Cara Merawat Kaktus Koboi

Cara Merawat Kaktus Koboi

Apabila kamu senang memelihara kaktus, kalian mungkin belum pernah melihat kaktus koboi yang sedang digemari banyak orang. Tak sedikit dari mereka ingin tahu cara merawat kaktus koboi karena beberapa orang menganggap perawatannya sulit.

Padahal, pemilik nama latin Cereus Peruvianus ini sedang naik daun karena digemari para pencinta tanaman hias. Kaktus ini mempunyai bentuk unik yang mana menarik perhatian banyak orang. Postur tinggi dengan duri kecil nyaris tak terlihat menjadi identitas tanaman ini.

Keunikan tersebut membuat kaktus koboi selalu dimanfaatkan sebagai tanaman hias di rumah. Namun, tak sedikit orang sedang mencari kaktus koboi bertubuh mungil karena membuat penampilan rumah semakin keren.

Tanaman ini tidak butuh pemakaian ruang besar karena kalian bisa meletakkan kaktus koboi ke dalam pot, dan menyimpannya di sudut ruangan tertentu. Biasanya kaktus koboi akan memaksimalkan tampilan ruang keluarga sampai ruang kerja sehingga kamu dapat menjalani aktivitas lebih efektif.

Cara Merawat Kaktus Koboi

Cara Merawat Kaktus Koboi
Cara Merawat Kaktus Koboi

Tanaman ini ternyata ditanam di Afrika Tengah, Malawi, Angola dan Gabon. Banyak pihak mengatakan bahwa kaktus koboi sering dijumpai di negara-negara Amerika Latin. Di negara lain, tanaman ini sering disebut dengan Cowboy Kaktus, African Milk Tree, High Chaparall, Cathedral Cactus dan Abyssinian Euphorbia.

Tak sedikit orang luar negeri menyebutnya Queen of the Night dan Peruvian Apple Cactus. Di Indonsia, sebagian besar masyarakat sering menyebutnya Kaktus Koboi atau Kaktus Belimbing.

Terkait:  Cara Merawat Kura Kura

Kaktus ini mempunyai tinggi beragam, yakni 50 cm s/d 7 meter. Bentuknya tinggi menjulang ke atas sangat menarik perhatian untuk dimanfaatkan sebagai dekorasi indoor atau outdoor. Tak hanya itu, kaktus koboi juga bisa tumbuh panjang mencapai 10 meter.

Kaktus ini tidak berbeda dengan tanaman serupa lainnya, bahkan perawatannya cukup mudah. Kalian hanya perlu ketelitian selama merawat tanaman ini supaya bisa hidup lebih lama dan tumbuh tinggi untuk mempercantik bagian dalam maupun luar rumah.

Cara Merawat Kaktus Koboi agar Tumbuh Subur dan Tinggi

Barangkali kalian sedang mencari informasi mengenai cara merawat kaktus koboi dengan benar agar tumbuh subur dan tinggi. Kami beritahukan bahwa perawatannya sama dengan jenis-jenis kaktus lainnya, sehingga kalian tidak dapat menghabiskan tenaga dan waktu berlebihan.

Di samping itu, kaktus koboi adalah alternatif untuk siapapun yang sedang mencari tanaman hias terbaik di rumah. Kamu bisa menemukannya di toko tanaman hias terdekat untuk dibudidayakan di rumah sesuai kebutuhan.

Perhatikan Kadar Air

Tanaman ini sama dengan jenis-jenis kaktus lainnya, karena tahan terhadap kondisi kering. Kalian hanya perlu melakukan penyiraman dua minggu sekali agar ujung pohonnya dapat tahan lama dan tidak busuk. Namun, bila ditanam di iklim yang basah, bisa saja kalian melakukan penyiraman sebulan sekali.

Hal ini dikarenakan musim hujan mengalami kenaikan kadar air dan kaktus koboi tidak akan mengalami dehidrasi, serta mencegah suhu lembap supaya pertumbuhannya tidak terhambat bahkan mati.

Simpan di Tempat Terkena Sinar Matahari

Kaktus merupakan salah satu tanaman hias yang membutuhkan sinar matahari, kalian bisa memindahkan tanaman ini ke tempat yang terkena paparan sinar matahari secara rutin. Sinar matahari bisa membantu pertumbuhan tanaman dengan sempurna.

Terkait:  Cara Merawat Rambut Keriting

Apabila kaktus koboi mengalami masalah akibat kurangnya terkena panas sinar matahari, maka tanaman ini bisa berubah warna menjadi hijau gelap dan lama kelamaan membusuk bahkan mati karena tidak pernah dijemur setiap hari.

Gunakan Pot Berlubang

Tak bisa dipungkiri pemilihan pot merupakan hal penting dalam memelihara kaktus koboi. Gunakan pot yang mempunyai lubang di bagian bawah untuk melancarkan sistem drainase. Maka dari itu, kelembapan tanaman dan suhu di dalam maupun luar pot akan tetap terjaga.

Hal ini dikarenakan pot tanpa lubang di bawahnya bakal mengakibatkan genangan air yang disiram tidak akan mengalir dengan sempurna, sehingga kaktus tidak dapat bernapas akibat kadar air terlalu banyak dan rentan busuk.

Pilih Pot Berbahan Tembikar

Kalian bukan sekadar memperhatikan permukaan pot yang berlubang di bagian bawahnya, namun pastikan bahannya terbuat dari tembikar supaya bisa mencegah pembusukan pada tanaman. Apabila kamu menggunakan pot plastik, air bakal mengendap sehingga kadar air dapat meningkat.

Kondisi ini pasti bukan hal bagus untuk kaktus koboi lantaran berpotensi mengakibatkan busuk bahkan mati. Maka dari itu, kalian sebisa mungkin gunakan pot berbahan tembikar supaya bisa menyerap sisa air dengan sempurna.

Siapkan Media Tanam yang Benar

Secara umum kaktus akan tumbuh di media tanam yang lembap namun tidak basah. Apabila basah maka tanaman bisa membusuk dan mati. Namun, bila terlalu kering tentunya mengakibatkan tubuh menguning lantaran terbakar.

Gunakan media tanam terbaik seperti campuran tanah dengan pasir malang, bila tidak ada maka bisa menggunakan pasir bangunan yang kasar atau bentuknya seperti kerikil. Tujuannya supaya bisa menjaga pertumbuhan kaktus koboi dengan pemakaian media tanam yang tepat.

Terkait:  Cara Merawat Laptop Lenovo

Penyiraman secara Berkala

Tanaman ini mungkin membutuhkan sedikit air pada awal pertumbuhan. Namun, kadar air bakal dikurangi seiring pertumbuhannya. Apabila kaktus sudah tumbuh dewasa cenderung butuh penyiraman selama 2-3 minggu sekali.

Periode tersebut dianggap cukup supaya bisa mempertahankan perkembangan kaktus koboi karena tanaman ini tahan kering. Gunakan air secukupnya untuk disiram supaya kamu bisa memastikan tanamannya berkembang biak dan semakin tinggi menjulang sejak awal ditanam.

Perhatikan Suhu Ruangan

Apabila kamu menyimpan kaktus koboi di dalam ruangan, pastikan suhu udaranya tidak terlalu dingin atau panas sehingga dapat menunjang perkembangan dan pertumbuhannya setiap hari. Biasanya kaktus koboi akan bertahan hidup di dalam ruangan dengan suhu sekitar 70-80 derajat Fahrenheit atau sekitar 21-26 derajat celcius.

Angka ini bisa dibilang normal terhadap tanaman kaktus karena tidak terlalu kering atau basah sehingga dapat mendukung keberlangsungan hidup kaktus koboi di rumah.

Beri Pupuk yang Benar

Kalian bisa memberikan pupuk secara rutin saat musim panas. Gunakan pupuk cair yang merupakan gabungan antara air dan pupuk supaya bisa diaplikasikan dengan mudah. Kamu juga bisa pakai pupuk organik kering sehingga kaktus koboi dapat tahan lama dan tidak kekurangan nutrisi.

Selain itu, kalian harus tahu bahwa pemupukan hanya bisa dilakukan saat musim panas alias tidak boleh ketika musim hujan. Hal ini dikarenakan tanaman tidak akan gembur dan subur sehingga rentan membusuk dan mati.

Ganti Pot yang Baru

Biasanya penggantian pot kaktus koboi dilakukan setahun sekali saat awal pertumbuhan. Kalian bisa mengganti pot nya dengan yang baru saat musim panas. Tujuannya agar kaktus koboi dapat memperoleh tanah lebih gembur, segar dan sehat.

Perhatikan akar tanaman saat memindahkannya ke pot berukuran besar. Apabila ada akar yang mati, kalian harus memotongnya. Kamu bisa tambahkan tanah baru saat memindahkan tanaman ini, dianjurkan untuk tidak langsung menyiramnya sesudah mengganti pot minimal 2 minggu.

Similar Posts