Pinjaman Online BRI Syariah

Pinjaman Online BRI Syariah

Jika kamu ingin mengajukan peminjaman dana tanpa riba, pinjaman online BRI syariah adalah solusinya. Pengen tau selengkapnya? Yuk, simak artikel ini hingga selesai.

Namun sebelum kita membahas pinjaman online BRI syariah lebih lanjut alangkah baiknya jika kita menegetahui apa itu pinjaman  syariah terlebih dahulu agar kamu paham maksut dan tujuan sebelum mengambil pinjaman online BRI syariah.

Apa Itu Pinjaman Syariah?

Pinjaman syariah merupakan pinjaman uang dengan sistem pengembalian dana dan batasan waktu sesuai dengan prinsip syariah. Lembaga keuangan syariah seperti bank syariah, tidak mengenal istilah bunga layaknya bank pada pinjaman konvensional.

Saat ini lembaga keuangan memiliki dua alternatif pinjaman dana yakni pinjaman konvensional dan pinjaman syariah. Sejatinya proses pengajuan pinjaman syariah relatif sama dengan pinjaman konvensional. Bedanya, ada pada metode pinjaman berbasis hukum Islam yang bisa jadi alternatif bagi kamu yang ingin menerapkan prinsip syariah dalam praktek perbankan.

Manfaat Pinjaman Syariah

Salah satu keunggulan model usaha bersistem syariah adalah terbukti halal dan tanpa riba. Hal ini berguna bagi orang yang enggan meminjam modal dari bank konvensional, sehingga bank syariah menjadi alternatif salah satunya adalah pinjaman online BRI syariah. Supaya lebih jelas, berikut keuntungan sistem pinjaman syariah:

  • Berzakat

Salah satu pembeda sistem pinjaman syariah dengan pinjaman bank konvensional yakni sebagian (2.5% dari total keuntungan) keuntungan yang didapat langsung dialokasikan untuk zakat. Jadi kamu bisa mendapat dua keuntungan sekaligus yaitu berupa uang dan tabungan pahala.

  • Resiko yang Lebih Minim

Pinjaman modal usaha syariah tanpa atau dengan jaminan memiliki resiko yang lebih minim. Pasalnya lembaga keuangan berbasis syariah akan memberikan pinjaman modal sekaligus bertanggung jawab hingga 50% dari jumlah kerugian. Hal ini berbeda dengan pinjaman modal usaha secara konvensional. Dengan adanya pembagian ini, kerugian tidak kamu tanggung sendirian.

  • Tidak ada Sistem Bunga & Sistem Administratif
Terkait:  Cara Top Up GoPay Lewat BRImo, ATM dan SMS Banking BRI

Keuntungan pinjaman syariah tanpa agunan berikutnya, nasabah tak akan dibebankan sistem bunga dan biaya administratif karena keduanya dianggap Riba dalam hukum Islam. Pinjaman syariah menggunakan sistem akad jual-beli sebagai gantinya.

  • Halal & Sesuai dengan Syariat Islam

Salah satu alasan banyak orang mengajukan pinjaman bank syariah adalah karena proses dan sistemnya yang sesuai dengan syariat serta hukum Islam. Jadi kamu gak perlu khawatir bila dana yang diterima riba atau melanggar hukum Islam. Proses mendapatkan pinjaman syariah online langsung cair juga menggunakan prinsip Islami untuk menjamin kehalalan uang pinjaman yang nasabah terima.

  • Fasilitas Layaknya Pinjaman Konvensional

Walau berbasis syariah, layanan dan fasilitas yang kamu dapatkan tidak akan kurang daripada pinjaman konvensional. Kamu bisa mengajukan pinjaman syariah untuk karyawan melalui Danaku syariah, pinjaman syariah Bank Muamalat, KTA BRI syariah, syariah Bank Mandiri, pembiayaan Al Salaam syariah dan sebagainya.

Pinjaman Online BRI Syariah

Pinjaman Online BRI Syariah
Pinjaman Online BRI Syariah

Nah, setelah kita mengenal apa itu pinjaman syariah dan juga manfaatnya. Kini kita bahas tuntas apa saja produk-prouk yang ada di pinjaman online BRI syariah.

Gadai BRI Syariah iB

Produk yang satu ini merupakan solusi bagi kamu yang sedang memiliki kebutuhan mendesak. Dalam hal ini, BRI Syariah dapat memberikan pinjaman dana, dengan jaminan berupa emas.

Untuk pinjaman yang bisa diberikan itu sendiri berkisar di angka 95% untuk emas batangan. Adapun untuk emas perhiasan, pinjaman yang bisa kamu peroleh adalah sebanyak 90% dari nilai emas tersebut. Untuk masing-masingnya, kamu bisa mendapatkan pinjaman maksimal sebanyak Rp 250 juta.

KPR BRI Syariah iB

Produk yang satu ini digunakan ketika kamu ingin mempunyai sebuah properti entah itu rumah, apartemen, maupun ruko. KPR BRI syariah iB membuat kamu bisa mengajukan pembiayaan paling minimal sebesar Rp25 juta dan untuk maksimalnya sebesar Rp3.5 Miliar. Kamu hanya wajib menyiapkan DP 10% dari total pembiayaan yang diajukan.

Terkait:  Biaya Transfer Lewat BRI Link

Prinsip syariah yang digunakan dalam KPR BRI Syariah iB ada 2 macam, yaitu murabahah atau prinsip jual beli dan juga ijarah atau prinsip sewa menyewa. Penggunaan prinsip syariah dalam transaksi ini, akan membuat kamu mengetahui nilai angsuran yang harus dibayarkan tiap bulannya, sebelum akad terjadi.

KPR Sejahtera BRI Syariah iB

Produk pinjaman yang satu ini, lebih menyasar kepada masyarakat yang memiliki penghasilan rendah, yaitu sebesar Rp4 Juta rupiah atau kurang. Adapun pendapatan ini sendiri haruslah merupakan pendapatan tetap.

Produk yang mendapatkan bantuan pembiayaan dari Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) ini, telah memungkinkan masyarakat berpenghasilan rendah memiliki hunian dengan cara membeli properti dari para pengembang melalui KPR Sejahtera BRI Syariah iB.

Produk ini sendiri terdiri dari 2 macam, yaitu KPR Sejahtera Tapak untuk landed house,  dan KPR Sejahtera Susun untuk non landed house. Ketika kamu memutuskan untuk menggunakan produk pinjaman dana yang satu ini, maka kamu perlu menyiapkan uang muka sebesar 1% dari harga hunian. Adapun prinsip syariah yang digunakan dalam produk ini adalah murabahah.

KKB BRI Syariah iB

Produk Bank BRI Syariah yang satu ini fokus utamanya adalah untuk kamu yang ingin memiliki kendaraan pribadi, tetapi belum mampu untuk melakukan pembelian secara tunai. Melalui KKB BRI Syariah iB, kamu dapat mewujudkan keinginan memiliki kendaraan pribadi, baik untuk kendaraan bekas maupun baru.

Dengan produk yang satu ini, kamu bisa mengajukan pinjaman minimal Rp50 Juta dan maksimal Rp 1 Miliar. Kamu hanya perlu menyediakan uang muka sebesar 30% dari harga mobil. Adapun jangka waktu yang diberikan untuk mengangsur yaitu 1 sampai dengan 5 tahun.

Prinsip yang digunakan dalam produk ini ada dua, yaitu prinsip wakalah atau diwakilkan dan murabahah atau jual beli. Prinsip wakalah adalah prinsip dimana pihak Bank BRI Syariah, sebagai wakil yang telah menerima amanah dari nasabah, membeli kendaraan yang kamu inginkan ke dealer atau penjual. Sedangkan untuk prinsip murabahah, pihak bank akan membeli terlebih dahulu kendaraan tersebut, kemudian menambahkan margin dan dijual kembali kepada nasabah.

Terkait:  Cara Transfer ATM BRI ke Sesama dan Bank Lain, Cek Disini!

KMF BRI Syariah iB

Produk pinjaman ini ditujukan khusus untuk para karyawan, khususnya mereka yang telah bekerja selama 2 tahun dan memiliki rapor kinerja yang baik. Dengan KMF BRI Syariah iB, kamu dapat mengajukan plafon pinjaman hingga maksimal Rp 500 Juta, dengan jangka waktu yang diberikan untuk melakukan angsuran selama maksimal 15 tahun.

Produk pinjaman dana ini bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan kamu, tidak hanya soal membeli rumah maupun kendaraan. Plafon yang kamu ajukan dapat digunakan untuk membeli perabotan rumah tangga, elektronik, pendidikan, sampai kesehatan.

Ajukan Pinjaman BRI Syariah

Terdapat beberapa jenis Pinjaman Tanpa Agunan BRI Syariah yang ditujukan kepada masyarakat yang membutuhkannya, salah satunya adalah KTA BRI syariah. Dengan adanya KTA Anda bisa mengajukan pinjaman tanpa membutuhkan penyertaan agunan atau jaminan dokumen berharga. Akan tetapi Anda bisa memanfaatkan dana untuk hal-hal yang bersifat urgent atau tidak. Selain itu ada juga jenis pinjaman KPR BRI Syariah IB. Pijaman jenis ini diberikan kepada siapa saja yang membutuhkan dana yang lumayan besar untuk membeli properti seperti rumah, rumah makan, rumah kantor, ruko, apartement, pembangunan, tanah kavling, renovasi dan lain sebagainya. Anda bisa mengajukan pinjaman jenis ini jika ingin melakukan atau mengajukan pembelian properti tersebut. Adapun sistemnya pun sama juga dengan Pinjaman Online BRI Langsung Cair, tidak menggunakan bunga sama sekali sehingga nyaman untuk digunakan bagi mereka yang anti bunga bank.

Demikianlah informasi menegnai pinjaman online BRI syariah, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca hingga akhir. See you next articel!

Similar Posts