Cara Merawat Kucing Kecil

Cara Merawat Kucing Kecil
Cara Merawat Kucing Kecil

Barangkali orang-orang sering menganggap kucing kecil butuh perawatan ribet. Namun, kalian akan menganggap segalanya efektif dan mudah sesudah tahu cara merawat kucing kecil dengan seksama.

Hal ini dikarenakan anak kucing yang mungkin ditinggalkan induknya bahkan kesepian di suatu tempat butuh perhatian dan perawatan ekstra. Kamu bisa mengambilnya untuk dirawat dan diurus supaya tumbuh kembang dengan baik, sedangkan kucing kecil tidak pernah meminta perawatan mahal sampai jutaan rupiah.

Read More

Kalian pasti pernah melihat seekor anak kucing kecil yang baru dilahirkan namun ditinggalkan induknya. Secara umum kucing kecil lebih sensitif dibandingkan kucing dewasa, sehingga kalian tidak dapat merawatnya sembarangan.

Tak sedikit orang masih penasaran bagaimana merawatnya supaya bisa berkembang sampai dewasa dengan sehat. Kalian sebetulnya tidak perlu berpikir panjang karena kucing kecil bisa dirawat layaknya kucing dewasa dengan memberikan pakan sampai perhatian lewat ajakan bermain selama di rumah.

Cara Merawat Kucing Kecil

Cara Merawat Kucing Kecil
Cara Merawat Kucing Kecil

Bagi sebagian orang mungkin membesarkan kucing kecil adalah tantangan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Bagaimana tidak, kalian mungkin tidak tahu cara merawat kucing kecil karena mayoritas dari mereka tidak bisa jauh dari induknya.

Kalian sebenarnya mampu melakukan pendekatan untuk membesarkan kucing kecil dengan menyenangkan. Kalian hanya perlu kesabaran dan ketelitian selama mengurus sekaligus merawatnya sehingga dapat tumbuh kembang menjadi seekor kucing dewasa yang sehat.

Terkait:  Cara Merawat Cat Doff

Secara umum memelihara kucing kecil merupakan dasar sebelum kalian benar-benar ingin merawat kucing dewasa, sehingga kalian dapat melatih kesabaran selama mengurusnya. Kalian tidak perlu repot menyiapkan pakan sampai tempat tinggal, karena kucing kecil bisa tidur dimana saja selama tempatnya aman dan nyaman.

Biasanya kucing kecil tidak pernah mengonsumsi pakan sembarangan dan kamu bisa mengatur asupan nutrisi yang tepat untuk diberikan kepada hewan lucu nan mungil tersebut.

Cara Merawat Kucing Kecil agar Tumbuh Sehat

Hal utama yang dilakukan selama memelihara kucing kecil adalah tetap sabar dan tidak boleh emosi karena anak kucing biasanya lebih peka kepada induknya. Kalian harus melakukan pendekatan agar kucing kecil dapat terbiasa mengikuti apa yang diperintahkan.

Apabila kamu merawat kucing kecil bersama induknya, tentu saja perawatannya berbeda dengan kucing tanpa induk. Hal ini dikarenakan mereka akan dipantau ibunya dan tidak bisa lepas agar kamu dapat mencegah sang induk mencakar secara tiba-tiba.

Jangan Pisahkan dari Induknya

Apabila kalian sedang merawat seekor kucing kecil bersama induknya, jangan pernah mengambil bahkan memisahkan mereka. Pasalnya, kucing kecil yang berpisah dengan sang ibu mungkin akan keluar rumah mencari makanan, istirahat bahkan enggan berinteraksi bersama manusia.

Jangan heran kondisi tersebut membuat psikis kucing kecil terganggu akibat ulah dirimu sendiri. Dia bahkan tidak ingin digendong karena kucing kecil sudah tahu bahwa kalian yang memisahkannya dari induk mereka.

Berikan Tempat yang Layak

Apabila induk kucingnya kembali, kalian perlu memperhatikan tempat tinggal yang layak untuk keduanya. Hal ini dikarenakan kucing kecil beserta induk yang dirawat butuh tempat berlindung dari cuaca dingin atau panas. Selain itu, tempat tersebut digunakan untuk istirahat sampai bercengkrama dengan buah hatinya.

Terkait:  Cara Merawat Ikan Cupang

Gunakan tempat sederhana yang bersih dan nyaman supaya kucing kecil bisa menghabiskan waktu bersama induknya. Pastikan tempatnya tidak kotor dan mudah dijangkau agar kamu dapat memantaunya setiap hari.

Jangan Sering Memantau

Secara umum induk kucing tidak akan pernah membiarkan buah hatinya berkeliaran bahkan diculik orang lain. Apabila kamu merawatnya bersama kucing kecil di rumah, sebaiknya jangan terlalu sering memantaunya.

Hal ini dikarenakan induk kucing akan selalu menemani kucing kecilnya selama di dalam maupun luar rumah. Kamu bisa memantaunya bila makanan atau minuman yang disediakan sudah hampir habis. Pastikan tempat tinggalnya tetap bersih dan steril sehingga dapat terhindar dari penyakit.

Berikan Susu Setiap 3 Jam

Susu merupakan sumber nutrisi penting untuk manusia dan hewan. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisinya cukup lengkap supaya bisa menunjang pertumbuhan. Kalian bisa memberikan susu nutrisi kepada kucing kecil setiap 3 jam sekali.

Gunakan merek susu berkualitas agar dapat dikonsumsi setiap hari, sedangkan harganya tidak terlalu mahal. Apabila kalian tidak menemukan susu khusus kucing, pilih susu formula terbaik yang beredar di pasaran dan pastikan produk pilihan punya cita rasa enak nan lezat.

Biarkan Kucing Kecil Beristirahat

Jangan membiasakan kucing kecil menuruti semua keinginanmu dengan mengajaknya bermain atau berinteraksi secara terus menerus. Guna meminimalisir risiko sakit, biarkan kucing kecil beristirahat di dalam tempar tinggal yang sudah disediakan.

Biasanya kucing kecil bakal tidur selama beberapa jam sampai tubuhnya benar-benar fit. Apabila kucing kecil jarang makan dan badannya lemah, sebaiknya kalian langsung menggendongnya ke dalam kandang dan buatlah dia tertidur sampai bangun dengan tubuh lebih bugar.

Latihan dengan Pasir Kotoran

Kalian bisa melatih kucing kecil menggunakan pasir kotoran, bila kalian benar-benar ingin merawatnya secara maksimal. Gunakan kotak buang kotoran yang tingginya satu inci. Kalian bisa mengisinya dengan pasir khusus, supaya kucing kecil tidak bisa terkena kotoran yang menggumpal.

Terkait:  Cara Merawat Kamera DSLR

Di samping itu, awasi kucing kecil agar tidak menelannya karena dapat membahayakan tubuhnya. Apabila kucing kecil sudah minum susu setiap hari, letakkan dia ke dalam kotak tersebut dan ambil cakarnya untuk mengajarkan menggaruk dengan lembut dan sabar.

Bawa ke Dokter Hewan

Apabila kamu kerepotan mengurus kucing kecil sendirian, sebaiknya bawa ke dokter hewan dan sampaikan segalanya berkaitan dengan hewan tersebut. Konsultasikan segala hal mengenai kesehatan dan kejiwaan kucing kecil agar kamu dapat melakukan perawatan lebih baik.

Biasanya dokter hewan akan melakukan vaksinasi hewan sehingga kucing kecil dapat terbebas dari penyakit berkat penyuntikan terhadap imunitas lebih kuat. Hal ini dikarenakan kunjungan ke dokter hewan tidak boleh dibiarkan para pemelihara kucing kecil.

Berikan Nutrisi yang Tepat

Jangan pernah memberikan makanan sembarangan kepada kucing kecil. Apabila kamu memberikan asupan nutrisi yang tidak tepat, perkembangan dan pertumbuhannya mungkin akan terganggu. Kamu bisa membeli makanan kucing di toko hewan dan berikan sekitar 4 kali sehari.

Kami beritahu bahwa kucing kecil yang sedang berkembang butuh asupan kalori dan nutrisi sebanyak 3 kali lipat daripada kucing dewasa. Oleh karena itu, kalian bisa membeli makanan kucing berkualitas dan bergizi lengkap di toko hewan terdekat.

Rutin Bersosialisasi

Tak sedikit orang belum tahu bahwa bersosialiasi merupakan cara merawat kucing kecil yang efektif sehingga kamu dapat mendekatkan diri dengan dia. Apabila kamu ingin kucing kecil tumbuh besar menjadi hewan lucu dan penurut, ajaklah bermain dan bersosialisasi supaya kucing bisa mengikuti semua instruksi yang diberikan.

Jangan pernah menekan apa yang kalian inginkan sehingga hewan lucu dan menggemaskan ini dapat mengikuti segalanya sesuai perintahmu dengan penuh kasih sayang.

Related posts