Cara Merawat Hamster Syrian

Cara Merawat Hamster Syrian

Kalian mungkin belum tahu cara merawat hamster Syrian yang dianggap sulit dilakukan saat ini. Padahal, segalanya tergantung kedisplinan dan ketelitian kalian dalam mengurus hewan mungil ini setiap hari.

Hamster Syrian merupakan salah satu spesies marmut asal Suriah, sedangkan jenis hamster ini sedang digemari banyak orang. Bagaimana tidak, badannya cukup gemuk dan warnanya variatif sehingga dapat dipilih sebagai hewan peliharaan untuk menemanimu dan si kecil saat di rumah.

Hamster Syrian berbeda dengan spesies marmut lainnya karena usianya tidak bertahan lama daripada hamster biasa. Apabila seekor hamster biasa bisa bertahan sampai umur 2-8 tahun, hamster ini justru hanya bisa bertahan sampai umur 2-2,5 tahun.

Kalian pasti tidak ingin berpisah dengan hewan lucu dan menggemaskan ini dengan cepat, bukan? Maka dari itu, kalian hanya perlu melakukan perawatan hamster Syrian dengan baik dan benar sehingga dapat memperpanjang usianya daripada batas umur sebenarnya.

Cara Merawat Hamster Syrian

Cara Merawat Hamster Syrian
Cara Merawat Hamster Syrian

Hamster Syrian belakangan ini sedang diburu dan diminati para pencinta binatang peliharaan, apalagi penggemar marmut. Secara umum binatang peliharaan ini punya bobot ringan dan siapapun yang melihatnya akan merasa gemas.

Bagaimana tidak, hamster mempunyai berbagai macam jenis dan spesies yang satu sama lain siap menemanimu selama di rumah. Hamster Syrian termasuk spesies marmut yang dianjurkan untuk dipelihara dan dirawat siapapun agar dapat mengenal binatang peliharaan menggemaskan ini.

Terkait:  Cara Alis Tebal

Kamu bisa menemukan hamster ini di pet shop atau toko hewan terdekat, sedangkan harganya diklaim lebih mahal daripada hamster biasa. Hamster Syrian bahkan punya harga yang sama dengan Roborovski yang sedang dicari banyak orang.

Kamu bisa menemukannya yang mana warnanya variatif dan wajahnya yang lucu. Hamster Syrian tidak butuh perawatan rumit layaknya anjing dan kucing, karena kalian hanya butuh budget sedikit untuk membeli pangan dan membangun tempat tinggal yang nyaman dihuni binatang ini.

Cara Merawat Hamster Syrian agar Sehat dan Tidak Cepat Mati

Tak sedikit orang tahu bahwa hamster termasuk salah satu binatang peliharaan yang jarang dianjurkan untuk dipelihara, apalagi bila berdekatan dengan anak-anak. Walaupun binatang ini lucu dan sangat menggemaskan, tetapi hamster suatu saat mungkin bisa menggigit lengan bila kamu teledor dalam mengurusnya.

Selain itu, semua jenis hamster mempunyai perawatan hampir sama dan masing-masing spesiesnya memerlukan perhatian khusus agar dapat memperpanjang usianya mencapai 3-4 tahun khusus hamster Syrian.

Pilih Kandang yang Benar

Hamster Syrian merupakan binatang peliharaan yang tidak bisa disimpan di tempat sembarangan. Maka dari itu, kalian harus memilih dan menyiapkan kandang khusus untuk ditempati dalam jangka panjang.

Biasanya binatang ini bisa menetap dalam sebuah kandang berukuran kecil sampai sedang, karena ukurannya cukup besar karena tubuhnya yang gemuk. Apabila kamu tidak punya budget cukup untuk membeli kandang di toko hewan, kamu bisa membuatnya dari bahan keras sehingga dapat bertahan lebih lama.

Atur Keperluan Kandang

Kalian harus memperhatikan keperluan kandang supaya hamster bisa betah berdiam diri di dalamnya, biasanya kamu harus menambahkan serbuk kayu atau pasir zeolit agar dapat menunjang aktivitasnya setiap hari.

Terkait:  Cara Merawat Kura Kura

Alas kandang ini berguna sebagai tempat membuang sisa makanan sekaligus tempat binatang buang air besar atau kecil. Serbuk kayu merupakan pilihan tepat karena lebih alami dan tidak terlalu berbahaya terhadap kesehatan hamster. Kalian juga perlu memperhatikan tempat makan hamster, tempat minum sampai mainan.

Beri Makan Secara Teratur

Hamster Syrian termasuk hewan peliharaan yang butuh asupan nutrisi penting untuk membantu tumbuh kembangnya setiap hari. Kamu bisa memberikan makanan yang dikombinasikan dengan biji-bijian khusus hamster yang dijual di pet shop.

Kalian harus menyuplai makanannya sebanyak dua kali sehari dengan takaran setengah sendok makam per sekali makan. Kamu juga bisa menyediakan camilan hamster supaya bisa mencegah asupan nutrisi berlebihan dari makanan utama yang dikonsumsi.

Sediakan Air Minum

Jangan pernah memberikan air minum pada wadah terbuka. Hal ini dikarenakan hamster yang sensitif dengan air bakal menimbulkan risiko tercebur sehingga tidak dapat bernapas bila kamu melakukannya.

Oleh karena itu, sediakan tempat minum dengan wadah tertutup seperti botol khusus hamster yang corong khusus binatang ini. Kamu bisa membelinya di pet shop supaya bisa menjaga keamanan hamster saat meneguk air minum setelah diberi makan, takarannya tidak boleh sampai penuh atau tumpah.

Beri Mainan dalam Kandang

Hamster Syrian termasuk salah satu spesies marmut yang cenderung aktif. Tak menutup kemungkinan binatang ini suatu saat merasa bosan dan jenuh karena kandangnya hanya berisi alas tidur saja.

Kamu bisa memberikan mainan seperti roda putar, pipa atau bola sehingga hamster dapat menghabiskan waktu lebih lama di dalam kandang. Selain itu, mainannya harus steril dan bebas kuman supaya tidak bisa membuatnya keracunan. Kamu bisa meletakannya dengan rapi sesuai ukuran kandang hamster nya.

Terkait:  Cara Merawat Anggrek Bulan

Simpan Kandang di Tempat Aman

Apabila kamu sudah menyiapkan segalanya, hamster bisa disimpan ke dalam kandang. Namun, kalian tidak boleh menyimpan kandang nya sembarangan. Hal ini dikarenakan kalian harus meletakkannya di tempat yang tidak terlalu dingin atau panas, karena hamster cukup sensitif.

Tak bisa dipungkiri hamster kerap kali digunakan sebagai mainan dan jangan membiarkannya begitu saja. Hamster tidak boleh terganggu kesehatannya agar kamu dapat melihatnya tumbuh kembang dan umurnya lebih panjang.

Bersihkan Kandang Setiap Hari

Walaupun tampak sederhana, tapi membersihkan kandang setiap hari adalah langkah efektif agar kamu dapat melihat hamster Syrian tetap sehat dan tidak cepat mati. Kamu bisa memindahkan hamster ke tempat aman dan bersihkan alas sampai bersih.

Gunakan cairan desinfektan untuk membersihkan seluruh permukaan kandang supaya bebas bakteri dan kuman. Keringkan kandang dan aksesoris seperti handuk bersih atau waslap. Pasangkan semua aksesoris dan mainan beserta hamster kesayangan.

Jangan Mandikan Hamster dengan Air

Hamster ternyata harus dimandikan, namun cara merawat hamster Syrian supaya tidak bau dan cepat mati adalah jangan langsung dimandikan dengan air. Hal ini dikarenakan air merupakan sarana yang menimbulkan penyakit, sehingga hamster dapat terserang penyakit.

Apabila kamu ingin memiliki hamster Syrian yang bersih dan terawat, pastikan kalian menyiapkan wadah bersih dan pasir mandi (dush bath) khusus hamster sehingga dia dapat membersihkan dirinya sendiri dengan sempurna setiap hari.

Jinakkan Hamster

Bagi kalian yang sedang berusaha menjinakkan hamster, kalian bisa mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh hamster, supaya bisa menghilangkan bau asing yang tidak dikenalinya. Masukkan tangan kalian ke dalam kandang dan biarkan hamster mengenalinya.

Biasanya hamster bakal mengigit perlahan, meskipun tidak terlalu sakit. Kalian bisa menarik tangan secara perlahan keluar kandang sampai hamster mengikutinya. Lakukan ini terus menerus supaya hamster bisa mengenalimu sebagai pemilik yang merawatnya setiap hari.

Similar Posts