Cara Apply Visa Amerika

Cara Apply Visa Amerika
Cara Apply Visa Amerika

Barangkali sebagian besar orang belum tahu cara apply visa Amerika Serikat yang selalu dianggap sulit bukan main. Padahal, kamu sebenarnya tidak perlu repot mengusurnya supaya bisa bertolak ke Negeri Paman Sam untuk bekerja, berlibur atau kepentingan lainnya.

Siapapun bisa berangkat ke Amerika Serikat dengan menggunakan visa negara tersebut yang diurus sejak jauh-jauh hari. Apabila kamu membuatnya secara dadakan, mungkin jadwal keberangkatan akan melampaui agenda sebenarnya dan kegiatanmu akan terganggu akibat mengurus visa.

Tak sedikit orang mengaku pembuatan visa Amerika Serikat harus melewati proses panjang dan persyaratannya cukup rumit. Jangan heran siapapun yang berniat pergi ke sana harus menyiapkan fisik dan materi lebih besar supaya bisa menggenggam visa sebagai salah satu syarat mutlaknya.

Apabila kamu hanya sekadar berlibur bahkan bekerja, visa menjadi berkas penting selain paspor yang tidak boleh dianggap remeh. Pasalnya, visa Amerika Serikat tidak bisa dibuat dalam waktu 2-3 hari karena pihak terkait akan memeriksa dirimu secara dokumen dan fisik apakah layak pergi atau tidak.

Cara Apply Visa Amerika

Cara Apply Visa Amerika
Cara Apply Visa Amerika

Beberapa orang justru mengandalkan calo untuk membuat dan mengurus visa supaya bisa pergi ke Amerika Serikat. Pasalnya, masyarakat tidak ingin ambil pusing dan melewati seluruh rangkaian proses pembuatan visa yang rumit.

Tak bisa dipungkiri seseorang yang mengandalkan calon untuk membuat visa Amerika Serikat harus merogoh kocek lebih dalam daripada mengurusnya sendiri. Kami pastikan cara apply visa Amerika tidak serumit dan sangat membingungkan seperti asumsi banyak orang yang sedang mengurus bahkan pernah bertolak ke sana.

Terkait:  Biaya Buat Nomor Telkomsel

Walaupun kamu harus membuang waktu selama mengurus visa Amerika Serikat, tapi hasil jerih payah akan terbayar sesudah menggenggam dokumennya di tanganmu. Apabila tekadmu sudah bulat untuk pergi ke Negeri Paman Sam, kamu bisa mengurus visa nya di Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta serta Konsulat Jenderal Amerika di Surabaya.

Apabila kalian tidak berdomisili di Jakarta atau Surabaya, siapkan budget lebih besar untuk menyiapkan semua kebutuhan dalam membuat visa agar impian pergi ke sana dapat terealisasikan dalam waktu dekat.

Cara Apply Visa Amerika Serikat, Lengkap dan Mudah!

Bagi siapa saja yang sedang bingung mengurus visa Amerika Serikat, maka kamu bisa ikuti ulasan yang sudah kami siapkan untuk berangkat ke sana tanpa kendala apapun. Jangan pernah berpikir mengurus dan membuat visa adalah sesuatu yang rumit.

Apabila kamu tahu prosedurnya dan mengikuti prosesnya sejak awal, semuanya akan terasa cepat dan mudah. Namun, kalian hanya perlu korbankan waktu lebih lama karena durasi pembuatannya tidak sebentar seperti paspor, sedangkan budget yang dibutuhkan lebih banyak bahkan lebih dari Rp.2 juta per orang.

Kenapa Perlu Mengurus Visa Amerika Serikat?

Amerika Serikat adalah salah satu negara yang mewajibkan semua Warga Negara Asing (WNA) untuk membuat dan mengurus visa saat berniat menginjakkan kakinya di sana. Visa adalah tanda bukti bahwa orang asing tersebut sudah diizinkan untuk singgah di Negeri Paman Sam dalam kurun waktu yang telah ditentukan.

Visa juga berguna sebagai sinyal tujuan seseorang yang hendak bertolak ke negara lain seperti berwisata, sekolah/kuliah dan lainnya. Visa biasanya akan ditempatkan pada paspor maupun dokumen perjalanan dan hanya mampu diterbitkan oleh duta besar Amerika Serikat di negara terkait.

Terkait:  Cara Membuat Rekening BRI

Apa itu Visa Pengunjung?

Siapapun yang sedang mengurus visa Amerika Serikat, kamu biasanya bakal mengajukannya dengan visa pengunjung atau turis. Visa ini sering diajukan lantaran mampu dipakai untuk dua tujuan kunjungan berbeda, yakni keperluan bisnis dan liburan.

Visa ini merupakan visa untuk non migran yang berniat singgah dalam kurun waktu tertentu. Beberapa kegiatan yang sering dilakukan adalah menjenguk kerabat, liburan dan kegiatan lainnya. Tak hanya itu, mengikuti kegiatan kesehatan dan sosial juga bisa dilakukan dengan menggunakan visa turis.

Cara Membuat Visa Amerika Serikat

  • Silakan tentukan visa yang bakal dibuat, yakni migran atau non migran.
  • Apabila kamu memilih visa non migran, pastikan kamu tidak akan menetap di sana dan kembali ke Indonesia.
  • Kemudian, kalian harus membayar uang visa melalui Electronic Funds Transfer (EFT) dalam kurs Rupiah.
  • Kamu bisa mengisi formulir pengajuan visa Amerika Serikat atau DS-160 via online, tepatnya melalui laman id.usembassy.gov. Pastikan pengisiannya dilakukan dengan baik dan benar karena tidak bisa diperbaiki.
  • Kamu harus membuat profil online melalui situs resmi pembuatan visa Amerika Serikat di cgifederal.secure.force.com dengan melampirkan nomor paspor, bukti pembayaran uang visa dan 10 angka barcode maupun nomor konfirmasi formulir DS-160.
  • Apabila kamu sudah memilih waktu wawancara, silakan datang ke Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta atau Konsulat Jenderal di Surabaya dengan membawa berkas persyaratan seperti paspor (berlaku 6 bulan), foto ukuran 5×5 cm berlatar warna putih, nomor konfirmasi formulir DS-160 (dicetak pada kertas ukuran A4), bukti pembayaran uang visa, rencana perjalanan selama di Amerika Serikat dan surat keterangan pegawai (bila ada).
  • Silakan lakukan wawancara, pemohon biasanya dianjurkan datang paling telat 30 menit sebelum dan sesudah wawancara. Jadwalnya dimulai pkl.07:45 WIB dan bila kamu datang lebih dari pkl.09:30 WIB, wawancara wajib diulang.
  • Apabila hasil wawancara diterima, kamu akan menerima dokumen berwarna putih yang menjelaskan cara mengambil paspor dengan visa Amerika Serikat.
  • Jika dokumen yang didapatkan berwarna merah muda, permohonanmu ditolak dan hijau (kamu diminta memberi informasi tambahan sebelum keputusan akhir diambil), kuning (pengajuan butuh proses tambahan, paling lama 60 hari) dan biru (berkas pengajuan belum lengkap dan perlu dilengkapi dulu).
  • Selesai.
Terkait:  Cara Membuat Foto Menjadi HD Online (3 Metode) Mudah Banget!

Berapa Biaya Apply Bisa Amerika Serikat?

Bagi kamu yang belum tahu biaya apply visa Amerika Serikat, kami beritahu bahwa budget yang harus dibutuhkan minimum sebesar Rp.2,7 juta per orang. Kami beritahu bahwa tipe visa nya berupa single atau multiple sesuai kebutuhan masing-masing.

Biasanya pemohon harus menghabiskan waktu selama 5-14 hari untuk mendapatkannya supaya bisa digunakan saat berada di Amerika Serikat. Meski begitu, harga tersebut mungkin berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan dan menyesuaikan dengan kebijakan kedua negara.

Tips Wawancara Visa Amerika Supaya Diterima

Tak sedikit orang sering mengabaikan informasi ini, karena mayoritas pemohon yang ditolak kurang memperhatikan segalanya yang dibutuhkan pihak pemerintah dalam menyetujui permohonan pembuatan visa.

Secara umum visa Amerika Serikat bakal diberikan bila kamu datang lebih awal dan sudah diperiksa pihak resepsionis mengenai janji wawancara. Selain itu, rahasia supaya kamu bisa diterima wawancara adalah hindari penggunan ponsel saat antre atau berada di dalam gedung kedutaan.

Apabila kamu sedang mengikuti pemeriksaan dokumen, berikan paspor dan foto sesuai dengan ketentuan berlaku. Jika kamu sudah melengkapi semua dokumen, biasanya bakal diminta scan sidik jari.

Poin utamanya adalah saat kamu sedang diwawancara, pihak kedutaan akan memancing dengan beberapa pertanyaan soal tujuanmu ke sana, apakah memang niat liburan sebagai turis atau imigran gelap. Kamu juga akan menerima kertas tanda bila visa disetujui atau tidak sesudah wawancara, jika diterima biasanya kertasnya berwarna putih dan pink artinya ditolak.

Related posts