Cara Merawat Kulkas

Cara Merawat Kulkas

Kulkas adalah salah satu peralatan rumah tangga yang wajib tersedia di rumah. Hal ini dikarenakan segala makanan dan minuman yang dikonsumsi pasti akan disimpan di dalamnya. Maka dari itu, kamu harus tahu cara merawat kulkas dengan benar supaya tidak rusak dan bisa tahan lebih lama.

Seperti kita tahu bahwa segala macam makanan dan minuman yang mungkin tidak pernah dihabiskan pasti akan disimpan dalam kulkas supaya bisa awet. Tak jarang produk yang dikonsumsi bisa tahan sampai berminggu-minggu.

Tak sedikit orang bahkan kamu sendiri sering menemukan kulkas cepat rusak, karena perawatannya tidak dilakukan dengan baik dan benar. Apabila kamu tahu cara merawat kulkas maka dipastikan lemari es bisa tahan lebih lama sampai beberapa tahun.

Kalian mungkin tidak menyadari bahwa segala kegiatan yang dilakukan bisa menyebabkan kulkas cepat rusak. Kamu bisa mengurangi bahkan menghilangkan kebiasaan tersebut sehingga lemari es dapat bekerja optimal untuk menyegarkan makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari.

Cara Merawat Kulkas

Cara Merawat Kulkas
Cara Merawat Kulkas

Belakangan ini sebagian besar barang-barang elektronik semakin canggih dan variatif. Kulkas termasuk salah satu barang rumah tangga yang keberadaannya selalu hadir dengan beragam teknologi canggih dan modern untuk memanjakan seluruh anggota keluarga.

Namun, kalian tidak bisa menikmati fasilitas lemari es bila tidak bisa merawatnya dengan benar. Kerusakan mungkin bakal terjadi dan kalian bisa saja membeli barang baru karena kulkas rentan rusak karena tidak dirawat dengan efisien.

Terkait:  Cara Merawat Anak Kucing

Apabila lemari es rentan rusak, kalian tidak boleh membiarkan begitu saja dan menggantinya dengan barang baru karena kulkas dibanderol dengan harga cukup tinggi. Kamu bisa membawanya ke jasa service elektronik tersekat supaya bisa menemukan sumber masalahnya.

Kalian juga bisa mencegah masalah tersebut dengan melakukan perawatan dan peremajaan terhadap lemari es di rumah, salah satunya menghindari hal-hal yang menyebabkan kerusakan seperti tidak menutup pintu kulkas dengan rapat.

Cara Merawat Kulkas supaya Tidak Cepat Rusak

Barangkali kalian belum tahu cara merawat kulkas supaya awet dan bisa terhindar dari kerusakan walaupun sudah digunakan bertahun-tahun. Semuanya tergantung kebiasaan kalian dalam memakainya di rumah, bila teledor mungkin lemari es akan langsung rusak dan tidak bisa dipakai lagi.

Kalian harus membiasakan diri tidak melakukan hal-hal kecil sampai besar yang sebenarnya berbahaya terhadap lemari es di rumah. Hal ini dikarenakan kulkas termasuk benda elektronik yang tidak boleh dipakai dan dirawat sembarangan.

Simpan di Tempat Sejuk

Jangan meletakkan kulkas di tempat panas, contohnya di samping kompor. Hal ini dikarenakan udara panas yang keluar dari kompor bakal tercampur dengan hawa dingin kulkas. Kondisi tersebut bisa menyebabkan lemari es rusak dengan cepat.

Kalian bisa menyimpan lemari es di ruang makan, posisi nya lebih jauh dari benda-benda berbau tajam dan bersuhu tinggi. Apabila kamu meletakkan di tempat panas, kulkas harus bekerja lebih keras dan penggunaan listrik tentu saja semakin besar dan lebih boros.

Jangan Simpan Air Panas ke dalam Lemari Es

Tak sedikit orang bahkan kamu sendiri mungkin pernah bahkan selalu melakukan kebiasaan ini. Kami himbau kalian tidak boleh menyimpan air panas ke dalam kulkas. Hal ini dikarenakan udara panas yang ditimbulkan menyebabkan kulkas cepat rusak.

Terkait:  Cara Exfoliating Toner

Kalian bisa menunggu beberapa menit sampai suhu air lebih dingin, setidaknya sama dengan suhu ruangan. Kalian bisa langsung menyimpan air minum ke dalam kulkas setelah suhunya lebih dingin, karena kebiasaan ini berbahaya terhadap komponen internalnya.

Isi Lemari Es Secukupnya

Seperti kita tahu bahwa lemari es mempunyai kapasitasnya masing-masing. Maka dari itu, kalian tidak boleh memasukkan semua makanan dan minuman ke dalam kulkas. Hal ini dikarenakan lemari es tidak bisa menampung segalanya dengan baik.

Kalian bisa menyimpan beberapa makanan atau minuman yang memang dianjurkan disimpan ke dalam lemari es. Apabila muatannya terlalu berat, wadahnya bisa retak bahkan pecah. Rak nya juga bisa rusak sehingga kamu tidak dapat menyimpan barang konsumsi di dalamnya.

Lemari Es Harus Tertutup Rapat

Apabila isi kulkas terlalu penuh, terkadang pintunya tidak bisa ditutup lantaran menahan muatan yang terlalu banyak. Jangan biarkan kondisi ini terjadi terus menerus karena pintunya harus tertutup rapat sehingga tidak dapat boros listrik.

Tak hanya itu, kualitas makanan dan minuman didalamnya juga bakal terjaga dengan baik. Biasanya segala macam produk yang diletakkan ke dalam kulkas akan terjaga kualitasnya, serta terhindar dari udara kotor selama kamu selalu menutup pintu lemari es dengan rapat.

Siapkan Ruang antara Dinding dan Lemari Es

Kulkas mempunyai kondensor di bagian belakang yang mengeluarkan hawa panas setiap hari. Maka dari itu, supaya udara panas bisa keluar dengan optimal sebaikan siapkan ruang antara dinding dan lemari es. Letakkan kulkas kira-kira sejauh 15-20 cm dari dinding supaya sirkulasi udara bisa berjalan secara efektif.

Tak hanya itu, lemari es juga bisa bekerja dengan baik untuk menjaga kebersihan dan kualitas makanan maupun minuman yang disimpan sehingga dapat terhindar dari bau dan busuk.

Terkait:  Cara Merawat Bunga Krisan

Atur Suhu Lemari Es Sesuai Isinya

Apabila kulkas menampung banyak makanan seperti ayam dan ikan, sebaiknya turunkan suhunya menjadi lebih dingin. Tujuannya supaya bisa menghindari bahan makanan menjadi basi dan tidak layak dikonsumsi. Namun, bila lemari es menampung buah-buahan dan sayuran, suhunya boleh dinaikkan agar tidak terlalu dingin.

Hal ini dikarenakan buah dan sayur tidak boleh diletakkan di dalam temperatur sangat dingin supaya bisa dikonsumsi, serta membuat daya listrik lebih hemat sambil menjaga kualitas makanannya.

Jangan Pakai Lemari Es saat Listrik Padam

Ketika listrik padam, apalagi dalam waktu lama, lemari es tidak akan dingin. Jangan terlalu sering membuka dan menutup kulkas. Hal ini dikarenakan udara dari luar bakal masuk ke dalam lemari es dan merusak kualitas produk yang disimpan di dalamnya.

Tak sedikit makanan dan minuman akan basi karena kebiasaan ini. Apabila listrik mati, makanan apapun bisa tahan lebih lama selama 24 jam bila kulkas dibiarkan tertutup. Siklus udara dingin akan tetap mengalir selama listrik padam untuk menjaga kualitas makanan dan minuman yang tersimpan di dalamnya.

Cabut Kabel saat Listrik Padam

Kalian dianjurkan mencabut kabel kulkas ketika listrik padam. Apabila listrik menyala, biarkan selama 5 menit dan pasang kabelnya kembali. Tujuannya supaya kompresor bisa diatur ke posisi awal dan bekerja dengan normal. Secara umum aliran listrik yang tidak bisa diatur bakal menimbulkan masalah terhadap lemari es.

Namun, kondisi ini tidak pernah berlaku saat listrik padam dalam waktu lama karena kalian bukan sekadar mencabut kabel nya, namun dilarang membuka pintu lemari es demi menjaga semua produk yang tersimpan bisa awet dan tidak cepat basi.

Similar Posts