya jika nasabah melakukan transfer ke suatu badan jasa, perusahaan atau yang lainnya yang notabenenya buka perorangan atau individu nomor referensi nasabah ini adalah nomor yang menunjukan bahwa nasabah tersebut yang melakukan transfer tersebut.

Jadi nasabah hanya perlu mengetikkan nomor referensi bank yang ingin dituju atau ingin ditransfer sebelum nasabah mengetikkan nominal dan tujuan nomor rekening banknya. Setelah itu, nasabah hanya perlu mengetikkan jumlah uang yang ingin nasabah transfer lalu uang kamu saat itu juga langsung terkirim.

Cara Cek Nomor Referensi BNI Syariah

 

Sebenarnya cara cek nomor referensi BNI syariah sama saja dengan bank yang lain. Untuk mengecek nomor referensi ini hanya bisa dilakukan pada nomor referensi setalah melakukan transaksi. Khusus nomor referensi nasabah dan bank tidak perlu dicek karena pasti kamu sudah atau apa kode nomor referensi mereka.

Terkait:  Cara Cek Nomor Referensi Mandiri

Cara mengecek nomor referensi ini tergolong sangat mudah loh, kamu cukup buka bukti transfer dari transaksi yang kamu ingin cek nomor referensinya dan nanti bakal ada keterangan dimana kamu telah melakuakn transfer ke rekening mana beserta nama pemilik tujuan, nominal transfer, waktu dan transfer dan nomor referensi.

Semisal kamu tidak memiliki bukti transfer maka kamu bisa datangi kantor bank BRI yang ada di kotamu, maka inilah kegunaan kenapa kita harus memasukan nomor referensi.

Nomor referensi BNI Syariah biasanya kita dapatkan setelah kita melakukan transaksi, beda dengan nomer referensi yang biasanya cuma 3 digit saja. Kalo yang 3 digit angka itu adalah kode unik dari bank tersebut. Maka dari itu, nomor referensi setelah transfer sifatnya opsional. Biasanya juga terdiri dari kombinasi huruf dan angka. Nomor ini berguna sebagai masing-masing identatitas dari milyaran transaksi yang terjadi di dunia perbankan.

Selain kode referensi bank BNI Syariah, kamu juga akan diberitahu kode bank-bank lain yanga ada di Indonesia. Berikut bank-bank yang ada di Indonesia, baik itu Bank Negara, Swasta, maupun Daerah.

KODE BANK NEGARA, SWASTA, DAN SYARIAH KODE BANK
BANK BRI 002
BANK BCA 014
BANK MANDIRI 008
BANK BNI 009
BANK BNI SYARIAH 427
BANK SYARIAH MANDIRI (BSM) 451
BANK CIMB NIAGA 022
BANK CIMB NIAGA SYARIAH 022
BANK MUAMALAT 147
BANK BTPN 213
BANK BTPN SYARIAH 547
JENIUS 213
BANK BRI SYARIAH 422
BANK BTN 200
BANK PERMATA 013
BANK DANAMON 011
BANK BII MAYBANK 016
BANK MEGA 426
BANK SINARMAS 153
BANK COMMONWEALTH 950
BANK OCBC NISP 028
BANK BUKOPIN 441
BANK BUKOPIN SYARIAH 521
BANK BCA SYARIAH 536
BANK LIPPO 026
CITIBANK 031
INDOSAT DOMPETKU 789
TELKOMSEL TCASH 911
LINKAJA 911
Terkait:  Cara Mengambil Uang di ATM BNI

 

KODE BANK DAERAH KODE BANK
BANK JABAR 110
BANK DKI JAKARTA 111
BPD DIY (YOGYAKARTA) 112
BANK JATENG (JAWA TENGAH) 113
BANK JATIM (JAWA BARAT) 114
BPD JAMBI 115
BPD ACEH 116
BPD ACEH SYARIAH 116
BANK SUMUT 117
BANK NAGARI (BANK SUMBAR) 118
BANK RIAU KEPRI 119
BANK SUMSEL BABEL 120
BANK LAMPUNG 121
BANK KALSEL (BANK KALIMANTAN SELATAN) 122
BANK KALBAR (BANK KALIMANTAN BARAT) 123
BANK KALTIMTARA (BANK KALIMANTAN TIMUR DAN UTARA) 124
BANK KALTENG (BANK KALIMANTAN TENGAH) 125
BANK SULSELBAR (BANK SULAWESI SELATAN DAN BARAT) 126
BANK SULUTGO (BANK SULAWESI UTARA DAN GORONTALO) 127
BANK NTB 128
BANK NTB SYARIAH 128
BANK BPD BALI 129
BANK NTT 130
BANK MALUKU MALUT 131
BANK PAPUA 132
BANK BENGKULU 133
BANK SULTENG (BANK SULAWESI TENGAH) 134
BANK SULTRA 135
BANK BPD BANTEN 137

Berapa Biaya Admin Jika Ingin Transfer BNI Syariah Ke BRI?

Nasabah baru akan dikenakan biaya admin ketika transfer saldo ke rekening bank lain. Sebagai contoh transfer dari rekening BNI Syariah ke rekening Bank BRI atau rekening Bank Mandiri. Biaya yang berlaku saat ini adalah Rp6.500.

Transaksi di rekening BNI akan jauh menjadi lebih praktis apabila nasabah telah registrasi dan aktivasi layanan mobile banking seperti aplikasi BNI Mobile Banking. Didalamnya terdapat berbagai fitur menarik mulai dari cek saldo hingga dengan transaksi pembayaran dan pembelian.

Namun ketika kamu melakukan transfer sesama Bank Syariah tidak akan dikenaan biaya admin alias GRATIS untuk transaksi tersebut. Sama halnya jika kamu mengecek nomor referensi BNI Syariah tidak akan dikenakan biaya sepersenpun.

Nah itulah mengenai informasi cara cek nomor referensi BNI Syariag, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah membacanya hingga selesai. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Related posts