Pinjaman Online Aman OJK

Pinjaman Online Aman OJK
Pinjaman Online Aman OJK

Kebutuhan finansial setiap orang itu berbeda-beda. Ada yang bisa membagi antara pendapatan tetap dan tabungan, namun ada juga yang merasa kewalahan hingga terpaksa meminjam dana. Akan tetapi perlu diingat ketika kamu sudah mantap ingin meminjam dana di online pastikan bahwa pinjol tersebut sudah terdaftar di OJK. Untuk lebih jelasnya kamu bisa membaca artikel pinjaman online aman OJK yang ada dibawah ini.

Pengertian Pinjaman Online

Dalam arti luas, pinjaman online adalah semua jenis pinjaman tidak langsung dari bank tradisional. Sejumlah pemberi pinjaman online sering disebut sebagai pemberi pinjaman online karena merupakan alternatif dari bank tradisional.

Read More

Secara historis, istilah ini telah digunakan untuk memasukkan serikat kredit, pinjaman pemerintah, dan kredit lain yang secara struktural mirip dengan pinjaman bank tetapi berasal dari atau melalui sumber yang berbeda.

Saat ini, pinjaman kuno adalah bagian dari pasar pinjaman tradisional. Mereka berbagi persyaratan yang sama, menggunakan kriteria yang sama untuk persetujuan dan termasuk dalam kategori peraturan yang sama. Sebaliknya, pemberi pinjaman alternatif.

Pengertian OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Apa itu OJK? Pengertian OJK adalah sebuah lembaga negara yang memiliki fungsi dan tugas dalam penyelenggaraan sistem pengaturan dan pengawasan terhadap industri jasa keuangan secara terintegrasi.

Beberapa yang termasuk dalam industri jasa keuangan yang masuk dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) diantaranya adalah:

  • Perbankan
  • Pasar modal
  • Asuransi
  • Dana pensiun
  • Lembaga pembiayaan
  • Dan beberapa lembaga jasa keuangan lainnya

Otoritas Jasa Keuangan (JOK) dibentuk berdasarkan Undang-Undang No. 21 Tahun 2011. OJK merupakan lembaga negara yang sifatnya independen dan bebas dari campur tangan pihak lain dalam menjalankan tugasnya.

Terkait:  Pinjaman Online BRI Langsung Cair

Tugas dan Wewenang OJK

Seperti yang disebutkan sekilas pada pengertian OJK di atas, secara umum OJK memiliki tugas dan wewenang dalam hal penyelenggaraan sistem pengaturan dan pengawasan terhadap industri jasa keuangan di Indonesia.

Sesuai dengan pengertian OJK di atas, berikut ini adalah beberapa tugas dan wewenang Otoritas Jasa Keuangan:

Tugas OJK

Secara umum ada 3 tugas OJK, diantaranya:

  • Mengatur dan mengawasi kegiatan jasa keuangan, baik di sektor Perbankan maupun Non Perbankan.
  • Mengatur dan mengawasi kegiatan jasa keuangan di sektor Pasar Modal.
  • Mengatur dan mengawasi aktivitas jasa keuangan di sektor Asuransi, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Keuangan Lainnya.

Wewenang OJK

Berikut ini adalah beberapa wewenang OJK dalam tugas pengaturan dan tugas pengawasan:

  • Menetapkan peraturan perundang-undangan di industri jasa keuangan.
  • Membuat dan menetapkan peraturan tentang pengawasan di industri jasa keuangan.
  • Membuat dan menetapkan kebijakan tentang pelaksanaan tugas OJK.
  • Mengatur tentang tata cara penetapan pengelola statuter di lembaga jasa keuangan.
  • Mengatur tentang struktur organisasi dan infrastruktur, serta pengelolaan kekayaan dan kewajiban.
  • Membuat dan menetapkan peraturan tentang tata cara pemberian sanksi berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di sektor jasa keuangan.
  • Membuat dan menetapkan kebijakan mengenai tata cara pengawasan terhadap industri jasa keuangan.
  • OJK dapat melakukan pengawasan, pemeriksaan, penyidikan, dan perlindungan konsumen, dan tindakan lain terhadap Lembaga Jasa Keuangan.
  • Memberikan sanksi administratif kepada pihak yang melanggar peraturan perundang-undangan di sektor jasa keuangan.
  • OJK berwenang memberikan dan/ atau mencabut ijin usaha, pengesahan, dan penetapan lain dalan peraturan perundang-undangan di sektor jasa keuangan.

Pinjaman Online Aman OJK

Pinjaman Online Aman OJK
Pinjaman Online Aman OJK

Setelah kamu mengetahui pengertian pinjaman online, pengertian OJK (Otoritas Jasa Keuangan), dan juga tugas-tugasnya. Kini kamu bisa memilih beberapa referensi pinjaman online aman OJK yang ada dibawah ini:

  • Kredivo
Terkait:  Pinjaman Online Langsung Cair Tanpa Ribet

Pinjol dengan plafon pinjaman 20 juta yang aman terdaftar OJK adalah Kredivo. Fintech ini termasuk salah satu pembayaran kredit digital terbesar di Indonesia yang unggul dari segi proses pencairan, yakni hanya membutuhkan waktu kurang dari 24 jam.

Selain menyediakan pinjaman dengan batas limit 30 juta, Kredivo juga memiliki fitur kredit belanja tanpa kartu kredit.

Maksudnya, kamu bisa membeli berbagai kebutuhan lewat e-commerce ternama yang menjadi mitra Kredivo, kemudian pembayarannya dapat dilakukan belakangan.

  • Dompet Kilat

Sebagai pembuka, di sini ada dompet kilat. Dengan Dompet Kilat ini, kalian bisa mengajukan pinjaman mulai dari 500 ribu rupiah sampai dengan 2 juta rupiah. Selain itu, Dompet Kilat ini menawarkan lama waktu pelunasan mulai dari 7 hari, 14 Hari, sampai dengan 21 hari. Si Dompet Kilat ini cocok banget buat kalian yang butuh dana cepat dengan waktu pelunasan yang tidak terlalu lama.

  • Cairin

Kita ke pinjaman online selanjutnya. Di sini ada aplikasi pinjol Cairin.  Nah melalui aplikasi ini, kalian bisa mendapatkan limit pinjaman hingga 1,6 juta rupiah, tapi sebetulnya kalian bisa mendapatkan pinjaman lebih sampai dengan 20 juta rupiah. Tetapi tergantung riwayat kredit kalian sebelumnya. Kalau misalnya riwayatnya bagus mereka memberikan limit yang lebih tinggi untuk kalian. Nah, untuk lama pencairannya mulai dari 2 s/d 3 hari saja. Hampir sama dengan Tunaiku ya. Soalnya kita bisa pinjam uang hingga 20 juta rupiah.

  • Tunaiku

Tunaiku adalah pinjaman online yang berada di bawah naungan Amar Bank. Di sini, kamu bisa mengajukan pinjaman hingga 20 juta yang pastinya aman dan telah terdaftar di OJK.

Selain plafon pinjaman yang disediakan cukup besar, KTA online ini juga sangat unggul dalam urusan masa tenor, yang mana nasabah dapat memilih diantara 6 hingga 20 bulan untuk melunasi sisa cicilan.

Terkait:  Pinjaman Online Non OJK

Cukup menyertakan KTP, kamu bisa langsung mengakses website ataupun aplikasi Tunaiku yang tersedia di Play Store dan App Store. Proses pencairan dananya pun tergolong cepat loh, bahkan enggak lebih dari 24 jam.

  • Tunai Kita

Cara mendapatkan pinjaman online 20 juta yang aman terdaftar di OJK berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi pinjaman Tunai Kita.

Lewat pinjol ini, kamu bisa mendapatkan pinjaman dana tunai sesuai dengan kebutuhan dalam waktu 24 jam.

Sayangnya, masa tenor yang ditawarkan oleh Tunai Kita hanya sampai 6 bulan saja. Jadi, penting bagi kamu untuk mempertimbangkan kembali bila ingin meminjam dana dalam jumlah besar di sana.

Tunai Kita juga memiliki layanan KTA online jangka pendek, yang mana debitur dapat mengajukan pinjaman maksimal sebesar 5 juta dan dengan masa tenor pinjaman hingga 1 bulan.

Apabila tertarik mengajukannya, calon debitur cukup menyertakan bukti KTP, NPWP, serta rekening bank aktif.

  • Tokopedia

Siapa bilang Tokopedia hanya digunakan untuk belanja online saja? E-commerce ini nyatanya dapat kamu manfaatkan pula untuk mendapatkan pinjaman 20 juta yang aman terdaftar OJK.

Lewat kerja sama dengan berbagai bank serta lembaga keuangan terpercaya, Tokopedia kini menyuguhkan program KTA dan pinjaman dengan agunan bagi semua pengguna e-commerce tersebut.

Uniknya, plafon pinjaman yang disediakan Tokopedia cukup besar loh, mulai dari Rp1 juta hingga Rp3 miliar dengan masa tenor 3-96 bulan.

Sehingga cocok digunakan buat kamu yang membutuhkan dana darurat ataupun ingin membangun bisnis.

  • CekAja

Dibawah naungan PT Puncak Finansial Utama Indonesia, CekAja merupakan portal finansial sekaligus perbandingan netral untuk membantu calon konsumennya dalam menentukan produk finansial yang diinginkan. Lewat fintech ini, kamu bisa mengajukan pinjaman 20 juta yang aman terdaftar OJK.

Demikianlah pinjaman online aman OJK, kamu bisa memilih salah satu diantaranya dan sudah pasti terjamin keamanannya. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membacanya hingga selesai. See You!

Related posts