Cara Merawat Bunga Mawar

Cara Merawat Bunga Mawar

Tak sedikit orang belum tahu cara merawat bunga mawar yang baik dan benar supaya bisa berbunga dan mekar. Secara umum kalian bukan sekadar membuat tanaman berduri ini tumbuh lebih sehat dan lebat, tapi memberi kenyamanan serta kepuasan saat kamu sedang merawatnya.

Hal ini dikarenakan tidak semua orang bisa menanam dan merawat bunga mawar sebagai koleksi tanaman hias untuk memperindah rumah, sedangkan bunga mawar sudah dikenal berbahaya karena punya duri tajam.

Kalian perlu tahu merawat bunga mawar tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan. Hal ini dikarenakan banyak faktor penunjang yang mana kalian bisa merawatnya dengan maksimal. Di samping itu, kalian mungkin akan menemukan beragam kendala yang menyebabkan bunga mawar layu bahkan mati.

Kamu bisa mengatasinya dengan mencermati segalanya yang harus dilakukan dan disiapkan selama menanam sekaligus merawat bunga indah penuh duri ini.

Cara Merawat Bunga Mawar

Cara Merawat Bunga Mawar
Cara Merawat Bunga Mawar

Mawar merupakan salah satu bunga paling populer dan disukai banyak orang. Bagaimana tidak, bunga mawar identik sebagai simbol cinta dan romantis karena sebagian besar pria akan selalu memberikan sebuah bouquet mawar kepada orang yang dicintainya.

Jangan heran sebagian besar orang ingin menanam dan merawatnya di rumah. Namun, kamu pasti akan menemukan tantangan selama merawat bunga mawar di rumah karena tidak bisa dilakukan sembarangan.

Bunga ini hadir dengan berbagai macam warna cantik dan indah yang dicintai banyak orang. Meski begitu, bunga mawar diklaim sebagai salah satu tanaman yang mudah ditanam dan dirawat lho. Bunga ini bisa mempercantik sekaligus memperindah tampilan rumah kalian, baik secara eksterior maupun interior.

Terkait:  Cara Merawat Tanaman Hias

Kamu bahkan tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam supaya bisa merawat bunga mawar indah di rumah, sehingga dapat memberikan kenyamanan dan kepuasan selama memeliharanya.

Cara Merawat Bunga Mawar agar Berbunga dan Mekar

Bagi siapa saja yang sedang berencana merawat bunga mawar di rumah, kalian harus tahu segalanya yang dibutuhkan dan dilakukan untuk memulai kegiatan tersebut dengan lancar. Kami beritahukan bahwa penempatan bunga mawar yang sedang dibudidayakan tidak boleh disimpan sembarangan.

Kamu perlu menyimpan bunga mawar yang dirawat pada tempat tertentu, guna mencegah hama sampai serangga yang mungkin menyerang daun bunganya saat hendak mekar.

Pilih Pot dan Tanah yang Tepat

Langkah awal yang bisa dilakukan adalah memilih pot dan tanah dengan tepat. Kalian harus menentukan pot jenis tanah liat untuk menanam bunga mawar. Hal ini dikarenakan pot tanah liat punya banyak pori yang membuat air bisa mengalir keluar dan membuat akarnya tidak busuk.

Air bahkan tidak akan mengembang di dalam pot bunga, gunakan tanah yang punya kadar air sangat baik sebagai media tanam karena bunga mawar bisa kurang subur bila ditanam lewat media yang kering atau terlalu bergembur.

Lakukan Penyiraman Rutin

Langkah berikutnya adalah kalian harus melakukan penyiraman rutin melalui tanah, karena bunga dan daun mawar sangat rentan terhadap kekeringan. Kamu bisa melakukan penyiraman rutin sekali sehari saat musim hujan, serta dua kali sehari saat pagi dan sore di musim kemarau.

Kalian tidak perlu menyiram tanaman ini ketika hujan turun lebat dan durasi nya cukup panjang. Kalian cukup membilasnya daunnya dengan menggunakan semprotan air supaya teksturnya tidak rusak.

Periksa dan Pangkas secara Rutin

Cara merawat bunga mawar selanjutnya adalah memeriksa bagian daun dan ranting setiap hari supaya tidak ada bagian busuk yang menempel di sekitar tubuh tanaman. Apabila kamu menemukannya, segera pangkas bagian kering atau busuk tersebut.

Terkait:  Cara Vacum AC

Hindari memotong dengan sudut diagonal alias menyerong. Kalian bisa memeriksanya secara rutin dan potong bagian buruk dan mongering dengan lurus menggunakan gunting supaya hasilnya bisa presisi.

Berikan Pupuk

Pupuk adalah nutrisi penting yang dibutuhkan setiap tanaman. Pemberian pupuk yang benar bisa membuat tanaman hias ini tumbuh semakin sehat dan subur. Meski begitu, kalian tidak bisa memberikan semua jenis pupuk karena bunga mawar dianjurkan menerima asupan nutrisi dari pupuk organik.

Kalian juga bisa menggunakan pupuk kandang yang dihasilkan dari kotoran hewan untuk hasil maksimal karena pupuk ini tidak dicampur bahan kimia mana pun.

Hindari Serangan Hama atau Serangga

Hama merupakan salah satu lawan besar setiap tanaman. Kamu bisa menggunakan pestisida atau insektisida supaya hama atau serangga tidak dapat merusak bahkan membunuh bunga mawar yang sedang dirawat.

Kami tegaskan bahwa pemberian pestistida maupun insektisida tidak bisa dilakukan sembarangan. Pasalnya, keduanya merupakan produk mengandung bahan kimia cukup tinggi, apabila diberikan secara berlebihan dan tidak hati-hati justru akan merusak bunga mawar.

Rendam dengan Air

Apabila setangkai bunga mawar sudah dipotong, maka kamu bisa merendamnya ke dalam air. Kalian harus melakukannya supaya bisa memberikan dan mengembalikan kesegaran yang dibutuhkan bunga mawar.

Untuk memperoleh kesegaran tersebut, disarankan merendam tanaman ini dengan air hangat yang suhunya sekitar 45 derajat celcius. Hal ini dikarenakan partikel air hangat bakal lebih mudah diserap dibandingkan air biasa dan pastikan vas bunga tetap bersih.

Pangkas Daun

Kamu bisa mengurangi tingkat penguapan dengan memangkas daun pada bagian pangkal bunga mawar. Kamu bukan sekadar meningkatkan frekuensi penguapan pada tanaman, namun juga menghilangkan daun-daun yang kering bahkan busuk.

Terkait:  Cara Merawat Ikan Koi

Selain itu, gunanya sebagai perawatan bunga mawar sehingga terhindar dari pertumbuhan bakteri atau kuman dalam air. Tindakan ini mampu mencegah kebusukan akibat daun yang sudah lama kering dibiarkan terlalu lama.

Potong Batang

Aksi selanjutnya yang merupakan cara merawat bunga mawar adalah memotong batang tanamannya. Kalian dianjurkan memotongnya sekitar 2 sentimeter, sedangkan bunga mawar tidak boleh mempunyai batang terlalu panjang.

Gunanya supaya bunga mawar bisa menyerap air dari dalam pot atau media tanam yang sudah dipakai dengan tambahan air beserta pupuk organik. Jangan sampai kalian membiarkan batangnya memanjang karena bunganya akan rentan layu.

Jauhkan dari Buah-buahan

Tak sedikit orang belum tahu bagaimana cara meletakkan serangkai mawar di dalam vas. Kalian bisa menyimpannya di ruangan yang tidak terkena sinar matahari langsung. Selain itu, hindari penempatan pada ruangan ber-AC karena bakal mengurangi tingkat kelembapan di udara.

Hal ini mengakibatkan bunga mawar cepat layu bahkan mati, serta hindari tanaman dari buah-buahan karena buah bisa menciptakan gas etilen yang menyebabkan bunga mawar membusuk.

Rendam dengan Campuran Soda

Untuk meningkatkan kesegaran setangkai bunga mawar kembali akibat layu, kamu bisa merendamnya ke dalam campuran soda dan air. Soda bisa mengembalikan kesegaran bunga mawar. Caranya adalah tuangkan seperempat gelas soda ke dalam vas bunga mawar dan celupkan kembali tangkai nya.

Sebelumnya, kamu bisa memotong sedikit ujung tangkai dengan potongan miring. Bunga nya pasti akan mekar dan lebih tahan lama karena kandungan gula yang berada di dalam soda.

Similar Posts