Cara Merawat Calathea Black Lipstick

  • Whatsapp

Bagi sebagian orang mungkin asing mendengar nama Calathea. Namun, siapapun sedang penasaran bagaimana cara merawat Calathea Black Lipstick supaya bisa mempercantik dan memperindah rumah mereka.

Tanaman ini termasuk salah satu bunga cantik dan menarik untuk disimpan pada pekarangan rumah. Warnanya unik dan variatif sehingga dapat membuat siapapun bersemangat menanamnya dan merawatnya untuk tumbuh mekar nan sehat.

Tanaman ini mempunya corak banyak pada daunnya. Tak bisa dipungkiri sebagian besar pencinta tanaman hias ingin menanam dan merawatnya di rumah. Calathea Black Lipstick merupakan salah satu bunga cantik yang indah untuk disimpan di mana pun.

Kamu bisa menyimpannya di halaman depan atau belakang sesuai keinginan. Tanaman ini punya tujuh jenis di Indonesia, sedangkan Calathea Black Lipstick termasuk varian paling populer di Indonesia.

Cara Merawat Calathea Black Lipstick

Cara Merawat Calathea Black Lipstick
Cara Merawat Calathea Black Lipstick

Calathea Black Lipstick mempunyai daun berukuran besar dan lebar berbentuk elips alias oval berwarna ungu dengan corak merah muda. Daun ini berkarakter unik, yaitu sensitif terhadap cahaya gelap, sehingga bunga ini dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias indoor.

Daunnya akan menggulung saat malam hari layaknya sedang berdoa, sedangkan tanaman ini sering disebut sebagai prayer plant. Tanaman ini cukup unik meski hanya dimiliki segelintir orang saja.

Tanaman asal Amerika Selatan ini termasuk genus tanaman milik Marantaceae. Calathea Black Lipstick bisa tumbuh dan mekar dengan maksimal 30-50 cm. Apabila kamu masih pemula dan ingin melakukan budidaya Calathea Black Lipstick, caranya sederhana.

Tanaman ini bahkan sering dimanfaatkan sebagai ladang bisnis untuk meraup cuan. Warnanya yang indah dan bentuknya unik membuat siapapun penasaran ingin merawatnya supaya mekar dan tahan lebih lama.

Terkait:  Cara Merawat Kucing Kecil

Cara Menanam Calathea Black Lipstick supaya Berbunga dan Sehat

Barangkali kalian sedang mencari informasi mengenai cara merawat Calathea Black Lipstick, kami sudah siapkan pembahasannya sejak menanam sampai merawat supaya berbunga dan mekar.

Kalian tidak bisa membudidayakan tanaman ini sembarangan, karena tanaman hias ini tidak selalu dianjurkan untuk berada di luar ruangan. Kalian harus alat dan bahan yang dibutuhkan selama merawatnya, sehingga dapat mempertahankan usianya untuk mekar lebih lama.

Hindari Sinar Matahari Langsung

Calathea Black Lipstick merupakan tanaman hias yang tidak boleh terkena sinar matahari langsung. Maka dari itu, tanaman hias ini perlu diletakkan di tempat yang menerima cahaya terang namun tidak tersorot secara langsung.

Lokasi minim cahaya membuat tanaman ini akan hidup dan berkembang dengan baik. Hal ini dikarenakan tingkat sensitifitasnya cukup tinggi dan Calathea Black Lipstick lebih dianjurkan untuk disimpan di dalam ruangan (indoor).

Kamu bisa menyimpannya di dalam ruangan yang tidak terkena sinar matahari langsung. Cara tersebut akan membuat daunnya menghasilkan warna optimal dengan menciptakan kesan elegan dan mewah.

Calathea Black Lipstick selalu identik dengan warna hitam menawan, siapapun yang melihatnya pasti akan jatuh hati. Untuk memaksimalkan tampilan tanaman hias ini, jangan pernah menyimpannya di luar ruangan apalagi saat pagi dan siang hari.

Penyiraman dengan Benar

Kalian perlu memperhatikan dan mengatur tingkat kelembapan media tanam dan lingkungan sekitar melalui penyiraman cukup dan rutin. Tanaman ini memang butuh asupan cairan cukup banyak, melakukan penyiraman setiap hari justru membuat Calathea Black Lipstick mati.

Tak boleh menyiramnya secara rutin, apalagi 7 hari non stop. Kamu bisa menyiram tanaman ini paling tidak dua atau tiga kali dalam seminggu supaya bisa mempertahankan kelembapannya.

Terkait:  Cara Merawat Anak Kucing Baru Lahir

Kamu juga harus menggunakan pot sebagai salah satu media tanam untuk menyimpan tanah yang menanam akar sampai berbunga. Meski begitu, gunakan pot yang bisa mengalirkan sisa air supaya tidak menggenang.

Siramlah sambil memperhatikan media tanamnya dan bukan sekadar menyiram akarnya saja. Kamu harus menyiram tanaman ini saat media tanam tampak kering, penyiramannya harus dilakukan merata alias bagian akar sampai daun harus terkena air.

Pemupukan secara Maksimal

Pemberian pupuk dilakukan saat awal penanaman, dianjurkan sebulan sekali. Kemudian, pemupukan dan pemberian obat tanaman ini dilakukan tiga bulan sekali atau dua pekan sekali tergantung kondisi tanamannya.

Kalian harus menggunakan pupuk berkualitas untuk menunjang proses pertumbuhannya supaya Calathea Black Lipstick bisa berbunga dan mekar dengan indah, sehingga dapat mempercantik dan menyempurnakan tampilan hunian kalian.

Calathea Black Lipstick biasanya tidak mudah terkena hama atau serangga yang menimbulkan penyakit. Secara umum pemberian pupuk tidak bisa dilakukan untuk semua jenis, karena tanaman ini dianjurkan menggunakan pupuk kandang, NPK dan lainnya.

Kamu bisa mengganti pot atau wadah pada media tanam setiap 6 bulan sekali agar tanaman dapat tumbuh segar dan subur. Kami tegaskan media tanam tidak boleh dicampur tanah supaya bisa mencegah pembusukan dengan cepat.

Basmi Hama atau Serangga

Walaupun Calathea Black Lipstick jarang terkena hama atau serangga, namun kalian perlu mencegah keberadaannya sehingga tidak dapat merusak daun apalagi menghancurkan coraknya yang indah.

Kamu bisa menggunakan insektisida atau pestisida sebagai solusi tepat untuk membasmi hama maupun serangga. Selain itu, pemberiannya tidak bisa dilakukan asal-asalan, karena produknya mengandung bahan kimia yang cukup berbahaya terhadap pertumbuhan tanamannya.

Pemberian insektisida maupun pestisida dilakukan dengan menyemprotkannya dengan jarak sekitar 30 cm dari tanaman. Gunanya supaya kamu bisa mencegah zat-zat kimia berbahaya tidak terserap oleh akar, sedangkan kesehatan tanaman tetap terjaga.

Terkait:  Cara Merawat Laptop Asus

Selain itu, Calathea Black Lipstick akan selalu terlindungi dari hama atau serangga secara maksimal. Hewan apapun pasti tidak akan menyentuh tanamannya supaya bisa berbunga dan mekar dengan sempurna.

Potong Akar atau Daun Layu

Tak menutup kemungkinan kalian bisa mengalami kondisi yang mana Calathea Black Lipstick layu, akar dan daunnya bakal mongering. Namun, kalian bisa mengatasinya semaksimal mungkin dengan memotong bagian yang kering dan layu dengan gunting.

Kamu tidak boleh menggunakan pisau untuk memangkasnya, karena dikhawatirkan bisa merusak daun lain yang sedang berkembang sehingga dapat menyebabkan mati dan tidak akan mekar sempurna.

Kamu harus memangkasnya secara lurus, yaitu memotong daun yang kering secara horizontal agar dapat menghasilkan tampilan rapi meski tanaman tidak tumbuh dengan sempurna.

Di samping itu, pemangkasannya tidak perlu dilakukan setiap hari, karena Calathea Black Lipstick jarang terkena hama atau serangga ditambah proteksi menggunakan insektisida. Kamu bisa melakukannya bila menemukan gejala atau tanda daunnya tidak akan mekar lagi.

Bersihkan Daun secara Berkala

Bukan rahasia umum penempatan Calathea Black Lipstick di dalam ruangan akan terkena debu atau kotoran saat kalian sedang membersihkan rumah. Oleh sebab itu, kamu bisa membersihkan daunnya dengan menggunakan waslap atau kain bersih yang sudah dibilas dengan air bersih.

Usap setiap daun secara perlahan sehingga dapat mengembalikan warna asli dengan tingkat kecerahan maksimal, sedangkan risiko layu bahkan mati akan semakin berkurang selama daunnya dibersihkan secara rutin.

Related posts