Cara Merawat Sepatu Kulit

Cara Merawat Sepatu Kulit
Cara Merawat Sepatu Kulit

Beberapa orang mungkin berasumsi bahwa sepatu kulit hanya bisa bertahan beberapa tahun saja. Padahal, kalian bisa memperpanjang usia penggunaannya bila tahu cara merawat sepatu kulit dengan baik dan benar.

Kalian pasti ingin mempunyai sepatu kulit mahal yang bisa dipakai sampai bertahun-tahun, bukan? Maka dari itu, kalian harus memakainya dengan baik dan tidak boleh sembarangan, karena pemakaian tidak wajar bakal mengakibatkan kerusakan dan sepatu kulit penuh kenangan bakal terbuang dengan percuma.

Apabila kamu mempunyai sepatu kulit di rumah, kami beritahu bahwa perawatannya tidak sulit seperti pikiran banyak orang. Tak sedikit orang mengandalkan penyemir sepatu lokal maupun layanan shoe-care mana pun.

Padahal, kalian sebaiknya tahu dasar-dasar perawatan sepatu kulit sehingga sepasang alas kaki kesayangan dapat bertahan dalam jangka panjang. Kalian bukan sekadar memakai sepatunya untuk bekerja, namun kegiatan lainnya yang bersifat formal agar dapat menunjang penampilan secara sempurna.

Cara Merawat Sepatu Kulit

Cara Merawat Sepatu Kulit
Cara Merawat Sepatu Kulit

Barangkali orang-orang enggan menggunakan sepatu kulit karena tampilannya terlalu mengkilap, sedangkan penggunaannya dianggap panas karena sirkulasi udaranya minim. Padahal, sepatu kulit justru mempunyai rongga udara cukup baik sehingga dapat memberikan udara sejuk supaya kamu bisa memakainya dengan nyaman.

Hal ini dikarenakan sepatu kulit terbuat dari bahan dasar berbeda, satu sama lain mempunyai kualitas dan proses pembuatan berbeda untuk menghasilkan produksi sepatu terbaik.

Terkait:  Cara Merawat Dompet Kulit

Secara umum sepatu kulit tidak bisa diperlakukan seperti sepatu biasa. Pasalnya, kalian harus tetap memastikan sepatunya tetap bersih dan lembap sehingga dapat mencegahnya dari timbulnya jamur atau kotoran yang membuat permukaan kaki tidak bersih.

Biasanya kalian harus membersihkannya dengan menggunakan waslap bersih yang diberikan sedikit air. Tujuannya supaya permukaan sepatu kulit bisa terlihat bersih dan terbebas dari noda apapun, sedangkan bahannya mampu menyerap cairan dengan baik.

Cara Merawat Sepatu Kulit, Cepat dan Simpel

Seperti kita tahu bahwa perawatan sepatu kulit tidak bisa dilakukan sembarangan, sedangkan kalian harus memastikan produk pembersih yang digunakan benar-benar bagus dan tidak akan membuat sepatunya bau.

Di samping itu, sepatu kulit mempunyai kualitas bahan lebih bagus dan beragam sehingga kalian dapat menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Kami tegaskan bahwa sepatu kulit bukan sekadar digunakan untuk bekerja, tapi kegiatan apapun untuk membuat penampilan kamu tampak lebih keren.

Pakai Produk Perawatan yang Benar

Kami beritahu bahwa tidak semua produk sesuai untuk sepatu kulit. Sebaiknya kalian mencari informasi tentang produk perawatan mana saja yang cocok dengan sepatu kulit di rumah. Kalian bisa melepas tali dan seka kulit terlebih dahulu dengan waslap kering untuk menghilangkan debu maupun kotoran.

Gosokkan sedikit pelembap kulit pada kain lembut sampai tanpa sisa yang terlihat, kalian juga bisa menggunakan sikat semir sepatu untuk menggosok kulit supaya tampilannya bisa lebih mengkilap.

Rawat dengan Baik

Tak sedikit sepatu kulit rentan terkena basah, salah satunya akibat air hujan. Apabila sepatunya basah kuyup, keringan area luarnya dengan handuk atau lap kering sambil meletakkan koran di bagian dalam untuk membantu menyerap cairan berlebih.

Terkait:  Cara Exfoliating Toner

Walaupun terkesan praktis, jangan pakai pengering rambut untuk mempercepat proses pengerjaannya. Hal ini dikarenakan udara panas yang berasal dari hair dryer bakal merusak permukaan luar sepatu kulit, maka kamu bisa mendiamkannya sampai benar-benar kering.

Beli Sepatu Kulit Tahan Air

Tak sedikit produsen sepatu kulit sudah meluncurkan beberapa produknya yang tahan air (waterproof). Di Indonesia, siapapun rentan terkena air hujan deras selama beraktivitas di luar ruangan karena negara ini berada di wilayah tropis.

Untuk mencegah kakimu terkena basah akibat genangan air hujan, sebaiknya pilih sepatu kulit waterproof yang beredar di pasaran. Tak hanya itu, sepatu kulit waterproof terbukti nyaman digunakan dan tidak akan masuk ke bagian dalam meski terkena air terus menerus.

Simpan Sepatu di Tempat yang Benar

Kalian bisa menjaga keindahan sepatu kulit dengan menyimpannya di tempat yang benar. Kami beritahu bahwa penyimpanannya tidak boleh dimasukkan ke tempat lembap. Hal ini dikarenakan tempat dengan tingkat kelembapan tinggi justru mengakibatkan tumbuhnya bakteri dan jamur.

Seperti kita tahu bahwa permukaan luar sepatu kulit rentan mengundang pertumbuhan jamur sehingga dapat mengakibatkan tampilannya jelek. Kalian bisa meletakkan di rak sepatu dalam ruang tamu atau belakang rumah.

Hindari Sinar Matahari Langsung

Kami beritahu bahwa penyimpanan sepatu kulit tidak boleh berada di bawah sinar matahari langsung, apalagi dengan durasi lebih lama. Hal ini dikarenakan suhu panas akibat terik matahari mengakibatkan permukaan luar sepatu kulit menjadi rusak.

Tak hanya itu, sebagian besar sepatu kulit yang sering dijemur juga bakal berubah warna menjadi kusam. Kalian pasti akan merasa aneh melihat sepatu kulit yang mungkin baru dipakai beberapa kali sudah terlihat kotor, padahal sebetulnya disebabkan kelalaian dirimu sendiri.

Terkait:  Cara Merawat Kura Kura Brazil

Gunakan Gel Silika

Gunakan gel silika ke dalam sepatu kulit saat kalian hendak menyimpannya. Gel ini berfungsi menyerap kelembapan dari udara yang berada di sekitar tempat penyimpanannya. Hal ini dikarenakan kondisi udara yang lembap mengakibatkan bahan kulit rentan teroksidasi dan memicu pertumbuhan jamur, bakteri sampai perubahan warna bahan kulitnya.

Apabila kalian membiasakan diri meletakkan gel silika ke dalam sepatu, pasti sepatu kulit akan tetap bersih dan terhindar dari jamur maupun kotoran yang menempel sesudah digunakan.

Bersihkan dengan Lotion Khusus

Langkah sederhana untuk menjaga dan merawat keindahan sepatu kulit adalah menggunakan handbody atau lotion khusus. Caranya adalah menepuk-nepuk spons atau busa yang sudah diberikan lotion khusus sepatu kulit ke seluruh permukaan luar sepatumu.

Jangan pernah menggunakan kain atau lap basah untuk membersihkan sepatu kulit, karena bahan kulitnya bisa pecah bahkan rusak sehingga dapat membuat tampilannya aneh dan sebaiknya gunakan kain kering dengan mengusapnya secara perlahan.

Hindari Penyimpanan dengan Plastik

Hindari penyimpanan sepatu kulit dengan plastik. Hal ini dikarenakan plastik adalah musuh terbesar dari bahan kulit yang mampu menyerap warna asli menjadi pudar. Tak hanya itu, plastik yang menempel juga bisa mengakibatkan sepatumu semakin lembap dan memicu pertumbuhan jamur.

Kamu bisa menggunakan dust bag untuk menyimpan semua jenis sepatu kulit, lantaran tempat ini telah dimodifikasi untuk mempertahankan keindahan dan kualitas dari warna asli sepatu kulit, lalu masukkan ke dalam kotak sepatu sesuai merknya masing-masing.

Keluarkan Sepatu Kulit secara Berkala

Jangan membiarkan sepatu kulit yang mahal disimpan begitu saja. Kalian harus mengeluarkannya dari rak sepatu setidaknya 1-2 pekan sekali dari kotak sesuai merknya masing-masing. Pasalnya, bahan kulit membutuhkan suhu udara normal untuk menjaga permukaannya tetap kering dan terhindar dari tingkat kelembapan tinggi.

Apabila kalian menyimpannya terlalu lama, sepatu kulit bakal semakin lembap sehingga permukaannya dapat mengelupas dan menimbulkan bau tidak sedap saat hendak digunakan.

Related posts