Cara Absen di Zoom

  • Whatsapp

Secara umum sebagian besar orang di dunia sedang membatasi kegiatannya di luar ruangan, termasuk sekolah dan bekerja. Tak sedikit dari mereka mengalami kesulitan saat absensi agar dapat dianggap hadir. Kamu bisa gunakan Zoom sebagai aplikasi penunjangnya, karena cara absen di Zoom cukup mudah.

Kalian hanya perlu mengunduh aplikasinya melalui PC atau gadget apapun, sedangkan aplikasi ini tidak mengganggu performa gadget sehingga kalian dapat berinteraksi dengan kerabat secara efektif dan efisien.

Read More

Zoom menjadi salah satu aplikasi yang sedang naik daun. Hal ini dikarenakan semua orang bisa tetap berinteraksi dan terhubung dengan menggunakan gadget. Tak bisa dipungkiri sebagian besar perusahaan mulai meliriknya sebagai aplikasi penunjang dalam pekerjaan.

Di Indonesia, hampir semua perusahaan nasional dan swasta mulai membatasi rutinitas di kantor demi mencegah penularan penyakit sekaligus aksi dari physical distancing (pembatasan kontak fisik). Oleh karena itu, penggunaan aplikasi Zoom memang dibutuhkan untuk bisa menjalankan pekerjaan jarak jauh.

Cara Absen di Zoom

Cara Absen di Zoom
Cara Absen di Zoom

Tak sedikit perusahaan mulai membatasi komunikasi tatap muka dan kontak fisik. Maka dari itu, video conference merupakan solusi efektif untuk memudahkan para atasan dan pekerjanya dalam menjalankan rutinitas di kantor dari jarak jauh.

Secara umum penggunaan video conference bisa membantu pekerja dan pelajar untuk saling terhubung, diskusi, rapat sampai webinar. Era digital seperti sekarang membuat para developer bersaing menciptakan aplikasi video conference terbaik, namun Zoom masih menjadi pilihan banyak orang.

Kami beritahukan bahwa aplikasi ini merupakan salah satu platform  untuk menunjang kegiatanmu saat sedang bekerja atau belajar. Di samping itu, Zoom menghadirkan berbagai macam fitur menarik seperti Meeting, Webinar, Share Screen, Recording sampai Zoom Room.

Terkait:  Biaya Bikin Akta Kelahiran

Fitur-fitur tersebut berguna menghubungkan kalian dengan semua rekan kerja sampai atasan setiap hari. Kamu bahkan bisa mengundang banyak orang untuk bergabung dalam satu meeting yang sama, sehingga semua pembahasan yang dijabarkan dapat diketahui dan didiskusikan secara langsung.

Cara Absen di Zoom, Fitur dan Cara Daftarnya

Barangkali kalian sedang mencari informasi mengenai cara absen di Zoom yang lengkap, maka kami bisa membantumu menjawab rasa penasaran tersebut. Kami akan bantu siapapun supaya bisa memakai dan memanfaatkan aplikasi ini untuk kebutuhan sehari-hari.

Zoom menjadi aplikasi video conference terbaik yang sedang naik daun. Hal ini dikarenakan aplikasinya sudah diunduh lebih dari puluhan juta kali di Google Play Store maupun App Store. Selain itu, jumlah penggunanya bahkan mencapai ratusan juta orang di seluruh dunia.

Apa Itu Zoom?

Zoom merupakan pelayanan video conference yang membuat penggunanya bisa melakukan obrolan secara online dengan menggunakan teknologi cloud computer serta keamanan 256-bit TLS encryption. Zoom dikembangkan sebuah perusahaan bernama Zoom Video Communications Inc yang bermarkas di San Jose | California | Amerika Serikat.

Zoom resmi didirikan oleh mantan eksekutif Cisco Webex, Eric Yuan tahun 2011 serta diluncurkan secara global pada tahun 2013. Zoom bahkan mampu diterima seluruh lapisan masyarakat dari beragam kalangan di seluruh dunia.

Zoom membantu kalian untuk tetap terhubung dan melakukan kegiatan tertentu seperti meeting, webinar, chatting hingga diskusi melalui sebuah channel. Zoom menjadi aplikasi video conference yang bahkan diandalkan beberapa organisasi di seluruh dunia.

Aplikasi ini memberikan dua opsi dalam melakukan percakapan yaitu gratis, namun ditujukan untuk 100 pengguna selama 40 menit. Selain itu, kamu bisa membayar layanannya sekitar USD$ 15-100 per bulan yang menyesuaikan dengan kebutuhan setiap penggunanya.

Terkait:  Biaya Buat Website

Fitur Utama Zoom

  1. Support Audio dan Video
    Zoom didukung dengan HD (High Definition) Audio dan Video. Pasalnya, kebutuhan berbicara dan bertatap muka akan selalu dibutuhkan. Tak hanya itu, berbicara secara bergantian dengan kualitas suara yang jernih akan memberi kenyamanan dan tidak mengganggu pembicara lain.
  1. Share Screen (Berbagi Layar)
    Share Screen adalah salah satu fasilitas aplikasi Zoom yang memungkinkan para engguna berbagi layar komputer, dokumen, data (Microsoft OneDrive, Google Drive, Dropbox, dll) sampai berbagi kamera kedua. Fitur ini hanya berguan mempresentasikan dokumen saja.
  1. Schedule (Penjadwalan)
    Admin bisa membuat dan mengatur jadwal meeting terlebih dahulu . Tujuannya supaya pengguna bisa berpartisipasi di dalamnya. Admin bisa mengatur waktu sesuai keinginannya. Biasanya batas waktu meeting antara 30 menit s/d 14 jam, sedangkan versi gratis hanya 40 menit.
  1. Keamanan
    Zoom sudah di-enkripsi menggunakan teknologi keamanan mutakhir 256-bit TLS encryption. Tak sedikit orang mengklaim aplikasi ini belum aman, tapi Zoom selalu meningkatkan kualitas perbaikan serta pengembangan supaya semua layanan dan fitur bisa dipakai dengan aman.
  1. Chat
    Zoom menghadirkan fasilitas obrilan (chat) supaya para pengguna bisa saling diskusi dan interaksi saat menggelar meeting atau webinar. Semua chat bahkan tersimpan di dalam sebuah riwayat (history) agar kamu dapat melihatnya lagi setelah selesai berdiskusi.
  1. Recording
    Admin juga bisa merekam (recording) dan menyimpannya dalam komputer saat melakukan meeting. Fitur ini lengkap supaya setiap meeting yang dilakukan bisa ditonton lagi, bahkan saat partisipan berhalangan hadir saat meeting tetap dapat melihatnya lewat rekaman itu.
  1. Reactions
    Fitur ini membuat suasana meeting akan terasa menyenangkan dan seru. Pasalnya, saat berkirim pesan tanpa meeting juga terdapat fitur reaction supaya pengguna bisa memberi tanggapan kepada pengguna lain yang dianggap menarik, serta interaksi lebih menyenangkan.

Cara Daftar Zoom

  • Kunjungi situs resmi pendaftaran Zoom via https://www.zoom.us/signup.
  • Silakan isi data diri seperti tempat dan tanggal lahir, klik Continue.
  • Kemudian, masukkan email aktif dan pilih menu Sign Up untuk melakukan pendaftaran.
  • Tunggu beberapa saat sampai pihak Zoom mengirim email verifikasi, klik Activate Account untuk aktivasi dan verifikasi akunmu.
  • Berikutnya, jawab pertanyaan yang diajukan yakni Are you signing up on behalf of a school?.
  • Pilih Ya atau Tidak.
  • Klik Continue.
  • Isi nama depan, nama belakang, pekerjaan, nama sekolah, email sekolah (khusus pelajar) dan lainnya.
  • Centang bagian perizinan dan ketentuannya, klik Continue.
  • Selanjutnya, isi password dan confirm password untuk masuk tahap selanjutnya. Password harus menggunakan kombinasi angka dan huruf (minimal 8 karakter).
  • Lewati bagian invite dengan menekan tombol Skip This Step.
  • Pengguna bakal memperoleh link personal untuk meeting. Silakan testing untuk mencoba dan melihat hasilnya.
  • Selesai.
Terkait:  Cara Absen di Google Meet

Cara Absen di Zoom via Google Form

  • Apabila sudah bergabung dalam meeting di Zoom, silakan akses fitur chat.
  • Pengguna yang mengandalkan smartphone bisa mengetuk layar ponsel, klik More dan pilih menu Chat.
  • Biasanya admin akan membagikan link Google Form melalui menu obrolan untuk melakukan absen. Pengguna bisa klik link Google Form yang dipakai untuk absensi tersebut.
  • Silakan isi semua kolom yang terdapat pada Google Form dengan data yang valid.
  • Kemudian, klik Kirim atau Submit.
  • Pengguna sudah dinyatakan melakukan absensi dan boleh keluar atau kembali ke meeting Zoom yang dihadiri.
  • Selesai.

Apabila admin atau host tidak meminta kalian dan partisipan lain melakukan absen, biasanya host sudah mempunyai aplikasi Zoom berbayar yang membuat mereka mengakses report partisipan. Selain itu, beberapa host mungkin bakal melakukan absensi manual dengan memanggil nama partisipan satu per satu.

Related posts