Cara Merawat Anggrek Bulan

Cara Merawat Anggrek Bulan
Cara Merawat Anggrek Bulan

Butterfly Orchid (anggrek bulan) merupakan salah satu tanaman hias terkenal dari Indonesia. Tak sedikit orang penasaran bagaimana cara merawat anggrek bulan supaya bisa berbunga dan berkembang dengan cantik.

Bunga ini populer berkat varian warnanya yang indah dan sering diandalkan sebagai salah satu tanaman hias di rumah. Jangan heran rumah kalian akan tampak cantik dan nyaman berkat keberadaan bunga anggrek bulan yang begitu memesona.

Secara umum merawat bunga anggrek bulan hampir sama dengan tanaman hias lainnya. Kalian perlu memperhatikan kebersihan dan keindahan tanaman karena bunga ini tidak bisa dirawat sembarangan.

Kamu bisa melakukan perawatan sederhana sehingga dapat memastikan bunga anggrek bulan tetap berkembang dan mekar dengan indah. Pastikan kamu memberikan asupan nutrisi cukup dengan kapasitas air sewajarnya agar tidak dapat menyebabkan layu bahkan mati.

Cara Merawat Anggrek Bulan

Cara Merawat Anggrek Bulan
Cara Merawat Anggrek Bulan

Beberapa orang penasaran bagaimana cara merawat anggrek bulan dengan baik dan benar, karena sebagian besar dari pemilik tanaman hias kerap menyamakannya seperti tumbuhan lain. Kami beritahukan bahwa bunga anggrek bulan mempunyai sensitifitas cukup tinggi sehingga kalian dapat memberikan perawatan ekstra supaya tanamannya bisa hidup lebih lama.

Selain itu, bunga ini tidak butuh penanaman dan perawatan merepotkan agar kamu dapat mengurusnya secara maksimal. Kamu tidak perlu menghabiskan uang banyak supaya bisa menanam dan merawat anggrek bulan di rumah.

Terkait:  Cara Merawat Mesin Cuci 2 Tabung

Hal ini dikarenakan kalian tidak perlu media tanam apapun diluar pot dan pupuk sehingga tanamannya dapat berkembang cepat. Jangan heran bunga nya akan tumbuh mekar dan menghasilkan warna indah. Kamu akan betah di rumah dengan kehadiran tanaman ini karena bentuknya menarik dan tampilannya sangat cantik untuk memperindah hunianmu.

Cara Merawat Anggrek Bulan Supaya Mekar Setiap Hari

Barangkali kalian penasaran mengenai bunga anggrek bulan yang sebenarnya bisa dirawat dan ditanam dengan mudah. Kami beritahukan bahwa perawatannya tidak boleh dilakukan sembarangan, karena risiko layu bahkan mati mungkin terjadi.

Kalian bisa menyiramnya sewajarnya supaya bisa melewati metamorfosis normal layaknya tanaman hias lainnya. Tak hanya itu, bunga anggrek bulan harus selalu diletakkan pada tempat yang benar sehingga dapat menunjang pertumbuhannya.

Jaga Kelembapan dan Suhu Udara

Bunga ini merupakan salah satu tanaman yang butuh suhu ideal 30 derajat celcius saat siang hari, serta 23 derajat celcius saat malam hari. Suhu udara yang diperlukan anggrek bulan sangat sesuai dengan iklim tropis di Indonesia.

Tak hanya itu, anggrek bulan juga perlu kelembapan sekitar 60% supaya tumbuh subur dan bisa berbunga dengan cepat. Untuk merawat tanaman ini sederhana karena kalian hanya perlu mempertahankan kelembapannya setiap hari.

Perhatikan Kondisi Sinar Matahari

Cara merawat anggrek bulan yang tidak kalah penting diperhatikan adalah perhatikan kondisi sinar matahari. Cahaya matahari sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan karena bakal menghambat pertumbuhannya.

Apabila anggrek bulan terlalu sering berada di bawah sinar matahari, daunnya bakal berubah warna menjadi hijau kekuningan atau coklat. Kamu bisa menyimpan anggrek bulan di tempat kering dan sejuk, apalagi bila tidak terkena sinar matahari langsung.

Simpan di Ruangan dengan Sirkulasi Udara Baik

Tanaman ini bukan sekadar memerlukan sinar matahari dan kelembapan untuk membantu proses pertumbuhannya, tapi juga lokasi penyimpanannya perlu diperhatikan. Tanaman ini harus disimpan di dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang baik.

Terkait:  Cara Merawat Ikan Cupang

Kamu harus meletakkan anggrek bulan pada ruangan tertutup dengan sirkulasi udara minim, supaya tidak menghambat pertumbuhannya dan mencegah risiko terserang hama atau serangga mematikan.

Cegah Hama Mematikan

Hama dan jamur menjadi salah satu musuh besar yang menganggu pertumbuhan anggrek bulan. Pemakaian fungisida dan insektisida sangat penting dilakukan sebagai cara merawat anggrek bilan supaya bisa terhindar dari hama mematikan.

Tak hanya itu, kalian juga bisa memakai lem anti serangga dengan menggantungnya pada sedotan yang disimpan di atas tanaman, sehingga hama dan serangga tidak dapat menganggu pertumbuhan anggrek bulan.

Siram Secara Teratur

Kadar air cukup akan selalu dibutuhkan anggrek bulan supaya bisa tumbuh sehat dan subur. Kamu bisa menyiramnya dua kali sehari dan waktu paling tepat untuk melakukan penyiraman sekitar pukul 07:00-09:00 dan 16:00-18:00.

Namun, cara merawat anggrek bulan bakal berbeda bila cuaca sedang panas. Kalian harus melakukan penyiraman tiga kali sehari untuk membantu kadar kelembapan tetapterjaga, jangan lupa semprotkan air bagian akarnya agar dapat tumbuh lebih optimal.

Berikan Pupuk Secukupnya

Kamu harus memberikan nutrisi tambahan dengan menambahkan pupuk seccukupnya. Pemupukan dilakukan supaya bisa membuat anggrek bulan tumbuh lebih subur, tapi periode dan pemilihan pupuk tidak boleh sembarangan.

Alangkah baiknya kamu menggunakan pupuk organik cair dan melakukan pemupukan semingu sekali. Pemupukan bukan sekadar membuat tanamannya subur, namun menjaga akarnya tetap sehat agar dapat tumbuh lebih sehat.

Pindahkan Tanaman ke Pot

Kamu bisa memindahkan bunga anggrek bulan ke dalam pot sesuai ukurannya. Namun, kamu tidak boleh memindahkan tanaman saat sedang berbunga. Apabila sudah mekar, potong bagian bunga mati dan pindahkan ke pot baru.

Terkait:  Cara Merawat Mesin Cuci

Jika anggrek bulan keluar dari pot nya dan akarnya menelusuri sisi pot, kalian bisa memindahkannya ke pot baru. Posisikan anggrek bulan dengan pas tanpa menggoyahkan akarnya sehingga dapat menunjang proses pertumbuhannya.

Buang Tangkai Bunga yang Layu

Cara merawat anggrek bulan selanjutnya adalah memotong atau memangkas tangkai bunga yang sudah layu. Secara umum anggrek bulan butuh siklus pertumbuhan normal untuk menghasilkan bunga yang mekar.

Tak bisa dipungkiri bunga yang layu harus dipotong pada batang tepat agar bunga terakhir dapat tumbuh. Meski begitu, kalian harus berhati-hati untuk menjaga tonjolan kecil di bawah karena keberadaannya mampu memberi pertumbuhan baru terhadap anggrek bulan.

Amati Media Tanam atau Potnya

Perhatikan media tanam atau pot yang digunakan selama merawat anggrek bulan. Tanaman ini harus disimpan pada pot yang mempunyai banyak drainase. Pastikan terdapat banyak lubang drainase di bawah pot untuk memastikan kelebihan air mengalir sepenuhnya.

Kamu bisa memindahkan anggrek bulan ke pot lebih besar untuk berkembang setahun sekali atau setiap 18 bulan. Media tanam yang dipakai harus tersusun dua sisi supaya bunga ini bisa tampak segar dan berbunga lebih banyak.

Berikan Hormon atau ZPT

Apakah kamu ingin punya anggrek bulan lebih banyak? Kamu bisa memberikan hormon atau ZPT. Zat ini berguna memberikan stimulasi terhadap pertumbuhan bunga anggrek supaya bisa berbunga dengan cepat.

Apabila kamu ingin lebih aman, gunakan air kelapa sebanyak 150 ml dengan menyemprotkannya ke seluruh bagian anggrek bulan dan akar-akarnya. Kamu bisa memberikannya tiga kali seminggu, waktu pemberiannya dilakukan pada pagi dan sore hari.

Pisahkan dengan Tanaman Lain

Cara merawat anggrek bulan terakhir adalah pisahkan tanamannya dengan bunga lain di rumah. Hal ini dikarenakan setiap spesies mempunyai metode dan sistem perawatan berbeda, sedangkan risiko terkena hama sangat rentan terjadi.

Kamu bisa memisahkannya antar blok sehingga dapat menurunkan ancaman serangga berbahaya. Tak bisa dipungkiri anggrek bulan mempunyai tampilan sangat indah yang menarik perhatian hama maupun serangga untuk merusaknya.

Related posts