Cara Merawat Jam Tangan

Cara Merawat Jam Tangan
Cara Merawat Jam Tangan

Bagi sebagian laki-laki maupun perempuan, jam tangan merupakan aksesoris wajib digunakan setiap hari. Apabila kamu sering mengalami masalah saat memakainya, kamu harus tahu cara merawat jam tangan dengan benar.

Hal ini dikarenakan jam tangan menjadi salah satu aksesoris sebagai simbol terhadap pemakainya. Aksesoris ini bahkan mencerminkan karakteristik seseorang, sedangkan lokasi penempatannya antara lengan kanan atau kiri juga mewujudkan sikap asli kalian dalam kehidupan sehari-hari.

Tak sedikit laki-laki lebih sering menggunakan jam tangan yang menggunakan daya baterai, karena harganya terjangkau dan minim perawatan. Meski begitu, kalian perlu memperhatikan risiko yang terjadi bila teledor saat menggunakannya.

Hal ini dikarenakan jam tangan otomatis maupun manual tidak bisa menghindar dari masalah apapun, termasuk kerusakan. Kondisi ini terjadi bila kamu sulit merawatnya dengan baik dan benar, sedangkan perawatan jam tangan tidak perlu budget dan tenaga ekstra.

Cara Merawat Jam Tangan

Cara Merawat Jam Tangan
Cara Merawat Jam Tangan

Secara umum jam tangan semakin berkembang dengan meluncurkan merk dan model beragam, termasuk mode pemakaiannya. Apabila kamu tidak ingin ribet, gunakan jam tangan otomatis karena kamu cukup memutar crown untuk mengatur menit dan detik terhadap jam di suatu tempat.

Namun, kamu juga bisa memilih jam tangan manual yang mana menggunakan baterai sebagai dayanya. Jika baterai nya habis, kalian harus membelinya ke tukang service jam tangan terdekat di wilayah masing-masing.

Terkait:  Cara Merawat Mesin Cuci 2 Tabung

Apabila kamu lebih sering menggunakan jam tangan otomatis, perawatannya berbeda dengan jam tangan manual. Bagaimana merawatnya? Kalian tidak perlu repot karena setiap jenis jam tangan tidak akan menuntut pemakainya habiskan tenaga dan waktu banyak.

Kalian hanya butuh kedisiplinan selama mempertahankan kualitas jam tangan. Seandainya jam tangan kesayangan rusak, mungkin rasa percaya dirimu akan berkurang karena aksesoris ini diklaim sebagai faktor memaksimalkan kepercayaan diri seseorang.

Cara Merawat Jam Tangan agar Tidak Cepat Rusak

Barangkali kalian sedang butuh informasi perihal cara merawat jam tangan dengan baik dan benar, kalian hanya perlu menyimak pembahasan ini sampai akhir. Kami sudah merangkum segala hal yang membantumu sebagai pengguna jam tangan.

Kendati demikian, mayoritas penggunanya mulai memilih jam tangan otomatis dibandingkan manual karena tidak perlu lepas baterai bila dayanya habis. Selain itu, jam tangan otomatis diklaim lebih modern dan trendi dalam menunjang penampilan agar tetap stylish.

Siapkan Tempat Penyimpanan Jam Tangan

Kami tegaskan bahwa jam tangan otomatis tidak bisa diletakkan di tempat sembarangan. Hal ini dikarenakan harganya lebih mahal dan tempat penyimpanannya harus aman supaya lebih awet.

Jangan pernah menyimpannya di atas meja dan dekat peralatan elektronik, karena tempat-tempat tersebut rentan menimbulkan debu yang mengotori jam tangan. Kamu bisa sediakan sebuah kotak khusus untuk menyimpan semua koleksi jam tangan otomatis agar tetap bersih dan bebas dari kotoran.

Isi Daya secara Berkala

Secara umum jam tangan otomatis mempunyai dua mekanisme yang membuatnya tetap hidup, yakni menggunakannya seperti biasa dengan mengguncangkan lenganmu saat memakainya agar daya dapat bekerja optimal.

Kemudian, mekanisme berikutnya adalah manual winding yang mana kalian harus memutar ke atas crown jam tangan sebanyak 30 putaran dalam posisi tidak digunakan. Dayanya mampu bertahan sampai 40 jam meski tidak dipakai, langkah kedua biasanya ditujukan untuk siapapun yang sudah lama tidak pakai jam tangan.

Terkait:  Cara Alis Tebal

Periksa dan Kalibrasi Jam Tangan ke Ahli Jam

Kamu harus memeriksa dan melakukan kalibrasi jam tangan otomatis ke ahli jam, karena modelnya punya mekanisme pergerakan agak rumit. Jangan khawatir karena pemeriksaan ini tidak dilakukan terlalu sering.

Kamu bisa melakukannya setahun sekali dan bila merasa jam tangan sudah tidak akurat, ahli jam akan memeriksa dan kalibrasikan supaya akurat kembali. Apabila kamu punya jam tangan otomatis yang bergaransi, datangi toko jam tangan yang tempat kamu beli untuk melakukan pemeriksaan.

Jangan Gunakan untuk Aktivitas Berat

Baragkali kalian belum tahu bahwa jam tangan otomatis memiliki mekanisme cukup kompleks, sehingga dalam pemakaiannya tidak dapat dilakukan sembarangan. Jangan pakai jam tangan otomatis saat sedang menjalani aktivitas fisik cukup berat, termasuk olahraga.

Guncangan terlalu keras membuat kinerjanya bisa berkurang. Alangkah baiknya kalian menggunakan jam tangan khusus olahraga saat hendak menjalani aktivitas fisik karena lebih aman digunakan, supaya bisa membuat penampilan tetap keren. Kamu juga bisa melepas jam tangan diluar kegiatan berat, khususnya saat hendak istirahat.

Bersihkan Jam Tangan dengan Kain Lembut

Bukan rahasia umum jam tangan otomatis harus diperhatikan kebersihannya. Kamu bisa menggunakan kain bersih dan lembut seperti waslap khusus membersihkan kaca mata. Jangan pernah menggunakan bahan kimia untuk membuat permukaannya bersih dan mengkilat.

Hal ini dikarenakan bahan kimia apapun bisa mengikis permukaan luar jam tangan dan penampilannya akan kurang bagus, apalagi kalau berbahan dasar kulit. Kamu bisa memakai air bersih yang disiram sedikit ke kain lembut dan kering.

Gunakan Kain Microfiber

Apabila kamu tidak punya kain lembut untuk membersihkan jam tangan, gunakan kain microfiber. Hal ini dikarenakan kain microfiber mempunyai daya serap lebih tinggi dan mampu membersihkan debu maupun kotoran dengan cepat.

Terkait:  Cara Merawat Monstera

Caranya adalah basahi kainnya secukupnya dan usap ke seluruh permukaan jam tangan dengan lembut dan perlahan. Pastikan kamu membersihkan permukaan luar secara menyeluruh, gunanya supaya tidak bisa menimbulkan kotoran baru yang menempel pada bodi atau kaca nya.

Hindari Terkena Bahan-bahan Kimia

Apabila kamu sering menggunakan jam tangan berbahan stainless steel, dianjurkan tidak mendekatkannya dengan bahan-bahan kimia di sekitar. Pasalnya, zat-zat kimia mengandung suatu bahan yang mengakibatkan permukaan jam tangan mengelupas dan tidak mengkilat seperti baru.

Tak hanya itu, kacanya mungkin pecah karena kandungan bahan kimia yang letaknya berdekatan dengan jam tangan terlalu keras dan menyengat, apalagi kalau tumpah ke jam tangan maka bisa rusak lebih cepat.

Bersihkan secara Menyeluruh

Kalian bukan sekadar membersihkan jam tangan pada permukaan luarnya saja, namun sebisa mungkin bersihkan dan rapikan bagian internalnya bila sudah paham bongkar pasangnya. Kamu juga bisa melepas gelang jam tangan dengan copotkan pengaitnya untuk dibersihkan sampai sela-selanya.

Tujuannya supaya tidak ada debu atau kotoran yang menempel pada bagian tersebut, serta mencegah kotoran menumpuk terlalu lama yang mengakibatkan lengan kotor bahkan gatal saat memakai jam tangan.

Poles Jam Tangan Bila Sudah Kusam

Jika kalian melihat permukaan jam tangan sudah kusam, silakan poles supaya bersinar cerah kembali. Walaupun jam tangan berbahan dasar kulit maupun stainless steel, tidak mustahil permukaannya kusam dan kotor sehingga dapat menurunkan kepercayaan dirimu saat memakainya.

Kalian bisa memolesnya saat seluruh permukaan benar-benar sudah kusam saja. Untuk mencegah pengikisan, jangan memolesnya setiap hari karena semua bahan jam tangan cenderung sensitif dan tidak wajib dibersihkan terus menerus.

Related posts