Cara Arisan Barang

Cara Arisan Barang
Cara Arisan Barang

Secara umum arisan merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan perempuan. Tak sedikit orang bahkan kamu sendiri bertanya bagaimana cara arisan barang dan mengikutinya untuk memiliki produk yang diinginkan. Barangkali kamu belum tahu bahwa tidak semua produk bisa digunakan sebagai barang utama dalam arisan.

Pasalnya, seseorang yang dilibatkan dalam arisan belum tentu membutuhkan bahkan menyukai produknya, sedangkan orang-orang bahkan penyelenggara arisan cenderung menghadirkan barang primer yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Arisan bisa dibilang sebagai salah satu aktivitas perkumpulan yang belakangan ini tidak hanya diminati para wanita, namun juga pria. Bagaimana tidak, laki-laki juga bisa mengikutinya untuk menanam investasi sambil menyetorkan uang setiap minggu atau bulannya sesuai periode yang berlaku.

Tak sedikit dari mereka bisa menerima jumlah uang lebih banyak bahkan barang yang diinginkan tanpa pusing mencari kesana kemari. Meski begitu, kalian harus memastikan para partisipan yang dilibatkan adalah orang-orang bertanggung jawab dan bisa ikuti kebijakan arisan sampai akhir periode.

Cara Arisan Barang

Cara Arisan Barang
Cara Arisan Barang

Di Indonesia, arissan menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan banyak orang tanpa memandang usia. Kegiatan ini merupakan aktivitas yang menuntut para partisipan untuk menyimpan uang dalam jumlah tertentu sehingga dapat diputar kepada siapapun sebagai pemenang.

Tak hanya itu, uang nya juga bisa digunakan sebagai budget membeli barang impian seseorang bila dinyatakan menang arisan melalui kocokan nama atau nomor. Biasanya nominal uang yang disetorkan tergantung kesepakatan semua pihak terlibat sejak awal pelaksanaannya.

Orang-orang sering menganggap arisan barang sama dengan menabung konvensional. Padahal, sistemnya berbeda dengan tabungan yang mana siapapun tidak bisa menyetorkan uang sesuai kemampuan masing-masing. Arisan mempunyai patokan nilai uang yang perlu disetorkan setiap periode untuk menentukan pemenangnya.

Terkait:  Cara Dapat Pulsa Darurat Telkomsel (4 Metode) dengan Syarat🤎

Apabila kamu mengikuti arisan barang, biasanya uang yang disetorkan menyesuaikan dengan harga produk pilihan sehingga dapat dibeli tanpa kekurangan atau kelebihan budget dan para partisipan bisa memiliki barang yang diinginkan.

Cara Arisan Barang, Kelebihan dan Kelemahannya

Apabila kamu belum tahu cara arisan barang dengan benar, sebaiknya ikuti dan simak pembahasan ini dengan seksama. Kami sudah merangkum beberapa informasi mengenai prosedur mengikutinya sejak awal sampai akhir.

Tak sedikit orang hanya sekadar mengikutinya tanpa memperhatikan kelebihan dan kelemahan dari arisan barang. Pasalnya, siapapun mungkin bakal mengalami risiko diluar dugaan karena tidak semua partisipan yang terlibat bisa patuh terhadap ketentuan dan syarat berlaku selama arisan barang masih berjalan sampai sekarang.

Apa itu Arisan Barang?

Arisan ini merupakan salah satu kegiatan berkumpul antar keluarga dan kerabat untuk mengumpulkan budget sesuai periode tertentu. Kegiatan ini biasanya harus melakukan kolektif alias patungan ketika salah satu anggota bakal mengadakan pesta.

Siapapun harus membawa barang yang pasti ditentukan sejak awal. Barangnya tidak boleh sembarangan dan item yang sering dipilih adalah sembako, minyak goreng dan barang lainnya yang dibutuhkan untuk keperluan acara. Arisan ini bisa dibilang sering dipilih banyak orang, karena kegiatan yang bakal dilakukan bisa dibantu para partisipan lain.

Secara umum ketetapan arisan barang tidak sembarangan, contohnya bila ibu-ibu memilih arisan barang berupa lemari es 2 pintu dengan harga sekitar Rp.3 juta. Apabila jumlah partisipannya sebanyak 6 orang, maka setiap anggota arisannya bisa menyerahkan uang sebesar Rp.500 ribu per bulan.

Pemimpin arisan barang juga bisa membelikan benda elektronik lainnya ke toko tertentu, sedangkan penyelenggara arisan mungkin akan menerima diskon menarik dari toko tersebut lantaran sudah berlangganan membeli barang di sana.

Terkait:  Cara Mengambil Foto di Instagram

Cara Arisan Barang yang Aman dan Benar

  • Pilih Jenis Barang
    Pemimpin arisan bisa menentukan barang utama yang bakal dipilih sebagai hadiah utama dalam kegiatan ini. Secara umum barangnya adalah alat-alat keperluan rumah tangga maupun kebutuhan sehari-hari lainnya, sedangkan harganya tidak terlalu mahal maupun murah.

    Kamu bisa menyediakan beberapa barang berbeda, karena setiap anggota arisan punya kebutuhan masing-masing. Pastikan barangnya mampu memenuhi kebutuhan calon pemenang arisan nanti.

  • Biaya Transportasi
    Kamu harus mendapatkan harga miring saat menyelenggarakan arisan barang. Selain itu, pastikan biaya transportasi yang digunakan tidak terlalu tinggi. Secara umum arisan barang mengutamakan item yang diinginkan pemenang dan ongkos kirim harus dihitung sejak awal.

    Seperti kita tahu bahwa kamu tidak mungkin membawa barangnya sendiri dari toko sampai ke tangan anggota yang menang arisan, apalagi kalau barangnya berukuran besar dengan bobot lebih berat.

  • Tentukan Supplier
    Kamu perlu menentukan supplier terbaik dalam menyediakan barang-barang arisannya. Kamu bisa mencari pihak lain yang menawarkan harga miring alias diskon. Tujuannya supaya kamu bisa membeli barang bagus dengan harga bersaing untuk memuaskan pemenang arisan.

    Supplier menjadi pihak penting yang perlu dilibatkan dalam arisan barang, karena mereka akan membantumu mencari barang bagus dan berkualitas. Kamu bahkan bisa mendapat diskon bila berlangganan membelinya di sana.

  • Penetapan Partisipan
    Siapapun tidak perlu repot mencari partisipan arisan ini. Namun, loyalitas menjadi modal utama supaya arisan barang bisa awet sampai akhir periode. Oleh karena itu, pastikan kamu mencari anggota yang jujur dan bersedia tunduk terhadap aturan arisan barang sejak awal.

    Kamu tidak boleh mengundang semua orang untuk bergabung menjadi partisipan dalam arisan barang. Hal ini dikarenakan siapapun belum tentu jujur dan bersedia tunduk terhadap kebijakan yang sudah ditetapkan demi kenyamanan semua partisipan.

Jenis-jenis Produk Arisan Barang

  • Pakaian
    Pakaian menjadi salah satu barang yang digunakan sebagai hadiah dalam arisan barang. Kamu bisa menyediakan berbagai macam baju, tas, jaket dan item fashion lainnya sesuai kebutuhan. Kamu bisa membeli barangnya sesuai kebutuhan pemenang dengan harga yang menarik.
  • Kosmetik
    Seperti kita tahu arisan merupakan kegiatan perkumpulan yang didominasi perempuan, sedangkan kosmetik menjadi barang hadiah untuk diberikan kepada pemenang. Kamu bisa membeli lipstick, bedak atau eyeshadow yang bakal diserahkan kepada partisipan nanti.
  • Perhiasan
    Perhiasan menjadi barang utama yang belakangan ini digunakan sebagai hadiah dalam barang arisan. Tak bisa dipungkiri para partisipan harus siapkan budget lebih besar untuk setorkan uangnya kepada pemimpin. Jangan heran barang ini bisa dipakai sebagai investasi masa depan.
  • Peralatan Rumah Tangga
    Secara umum perlengkapan rumah tangga merupakan benda lazim yang dipilih dalam arisan barang. Pimpinan arisannya bisa membeli dan menyediakan berbagai macam benda yang sering dipakai seperti mixer, kompor, panci sampai lemari sesuai kebutuhan setiap pemenang.

Kelebihan dan Kelemahan Arisan Barang

Kami beritahukan bahwa arisan menjadi kegiatan yang mampu menjalin relasi karena kamu akan bertemu dengan orang baru dalam lingkup serupa. Selain itu, kamu akan dituntut melakukan investasi dengan cara menabung supaya bisa mendapatkan barang impian tanpa habiskan budget lebih banyak di kemudian hari.

Tak bisa dipungkiri arisan barang maupun jenis-jenis lainnya punya kelemahan yang mana salah satu partisipan mungkin tidak bertanggung jawab. Tak mustahil mereka akan kabur dan enggan bayar lagi kalau sudah menang. Selain itu, arisan juga dianggap boros karena pengocokannya tidak selalu digelar di rumah dan tidak ada suku bunga.

Related posts