Cara Merawat Aglonema

  • Whatsapp

Apakah kamu senang mempercantik dan menghias rumah dengan tanaman aglonema lipstik? Kalian tidak bisa menambahkannya sembarangan bila tidak tahu cara merawat aglonema karena tanaman hias ini butuh perawatan ekstra.

Hal ini dikarenakan tanaman ini berbeda dengan jenis-jenis tumbuhan lainnya. Tak bisa dipungkiri sebagian besar orang masih memilih tanaman ini sebagai objek utama agar rumahnya dapat terlihat asri dan sejuk di segala sudut.

Read More

Aglonema merupakan sebuah tanaman yang mempunyai dua warna pada daunnya, yakni hijau di bagian tengah dan merah terang di pinggirnya. Apabila kamu tertarik merawatnya di rumah, kalian harus tahu prosedur pemeliharaannya dengan baik.

Pasalnya, aglonema punya beberapa sistem perawatan tertentu yang bisa dianggap enteng. Kamu juga bisa mengalami kerugian cukup besar karena sebagian besar pencinta tanaman hias mengklaim harganya agak mahal.

Cara Merawat Aglonema

Cara Merawat Aglonema
Cara Merawat Aglonema

Aglonema merupakan salah satu tanaman hias yang harganya cukup mahal, apalagi kalau hasil stek seperti aglonema red anjamani, big roy, venus dan lainnya. Tak bisa dipungkiri kamu harus merogoh kocek mulai dari puluhan ribu sampai jutaan rupiah untuk satu pot nya.

Tak hanya itu, segalanya bergantung keindahan untuk menentukan harga jualnya dan kamu harus melakukan perawatan sekaligus perhatian lebih dari sekadar sentuhan biasa seperti tanaman lainnya.

Kalian bukan hanya menyiram, namun tempat tumbuh sampai nutrisinya juga harus diperhatikan. Rumah bakal tampak asri dan indah berkat keberadaan tanaman aglonema ini, bahkan perawatan maksimal akan memberi kedamaian untuk seluruh penghuni rumah.

Terkait:  Cara Merawat Lovebird

Akan tetapi, perawatan asal-asalan bahkan salah justru mengakibatkan tanaman ini rentan rusak dan mati. Corak daun yang beragam dan unik membuat aglonema semakin disukai banyak orang selama beraktivitas di rumah saja.

Cara Merawat Aglonema dan Kesalahan yang Harus Dihindari

Barangkali kalian sedang berencana merawat tanaman aglonema di rumah, kalian harus tahu perawatan dan penanganannya dengan benar. Hal ini dikarenakan tanaman hias tersebut berbeda dengan jenis-jenis tumbuhan lainnya. Kamu tidak bisa merawatnya sembarangan dan segalanya harus diperhatikan.

Di samping itu, kamu harus menghindari berbagai macam kesalahan perawatan tanaman aglonema agar keuntungan yang bakal diperoleh tidak dapat hilang secara percuma.

Kesalahan Menanam Tanaman Aglonema yang Harus Dihindari

Aglonema merupakan tanaman hias yang cantik dan indah. Kalian justru tidak dianjurkan untuk memasukkannya ke dalam rumah karena sirkulasi udara berperan penting terhadap perkembangannya. Kalian mungkin tahu indoor alias area dalam rumah memiliki siklus udara lebih rendah.

Maka dari itu, kalian sebisa mungkin harus mencegah penyimpanan tanaman hias ini di dalam rumah, agar setiap ranting dan akarnya dapat menyerap udara untuk menghasilkan oksigen setiap hari.

Tumbuhan mana pun pasti butuh sumber nutrisi dari air, bukan? Aglonema termasuk salah satu tanaman hias yang harus diperhatikan sistem penyiraman airnya. Kami anjurkan kalian tidak boleh menyiramnya berlebihan, karena berisiko menimbulkan bau busuk bahkan mati.

Apabila kamu baru pertama kali merawat tanaman ini, kamu cukup menyiramnya 2-3 hari sekali. Jumlah kadar air yang dibutuhkan tergantung wilayah masing-masing, semakin kering dan tandus maka kapasitas air yang diperlukan lebih banyak.

Tanaman ini membutuhkan unsur hara supaya bisa tumbuh sehat dan subur dengan tampilan daun yang cantik. Secara umum media tanam aglonema bukan hanya tanah biasa, namun pupuk kompos maupun pasir agar dapat tumbuh subur dengan indah.

Terkait:  Cara Merawat Tanaman Hias

Berikan pupuk pada tanaman ini secara berkala, sekitar 3-4 bulan sekali. Kamu bisa mempercantik tampilan tanaman aglonema dengan menambahkan pupuk daun yang disemprotkan sebulan sekali.

Kami beritahukan bahwa aglonema butuh banyak nutrisi supaya bisa melakukan pemupukan secara optimal. Kalian harus rajin memeriksa dan menggemburkan media tanam pada aglonema.

Contohnya sebulan sekali dan bila sudah benar-benar padat, maka kamu bisa mengganti media tanam dengan yang baru. Hal ini dikarenakan setiap pemilik tanaman aglonema tidak boleh membiarkan media tanam padat selama merawatnya di rumah saat ini.

Cara Merawat Aglonema dengan Benar dan Tepat

Untuk merawat tanaman aglonema yang indah dan subur, kalian tidak bisa menyimpannya di tempat sembarangan. Hal ini dikarenakan aglonema merupakan salah satu tanaman yang tidak bisa diletakkan di bawah sinar matahari langsung.

Pasalnya, warnanya akan memudar dan keindahannya akan sirna bila diletakkan di bawah paparan sinar matahari. Kamu bisa memberi perlindungan ekstra agar tanaman kesayangan tidak dapat terkena panasnya terik matahari bahkan terkulai saat hujan turun.

Secara umum tanaman aglonema hampir sama dengan tumbuhan lainnya. Kamu bisa melakukan penyiraman secara berkala sesuai kapasitas yang dibutuhkan. Meski begitu, kamu tidak boleh menyiramnya terus menerus karena membuatnya busuk dan daunnya menguning bahkan layu.

Aglonema tidak akan hidup bila permukaannya kering, kamu bisa mengatasinya dengan menyiram tanaman aglonema secara berkala selama 2-3 hari sekali atau 3-4 hari sekali.

Kamu bisa merawat tanaman aglonema supaya tidak bisa rusak dengan memasang penyangga. Tujuannya agar aglonema tidak dapat roboh bila terkena hembusan angin maupun tetesan air hujan.

Ketika tanaman aglonema sudah terlihat besar dan tinggi, kalian bisa memasang penyangga untuk menopangnya. Umumnya penyangga yang digunakan adalah batang kayu atau bambu yang ditancapkan di samping tanamannya lalu diikat secara perlahan.

Terkait:  Cara Merawat Sepatu Kulit

Kalian pasti tidak nyaman melihat tanaman aglonema dikelilingi daun kering dan layu, bukan? Oleh sebab itu, kalian bisa merawatnya dengan memangkas daun-daun kering dan layu yang sudah mati akibat tidak dirawat secara efektif.

Tujuannya supaya kamu bisa menjaga penampakan tanaman sehingga dapat terjaga keindahannya. Pangkaslah daun yang layu, menguning dan kering dengan menggunakan gunting tajam serta steril agar tidak dapat memancing hama ke area batang tumbuhannya.

Hal yang Perlu Dilakukan untuk Merawat Daun Aglonema

  • Melapisi Daun Aglonema dengan Air
    • Basahi spons kering dengan air.
    • Bersihkan semua permukaan daun dengan spons yang sudah dibasahi.
    • Aglonema akan terlihat cantik dan indah untuk diletakkan pada tempat tertentu di rumah.
  • Melapisi Daun Aglonema dengan Susu
    • Campurkan air dan susu bubuk.
    • Celupkan spons ke dalam campuran air susu tersebut.
    • Bersihkan ssemua daun dengan spons yang sudah dicampurkan air susu.
    • Aglonema akan tumbuh lebih cepat dan subur seusai dilapisi dengan air susu.
  • Melapisi Daun Aglonema dengan Ampas Kelapa
    • Oleskan daun aglonema dengan ampas kelapa.
    • Daun nya akan tampak mengkilat dan tumbuh lebih subur.

Kalian juga bisa membuat tanaman aglonema cepat beranak dengan menggemburkan tanah atau media tumbuh secara berkala. Penggemburan tanah tidak sekadar memperbaiki aerasi maupun drainase, namun juga tumbuh anakannya dengan cepat.

Kalian juga perlu mengelap daun nya sesuai salah satu media bantuan di atas secara rutin. Tujuannya agar tanaman dan daun aglonema bisa bersih dan mengkilat, serta terhindar dari layu meski tidak disiram setiap hari.

Related posts