Pinjaman Online BRI KUR

Pinjaman Online BRI Langsung Cair
Pinjaman Online BRI Langsung Cair

Ingin meminjam dana di Bank BRI? Nah, kali ini akan saya kenalkaan pinjaman online BRI KUR untuk kamu yang ingin meminjam dana di Bank BRI. Sebelum kita membahasnya, kira-kira temen-temen udah tau belum apa itu BRI KUR? Jika belum, yuk simak sebagai berikut:

Apa Itu BRI KUR?

KUR (Kredit Usaha Rakyat) BRI adalah sebuah kredit atau pinjaman dari pemerintah dengan suku bunga yang rendah untuk modal usaha kerja dan atau investasi. Syarat dan ketentuan pelaku usaha mikro, usaha kecil dan koperasi yang bisa mendapatkan dana KUR ialah mereka yang memiliki usaha produktif.

Read More

KUR merupakan salah satu pinjaman dana tunai langsung cair bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), guna membantu meningkatkan perekonomian bangsa, khususnya di Indonesia. Jika dibandingkan dengan produk pinjaman yang ada di Bank BRI, KUR memiliki daya tarik tersendiri karena memiliki suku bunga rendah. Selain suku bunganya yang rendah, keuntungan lainnya adalah syarat dan cara mengajukan KUR di Bank BRI sangat mudah. Kamu bisa mengajukannya dengan atau bahkan tanpa menggunankan agunan sebagai jaminan (tergantung jumlah pinjaman yang diambil). Kamu bisa memilih jumlah pinjaman (plafond) mulai dari 5, 10, 20, 50, 100, 200, 300 hingga 500 juta rupiah.

Siapa sajakah yang bisa memakai Kredit Usaha Rakyat ini? Tentunya para pengusaha pemula maupun yang sudah berjalan. Kamu tidak perlu khawatir karena KUR ini dijamin oleh pemerintah, dan pengeluaran kamu pun akan diawasi dengan baik dengan pinjaman dana usaha ini.

Fitur Pinjaman Online KUR BRI

  • Sebagai modal kerja dan kredit investasi
  • Sebagai modal usaha perseorangan dengan kebutuhan kredit maksimal Rp 500 juta.
  • Bebas biaya administrasi atau provisi. Selain itu bunga yang diberikan terbilang cukup murah karena disubsidi oleh pemerintah. Selain mendapatkan subsidi, nasabah juga mendapatkan asuransi kerugian kredit oleh perusahaan asuransi BUMN.
Terkait:  Pinjaman Online BRI Ceria

Pinjaman Online BRI KUR

Pinjaman Online BRI KUR
Pinjaman Online BRI KUR

Jenis-jenis KUR Bank BRI

KUR Mikro

Jenis Kredit Usaha rakyat yang pertama ini merupakan pinjaman tanpa agunan bagi perorangan. Karena sebab itulah KUR mikro menjadi pinjaman yang paling ramai diajukan oleh para pelaku UMKM dan koperasi. Kendati demikian tidak semerta-merta nasabah perorangan bisa dengan mudah mendapatkan pinjaman tersebut. Hal ini disebabkan karena nasabah harus memiliki usaha layak dan produktif minimal sudah berjalan selama 6 bulan. Jadi bagi Kamu yang belum memenuhi kriteria tersebut, maka belum bisa menerima pinjaman KUR Mikro Bank BRI.

Melalui pinjaman dana KUR BRI tipe Mikro, nasabah diberikan plafond maksimal hingga Rp 25 juta. Untuk jangka waktu (tenor) yang ditawarkan kepada setiap nasabah disesuaikan dengan kegunaan dana pinjaman tersebut. Artinya jika pinjaman digunakan untuk kredit modal kerja (KMK), tenor yang diberikan selama 3 tahun. Sedangkan jika digunakan untuk kredit investasi (KI), tenor yang diberikan kepada nasabah maksimal selama 5 tahun.

Syarat-Syarat KUR Mikro

  • Calon nasabah merupakan Individu (perorangan) yang sedang melakukan usaha produktif dan layak.
  • Memiliki Usaha yang sedang dijalankan dan sedang beroperasi secara aktif minimal selama 6 bulan.
  • Jumlah pinjaman yang dapat diajukan oleh nasabah maksimum Rp 25 juta per debitur
  • Nasabah tidak memiliki kredit dari perbankan yang bersangkutan (di tempat nasabah mengajukan pinjaman KUR), kecuali kredit yang bersifat konsumtif seperti: KPR, KKB, dan, Kartu Kredit.
  • Nasabah melampirkan syarat administrasi administrasi berupa Identitas diri asli seperti e-KTP/ SIM, Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usaha.

KUR Ritel 

Tipe KUR Ritel tidak berbeda jauh dari jenis pinjaman di BRI sebelumnya (tipe Mikro). Anda dapat mengajukan permohonan kredit selama 3-4 tahun tergantung jenis kredit yang dipilih. Namun hal yang harus diketahui ialah Kamu harus memiliki usaha produktif minimal selama 6 bulan. Oleh karena itu, sebelum usaha Kamu berusia >6 bulan tidak diperbolehkan mengajukan pinjaman KUR di Bank BRI.

Terkait:  Pinjaman Online BRI Langsung Cair

Perbedaan antara KUR Ritel dan makro di BRI adalah terletak pada syarat yang digunakan. Jika pada jenis mikro, Kamu tidak diwajibkan melampirkan Surat ijin usaha dalam proses pengajuannya. Namun berbeda pada tipe Ritel yang harus mewajibkan Kamu melampirkan surat ijin usaha, misalnya Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil.

Dana pinjaman yang bisa diperoleh dari jenis Kredit Usaha Rakyat tipe Ritel sebesar Rp 25 Juta – Rp 500 Juta. Perlu dijetahui bahwa Kamu wajib menyertakan sebuah jaminan atau agunan berupa aset berharga. Kenapa, karena jumlah pinjaman dana tunai yang Kamu peroleh terbilang cukup besar. Kendati demikian Kamu tidak perlu khawatir atas aset yang digunakan sebagai jaminan. Sebab saat ini Bank BRI sudah menerapkan suku bunga KUR Ritel sebesar 6%

Syarat-Syarat KUR Ritel 

  • Nasabah memiliki usaha yang berjalan secara berkelanjutan (produktof) dan dinyatakan layak.
  • Tidak memiliki kredit, kecuali kredit konsumtif (KPR, KKB, dan, Kartu Kredit).
  • Usaha berjalan secara aktif minimal selama 6 bulan.
  • Melampirkan Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau surat ijin usaha lainnya (minimal dari kelurahan setempat).
KUR TKI.

Jenis KUR di Bank BRI yang terakhir adalah KUR TKI. Fungsinya untuk membiayai keberangkatan calon TKI ke negara penempatan. Adapun negara penempatan yang dimaksud diantaranya ialah Singapura, Hongkong, Brunei, Taiwan, Jepang, Korsel, dan Malaysia. Jumlah pinjaman yang bisa diperoleh oleh calon TKI sebesar Rp 25 Juta atau sesuai ketetapan yang diatur oleh pemerintah. Tenor pinjaman yang diterapkan pada jenis KUR TKI ini adalah 3 tahun atau sesuai kontrak kerja, dengan suku bunga sebesar 6% saja.

Syarat KUR TKI

  • Calon nasabah merupakan calon TKI yang akan berangkat bekerja ke negara penempatan.
  • Melengkapi berkas administrasi, berupa: KTP dan Kartu Keluarga, Surat MoU (perjanjian kerja) dengan pengguna jasa, Surat keterangan penempatan, Passpor, dan Visa.
Terkait:  Biaya Transfer dari BCA ke BRI

Bagaimana Cara Mengajukan KUR BRI?

Pengajuan KUR BRI online sangat mudah dan tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Pemohon hanya butuh smartphone dan jaringan internet yang lancar untuk membuat pengajuan KUR BRI. Pada dasarnya, yang bisa daftar KUR BRI online untuk modal UMKMK adalah pemilik usaha yang produktif dan layak, tapi tidak mampu memenuhi syarat kredit yang diminta oleh bank. Dengan adanya KUR, para pelaku usaha dan calon TKI tetap bisa produktif.

Setelah mengetahui beberapa jenis KUR bank BRI beserta syaratnya, berikut adalah langkah-langkah untuk mendapatan KUR.

  • Pastikan usaha Kamu adalah usaha yang produktif atau usaha yang memiliki profit.
  • Siapkan dokumen atau berkas penting sesuai dengan persyaratan bank yang Kamu tuju. Biasanya persyaratannyang diminta adalah KTP, KK, Keterangan Domisili, Akte Pendirian Usaha, SIUP, TDP, laporan keuangan, proposal usaha, dan lainnya.
  • Datangi Kantor Cabang atau Kantor Cabang Pembantu (KCB) Bank yang Kamu inginkan atau bisa melalui pinjaman online BRI KUR di website https://kur.bri.co.id/
  • Ikuti prosedur bank tersebut dan baca ketentuannya secara jelas untuk memastikan bahwa tidak ada ketidakadilan dalam peminjaman uang Kamu.
  • Setelah selesai, pihak bank Kamu akan melakukan survei untuk memastikan usaha Kamu sebagai tanda bahwa Kamu mempunyai usaha yang sesuai Kamu ajukan.

Demikianlah informasi mengenai pinjaman online BRI KUR secara lengka beserta cara pengajuannya. Terima kasih sudah membaca artikel ini hingga selesai dan semoga artikel ini bermanfaat bagi temen-temen semua. See you!

 

Related posts