Cara Naik Eskalator

Cara Naik Eskalator

Akhir-akhir ini masyarakat sedang dibuat geger dengan berbagai macam insiden selama menaiki eskalator. Tak bisa dipungkiri sebagian besar kejadian tersebut disebabkan mereka belum tahu cara naik eskalator yang baik dan benar.

Secara umum tangga elektronik tersebut merupakan salah satu fasilitas umum yang berada di tempat-tempat tertentu seperti rumah sakit, pusat perbelanjaan dan sebagainya. Apabila kamu tidak bisa memanfaatkannya dengan baik, kamu mungkin bakal mencelakai diri sendiri maupun orang lain.

Eskalator menjadi fasilitas utama untuk memudahkan semua orang dalam menapaki setiap lantai di tempat-tempat umum. Tak heran sebagian besar orang yang mengunjungi sebuah tempat akan malas bila berjalan kaki dengan tangga biasa.

Kendati demikian, eskalator tetap disebut tidak aman apalagi untuk anak-anak di bawah umur. Hal ini dikarenakan mereka rentan terjatuh dan terpeleset sehingga dapat melukai dirinya sendiri, padahal sebenarnya insiden tersebut disebabkan kelalaian orang tua yang tidak memantau anaknya saat menaiki eskalator.

Cara Naik Eskalator

Cara Naik Eskalator
Cara Naik Eskalator

Apabila kalian jarang menggunakan eskalator, sebaiknya cari informasi mengenai cara naik eskalator dengan aman dan benar. Pasalnya, semua orang bukan sekadar berdiri dan menunggu anak tangga mengantarkanmu sampai lantai berikutnya secara otomatis.

Hal ini dikarenakan kalian perlu memastikan bahwa setiap jalurnya tidak berhadapan dengan ruang terbuka yang berisiko terjatuh bila kamu tidak memegang penyangga eskalator, terutama anak-anak yang sering menganggapnya sebagai mainan.

Tak sedikit masyarakat, terutama orang tua sering menyalahkan pihak rumah sakit atau mall yang mana eskalatornya tidak bekerja dengan baik karena kinerja mesinnya tidak stabil. Meski begitu, kalian perlu instrospeksi diri sebagai orang tua akibat tidak memantau si kecil selama menaiki eskalator.

Terkait:  Cara Naik Pesawat

Secara umum risiko serius mengintai siapapun selama menaiki eskalator seperti terjatuh atau terpeleset. Kalian atau anak-anak bukan hanya terkena luka serius, namun juga bisa berujung meninggal dunia bila tidak dianggap main-main.

Cara Naik Eskalator dengan Aman dan Nyaman

Barangkali kalian sedang mencari informasi mengenai cara naik eskalator dengan baik dan benar untuk menjaga keselamatan diri sendiri maupun si buah hati. Jangan menganggapnya sebagai sebuah mainan karena eskalator adalah salah satu fasilitas umum yang berbahaya bila tidak dipakai dengan benar.

Eskalator bukan sekadar memberi kenyamanan saat dipakai karena kalian hanya berdiam diri sampai diarahkan menuju lantai yang dituju, namun berbahaya bila tidak mengikuti standar keamanan sesuai tempat disinggahi.

Perhatikan Pakaian

Tak sedikit orang kurang menyadari akan hal ini. Kalian harus memperhatikan pakaian yang dikenakan diri sendiri maupun si kecil saat menaiki eskalator. Pasalnya, siapapun harus memastikan tidak ada benang terlalu panjang yang menyentuh tangganya.

Tujuannya supaya bisa mencegah kemungkinan benang atau tali tersangkut pada salah satu anak tangga dari eskalator yang digunakan. Apabila momen itu terjadi, kalian akan tersangkut di eskalator dan risiko terluka bakal terjadi bila tidak diatasi sejak awal.

Waspadai Anak-anak Saat di Eskalator

Apabila kalian membawa anak-anak saat menaiki eskalator, waspadai gerak tubuh mereka agar tidak dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Kalian bisa melarang mereka untuk tidak berada di dekat ujung anak tangga berjalan yang merupakan salah satu area berbahaya.

Kamu harus pantau mereka selama berada di tangga otomatis dengan tidak bermain, bahkan duduk di permukaan lantai eskalator. Hal ini dikarenakan mereka akan terluka akibat terkena ujung anak tangga yang masuk ke ujung atas setelah tiba di lantai tujuan.

Terkait:  Cara Naik Limit Kredivo

Pegang Tangan Anak di Eskalator

Jangan pernah memalingkan perhatian kalian dari si kecil yang sedang menaiki eskalator. Guna mencegah kecelakaan kecil bahkan besar, pegang tangan buah hati tercinta agar mereka tidak dapat bermain atau bersenda gurau selama menaiki eskalator.

Kalian bisa melihat sekeliling pusat perbelanjaan atau rumah sakit nanti saat kalian dan si kecil turun dari tangga berjalan. Pastikan kalian menuntun mereka untuk mengangkat badannya setelah tiba di lantai tujuan agar kakinya dapat terhindar dari ujung anak tangga.

Gunakan Alternatif Lain

Apabila kalian termasuk seseorang yang khawatir terhadap suatu hal saat menaiki eskalator, gunakan alternatif lain sehingga dapat mencegah hal-hal tidak diinginkan bila memakai tangga otomatis. Kamu bisa menaiki lift atau tangga biasa untuk menuju lokasi tujuan.

Biasanya sebagian besar pusat perbelanjaan atau rumah sakit sudah menyediakan lift kaca sehingga kalian dapat melihat pemandangan sekeliling yang indah. Kamu bisa keliling lebih aman dan seru tanpa khawatir jatuh yang berujung luka atau memar.

Gendong Anak saat Naik Eskalator

Apabila kalian membawa anak kecil berumur di bawah 5 tahun ke mall, sebaiknya gendong mereka saat naik atau turun dari eskalator. Namun, alangkah baiknya kalian tetap menggendongnya selama menaiki eskalator sebagai tindak pencegahan dan pengamanan paling baik.

Hal ini dikarenakan tidak semua anak kecil mengikuti perintahmu sebagai orang tua, mereka cenderung penasaran untuk menyentuh penyangga eskalator. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan untuk mencegah risiko kecelakaan seperti terjatuh terhadap buah hatimu.

Jangan Pakai Alas Kaki dari Plastik

Eskalator mempunyai permukaan halus dan licin sehingga dapat menimbulkan rasa licin terhadap siapa saja yang menaikinya. Oleh sebab itu, sebaiknya kalian tidak menggunakan alas kaki berbahan dasar karet atau plastik.

Terkait:  Cara Naik Kereta Api

Biasanya seseorang yang menggunakan sandal atau sepatu dari karet rentan terjatuh dan terpelet akibat permukaan lantai anak tangga yang licin, sedangkan kamu tidak bisa menahannya. Tak hanya itu, peringatan ini juga dikhususkan untuk anak-anak agar mereka dapat terhindar dari jatuh saat menaikinya.

Hindari Bawa Barang Terlalu Banyak

Apabila kalian sedang menaiki eskalator dan membawa belanja cukup banyak, apalagi kalau menggandeng si kecil juga. Hal ini dikarenakan kalian tidak akan fokus selama di eskalator dan semua tas belanja bahkan si kecil mungkin terjatuh bahkan tertinggal di eskalator.

Langkah efektif mengatasi masalah tersebut adalah jagalah keseimbangan dirimu selama menaiki eskalator. Pastikan tangan kiri atau kananmu tetap memegang si kecil agar dia tidak dapat lepas dari pantauan orang tuanya dan semua belanjaan tetap aman.

Tidak Berdiri Dekat Garis Kuning

Apakah kamu pernah melihat eskalator mempunyai garis berwarna kuning di setiap anak tangganya? Kalian harus tahu bahwa garis kuning tersebut adalah wilayah terlarang untuk dipijak siapapun yang sedang menaikinya.

Hal ini dikarenakan anak-anak maupun orang dewasa bisa terjatuh bahkan tersangkut bila tidak mengikuti ketentuan menaiki eskalator tersebut. Selain itu, kalian hanya boleh menginjakkan kaki di bagian tengah anak tangganya yang berwarna hitam supaya tetap aman dan terhindar dari insiden apapun.

Pegang Sisi Eskalator dengan Satu Tangan

Jangan pernah membiarkan kedua tanganmu menyentuh sisi kanan dan kiri pegangan eskalator, bahkan tidak memegangnya sama sekali. Kalian harus memegang salah satu sisi pegangannya supaya bisa mencegah jatuh atau terpeleset karena lenganmu menggenggamnya dengan erat.

Tak bisa dipungkiri tanganmu akan langsung merespons dengan cepat bila terjadi insiden diluar dugaan sehingga kamu dapat terhindar dari kejadian apapun saat naik eskalator. Aksi ini juga harus dijadikan contoh saat kamu membawa anak-anak menaikinya di mall.

Similar Posts