Cara Merawat Laptop Asus

  • Whatsapp

Apakah kamu sedang mencari informasi mengenai cara merawat laptop Asus? Kalian tidak boleh menganggap notebook Asus sebagai barang sederhana, karena perawatannya tidak bisa dilakukan sembarangan.

Secara umum semua merek laptop mempunyai pemeliharaan dan perawatan yang hampir sama, sehingga kamu dapat menjaganya agar dapat bertahan lebih lama. Pasalnya, laptop sudah menjadi salah satu barang elektronik yang dibutuhkan semua orang dalam menunjang segala kegiatan di era digital seperti sekarang.

Read More

Laptop merupakan barang elektronik untuk membuat dan mengolah berbagai macam file multimedia yang mempunyai desain lebih kecil dan ramping dibandingkan PC, sedangkan satu sama lain punya fungsi yang sama.

Asus menjadi salah satu produsen perangkat elektronik terbaik dan terbesar di dunia, karena semua barang keluarannya diterima semua orang di dunia. Laptop Asus menjadi pilihan tepat karena barangnya fleksibel dan perawatannya tidak terlalu rumit supaya kamu bisa memakai sekaligus memeliharanya dengan efisien.

Cara Merawat Laptop Asus

Cara Merawat Laptop Asus
Cara Merawat Laptop Asus

Laptop Asus merupakan salah satu brand notebook populer di Indonesia. Bagaimana tidak, Asus sukses membuktikan diri sebagai produsen laptop terkemuka yang dicintai masyarakat. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan laptop akan mengalami masalah dan jangan dibiarkan begitu saja.

Kalian harus tahu cara merawat laptop Asus dengan baik dan benar supaya bisa menjaga kinerja semua komponen eksternal maupun internalnya. Hal ini dikarenakan laptop adalah benda elektronik cukup sensitif yang tidak bisa dirawat sembarangan.

Terkait:  Cara Memindahkan Foto dari Laptop ke HP

Tak sedikit orang bahkan kamu sendiri mungkin belum tahu cara merawat laptop Asus sehingga dapat bertahan dalam waktu yang lama. Perawatannya perlu dilakukan supaya kamu bisa mencegah kerusakan dan tidak perlu membeli perangkat yang baru.

Kalian harus mencegah kerusakan perangkat dalam waktu yang singkat, serta pahami prosedur pemakaian yang benar mengenai pemakaian dan perawatannya. Selain itu, sebaiknya kamu tidak menggunakan laptop secara berlebihan agar usianya dapat lebih lama dari penggunaannya.

Cara Merawat Laptop Asus Supaya Tahan Lama

Apabila kalian ingin tahu mengenai cara merawat laptop asus dengan baik, sebaiknya kalian menyimak pembahasan ini sampai akhir. Kami siap menjawab semua pertanyaan seluruh pengguna laptop Asus sehingga dapat merawat dan memperpanjang usia penggunaannya.

Laptop Asus sebetulnya tidak menghabiskan tenaga dan uang dari segi perawatannya. Kalian cukup sabar dan teliti saat memakainya yang mana sebagian besar komponennya tidak boleh dipakai secara berlebihan setiap hari.

Gunakan Charger Sewajarnya

Usahakan tidak menggunakan charger secara berlebihan. Kalian hanya bisa memakainya ketika sedang melakukan pengisian daya pada baterai. Apabila baterai sudah penuh, segera cabut charger untuk mencegah hal-hal diluar dugaan.

Jika charger mengalami kerusakan, sebaiknya kalian membeli produk baru dan original. Hal ini dikarenakan charger replika atau tiruan tidak bisa memberikan hasil pengisian daya maksimal layaknya barang aslinya. Kamu bisa membelinya di Official Store Asus di seluruh Indonesia.

Perhatikan Pemakaian Baterai

Apabila laptop masih mempunyai baterai yang bagus, sebaiknya kalian menggunakannya saat baterai terisi saja. Apabila baterai hampir habis, matikan perangkat dan segera lakukan pengisian daya sampai penuh. Kami anjurkan kalian tidak boleh menghidupkan laptop selama pengisian daya baterai berlangsung.

Apabila baterainya rusak, kalian bisa membeli barang yang baru dan bila tidak sempat membelinya, maka kamu bisa menggunakan laptop Asus tanpa baterai dengan menghubungkan charger selama digunakan.

Terkait:  Cara Merawat Bunga Matahari

Jangan Mematikan dan Menghidupkan Laptop Terus Menerus

Kegiatan ini tidak pernah dianjurkan untuk semua pemilik laptop dengan merek apapun. Pasalnya, perangkat keras akan mengalami masalah kecil sampai besar akibat pemakaiannya terlalu berantakan. Kamu bisa menggunakan laptop paling tidak tiga kali sehari supaya bisa mencegah kerusakan dalam jangka panjang.

Di samping itu, kami anjurkan kamu bisa memakai laptop sekali dalam waktu lebih lama dibandingkan sebentar tapi sering dihidupkan dan dimatikan, karena merusak komponen internalnya.

Jangan Gunakan Perangkat Terlalu Lama

Apabila kamu seorang gamer dan tidak pernah berhenti bermain game online, sebaiknya kamu tidak boleh memaksakan penggunaan laptop dalam jangka panjang, apalagi kalau digunakan sampai berjam-jam. Kalian harus mengakalinya dengan menggunakan media pendukung supaya bisa menunjang kinerjanya.

Kamu bisa memakai kipas eksternal atau pendingin manual untuk menjaga perangkatnya tetap dingin. Apabila kamu membiarkan laptop dipakai sampai panas, mungkin saja perangkatnya akan rusak.

Hindari Pemasangan Aplikasi Berbahaya

Kami anjurkan pengguna laptop Asus tidak boleh mengunduh aplikasi berbahaya. Kalian harus perhatikan kapasitas RAM di dalam perangkatnya, karena bila kapasitasnya kecil, jangan pernah memasang aplikasi terlalu banyak.

Hal ini dikarenakan kinerjanya akan lambat dan tidak bagus untuk laptop. Kalian juga tidak boleh menyimpan file sembarangan, karena tidak semua website penyedia aplikasi menghadirkan perangkat lunak yang aman. Kamu bisa mengunduhnya melalui Official Store yang sudah terpasang pada laptopnya.

Cek Perangkat secara Berkala

Apabila kalian mahir dan paham bagaimana mesin perangkat bekerja, kalian bisa membersihkan komponen eksternal dan internalnya. Kalian harus memeriksa kipas pendingin dan komponen lainnya untuk dibersihkan supaya bisa terhindar dari debu maupun kotoran.

Periksa pasta pendingin dan ganti dengan yang baru kalau sudah dingin. Tak hanya itu, bersihkan dan periksa semua slot USB yang ada untuk mencegah sesuatu menyumbatnya agar dapat terhubung dengan perangkat eksternal lainnya. Kegiatan ini hanya bisa dilakukan oleh seseorang yang sudah ahli, tidak boleh secara amatir.

Terkait:  Cara Merawat Kamera DSLR

Letakkan di Tempat yang Aman

Laptop Asus merupakan salah satu perangkat keras sensitif dan tidak boleh disimpan di tempat sembarangan. Kalian tidak boleh meletakkannya di tempat yang terkena sinar matahari langsung maupun permukaan basah.

Secara umum laptop merupakan perangkat keras yang harus tetap kering dan tidak boleh sampai lembap karena mengembun. Embun yang terkena listrik bakal menimbulkan konslet terhadap laptop. Kalian juga harus memastikan tempat penyimpanannya aman dan tidak bisa dijangkau anak-anak sampai hewan peliharaan di rumah.

Jangan Lepaskan Hard Disk

Walaupun terkesan sepele, namun ternyata hard disk tidak boleh sampai lepas dari laptop. Hal ini dikarenakan siapapun tidak perlu membersihkannya secara manual. Kamu bisa melepaskannya saat terjadi kerusakan saja.

Kamu pasti akan melihat buku manual yang tidak melarang hard disk untuk dilepas, namun tidak mustahil hard disk akan tergores bila dilepas asal-asalan. Kamu bisa mendeteksi kerusakan pada hard disk dengan mendengar suara aneh yang berisik ketika laptop sedang digunakan.

Bersihkan Debu yang Menempel

Langkah sederhana yang merupakan cara merawat laptop Asus paling efektif adalah membersihkan debu menempel pada seluruh permukaan perangkat. Namun, kalian tidak boleh menggunakan kain atau waslap yang basah karena cairannya bisa masuk ke dalam lubang speaker sehingga dapat merusak komponen internal.

Gunakan kuas halus karena debu yang dibiarkan terlalu lama akan masuk ke dalam optik maupun port USB, sehingga dapat memperlambat kinerja laptop saat hendak dipakai.

Related posts