Cara Merawat Tas

Cara Merawat Tas
Cara Merawat Tas

Tas merupakan salah satu aksesoris yang selalu digunakan semua orang. Hal ini dikarenakan kalian bisa menyimpan semua benda di dalamnya. Namun, kalian harus tahu cara merawat tas yang benar supaya bisa mempertahankan usia pemakaiannya lebih lama.

Apabila kalian tidak bisa memelihara tas kesayangan dengan baik, pasti benda tersebut akan kotor dan rusak. Oleh karena itu, kalian bukan sekadar membawanya dan menyimpannya kembali ke dalam tumpukan tas yang dikoleksi sampai sekarang.

Secara umum perawatan tas tidak selalu rumit, karena segalanya tergantung jenis bahan dasarnya. Biasanya tas kulit cenderung membutuhkan perawatan ekstra sehingga dapat mempertahankan permukaannya yang halus dan lembut.

Selain itu, tas berbahan dasar kulit dibanderol dengan harga mahal berkisar ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Kendati demikian, kalian tidak sekadar melihat dari harga karena tas biasa sekalipun harus diperhatikan dan dirawat sedemikian rupa sehingga dapat digunakan setiap hari.

Cara Merawat Tas

Cara Merawat Tas
Cara Merawat Tas

Tas menjadi salah satu benda penting yang harus dibawa kemana pun setiap hari. Pasalnya, kalian bisa menyimpan berbagai macam perlengkapan sehari-hari seperti kosmetik, dompet sampai laptop.

Tak hanya itu, penempatannya harus dilakukan dengan baik dan rapi sehingga dapat mencegah kerusakan seperti sobek atau kerut dari dalam maupun luarnya. Kalian tidak bisa memasukan semua alat-alat ke dalam tas, karena segalanya tergantung ukuran tas yang digunakan agar kamu dapat membawanya dengan nyaman.

Kalian bukan sekadar memperhatikan perlengkapan yang hendak dibawa, namun pastikan cara merawat tas selalu dilakukan dengan baik dan benar. Hal ini dikarenakan tas harus terlindungi dari debu dan kotoran sehingga kamu dapat membawanya dengan percaya diri.

Terkait:  Cara Merawat Hamster Syrian

Tas juga tidak boleh disimpan dekat benda-benda berbau tajam, apalagi kalau bahan dasarnya kulit. Pasalnya, benda tajam seperti gunting dan pisau akan meninggalkan bekas goresan yang menyebabkan sobek sehingga tas tidak dapat dijahit kembali.

Cara Merawat Tas Agar Bebas Jamur Setiap Hari

Barangkali kalian belum tahu salah satu musuh terbesar semua jenis tas adalah jamur. Seperti kita tahu bahwa jamur akan selalu tumbuh di tempat-tempat lembab yang berdekatan dengan benda di sekitar kita.

Tas menjadi salah satu aksesoris yang rentan terkena debu maupun kotoran karena sering diletakkan di tempat yang tingkat kelembapannya tinggi. Oleh sebab itu, kalian bisa mengatasinya dengan mengubah perilaku selama merawatnya sehingga tetap bersih dan terhindar dari jamur setiap hari.

Jangan Simpan di Lantai

Langkah sederhana untuk menjaga semua jenis tas tetap bersih dan terhindar dari jamur adalah tidak boleh menyimpannya di lantai. Hal ini dikarenakan lantai merupakan salah satu tempat bersarangnya berbagai macam kuman dan suhunya sangat panas karena terkena sinar matahari setiap hari.

Kamu bisa mencegah kebiasaan ini dengan meletakkannya di belakang kursi sampai di pangku. Sebaiknya kamu mulai menghilangkan kebiasaan tidak baik seperti ini agar tas dapat terlihat bersih dan tahan lama.

Gunakan Tas dengan Tangan Bersih

Tangan menjadi salah satu sumber penularan bakteri dan kuman, apalagi kalau kalian jarang mencuci kedua tangan setelah beraktivitas. Secara umum kalian dianjurkan mencuci tangan saat hendak melakukan berbagai macam kegiatan sehari-hari.

Di samping itu, kalian juga perlu membersihkan tangan sebelum memegang tas. Tujuannya supaya tas kesayangan bisa terhindar dari debu atau kotoran yang berasal dari tangan kalian. Apabila kamu tidak menemukan sumber air mengalir, pakai tisu basah antiseptik untuk menjaga tangan tetap bersih dan steril.

Terkait:  Cara Merawat Anak Kucing Baru Lahir

Ketahui Jenis Bahan Tas

Kalian tidak bisa memperlakukan semua jenis tas dengan sama. Oleh sebab itu, kalian harus mengenali jenis bahan dari tas yang sering digunakan sehari-hari. Hal ini dikarenakan satu sama lain memiliki perawatan berbeda.

Apabila tas kalian terbuat dari bahan kain, maka bisa membersihkannya dengan kain bersih dan sebaiknya hindari penggunaan air berlebihan. Di samping itu, tas berbahan dasar kulit juga butuh perawatan ekstra agar dapat terlihat lebih mengkilap dan mewah karena harganya lebih mahal.

Jangan Lakukan Pembersihan Setiap Hari

Kalian ingin mempunyai tas bersih dan bebas jamur setiap hari, bukan? Meski begitu, kalian tidak boleh membersihkannya setiap hari. Hindari pembersihan terlalu sering yang mana secara disadari atau tidak bisa merusak serat dasar dari bahan tas itu sendiri.

Di samping itu, sebagian besar masyarakat sering membersihkan tas dengan menggunakan produk berbahan kimia yang sebenarnya berbahaya terhadap tampilann tas. Apabila digunakan secara berlebihan, risikonya adalah tas kalian bakal rusak dan warnanya pudar.

Hindari Penumpukan Tas

Ketika kalian hendak menyimpan tas, periksa kembali apakah kancingnya sudah terkunci rapat atau tidak. Apabila terbuka, risikonya adalah semua perlengkapan yang masih tersimpan akan terjatuh dan kotoran apapun rentan masuk ke dalamnya.

Kalian tidak boleh menyimpan tas dengan menumpuknya karena merusak permukaan luar akibat gesekan dengan tas lainnya. Maka dari itu, kalian bisa pakai gantungan supaya sirkulasi udara bisa berjalan dengan baik sehingga permukaan dalam dan luarnya tetap bersih.

Manfaatkan Pouch Dalam

Pouch merupakan sebuah benda menyerupai kantong untuk menyimpan berbagai macam benda yang bisa dimasukkan ke dalam tas. Kamu bisa memanfaatkannya sebagai pelindung bagian dalam sebelum menggunakan tas.

Terkait:  Cara Merawat Ikan Cupang

Biasanya penempatan pouch harus menyesuaikan dengan permukaan internal dan ukuran tas yang bakal dipakai. Fungsinya sebagai pelindung dari tumpahan cairan, apalagi kalau sering gonta-ganti tas setiap hari. Selain itu, pemakaiannya juga bisa mencegah timbulnya noda dari make up yang menempel di dalam tas.

Pakai Tas secara Bergantian

Langkah selanjutnya untuk menjaga tas tetap bersih dan bebas jamur adalah sering menggunakan tas secara bergantian. Kalian tidak boleh memakai tas yang sama di segala suasana, karena debu dan kotoran akan menumpuk dan kamu tidak sempat membersihkannya.

Apabila kamu sering memakai satu tas, maka debu dan kotoran bisa menumpuk dan sulit dibersihkan. Tak menutup kemungkinan tas kesayangan bakal cepat rusak sehingga kamu harus membeli barang yang baru dan belum tentu kualitasnya sama.

Hindari Penggunaan Tisu Basah

Apabila tas terlihat berdebu dan kotor, sebaiknya hindari penggunaan tisu basah maupun zat kimia lainnya. Hal ini dikarenakan kalian bisa menimbulkan kerusakan pada bahan dasar tas nya, apalagi kalau tas nya terbuat dari kulit.

Kalian cukup menggunakan air hangat secukupnya dengan lap kering untuk membersihkan seluruh permukaan tas yang kotor. Selain itu, pakai kain bersih berwarna putih sehingga dapat mencegah luntur dan warna alami tas tidak akan pudar meski dibersihkan berulang kali.

Keringkan secara Alami

Jika kalian baru membersihkan tas dalam keadaan cukup basah, sebaiknya tidak menjemurnya di bawah sinar matahari supaya cepat kering. Kalian cukup meletakkannya di dalam ruangan yang sejuk dan tidak terlalu lembab.

Kemudian, kalian bisa menyimpannya di dalam kotak atau dust bag dengan menambahkan gel silika sehingga tidak dapat mengundang pertumbuhan jamur. Apabila kalian memaksakan diri menjemurnya di bawah sinar matahari, tas akan kehilangan warna aslinya dan cepat pudar.

Related posts