Cara Merawat Hamster

Cara Merawat Hamster
Cara Merawat Hamster

Apabila kamu belum tahu cara merawat hamster dengan baik dan benar, kalian pasti berpikir hewan mungil dan menggemaskan tersebut tidak bisa dipelihara sembarangan. Namun, siapapun sebenarnya bisa menjaga dan merawatnya dalam jangka panjang.

Secara umum hamster termasuk salah satu binatang peliharaan yang dipelihara banyak orang. Hal ini dikarenakan kalian tidak perlu hamburkan uang banyak untuk menjaganya tetap bersih dan sehat, bahkan lebih diminati daripada anjing atau burung.

Read More

Hewan ini bahkan direkomendasikan untuk orang tua yang berniat mengenalkan sang buah hati dengan binatang peliharaan. Bagaimana tidak, hamster merupakan salah satu hewan jinak dan tidak akan menyerang siapapun.

Pastikan kamu menjaga dan merawatnya dengan sepenuh hati sehingga dapat membantu tumbuh kembangnya sampai dewasa. Hamster mempunyai beragam jenis yang satu sama lain warnanya variatif, kamu pasti tidak akan bosan menghabiskan waktu dengan binatang lucu dan mungil ini selama di rumah.

Cara Merawat Hamster

Cara Merawat Hamster
Cara Merawat Hamster

Di Indonesia, hamster merupakan salah satu hewan peliharaan yang dibanderol dengan harga murah tergantung kelangkaan dan spesiesnya. Kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk membawa pulang binatang lucu dan menggemaskan ini.

Secara umum hamster bisa ditemukan di toko hewan terdekat yang menghadirkan beragam jenis dan spesies sesuai ketersediaan. Hamster menjadi pilihan banyak orang karena sebagian besar pemilik hewan peliharaan pasti merawatnya di rumah masing-masing.

Kalian harus tahu kalau cara merawat hamster tidak rumit seperti binatang lain, karena ukurannya kecil dan sumber pangannya bisa ditemukan. Apabila kamu tidak bisa menjaga dan merawatnya dengan baik dan benar, hamster mungkin bisa mati dan membusuk.

Terkait:  Cara Merawat Hamster Syrian

Kamu mungkin tidak tahu bahwa binatang mungil ini cenderung aktif saat malam hari dibandingkan siang hari. Binatang ini termasuk herbivora, sehingga tidak dapat mengonsumsi asupan nutrisi apapun kecuali tumbuhan bergizi dan sehat.

Cara Merawat Hamster agar Tumbuh Aktif dan Sehat

Barangkali kalian penasaran mengenai cara merawat hamster dengan benar supaya tumbuh aktif dan sehat. Secara umum binatang ini berumur sekitar 2-8 tahun tergantung jenis dan kesehatannya. Kamu harus melakukan perawatan dengan tepat sehingga dapat memperpanjang usianya.

Apabila kamu gagal merawatnya dengan baik, jangan heran hamster lucu akan mati lebih cepat. Kamu bisa lakukan konsultasi dengan dokter hewan terdekat atau kunjungi pet shop soal perawatan intensif selama merawat hamster di rumah.

Siapkan Kandang

Apabila kalian tidak ingin hamster cepat mati tentu saja berawal dari kandang yang sudah disiapkan. Siapkan mangkuk atau wadah beserta botol minuman untuk memenuhi keperluan dasarnya.

Kamu harus mengisi kandang hamster dengan camilan atau snack favorit hamster serta beberapa mainan seperti lorong-lorong atau roda putar. Tujuannya supaya hamster betah karena tempat tinggalnya telah dilengkapi berbagai macam fasilitas yang menunjang kegiatan sehari-hari mereka di rumahnya.

Tak sedikit orang belum tahu bahwa segala macam fasilitas yang disediakan enggan menjamin hewan ini betah di dalam kandang setiap hari. Pasalnya, hamster yang merasa bosan akan menggigit apapun di dalam kandang.

Hamster gemar menggigit sesuatu sehingga kamu dapat memilih bahan kandang yang daya tahannya lebih kuat. Kamu bisa menggunakan kandang berbahan kaca yang aman dan mudah dibersihkan. Kalian bisa menutupi bagian atasnya dengan jarring kawat atau lainnya untuk memberikan ventilasi udara yang bagus.

Penuhi Kebutuhan Harian

Hamster membutuhkan asupan nutrisi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari. Oleh karena itu, kalian harus memenuhi segalanya agar hewan ini dapat bertahan lebih lama. Kamu bisa siapkan mangkuk dari bahan cukup berat supaya tidak terbalik saat diisi makanan.

Terkait:  Cara Merawat Anak Kucing Tanpa Induk

Gunakan pelet sebagai asupan nutrisi harian hamster karena makanan ini lebih bergizi dibandingkan makanan segar atau biji-bijian. Kamu juga tidak boleh mencampurkan pelet dengan biji-bijian karena hamster pasti memilih biji-bijian yang nutrisinya kurang lengkap.

Kalian harus memberikan hamster makan setiap hari dengan mengisi tiga perempat mangkuk nya. Hamster juga bisa mengonsumsi sayuran sesekali seperti labu, brokoli, kembang kol, bayam, timun dan wortel.

Berikan dalam bentuk potongan kecil supaya bisa dicerna dengan mudah, jangan pernah berikan buah-buahan karena kandungan gula tinggi membuat perut hamster bermasalah. Perhatikan porsinya sehingga tidak berlebihan, lantaran hamster yang kenyang sering menyimpan makanan di tempat tersembunyi untuk dimakan lagi.

Tempat Tidur Tersembunyi

Hamster merupakan hewan pengerat yang menyukai tempat seperti gua atau liang yang gelap supaya bisa bersembunyi dari predator. Biasanya binatang ini mempunyai insting cukup tajam dan kamu bisa menciptakan tempat tersembunyi untuk merawat dirinya dengan aman, nyaman dan tenang.

Kalian bisa menyediakan tempat tidur tersembunyi sehingga dapat membuat dirinya lebih peka terhadap lingkungan sekitar yang asing, tempat tidurnya bisa menyerupai rumah-rumahan kecil yang dijual di pet shop.

Apabila kamu ingin menciptakan tempat tidur hamster low budget, gunakan batok kelapa atau kardus bekas yang telah dilubangi supaya hamster bisa lewat dengan mudah. Meski begitu, kalian harus mempertimbangkan bahan yang digunakan, karena bahan kardus dan plastik cenderung digigit oleh dirinya sendiri dan rentan rusak.

Kamu bisa memakai bahan lebih keras seperti batok kelapa atau mencarinya di pet shop sehingga dapat tahan lebih lama untuk memberi rasa nyaman saat hamster sedang istirahat.

Perhatikan Kesehatannya

Hamster sama dengan binatang peliharaan lainnya yang mana setiap pemiliknya harus memperhatikan dan mengawasi kesehatannya. Secara umum hamster merupakan salah satu hewan yang tidak mudah sakit.

Terkait:  Cara Merawat Baterai HP Tanam Agar Awet, Mudah dan Praktis!

Apabila hamster sakit, tubuhnya akan memberikan reaksi cukup memprihatinkan. Kenali tanda-tanda hamster kesayangan sedang tidak sehat seperti kurang aktif, nafsu makan berkurang, diare, bulunya rontok, matanya basah sampai bersin-bersin terus menerus.

Tak menutup kemungkinan hamster sedang mengalami infeksi. Apabila sudah terjadi, kalian tidak perlu ragu membawanya ke klinik hewan terdekat untuk konsultasi. Biasanya kalian akan diberikan saran dan solusi supaya hewan kecil peliharaan ini bisa sehat kembali.

Kamu harus memastikan lingkungan sekitar kandang benar-benar bersih dari debu dan kotoran. Tak hanya itu, bersihkan kandangnya secara berkala agar kamu dapat meningkatkan daya tahan tubuh binatang peliharaan ini.

Bersihkan Kandang Setiap Hari

Langkah berikutnya supaya kamu bisa menjaga hamster tetap aktif dan sehat adalah bersihkan kandang setiap hari. Kamu harus melakukannya seminggu sekali, bila perlu setiap hari sehingga dapat memperpanjang usianya sekaligus meningkatkan imunnya.

Pindahkan hamster dari kandang ke tempat yang aman, contohnya bola hamster atau wadah cukup tinggi. Bersihkan seluruh mainan, alas tidur dan ganti alas kandangnya. Jangan lupa bersihkan permukaan dalam dan luar kandang dengan kain bersih.

Perhatikan tempat buang air kecil dan besar nya, kalian harus membuang kotoran yang ditampung ke toilet agar dapat menyimpan kotoran hamster ke wadah yang sudah dikosongkan.

Guna mencegah alergi atau rasa tidak nyaman terhadap tubuh hamster, ganti alas tidurnya secara berkala sehingga kamu dapat membuat hamster tidur dengan nyenyak dan tenang. Apabila hamster merasa tidak nyaman saat tidur, binatang ini akan memberikan tanda seperti suara-suara saat berada di tempat tidurnya.

Related posts