Cara Merawat Tanaman Hias

  • Whatsapp

Belakangan ini orang-orang sedang ramai memelihara tanaman hias karena dianggap memiliki nilai jual tinggi. Apabila kalian tahu cara merawat tanaman hias dengan baik dan benar, bunga kesayangan yang sedang dipelihara mungkin bakal memberikan nilai jual sampai jutaan rupiah.

Tak bisa dipungkiri sebagian besar masyarakat sedang mencari berbagai macam kegiatan positif selama di rumah saja, salah satunya memelihara tanaman hias untuk memperindah rumah dengan bentuk dan warna daun yang indah.

Read More

Secara umum memelihara tanaman hias bukan sekadar menyiramnya secara rutin, namun pastikan tanamannya tumbuh segar dan subur sehingga dapat memberi kepuasan tersendiri untuk setiap pemiliknya.

Di samping itu, memelihara tanaman hias ternyata memberikan dampak positif dari segi kesehatan karena mampu menghasilkan udara sejuk dan meredam cemas bahkan stress. Keindahan tanaman hias membuat kalian yang melihatnya akan merasa damai dan tenteram selama beraktivitas di rumah.

Cara Merawat Tanaman Hias

Cara Merawat Tanaman Hias
Cara Merawat Tanaman Hias

Barangkali kalian tidak tahu bahwa perawatan tanaman hias harus dilakukan secara hati-hati. Jika kamu teledor selama memeliharanya di rumah, mungkin tanamannya akan layu bahkan mati. Oleh karena itu, perlakukan tanaman hias dengan baik sehingga dapat membantu proses pertumbuhannya semakin baik dan subur.

Hal ini dikarenakan semua tanaman hias tidak bisa diperlakukan sama, karena satu sama lain mempunyai jenisnya masing-masing yang mana kalian perlu memeliharanya sesuai lokasi perawatannya.

Hal utama yang perlu diperhatikan selama memelihara tanaman hias adalah kenali lokasi penempatan dan perawatannya. Secara umum tidak semua tanaman hias bisa diletakkan di bawah sinar matahari langsung dan sebaliknya.

Terkait:  Cara Merawat Keladi

Maka dari itu, kalian bisa mencari referensi terpercaya mengenai metode perawatan tanaman hias sesuai spesies bunga yang sedang dirawat. Tujuannya supaya kamu bisa mencegah kepunahan akibat layu atau salah penempatan, sehingga tanaman dapat tumbuh mekar dan sehat.

Cara Merawat Tanaman Hias Supaya Tetap Sehat dan Subur

Apabila kalian sedang membutuhkan pembahasan mengenai cara merawat tanaman hias supaya tetap sehat dan subur setiap hari, kalian bisa menyimak informasi ini dengan baik. Kami siap bantu segala kebutuhan kalian selama memelihara tanaman hias sesuai spesiesnya di rumah.

Kalian tidak perlu takut selama merawatnya, karena semuanya tergantung konsistensi kalian sebagai pemiliknya. Pastikan kalian tidak melewatkan satu prosedur pun agar memastikan tanaman dapat tumbuh segar dan subur.

Komitmen dan Konsisten

Seseorang yang berminat memelihara dan menjaga tanaman hias harus berkomitmen supaya bisa merawatnya untuk jangka waktu lebih lama. Selain itu, kalian harus konsisten selama melakukannya sehingga tanaman dapat berkembang biak menjadi segar dan subur.

Apabila kalian merawatnya asal-asalan, tanamannya mungkin layu bahkan mati dan kalian bakal mengalami kerugian cukup besar. Kalian harus tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk merawatnya dan perlakukan seperti apa untuk menjaganya tetap sehat dan subur.

Pemupukan secara Rutin

Tanaman membutuhkan makanan dalam proses perkembangan dan pertumbuhannya. Kamu bisa memberikan pupuk supaya tumbuh segar dan subur. Pupuk bermanfaat untuk meningkatkan nutrisi di dalam tanah sehingga dapat diserap oleh akar tanamannya.

Secara umum tanaman hias butuh kalium dan nitrogen agar tetap kuat dan sehat. Gunakan pupuk alami yang terbuat dari sampah organik dan lakukan pemupukan secara rutin. Meski begitu, kalian harus memastikan bahwa sumber nutrisi dari pupuknya sesuai dengan jenis tanaman hias yang sedang kalian pelihara di rumah.

Terkait:  Cara Merawat Monstera

Ketahui Kebutuhan Tanaman Hias

Sebelum kalian menanam tanaman hias di rumah, sebaiknya kalian mencari tahu segala kebutuhan yang diperlukan tanamannya. Tak sedikit tanaman hias membutuhkan kadar air lebih banyak dan juga sebaliknya, termasuk intensitas cahaya sinar matahari.

Apabila kalian sudah tahu segala kebutuhannya, kapasitas air banyak atau sedikit  sesuai kebutuhannya. Namun, kami beritahu jangan pernah menyiram tanaman sampai tanahnya tergenang karena mengakibatkan tanaman hias cepat busuk dan mati.

Sentuh Tanaman dengan Lembut

Kalian bisa menyentuh tanaman terlebih dahulu untuk memahami dan mengetahui segala kebutuhan tanaman. Langkah ini menjadi salah satu tindakan merawat tanaman hias dengan baik dan benar, karena kalian bisa memastikan kondisi media tanaman, apakah masih basah atau kering.

Kalian harus menyentuh tanaman dengan lembut dan sebaiknya tidak menarik daunnya sehingga dapat mencegah dari kerusakan. Apabila kalian merasa permukaan daunnya benar-benar kering, siram dengan air secukupnya.

Pilih Media Tanam yang Tepat

Pilihlah media tanam yang baik dan benar. Kalian bisa mencari tahu sesuai jenis tanaman hias yang sedang dipelihara sehingga dapat mencegah kerusakan bahkan mati. Kami anjurkan kalian memakai media tanam yang mengandung material organik cukup banyak dan bisa mengikat air dengan baik.

Kalian bisa mencoba kombinasi tanah, pasir dan pupuk dengan perbandingan 1:1:1 untuk semua jenis tanaman hias. Tak bisa dipungkiri campuran sederhana tersebut membuat tanaman hias bisa tumbuh segar dan subur.

Simpan di bawah Sinar Matahari secara Rutin

Secara umum tanaman hias yang disimpan di dalam maupun luar ruangan tetap membutuhkan sinar matahari supaya bisa membantu proses pertumbuhannya agar dapat sehat dan subur. Apabila tanaman hias sering berada di dalam ruangan, setidaknya kalian bisa menjemurnya dua pekan sekali.

Terkait:  Cara Merawat Hamster

Walaupun tanaman hias berjenis indoor, tetap saja tanamannya membutuhkan cahaya sinar matahari langsung. Jangan sampai tanamannya dibiarkan terlalu lembap, karena memicu keberadaan hama yang mematikannya dengan cepat.

Amati Kelembapan Udara

Kami sarankan tanaman hias mendapatkan kelembapan yang sesuai, tidak terlalu basah apalagi kering. Biasanya kondisi ini cenderung berlaku untuk tanaman hias yang disimpan di dalam ruangan (indoor). Kalian bisa menggunakan alat pengukur tingkat kelembapannya yang sudah beredar di pasaran.

Jangan pernah meletakkan tanamannya dekat AC, sebab menurunkan tingkat kelembapan dan rentan layu. Apabila kalian memeliharanya di dekat AC, simpan wadah berisi air di sekitar tanaman hias supaya bisa menjaga kelembapan udaranya agar tetap stabil.

Gunakan Pot yang Tepat

Bukan rahasia umum bahwa media tanam yang digunakan juga perlu menyesuaikan dengan ukuran pot. Tanah maupun media tanam juga perlu diganti secara rutin, karena tidak bisa tersalurkan dengan optimal oleh akar tanaman bila terlalu kering.

Gunakan pot yang mampu menjaga kelembapan tanah, contohnya pot bunga yang terbuat dari tanah liat. Kalian bisa mencoba pot gantung yang bisa memberi sirkulasi udara yang bagus. Seandainya tanaman semakin besar dan memenuhi pot, segera ganti pot dengan ukuran lebih besar.

Jaga Kebersihan Tanaman

Jagalah kebersihan tanaman selama kalian mempunyai waktu senggang di rumah. Bersihan daunnya dari debu atau kotoran yang menempel akibat polusi udara supaya tidak menganggu proses fotosintesisnya. Apabila tanaman hias dibiarkan kotor, maka bisa menghambat pertumbuhannya dengan baik.

Biasanya tanaman yang disimpan di luar ruangan rentan kotor sehingga butuh perawatan esktra. Kalian harus menjaga kebersihan dan kesehatan tanamannya dengan menjaga keindahan daun sampai batang, termasuk tidak buang sampah ke area potnya.

Related posts