Cara Merawat Rambut Keriting

Cara Merawat Rambut Keriting
Cara Merawat Rambut Keriting

Apakah kamu tahu cara merawat rambut keriting yang baik dan benar? Barangkali kalian sedang mencari informasinya, kami akan jabarkan semuanya secara detail. Hal ini dikarenakan kalian tidak boleh keliru bahkan salah dalam melakukan perawatan terhadap rambut keriting.

Apabila kalian salah melakukan perawatan yang tepat, rambut indahmu mungkin saja kering bahkan rontok. Kondisi ini mengakibatkan rasa percaya diri menurun, sedangkan penampilanmu tidak akan sempurna dalam segala suasana.

Kami beritahukan bahwa perawatan rambut keriting berbeda dengan rambut lurus. Oleh sebab itu, kalian tidak bisa menyamakan keduanya sehingga dari menghindari kerusakan rambut dalam jangka panjang.

Secara umum rambut keriting cenderung lebih sensitif dibandingkan rambut lurus, karena produk perawatan rambutnya tidak bisa ditemukan di semua toko kosmetik maupun supermarket. Meski begitu, jangan terlalu habiskan budget mahal untuk memperindah tampilan rambut keriting supaya bisa diatur dengan mudah.

Cara Merawat Rambut Keriting

Cara Merawat Rambut Keriting
Cara Merawat Rambut Keriting

Secara umum rambut adalah salah satu aspek penting dalam menunjang penampilan semua orang, baik pria maupun wanita. Apabila kalian merupakan pemilik rambut keriting, maka kalian bisa ketahui segalanya yang dibutuhkan dan dilakukan agar dapat menjaga mahkota indah tersebut tetap kuat dan sehat.

Pasalnya, rambut keriting memiliki perawatan lebih sensitif dan hati-hati daripada rambut lurus sehingga kalian tidak dapat menggunakan berbagai macam shampoo sampai kondisioner untuk menjaganya tetap bersih dan sehat.

Terkait:  Cara Merawat Bunga Matahari

Kami informasikan bahwa rambut keriting cenderung kehilangan kelembapannya dengan mudah, sedangkan risikonya adalah kalian akan sulit mengaturnya sesudah keramas. Tak bisa dipungkiri rambut keriting rentan mengalami dehidrasi saat berada di bawah sinar matahari terlalu lama.

Apabila kamu bisa merawatnya dengan baik dan benar, risiko kerusakan bakal jarang terjadi dan rutin mengonsumsi air putih juga bisa membuatnya bisa diatur secara cepat. Kamu dapat membantu perawatannya dari dalam untuk menghindari kusut dan berantakan setiap hari.

Cara Merawat Rambut Keriting Supaya Tetap Sehat

Hal utama yang perlu diperhatikan ketika merawat rambut keriting adalah pastikan kalian memakai produk treatment tepat. Sebaiknya kalian melakukan perawatan di salon supaya bisa tahu merek shampoo dan produk kecantikan apa saja yang harus digunakan untuk menjaga rambut tetap sehat.

Biasanya kalian tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk membeli produk perawatan rambut di toko kosmetik terdekat, karena semuanya terjangkau dan imbangi dengan pola hidup sehat sehingga dapat menjaganya tetap berkilau dan rapi.

Jangan Keramas Setiap Hari

Untuk merawat rambut keriting yang susah diatur adalah tidak boleh keramas setiap hari. Shampoo merupakan produk kesehatan rambut untuk menghilangkan debu, kotoran dan polutan lainnya seperti keringat, sebum dan residu berminyak lainnya.

Kalian tidak bisa menggunakan semua jenis shampoo karena perlu menyesuaikan dengan jenis kulit kepala masing-masing. Apabila keramas setiap hari, shampoo akan menghilangkan minyak alami dari kulit kepala sehingga rambut cepat kering dan rusak.

Gunakan Shampoo yang Benar

Langkah selanjutnya adalah gunakan dan pilih shampoo yang tepat. Hal ini dikarenakan pemilihan shampoo untuk rambut keriting tidak bisa sembarangan lho. Gunakan shampoo yang berfungsi untuk menjaga kelembapan lebih baik, tepatnya ditujukan kepada pemilik rambut keriting.

Terkait:  Cara Merawat Kaktus Koboi

Kami sarankan kalian tidak boleh menggunakan shampoo yang mengandung sulfat lantaran mengakibatkan kulit kepala menjadi kering, kasar, iritasi bahkan mudah patah karena zat kimia tersebut berbahaya untuk rambut.

Teknik Keramas yang Tepat

Walaupun kalian sudah memilih shampoo untuk rambut keriting namun teknik keramasnya tidak benar, maka rambut bisa rusak dan kering. Kalian harus tahu teknik keramas untuk rambut keriting berbeda dengan rambut lurus.

Kalian tidak boleh keramas secara memutar karena mengakibatkan rambut cepat kusut. Kalian bisa membersihkan rambut dengan gerakan maju dan mundur secara lembut, hindari mengumpulkan rambut keriting pada satu titik karena menyebabkannya rusak dan sulit dibersihkan.

Hindari Mengeringkan Rambut dengan Handuk Kasar

Jangan menggunakan handuk kasar sesudah keramas, apalagi bila digosokkan dengan kasar. Kamu bisa memakai handuk yang halus bahkan pakaian bekas supaya rambut keriting bisa kering dengan cepat. Kalian cukup membungkus rambut keriting dengan handuk halus, diamkan beberapa menit hingga air terserap.

Biarkan rambutnya mengering dengan sendirinya, hindari pemakaian hair dryer berlebihan lantaran menyebabkan rambut akan kering dan terlalu kasar sehingga tidak dapat di sisir.

Gunakan Kondisioner

Kondisioner merupakan salah satu perawatan wajib untuk menjaga rambut keriting tetap bersih dan sehat. Kondisioner juga bisa menjaga kilau rambut dan tetap bervolume, serta memudahkannya saat diatur dan tidak kusut.

Jangan heran siapapun dianjurkan menggunakan kondisioner sehabis keramas, namun kalian tidak boleh memakainya sampai kulit kepala. Kalian bisa membiarkan kondisioner bekerja ke seluruh permukaan helai rambut selama 20-30 menit, sehingga rambutnya dapat lebih rapi dan bisa diatur.

Pilih Sisir yang Benar

Sisir adalah salah satu alat penting untuk mengatur dan merawat rambut keriting setiap hari. Rambut yang sering terlilit merupakan masalah utama untuk diatasi dengan menggunakan sisir. Kalian tidak boleh memakai sisir sembarangan, karena sisir yang salah bisa mengakibatkan rambutmu rusak.

Terkait:  Cara Merawat Kamera DSLR

Kamu bisa menggunakan sisir khusus bergigi jarang untuk memisahkan setiap helai rambut, biasanya disebut detangling brush. Kamu bisa menyisir rambut secara perlahan sehabis keramas untuk membuatnya lebih rapi.

Perawatan Kulit Kepala Terbaik

Kalian bisa mencoba masker kulit kepala untuk melakukan eksfoliasi kulit kepala paling tidak sebulan sekali. Tujuannya supaya kamu bisa mengatasi ketombe yang menumpuk di permukaan kulit kepala, serta mengembalikan tingkat pergantian sel kulit kepala ke tingkat normal.

Kalian bisa membeli masker kulit kepala di minimarket atau toko kosmetik terdekat yang harganya berkisar Rp.10,000-Rp.20,000. Selain itu, pastikan produknya sesuai untuk semua jenis rambut agar dapat menghindari kusut dan rusak.

Pangkas Rambut Bercabang

Kalian bisa mencegah rambut keriting tidak rusak dengan memangkas rambut bercabang. Walaupun rambut bercabang tidak bisa dihindari, namun kalian bisa memperbaikinya tanpa memotongnya. Kamu harus melakukan perawatan dengan lembut sehingga dapat mencegahnya tidak bercabang lagi.

Kamu bisa memakai detangler ketika menyisir rambut untuk hindari tarikan rambut terlalu keras atau tidak menguncir rambut dengan model sanggul terlalu kencang. Gunakan sisir dengan gigi lebar dan trim ujung rambut di salon setiap 2-3 bulan sekali.

Heat Styling dengan Tepat

Tak sedikit hair stylish menyarankan perempuan memakai air dryer karena blow dryer mengakibatkan rambut rusak. Kamu bisa sesekali memakai catokan untuk meluruskan rambut keriting, namun dapat menggunakan spray yang mampu melindungi rambut dari suhu panas catokan.

Sebaiknya gunakan spray dengan kandungan silicon atau keratin untuk menutupi kutikula, serta melindunginya dari kerusakan yang disebabkan panas akibat catokan maupun blow dryer. Apabila kamu hendak memakai blow dryer, sebaiknya jaga jarak antara rambut dengan alat tersebut sekitar 20 cm.

Related posts