Cara Bermain Bulu Tangkis

  • Whatsapp

Kalau kalian kenal dengan Susi Susanti, Taufik Hidayat, Kevin Sanjaya, Greysia Polli, dan masih banyak atlet ternama lainnya di Indonesia. Berarti, Kamu termasuk salah satu orang yang menggemari olahraga cabang bulu tangkis. Semua nama yang telah disebutkan, mereka berhasil mengharumkan tanah air, hingga ke seluruh dunia. Bahkan, ada yang sudah pensiun.

Permainan bulu tangkis, ketangkasan atletnya menjadi salah satu kunci keberhasilan lemparan kok ke arah lawan. Tidak hanya itu, kalian juga harus terus berlatih dan belajar membaca pergerakan yang dilakukan oleh musuh. Cabang olahraga satu ini, umumnya dimainkan secara single dan ada juga yang beregu ganda. Bisa putra, maupun putri.

Badminton atau bulu tangkis tersebut, mulai terkenal di negara India sekitar abad ke-17. Nama permainannya disebut dengan battledore. Lomba memukul bola yang terbuat dari buntalan wol ini, dipukul dengan tongkat dan tidak boleh jatuh ke tanah. Berkembang lagi, saat memasuki abad ke-18. Inggris raya, mengenal istilah permainannya dengan poona.

Gabungan dari poona dan battledore inilah, yang kini dikenal sebagai badminton. Berdasarkan kutipan dari buku Shuttlecock/Kock Menari Indah di Udara: Olahraga dan Rekreasi, terbitan Kemdikbud (2017). Terdapat tiga teknik dasar dalam permainan bulu tangkis. Apa saja ketiga teknik yang dimaksud? Simak cara bermain bulu tangkis, berikut ini!

Cara Bermain Bulu Tangkis

Cara Bermain Bulu Tangkis
Cara Bermain Bulu Tangkis

Cara Bermain Bulu Tangkis Brainly

Mayoritas masyarakat Indonesia, telah berlatih bulu tangkis sejak di bangku sekolah. Ada yang sudah dari SD (Sekolah Dasar), atau paling lambatnya ketika masuk SMP (Sekolah Menengah Pertama). Biasanya, guru olahraga yang bertugas sebagai pengajar di lapangan, terlebih dahulu menjelaskan secara materi didalam kelas. Baru setelahnya, dipraktekan

Terkait:  Cara Kerja di Korea

Permainan bulu tangkis ini, seringkali dianggap hobi oleh sebagaian besar orang. Selain peralatannya yang mudah ditemukan dan dapat kalian beli dengan harga terjangkau. Sangat cocok juga, buat para ladies yang sedang menjalani program diet. Lapangan yang tersedia, terbagi menjadi 2 mcam. Pertama outdoor dan yang keduanya adalah indoor.

Brainly, dimana website ini menyediakan berbagai jawaban informatif untuk membantu memecahkan pertanyaan seputar dunia pendidikan. Entah itu pelajaran yang berkaitan dengan hitung-hitungan. Bahkan materi olahraga sekalipun. Seperti halnya soal yang diajukan oleh akun bernama Kayla6897. Dirinya menanyakan, bagaimana cara bermain bulu tangkis.

Menurut jawaban yang diberikan oleh akun Astynsombo, ada tiga teknik yang digunakan untuk permainan bulu tangkis. Hasil dari balasannya, mendapatkan respon yang positif. Sebanyak 22 orang, mengucapkan kata terima kasih karena telah merasa terbantu. Bintang yang didapatkannya, juga mencapai 5.0 dari skala 0 sampai dengan 5.0.

Jawaban yang disampaikan, hanya dalam konteks ringkasan. Sehingga, buat kalian yang butuh penjelasan lebih rinci, pembahasannya akan diulas disini! Peralatan yang wajib untuk memainkan bulu tangkis, hanya terdiri dari dua buah. Raket dan kok. Kalau tidak ada lapangan khususpun, pemain tetap dapat mempraktekannya. Cari saja tanah terbuka yang luas.

1. Teknik Ketika Memegang Raket

Saat membahas cara bermain bulu tangkis, ada teknik tersendiri buat para pemain dalam memegang raket. Terdiri dari 4 jenis. Forehand Grip , Combination Grip, American Grip, dan Backhand Grip. Bingung, dengan maksud dari masing-masing istilah yang telah disebutkan? Ini dia pengertiannya!

Bermula dari Forehand Grip, atau biasa disebut dengan teknik pegangan raket dalam posisi miring. Cara ini, paling umum digunakan oleh pemain bulu tangkis. Baik itu atlet maupun seseorang yang gemar berolahraga. Mayoritas, menggunakan teknik tersebut. Karena, lebih fleksibel untuk diaplikasikan saat bermain, lebih efektif juga untuk mengembalikan bola.

Caranya, kalian memposisikan ibu jari atau jempol dan telunjuk dalam keadaan saling menempel di handle raket yang kecil.Namun, sangat tidak dianjurkan untuk digunakan ketika pertandingan. Terlebih, mengubah posisi pegangannya dilakukan di tengah-tengah perlombaan. Sebaiknya, terapkan ketika berolahraga santai. Bisa diaplikasikan oleh pemula.

Terkait:  Cara Kerja Freelance

Berikutnya, ada Combination Grip. Campuran dari beberapa teknik dalam memegang raket. Pertama-tama, pemain harus memegang raketnya dalam posisi miring. Kemudian, posisikan ibu jari kalian berada di belakang handle. Sedangkan telunjuk, diarahkan menghadap ke ujung raket. Jari-jari lainnya, diposisikan bebas sesuai kebutuhan.

Kemudian, berlanjut ke teknik American Grip. Cara memegang raket dengan style Amerika ini, mirip ketika kalian sedang memukul-mukul kasur. Makanya, nama lainnya sering disebut pegangan geblok kasur. Bagian tangan yang ada pegangan raketnya, posisi ibu jari dan telunjuk saling bersentuhan. Sangat cocok dierapkan saat melakukan smash dan pukulan atas.

Backhand Grip merupakan, teknik cara pegangan raket yang dapat mempersulit pegerakan dari lawan. Caranya, kalian pegang raket dalam posisi miring. Lalu, bagian ibu jarinya ditempatkan di belakang handle raket. Sedangkan jari-jari lain, diposisikan di depan. Kalau menggunakan teknik ini, kok yang dilemparkan dapat melaju dengan cepat dan keras.

2. Teknik dalam Melangkah atau Footwork

Teknik ini, lebih terfokus pada bagian bawah tubuh pemain yang menopang berat tubuh. Ya, kalian benar. Bagian bawah tersebut, tidak lain adalah kaki. Lebih tepatnya, cara melakukan pergerakan kaki selama menngaplikasikan cara bermain bulu tangkis. Selama permainan, seseorang dapat bergerak bebas ke setiap sisi sesuai dengan arah datangnya kok.

Kalau sudah mampu menguasainya, kalian bisa semakin terus berkembang. Mulai dari tingkat kesigapan, kelincahan, dan memprediksi arah jangkauan datangnya kok. Teknik ini juga berhubungan dengan aspek pertahanan. Semakin bagus pergerakan kaki pemain, maka dirinya dapat lebih cepat tanggap untuk membalikkn serangan dari lawan.

3. Teknik Pukulan Atau Servis

Servis atau pukulan yang dilakukan diawal permainan bulu tangkis ini, wajib dipraktekan oleh para pemain. Semakin bagus teknik servis yang telah dikuasai, tinggi juga potensi perolehan poin kalian. Terdapat dua jenis pukulan yang sering digunakan dalam cara bermain bulu tangkis. Pertama, forehand, dan backhand.

Forehand dipraktekan dengan cara melepaskan kok dari tangan pemain, sambil mengayunkan raket dari posisi bawah ke depan. Pukulan satu ini, seringkali digunakan ketika seseorang ingin melambungkan kok ke udara, untuk dikirimkan ke area belakang lawan. Tujuannya, menjebol pertahanan dari lingkup lawan agar mendapatkan poin.

Terkait:  Cara Kerja Flow Meter

Kemudian, backhand. Dimana pemain, mengawali pukulannya dengan memposisikan kok dekat dengan garis wilayah yang dimiliki oleh lawan. Caranya, Kalian berdiri sambil membuka kaki selebar bahu, lalu tarik salah satu kakinya ke arah depan. Pastikan kaki yang berada di posisi depan, tidak menginjak garis lawan.

Cara Bermain Bulu Tangkis Sederhana

Permainan bulu tangkis, termasuk kedalam salah satu cabang olahraga yang mudah untuk dimainkan oleh anak-anak maupun orang yang sudah berumur lanjut sekalipun. Asalkan, orang tua tersebut masih memiliki tubuh yang bugar. Pasalnya, badminton tidak hanya menggerakan bagian tubuh tertentu saja. Melainkan, keseluruhan badan harus bergerak.

Cara bermain bulu tangkis sederhana, tinggal kalian terapkan saja tiga dasar teknik yang telah dijelaskan diatas. Tidak perlu menambahkan teknik pukulan lainnya. Kalau tujuannya, hanya untuk berolahraga saja. Berbeda dengan mereka yang ingin menjadi seorang atlet bulu tangkis. Setiap hal yang ada dalam permainan ini, perlu dipahami dan dilatih terus menerus.

Itulah penjelasan mengenai cara bermain bulu tangkis pada kesempatan kali ini. Kalian dapat menemukan informasi lain, seperti cara bermain bulu tangkis brainly, dan cara bermain bulu tangkis sederhana. Semoga bermanfaat. See you on the next days, keep health, and bye bye!

Related posts