Cara Bermain Yoyo

  • Whatsapp

Permainan satu ini, bahkan pernah diperlombakan hingga tingkat internasional. Kalian dapat memainkannya sebebas mungkin sesuai dengan gaya masing-masing. Asalkan, jangan sampai tali yoyo yang sedang dimainkan terlilit, atau bahkan terlepas dari jari tangan. Pada dasarnya, yoyo dijual secara bebas di pasaran. Corak dan kualitas bahannya juga beragam.

Banyak masyarakat yang lahir di era tahun 90’an, sangat tertarik untuk mencoba memainkan yoyo. Selain tidak menghabiskan banyak tenaga untuk memainkannya, permainan ini juga terbilang unik. Pasalnya, tidak ada batasan usia dalam aturan permainannya. Bola yoyo yang dijualpun, didesain semenarik mungkin. Beberapa diantaranya, mampu mengeluarkan cahaya.

Klasik tapi menarik. Itulah penggambaran yang cocok untuk mewakili permainan yoyo. Terkadang, pemain tingkat pemula sangat meremehkan cara bermain yoyo. DIkarenakan, alat yang sederhana, serta metode permainannya yang tampak mudah. Padahal, dibutuhkan ketangkasan serta keahlian khusus untuk dapat menjadi pemain yang mahir.

Setiap memainkan sebuah permainan, pasti kalian membutuhkan trik-trik yang dapat menunjang kesuksesan dalam bermain. Sama halnya dengan permainan yoyo. Tidak hanya sebatas diayunkan dari atas ke bawah saja. Akan tetapi, gerakannya harus terlihat indah. Apalagi, kalau tujuannya untuk menang di sebuah kompetisi. Harus unik dan keren, pastinya.

Cara Bermain Yoyo

Cara Bermain Yoyo
Cara Bermain Yoyo

Cara Bermain Yoyo dalam Bahasa Sunda

Permainan yoyo, sangat terkenal di tanah air Indonesia. Terlebih, peminatnya didominasi oleh suku sunda dan jawa. Buktinya, dalam buku mata pelajaran bahasa sunda yang diajarkan di sekolah, menjelaskan cara bermain yoyo dalam bahasa sunda. Sedikit contoh penggalan kalimatnya, seperti kudu aya panggalna, jeung kudu aya tali nu panjang.

Terkait:  Cara Kerja Bisnis DropNShop

Artinya, harus ada yoyonya dan tali yang panjang. Dua bahan tersebut, merupakan kunci dalam permainan yoyo. Bahannya sederhana, serta mudah untuk didapatkan di sekitar tempat tinggal. Dilanjutkan dengan cara bermainnya. Kali ini, akan dijelaskan dalam bahasa sunda. Arti dalam bahasa indonesinya, akan diberitahukan di paragraph berikutnya.

Kaulinan panggal, diulinkeun ku hiji urang. Cara ngulinkeunana, panggal dilit heula ka bagian luhur. Dilitna, ku tali nepi talina sesa saeutik. Geus kitu, panggal diayun ka handap atawa digedig nepi ka panggalna muter. Dituluykeun diayun-ayun panggal meh salah sahiji nu ngulinkeunna aya nu eleh. Upami panggal lepas ti cekelan panangan, eta patanda eleh.

Bahasa indonesianya, memiliki arti sebagai berikut. Permainan yoyo, dimainkan oleh satu orang. Cara memainkannya, yoyo dililit terlebih dahulu ke bagian atas (kedalam salah satu jari tangan). Dililitnya, menggunakan tali sampai tersisa sedikit. Setelah itu, yoyo diayun ke bawah atau ditembakkan ke udara sampai berputar.

Dilanjutkan dengan mengayun-ayun yoyo, supaya salah seorang pemain yang memainkannya kalah. Kalau yoyo terlepas dari cengkeraman tangan, itu adalah pertanda kalah. Kurang lebih, cara bermain yoyo dalam bahasa sunda, seperti yang tertera diatas. Kalian dapat menambahkan kekurangan caranya atau meniru sesuai dengan yang telah dijelaskan.

Cara Bermain Yoyo Kaki

Selain menggunakan tangan atau lebih tepatnya salah satu jari tangan sebagai penopang dari tali yoyonya. Ada juga jenis lainnya yang dimainkan dengan kaki. Nama mainannya, dikenal dengan sebutan yoyo hulahup flash jumping skipping ball kaki. Kalian dapat menemukan alatnya di online store atau toko-toko mainan terdekat.

Harga yang ditawarkan untuk hulahup kaki ini, kurang lebih sekitar Rp 55.000,-. Terbuat dari bahan plastik dan aman untuk dimainkan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Selain dapat mengisi waktu luang, permainan yoyo kaki juga bermanfaat sebagai alat olahraga. Cara memainkannya, dipasang pada bagian pergelangan salah satu kaki.

Terkait:  Cara Bermain Catur

Cara bermain yoyo kaki sangat mudah. Setelah alat dipasang dipergelangan kaki, kalian harus melakukan gerakan memutar dan melompat. Berikutnya, akan dibandingkan dengan cara bermain yoyo yang menggunakan tangan. Lebih sederhana dan dapat dilakukan kapanpun ketika sedang ada waktu luang. Itung-itung, sambil melatih konsentrasi dan ketangkasan.

1. Kenali Jenis Yoyo yang Cocok untuk Kalian

Terdapat beberapa jenis yoyo yang sengaja dibuat dengan berbagai macam kegunaan yang berbeda. Yoyo sendiri merupakan, permainan yang sudah ada sejak ribuan tahun silam. Hanya saja, sedikit ada perubahan versi dari jaman kuno ke model terkini.  Jenis-jenis yoyo beserta tujuannya, dapat kalian simak dibawah ini!

  • Yoyo kupu-kupu. Memilik bentuk yang serupa dengan julukannya. Besar dibagian sisi luar dan bagian dalamnya memiliki ukuran kecil. Jenis satu ini, sangat cocok digunakan ketika ingin melakukan trik memainkan tali. Dimana, trik tersebut biasanya dilakukan oleh pemain, melalui simpul yang tampak seperti jaring laba-laba
  • Yoyo imperial. Cakramnya memiliki bentuk bundar seperti model klasik. Manfaatnya sendiri, digunakan untuk menciptakan trik sebuah lingkaran. Pemain akan terus mengayunkan yoyo membentuk arah 360ο. Sesekali, yoyo akan kembali ke cengkraman tangan
  • Yoyo dengan tali terpisah. Sesuai dengan namanya, antara cakram dengan talinya ini tidak saling menyatu. Umumnya, digunakan oleh para pemain ketika sedang mengikuti sebuah pertandingan. Secara teknis, yoyo tersebut bertujuan untuk memantulkan piringan pada tali ketika digerakkan
  • Yoyo otomatis. Dirancang oleh sebuah produsen bernama Yomega beberapa tahun silam. Yoyo jenis ini, sempat tren pada masanya, karena dapat bergerak secara otomatis. Dalam kondisi tidur, yoyo akan berhenti di bagian ujung dari bawah tali sambil terus mengalami putaran. Sedangkan kalau dalam mode bangun, seketika akan kembali ke tangan pemain

2. Perhatikan Panjang Tali Yoyo

Ketinggian dari tali yang dianjurkan untuk para pemain pemula yang ingin cepat menguasai trik permainan yoyo, adalah beberapa sentimeter berada diatas pusar. Hal tersebut, dilakukan agar pemain dapat membuat lingkaran kecil untuk dikaitkan ke salah satu jari kalian. Kemudian, ikat dibagian pangkal tali. Ukurannya, sesuaikan dengan jari tengah

Terkait:  Cara Kerja Control Panel Hosting

3. Mengecek Sistem Penggerak Yoyo yang Dimiliki

Bongkar pasang yoyo sangat mudah. Kalian tinggal memutar kedua sisi yoyo, sampai terbagi menjadi dua bagian. Pemasangan talinya, biasanya dilakukan pada bagian tengah membentuk sebuah kumparan tali. Tapi, karena adanya modifikasi model. Maka, yoyo model terbaru, dilengkapi juga dengan sistem penggerak. Adanya di bagian tengah berwarna perak

4. Menguasai Cara Menggulung Tali Yoyo

Teknik menggulung tali yoyo, bisa langsung kalian kuasai dengan cepat. Pertama-tama, letakkan salah satu jari telunjuk dengan posisi melintang menempel pada yoyo. Kemudian, gulung tali dengan melingkari yoyo dan jari telunjuk sebanyak satu kali. Setelah itu, lingkarkan tali sebanyak dua atau tiga kali di bagian bawah jari telunjuk.

Angkat jari telunjuk yang telah dilingkari oleh tali sebelumnya, lalu lakukan gulungan berikutnya dengan membentuk sebuah lingkaran. Setelah melakukan lemparan pertama, tali akan terlihat normal seperti sedia kala. Tidak tampak bentuk lingkarannya lagi. Pastikan yoyo ditarik ke atas saat dimainkan

5. Hentakkan Yoyo dengan Keras Ketika Tali Telah Terulur Maksimal

Gerakan ketika melakukan cara bermain yoyo, tangan kalian harus fleksibel jangan kaku. Lakukan hentakan halus, agar yoyo dapat mendarat kembali ke tangan saat digerakkan ke atas. Pastikan untuk tidak mencengkeramnya terlalu erat ketika ditangkap. Ulangi secara terus menerus, sampai tangan merasa terbiasa.

Sekian penjelasan mengenai cara bermain yoyo di kesempatan kali ini. Ada juga informasi terkait seputar cara bermain yoyo dalam bahasa sunda, dan cara bermain yoyo kaki disini. Semoga bermanfaat. See you on the next days, hope you all be happy, and bye!

 

Related posts