Cara Bikin Email Baru

  • Whatsapp

Perangkat elektronik yang ditujukan kegunaannya sebagai alat untuk berkomunikasi, pasti terdapat informasi berupa data pribadi didalamnya. Biasanya, informasi tersebut, tersimpan dalam sebuah email. Melalui electronic mail inilah, semua pesan yang tadinya membutuhkan waktu hingga berhari-hari, dapat diterima dalam hitungan detik saja. Praktis, bukan?

Surat menyurat secara online ini, ternyata memiliki sejarah dibalik kehadirannya. Seorang programmer yang bekerja di Bolt, menemukan teknologi pengiriman pesan antar komputer. Ia bernama, Ray Tomlinson. Dirinya mulai memodifikasi dan menggabungkan program-program yang sudah ada sebelumnya, lalu dikembangkan. Perangkatnya, disebut SNDMSG.

Read More

Teknologi tersebut, memungkinkan seseorang untuk dapat melakukan pengiriman dan menerima file dari perangkat yang berbeda. Alhasil, seperti yang dapat dirasakan saat ini. Tidak hanya melalui komputer saja. Kalian dapat bertukar pesan melalui gadget apapun. Asalkan, support Google didalamnya. Mau itu handphone, smart TV, atau bahkan kulkas.

Situs penyedia email yang paling booming di Indonesia pada kisaran tahun 2000an, adalah Yahoo. Kejayaan tersebut, mulai sirna sejak kemunculan dari Google yang bersaing menyediakan layanan electronic mail. Beberapa website lainnya yang serupa, turut menawarkan email gratis, lengkap dengan beragam fitur andalannya. Diantaranya ada, Gmail, Yahoo Mail, AOL Mail, Yandex Mail, dan masih banyak lagi. Berikut cara bikin email baru!

Cara Bikin Email Baru

Cara Bikin Email Baru
Cara Bikin Email Baru

Cara Bikin Email Baru di Hp Samsung

Pengguna dari teknologi Hp jenis android, sudah tidak terhitung lagi jumlahnya. Adapun salah satu merek yang sangat terkenal di wilayah Asia, yaitu Samsung. Samsung Electronics Co. Ltd ini, merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang elektronik. Asalnya, dari Korea Selatan dengan kantor pusatnya yang berlokasi di Suwon, KorSel. Kpopers pasti tahu.

Terkait:  Cara Cari Uang di Internet

Sejak memasuki tahun 2010, Samsung termasuk kedalam salah satu vendor terbesar yang meraih pencapaian dalam pasar telepon dan ponsel smartphone. Bahkan, setahun berikutnya tepat di bulan April 2011, perusahaan ini berhasil menjual operasi HDD komesial dengan harga sekitar US $ 1,4 miliar. Produk pilihannya, masih dipegang oleh Samsung Galaxy.

Masih di tahun 2011, pencapainnya mampu menggeser posisi dari merek terkenal lainnya, yakni Apple Inc. Dimana, perusahaan Apple termasuk kedalam jajaran dari bisnis teknologi terbesar di seluruh dunia. Berbeda dengan sistem iOS yang tertanam dalam produk keluaran dari Apple. Samsung, menawarkan sistem OS yang dilengkapi dengan Google Play Store.

Hampir setiap akun sosial media yang terdaftar didalam Google play store, mengharuskan penggunanya mendaftarkan diri terlebih dahulu. Pastinya, menggunakan akun email. Buat kalian yang ingin tahu cara bikin email baru di Hp Samsung, sangat mudah. Ikuti langkah-langkah berikut ini, dan coba praktekan langsung!

  1. Pilih menu setting pada Hp android Samsung kalian
  2. Klik tulisan account atau akun pada layar, dan lanjutkan dengan memilih add account
  3. Klik icon Google, dan pilih “sign in” dan “create a new account” sebagai awalan untuk memulai cara bikin email baru
  4. Ketik nama depan dan nama belakang kalian. Kedua kolom tersebut, harus diisi untuk dapat melanjutkan ke tahapan berikutnya
  5. Pilih nama yang nantinya akan digunakan sebagai username. Kemudian, klik tombol next
  6. Kalau muncul tulisan that username is taken, artinya coba cari nama lain yang unik. Bisa juga diakali dengan menambahkan angka. Lalu, pilih next
  7. Pilih password yang mudah kalian ingat. Hindari menggunakan angka lahir untuk memperkuat kekuatan dari kata sandi Anda. Usahakan dalam password, terdapat huruf besar, huruf kecil, angka, serta karakter unik. Pastikan pengisian kolom dibawahnya, sama dengan yang ada diatas
  8. Pasitkan semua kolom, sudah diisi dengan data yang benar
  9. Pilih next step. Nanti, akan muncul pop up jendela privacy and terms atau sebuah kotak persyaratan. Centang pada tulisan “I Agree
  10. Kalau muncul pilihan yang menawarkan payment atau pembayaran, bisa kalian lewati dengan memilih no thanks. Lanjutkan dengan klik tombol next
  11. Selama aplikasi sedang memproses, jangan dikeluarkan terlebih dahulu. Bila suda selesai, kalian akan mendapatkan notifikasi berupa pemberitahuan bahwa akun Gmail baru sudah aktif.
Terkait:  Cara Bagi Link IG

Cara Bikin Email Baru di Hp Oppo

Hampir sama seperti cara bikin email baru pada Hp Samsung. Perbedaannya, terlihat dari tampilan tata letak penyimpanan menunya saja. Tapi tenang, tinggal cari ikon berbentuk huruf G. Nanti, didalam Google baik pengaturan dan menu lainnya akan tampak sama. Tidak terpengaruh dengan merek dari gadget yang kalian gunakan.

Disamping cara bikin email baru, kalian perlu tahu manfaat atau kegunaan dari pembuatan akun email tersebut. Tidak hanya dapat digunakan untuk kebutuhan sosial saja. Pekerjaan, bahkan sampai dunia pendidikan kini banyak bergantung dari penggunaan Gmail. Mau tahu manfaat lebih lengkapnya? Simak penjelasan berikut ini!

1. Dapat Merger dengan Google Hangouts

Kalian dapat mengecek file yang masuk, sambil melakukan obrolan melalui tampilan kontak hangouts yang terletak di bagian sisi kiri dari layar. Melalui Google hangouts, Anda juga dapat mengetahui kontak dari handphone yang menggunakan fitur tersebut. Memiliki arti sebagai sebuah aplikasi pesan atau messanger, serta bisa video call juga untuk berinteraksi.

2. Bisa Diakses Secara Offline

Buat pengguna yang tidak memiliki jaringan internet, tetap dapat mengakses Google secara offline. Caranya, kalian tinggal memasang ekstensi Gmail offline pada chrome ataupun browser website lainnya yang Anda miliki. Cara menambahkannya, pilih pada bagian menu extensions. Bisa diketik manual pada kolom pencarian. Download, kemudian klik save.

3. Bermanfaat untuk Menyaring Spam

Mayoritas website yang menyediakan layanan email, memberikan penawaran berupa fitur penyaringan. Salah satu hal yang disaringnya, adalah spam. Penyaringan spam milik Google inilah yang termasuk paling efektif diantara lainnya. Tidak hanya spam saja, virus, pishing iklan, dan masih banyak hal mengganggu lain yang akan tersaring selama kalian browsing.

4. Memiliki Kapasitas Besar

Dibandingkan dengan website penyedia layanan email lainnya, Gmail termasuk kedalam salah satu jagoan perusahaan mail yang memiliki kapasitas penyimpanan besar. Kalian dapat menyimpan file apapun, dengan kapasitas memori mencapai 100 GB. Bisa langsung upgrade dan lakukan pembayaran tiap bulannya sebesar $1,99. Non premium, kapasitasnya 15 GB.

Terkait:  Biaya Transfer LinkAja ke OVO

5. Tidak Ada Batasan Kadaluwarsa

Kalau website email lain, terkadang memberikan batasan waktu kepada para penggunanya untuk dapat terus menggunakan alamat email yang telah dimiliki. Sebagai contoh, Yahoo. Bila tidak dibuka dalam jangka waktu minimalnya adalah 4 bulan. Akun email kalian terancam akan dihapus secara otomatis oleh pihak perusahaan. Berbeda dengan Gmail.

Pengguna Gmail dapat merasa tenang. Karena, akun yang sudah aktif saat ini, dapat terus menerus digunakan sampai kapanpun. Bahkan, meskipun sang pemilik akun telah meninggal, selama kerabatnya mengetahui username dan password tetap dapat log in. Bisa juga dinonaktifkan atau hapus akun, demi menghindari penyalahgunaan dan cyber crime.

Itulah penjelasan mengenai cara bikin email baru di kesempatan kali ini. Kalian dapat menemukan informasi terkait, seputar cara bikin email baru di Hp Samsung, dan cara bikin email baru di Hp Oppo. Semoga bermanfaat. See you on the next topics, keep spirit, and bye!

 

Related posts