Cara Merawat Cat Doff

  • Whatsapp

Motor bukan hanya diperhatikan komponen logam dan mesinnya, namun kalian harus perhatikan warna cat yang digunakan. Apabila kamu gunakan cat doff, kalian harus tahu cara merawat cat doff dengan baik dan benar.

Gunanya supaya warna cat motor bisa bertahan lebih lama sehingga dapat menampilkan karakter lebih garang saat melintas di jalanan. Selain itu, warna cat doff bisa dibilang jarang digunakan banyak orang karena penampilannya cenderung unik dan agak asing bagi para pencinta kendaraan roda dua.

Kamu bisa mengurus dan merawat cat doff supaya tampilannya bisa lebih bersih, rapi dan nyaman dipandang saat sedang melintas jalan raya. Jangan heran orang-orang akan takjub melihat desain motor keren dengan warna menunjang.

Warnanya tidak terlalu terang atau gelap, serta tidak pula mengkilat sehingga dapat memaksimalkan penampilan dan performa saat kamu berkendara. Kamu bahkan tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk memaksimalkan tampilan cat doff yang diaplikasikan pada motor kesayangan.

Cara Merawat Cat Doff

Cara Merawat Cat Doff
Cara Merawat Cat Doff

Secara umum warna doff pada motor hampir digunakan para pengendara sepeda motor pria, sedangkan lelaki mana pun pasti tidak asing dengan warna ini. Hal ini dikarenakan warna doff akan memberikan kesan gagah, angker, garang dan sporty.

Meski begitu, dibalik motor dengan warna doff ternyata mempunyai perawatan lebih rumit dengan cat mengkilat alias glossy. Pasalnya, intensitas kepudasar dan kekusaman sebesar dua kali lipat daripada cat motor glossy, apalagi saat berada di bawah sinar matahari.

Terkait:  Cara Merawat Anak Kucing Baru Lahir

Secara umum motor dengan cat doff tidak terlapisi pernis, sehingga perlakuan terhadap komponen dapat dipastikan tidak bisa dilakukan sembarangan. Apabila kamu tidak bisa memilih cairan poles untuk cat doff, tak mustahil hasilnya akan mengkilat.

Apabila tergores, mustahil untuk dihilangkan. Solusinya adalah cat ulang atau membeli bagian body yang diwarnai dengan cat doff menggunakan unit baru. Pastikan kamu merawat cat doff pada motor dengan benar dan hati-hati.

Cara Merawat Cat Doff agar Tampak Bersih dan Rapi

Barangkali kalian sedang mencari informasi mengenai cara merawat cat doff untuk motor kesayangan dengan benar dan tepat, maka kamu bisa menyimak pembahasan ini sampai akhir. Kami sarankan kamu tidak selalu menganggap remeh mengenai perawatan warna doff terhadap kendaraan roda dua yang sedang dimiliki.

Hal ini dikarenakan kalian bakal menerima risiko seperti warnanya lebih mengkilap, sedangkan unsur ‘garang’ tidak akan terpancar dari motor, apalagi kalau kamu punya motor berukuran besar.

Cuci secara Rutin

Kalian bukan sekadar menjaga komponen logam supaya bersih, namun mencuci sepeda motor secara keseluruhan untuk mempertahankan warna alaminya tetap bagus dan rapi. Tak hanya itu, kalian bisa menggunakan sabun khusus untuk mencuci sepeda motor.

Jangan gunakan sabun yang mengandung deterjen lantaran mampu mengakibatkan warna cat motor tampak kusam. Tak mustahil warna cat motor kesayangan akan pudar dan semakin aneh.

Pakai Kain Berbeda

Jangan pernah menggunakan kain yang sama saat kamu sedang mencuci semua komponen sepeda motor. Pasalnya, kalian harus gunakan kain atau lap pencuci berbeda saat membersihkan mesin dan bodi motor.

Tujuannya supaya kotoran yang menempel bisa dibersihkan dan tidak merusak lapisan cat bodi sepeda motor. Kotoran halus yang menempel pada lap bakal menimbulkan garis halus tidak merata. Sesudah dicuci, keringkan dengan lap untuk mencegah terjadinya bercak jamur (water spot).

Terkait:  Cara Merawat Kulkas

Cuci Motor Sesudah Terkena Hujan

Zat yang terkandung dengan air hujan mungkin mengandung asam sesudah tercampur dengan zat-zat lain seperti Karbondioksida (CO2). Campuran tersebut membuat air hujan bisa mengakibatkan korosi pada logam.

Tak hanya itu, bila air hujan yang menempel pada bodi motor dibiarkan sampai kering, risikonya adalah warna cat body motor akan kusam. Kamu harus langsung mencuci sepeda motor setelah terkena air hujan untuk mencegah masalah tersebut.

Poles Setiap Hari

Kamu bisa melakukan poles dengan menggunakan obat poles terhadap sepeda motor setiap hari. Langkah ini bakal membantu warna cat bodi sepeda motor selalu tampak mengkilap walaupun motor kesayangan sudah lama digunakan.

Kamu harus memilih obat poles yang tidak meninggalkan residu atau mengandung bahan dasar Carnauba (lilin yang dihasilkan dari buah kelapa). Hal ini dikarenakan warna cat bodi motor akan terlihat kusam dan hasil poles tidak akan merata akibat pemakaian obat yang salah.

Parkir di Tempat Teduh

Usahakan mencari tempat parkir di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Jika sepeda motor terlalu sering terpapar teriknya sinar matahari, maka bisa mengakibatkan warna cat bodi tidak merata bahkan kusam.

Kamu bisa menggunakan cover atau sarung motor untuk melindungi seluruh permukaan bodi motor dari paparan sinar matahari di pagi atau siang hari. Apabila harus parkir di bawah pohon, waspadai terkena getah, kejatuhan ranting maupun buah dan kotoran hewan secara tiba-tiba.

Pakai Sabun Cuci PH Netral

Seperti dibahas sebelumnya warna cat doff tidak dilapisi pernis sehingga dapat pudar dan kusam. Untuk mengatasinya, gunakan sabun cuci PH netral supaya warnanya tetap terjaga. Apabila kamu tidak menemukannya, maka kalian bisa mencari sabun cuci khusus sepeda motor yang beredar di pasaran.

Terkait:  Cara Merawat Laptop Lenovo

Kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena harganya berkisar Rp.10,000 per pcs. Produknya tidak mengandung bahan kimia berbahaya sehingga dapat digunakan untuk menjaga dan merawat warna bodi motor.

Hindari Penggunaan Produk Kimia Berbahaya

Secara umum sepeda motor harus dibawah bagian eksternal dan internal dengan memakai produk khusus motor agar dapat menampilkan warna bodi sesuai cat doff yang digunakan. Meski begitu, kalian tidak bisa menggunakan semua merk yang beredar di pasaran.

Hal ini dikarenakan satu sama lain belum tentu memberikan hasil maksimal untuk bodi motor kalian. Tak menutup kemungkinan penggunaan bahan kimia untuk merapikan warna cat doff motor akan aneh bahkan tidak rata.

Gunakan Bahan Poles yang Benar

Kalian tidak boleh menggunakan kain atau lap sembarangan saat membersihkan seluruh permukaan bodi motor yang basah. Kami sarankan kalian memakai bahan poles water based untuk memoles warna bodi motor doff. Obat poles yang aman dan terpercaya juga tidak akan menimbulkan glossy pada seluruh permukaan bodi nya.

Kamu bisa membedakan produknya dengan jari maupun telapak tangan. Apabila tangan terasa licin, dipastikan produknya mengandung minyak dan kain poles water based tidak bisa menghapusnya dengan sempurna.

Pilih Kain Khusus

Kalian bisa menyempurnakan perawatan bodi motor yang menggunakan cat doff dengan memilih kain khusus seperti microfiber. Mengapa? Seperti kita tahu bahwa kain khusus tersebut mampu menyerap cairan apapun dengan cepat lho.

Kainnya lebih halus dan lembut sehingga tidak membuat cat baret apalagi tergores. Kami tekankan kalian harus membersihkan dan mengelap bodi motor saat permukaan masih basah, karena bodi mobil yang dibersihkan saat permukaannya kering justru menimbulkan goresan agak sulit dihilangkan.

Related posts