Cara Merawat Dompet Kulit

  • Whatsapp

Secara umum dompet kulit yang dijual dengan harga mahal pasti harus dirawat secara hati-hati. Apabila kamu punya produknya, kalian harus tahu cara merawat dompet kulit supaya bisa menjaga barangnya tetap bagus dan keren.

Kalian pasti tidak tahu bahwa bahan kulit yang digunakan sebagai material dasar pada dompet tahan terhadap segala jenis kotoran dan kerusakan. Jika dompet selalu dibawa dalam kegiatan apapun dan dimanapun, produknya rentan terkena risiko yang cukup serius lho.

Kamu bisa mencegah risiko tersebut datang dengan memahami dan mengetahui segala cara merawat dompet kulit dengan benar. Kami beritahukan bahwa merawat barangnya tidak sulit seperti bayangan kalian.

Langkah-langkahnya cukup sederhana sehingga kamu dapat menjaganya dari hal-hal yang menimbulkan kerusakan terhadap bahan sampai tampilannya. Di samping itu, dompet kulit bisa bertahan sampai beberapa tahun pemakaian, selama kamu menjaga dan merawatnya dengan penuh hati-hati.

Cara Merawat Dompet Kulit

Cara Merawat Dompet Kulit
Cara Merawat Dompet Kulit

Dompet merupakan benda penting yang harus dibawah kapanpun dan kemanapun. Oleh sebab itu, benda ini dianggap mampu menunjang kepercayaan diri seseorang dengan desain dan model yang keren.

Apabila kamu menggunakan dompet kulit, kalian harus tahu cara merawat dompet kulit karena perawatannya bukan sekedar dibersihkan bagian luarnya saja. Kalian perlu paham segalanya tentang membersihkan dan merawat barangnya agar dapat tahan lebih lama.

Kalian tidak boleh membiarkan dompet kulit yang dibeli dengan harga mahal rusak begitu saja dan menggantinya dengan barang baru. Padahal, siapapun tidak perlu menguras uang dan waktu banyak supaya bisa merawat benda ini.

Terkait:  Cara Merawat Jam Tangan

Segalanya tergantung dari kedisiplinan kalian sebagai pemilik sekaligus pengguna dompet kulit tersebut. Jika kamu bisa merawatnya dengan baik dan benar, barang kesayangan yang berharga tersebut pasti bisa awet sampai bertahun-tahun meski hampir dibawa kemanapun kamu pergi.

Cara Merawat Dompet Kulit agar Awet dan Bagus

Bagi siapapun yang belum tahu cara merawat dompet kulit supaya bisa awet dan bagus setiap hari, kalian perlu mengikuti dan menyimak pembahasan ini sampai akhir. Kami sudah menyiapkan segala rahasianya agar kamu dapat merawatnya sehingga penggunaannya lebih lama.

Dompet kesayangan bukan sekadar tempat menyimpan uang dan kartu berharga, namun juga benda penting untuk menunjang penampilan apalagi bahannya terbuat dari kulit yang perawatannya harus dilakukan secara hati-hati.

Gunakan Bahan Pembersih Alami atau Khusus

Kotoran atau noda yang tampak pada dompet kulit bisa dibersihkan dengan menggunakan beberapa tetes cairan sabun yang dituangkan ke atas kain microfiber. Gosokkan kainnya secara perlahan secara memutar yang lembut supaya tidak merusak tektur kulit pada dompet.

Selain itu, biarkan sedikit busa timbul saat proses pembersihan berlangsung, tapi jangan sampai membuat dompet basah. Kemudian, pakai kain microfiber baru yang bersih dan kering untuk menghapus sisa-sisa sabun.

Hilangkan Noda dengan Alkohol atau Bahan Alami

Kamu bisa merawat dompet kulit supaya tetap bersih dan keren dengan menggunakan alkohol atau bahan alami. Biasanya cairan ini dimanfaatkan untuk membersihkan noda-noda membandel yang cukup dihilangkan, apalagi menempel karena menempel terlalu lama.

Kamu bisa mengusapkan alkohol dan air pada bagian noda yang tampak. Apabila kamu ingin menggunakan bahan-bahan alami, kamu bisa mengganti cairan alkohol dengan baking soda dan air sambil gosokkan ke noda pada dompet kulit.

Terkait:  Cara Merawat Aglonema

Lembutkan dengan Cuka dan Minyak Zaitun

Kalian bisa membuat permukaan dan tekstur dompet kulit tetap halus dan lembut dengan menggunakan cuka serta minyak zaitun. Campuran kedua bahan ini bahkan mampu membuat dompet kulit tampak mengkilap seperti barang baru.

Caranya adalah campurkan cuka dengan dua sendok minyak zaitun yang diusapkan ke seluruh permukaan luar dompet secara merata. Apabila kamu punya kondisioner khusus untuk dompet kulit, pakai beberapa tetes untuk dicampur dengan minyak zaitun yang diusap dengan kain microfiber.

Atur Isi Dompet

Dompet yang terisi penuh memang terlihat keren dan menggiurkan, bukan? Namun, risiko yang terjadi adalah dompet kulit bakal rusak secara perlahan. Maka dari itu, kalian harus mengubah mindet soal ini dengan mengatur isi dompet sesuai kebutuhan.

Jangan pernah menyimpan semua catatan kecil ke dalamnya. Hal ini dikarenakan dompet kulit tidak bisa menampung segalanya yang terselip, sedangkan kalian cukup simpan uang sesuai jumlah yang dibutuhkan. Pastikan nota atau struk belanja tidak dimasukkan ke dompet kulit.

Hindari Kebiasaan Menduduki Dompet

Tak sedikit orang masih melakukan kebiasaan menduduki dompet saat berada dimana pun. Kami tegaskan aktivitas ini tidak dianjurkan, karena berbahaya untuk kesehatan terutama tulang belakang dan tampilan dompet kulit.

Kamu bisa buktikan sendiri dengan mengeluarkan dompet kulit dari saku belakang, rasakan kenyamanan saat duduk tanpa bantalan yang membuat bokong tidak nyaman. Tak hanya itu, kalian bisa menyimpan dompet kulit di kantong celana depan sehingga dapat duduk lebih nyaman dan uang yang disimpan tetap aman.

Pakai Produk Perawatan yang Tepat

Gunakan produk perawatan yang tepat untuk menjaga kualitas dan tampilan dompet kulit. Apabila dompetnya terbuat dari kulit nabati, gunakan produk pelembab yang memakai bahan wax alami supaya manfaatnya bisa dirasakan dalam jangka panjang.

Terkait:  Cara Merawat Kulkas

Kalian bisa membersihkan bagian luar dompet setelah beraktivitas seharian diluar rumah. Pastikan kamu memeriksa semua kertas yang tersimpan di dalamnya, buanglah kertas atau catatan yang dianggap tidak penting untuk mengurangi beban dompet kulit.

Bersihkan Dompet Setiap Hari

Untuk menjaga dompet kulit tetap bersih dan keren, pastikan kamu membersihkannya setiap hari. Kalian tidak perlu repot mencari produk pembersih mahal untuk menghapus noda yang menempel pada permukaan dompet kulit.

Waktu terbaik untuk membersihkan dompet kulit adalah malam hari, karena kamu tidak punya rutinitas lainnya selain istirahat. Keluarkan semua catatan atau kertas tak berguna yang sebetulnya memberatkan bobot dompet kulit, buanglah dan biarkan isinya hanya uang dan kartu-kartu tertentu saja.

Simpan di Tempat yang Aman

Dompet merupakan barang berharga dan penting yang mana penyimpanannya tidak bisa dilakukan sembarangan. Oleh karena itu, letakkan dompet kulit pada lokasi paling aman dan sulit dijangkau siapapun kecuali dirimu sendiri.

Pastikan tempat penyimpanannya bebas jamur dan kotoran supaya bisa menjaga permukaannya tetap bersih dan halus. Tempatnya juga tidak boleh lembab karena tingkat kelembapan tinggi memicu tumbuhnya bakteri dan jamur, sedangkan dompet kulit yang berjamur tidak bisa dipakai lagi.

Gunakan dengan Benar

Walaupun produknya terbuat dari kulit, bukan berarti kalian bebas menyimpan barangnya dimana saja. Kalian harus menggunakan dompet kulit dengan benar dan hati-hati, karena barang ini mungkin bisa rusak bila terkena benda-benda berbau tajam atau pemakaiannya tidak benar.

Kamu harus perhatikan lingkungan sekitar dan pastikan barang penting ini selalu tersimpan di dalam dompet celana atau jaket. Bawalah jumlah uang secukupnya sehingga kamu dapat terhindar dari hal-hal tidak diinginkan.

Related posts