Cara Merawat Kamera DSLR

Cara Merawat Kamera DSLR
Cara Merawat Kamera DSLR

Kamera DSLR merupakan salah satu benda yang perawatannya tidak bisa dilakukan sembarangan. Hal ini dikarenakan kalian tidak bisa menerapkan cara merawat kamera DSLR layaknya produk serupa lainnya.

Kalian harus tetap memastikan barangnya bebas dari debu atau kotoran supaya bisa menciptakan hasil tangkapan gambar yang bagus. Tak bisa dipungkiri perawatan kamera DSLR yang baik dan benar bisa membuat barangnya tahan lama, bahkan usia pemakaiannya melampaui batas yang ada.

Secara umum kamera DSLR rentan terkena jamur atau kotoran bila kamu tidak membersihkan setiap hari. Maka dari itu, jika kalian mempunyai kamera DSLR maka bisa melakukan perawatan dengan membersihkannya secara rutin.

Kalian tidak selalu merogoh kocek terlalu dalam supaya bisa membuat barang kesayangan tetap bersih dan layak digunakan. Kamera DSLR hanya perlu diperhatikan kebersihannya, sehingga dapat terbebas dari jamur dan kotoran apapun supaya kamu bisa memakainya lebih nyaman.

Cara Merawat Kamera DSLR

Cara Merawat Kamera DSLR
Cara Merawat Kamera DSLR

Kalian bukan sekadar membersihkan permukaan luar kamera DSLR dengan menggunakan waslap dan air bersih supaya bisa lebih aman dan bersih saat digunakan. Namun, kalian ternyata harus tahu segala hal yang diperlukan barangnya sehingga dapat terbebas dari kotoran atau kerusakan jangka panjang agar usia pemakaiannya bertahan lebih lama.

Hal ini dikarenakan kamera DSLR cenderung sensitif dan tidak bisa dirawat sembarangan bila kamu belum tahu apa saja yang dibutuhkan dalam merawatnya.

Terkait:  Cara Merawat Kura Kura Brazil

Kamu harus perhatikan kebersihan tali sampai lensa sehingga kamu dapat menggunakan kamera DSLR dengan baik. Apabila salah satu bagian bermasalah bahkan rusak, barangnya pasti tidak bisa digunakan dan mungkin harus beli barang baru dengan harganya yang mahal.

Kamu bisa mencegah pemborosan uang dengan melakukan semua cara merawat kamera DSLR semaksimal mungkin. Kamu bisa memakainya lebih efektif dan usianya lebih panjang, risiko kerusakan pun bakal semakin berkurang.

Cara Merawat Kamera DSLR supaya Tetap Awet

Apabila kamu ingin tahu mengenai perawatan kamera DSLR dengan baik dan benar, silakan ikuti dan simak pembahasan ini dengan seksama. Kalian akan tahu segalanya mengenai menjaga barang tersebut agar tetap awet dan terhindar dari kerusakan.

Kamera DSLR tidak selalu menuntut kalian menghabiskan uang banyak selama merawatnya. Segalanya tergantung kedisplinan dan kepedulian kalian sebagai pemiliknya, bila kamu kurang peduli dipastikan kamera DSLR yang dipakai rentan rusak bahkan tidak bisa dipakai lagi.

Hindari Kamera dari Air

Tak sedikit orang mengklaim bahwa kamera DSLR adalah barang waterproof (tahan air). Meski begitu, kalian tidak boleh membiarkannya dekat dengan sumber air karena risiko kerusakan mungkin terjadi. Usahakan tetap menjauhkannya dari air karena kamera DSLR cenderung sensitif terhadap air.

Tak menutup kemungkinan cairan apapun yang masuk ke dalamnya akan merusak sebagian besar komponen internal kamera DSLR, sehingga barangnya tidak dapat berfungsi dan dipakai seperti biasa.

Jaga Kebersihan Lensa Kamera

Kalian harus tetap menjaga kebersihan lensa kamera setiap hari, baik saat dipakai atau tidak. Kamu bisa menggunakan cleaning kit atau cairan pembersih khusus. Jangan langsung menyemprot cairan pembersih ke lensa, namun semprotkan ke waslap bersih atau kain microfiber.

Terkait:  Cara Agar Kamera iPhone Tidak Mirror: 3 Tips Paling Mudah (VALID)

Usapkan dengan lembut ke seluruh permukaan lensa dan pastikan bagian ini benar-benar bersih dan kering. Jangan lupa memasang cap lens meski kamera tidak dipakai, benda ini akan melindungi lensa kamera dari debu, sidik jari sampai benturan.

Simpan di Tempat Khusus

Apabila kalian bakal membawa kamera DSLR keluar rumah saat jalan-jalan, pastikan barangnya disimpan ke dalam tempat khusus. Gunakan tas khusus menyimpan kamera DSLR yang dilengkapi dengan bantalan empuk untuk menjaganya dari segala benturan.

Tas ini mempunyai ruang khusus untuk menyimpan charger, filter, lensa dan perlengkapan lain yang bakal menunjang kegiatan fotografi kalian. Tas ini membantumu melindungi kamera DSLR supaya tidak rusak dan bisa dipakai lebih lama.

Gunakan Pelindung Layar di LCD

Kamera DSLR mempunyai LCD yang sama dengan smartphone yang harus diperhatikan perawatannya. Gunakan screen guard atau pelindung layar supaya bisa melindunginya dari goresan maupun sidik jari.

Bahkan, screen guard mampu menjaga LCD supaya bisa terlindungi dari air maupun debu dengan harga relatif murah. Tak sedikit para forografer sering lupa bahkan malas memasang screen guard, pelindung layar ternyata menjadi satu-satunya solusi untuk menjaga layar kamera tetap bersih dan mulus.

Bersihkan Badan Kamera Setiap Hari

Kalian tidak sekadar merawat LCD DSLR saja, namun perhatikan badan kamera nya juga. Usahakan membersihkan body kamera dengan minyak kayu putih. Hal ini dikarenakan minyak kayu putih merupakan cairan efektif yang cepat kering dengan kandungan air sangat sedikit.

Kini, banyak sekali cairan pembersih untuk merawat body kamera. Gunakan cairan tersebut ke kain bersih dan halus, poles kain tersebut ke seluruh body kamera dan juga menjangkau karet ring zoom serta ring focus terhadap lensa kamera.

Pasang Filter untuk Melindungi Lensa

Untuk merawat kamera DSLR supaya awet dan tahan lama, pasang filter sehingga dapat melindungi lensa dari debu dan kotoran. Selain itu, pasang UV Filter pada lensa kamera yang mana pemasangan komponen ini tidak akan mengurangi kualitas bidikan gambar yang diambil.

Terkait:  Cara Merawat Kucing Persia

UV Filter akan menjaga lensa kamera dari dampak buruk sinar matahari yang mengandung ultraviolet. Tak hanya itu, fungsi dari filternya adalah mencegah kotoran menempel pada lensa, serta dapat dibersihkan setiap hari.

Gunakan Lens Hood pada Lensa

Lens Hood berguna untuk mencegah cahaya berlebih masuk ke sensor kamera. Kalian harus tahu bahwa cahaya yang masuk ke dalam bagian tersebut dalam jangka panjang rupanya mampu mengurangi kepekaan sensor.

Maka dari itu, bila kalian sedang hunting foto di ruang terbuka saat siang hari, gunakan lens hood dan UV filter. Perlu diketahui, lens hood dibanderol dengan harga cukup murah sehingga kamu dapat menjaga sensor kamera tetap awet untuk ciptakan gambar yang tajam.

Rawat Baterai Kamera secara Efektif

Kamera DSLR biasanya menggunakan baterai lithium-ion yang usianya sekitar 500 kali siklus pengisian daya. Maka dari itu, bila sudah melampaui batas maksimum siklus tersebut, daya baterai bakal menurun dan kalian harus segera menggantinya.

Untuk menjaga kualitasnya tetap bagus, jangan pernah membiarkan baterai kamera disimpan dalam ruangan dengan suhu mencapai 43 derajat celcius. Tak hanya itu, lakukan pengisian daya baterai bila sudah tidak memakai kamera dalam jangka panjang.

Pakai Shoulder Strap saat Hunting Foto

Gunakan shoulder strap saat sedang mengambil gambar dimana saja dan kapan saja. Tali ini berfungsi menggantung kamera di leher ketika kalian sedang membidik foto. Tak mustahil hal diluar dugaan bisa terjadi seperti terjatuh, sehingga tali ini dapat menyelamatkan kamera dari benturan cukup keras.

Jika kamu sudah selesai melakukan eksplorasi dengan membidik beberapa foto, segera simpan kamera DSLR ke dalam dry box atau kotak kering supaya bisa terhindar dari cairan atau debu yang berasal dari luar ruangan.

Related posts