Cara Bisnis Properti Tanpa Modal

  • Whatsapp

Sebenarnya, beberapa diantara kalian, pasti sudah sadar. Kalau hanya mengandalkan pemasukan dari uang gaji saja, masih tidak cukup. Buktinya, banyak orang di luar sana yang mencari pekerjaan sampingan, atau mencoba memulai sebuah bisnis. Semua hal tersebut, dilakukan demi mempersiapkan masa depan yang lebih baik. So, wajar ya.. kalau rebutan.

Lowongan kerja yang ada di tanah air, masih terbilang terbatas. Alhasil, angka pengangguran semakin meningkat. Itupun, harus disaring dari berbagai aspek. Entah itu latar belakang pendidikannya, kemampuan atau skill, serta lain sebagainya. Makanya, banyak program yang menggalangkan agar masyarakat membangun bisnis. Biar, lapangan kerja semakin bertambah.

Upaya untuk mencoba memulai bisnis, bisa kalian terapkan dalam bidang properti. Bisnis properti sendiri, memiliki arti sebagai suatu cara pengembangan aset melalui pembelian sejumlah properti. Lalu, dijual kembali di waktu mendatang. Kalian dapat memulainya secara individual, atau bisa juga dengan mengatasnamakan sebuah perusahaan. Pokoknya, bebas.

Skalanya, tergantung dari jumlah aset yang dimiliki. Bisa berskala besar, maupun kecil. Bisnis ini, perlu kalian ketahui tidak hanya mengandalkan aset rumah hunian saja. Masih ada beberapa jenis lainnya, yang bisa dipilih sesuai keinginan dan kemampuan Anda dalam mengelolanya. Masa pensiun tetap terjamin? Simak, cara bisnis properti tanpa modal berikut!

Cara Bisnis Properti Tanpa Modal

Cara Bisnis Properti Tanpa Modal
Cara Bisnis Properti Tanpa Modal

Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal

Pengembangan sektor properti dari tahun ke tahun, semakin luas. Seperti halnya, para pebisnis yang bergabung membentuk satu kelompok usaha. Biasanya, yang digeluti tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, ada subsektor properti lainnya yang turut dikembangkan. Contohnya, konsultan, konstruksi, pengadaan lahan, pembangunan, dan lain sebagainya.

Terkait:  Cara Kerja Generator

Akan tetapi, modal yang dibutuhkan untuk membangun sebuah perusahaan properti, sangat besar. Kucuran dananya, tidak hanya bersumber dari individual semata. Bisa dari gabungan sekelompok orang, atau bahkan meminta bantuan dari para investor. Buat kalian yang tertarik untuk mencoba terjun ke bidang usaha satu ini. Perhatikan jenis-jenis properti, berikut!

1. Commercial Real Estate

Jenis properti satu ini, ditujukan bagi kalian yang ingin membangun usaha demi keperntingan meraih keuntungan yang sebesar-besarnya. Komersial yang dijalankan. Biasanya, mencakup urusan jual beli rumah-kantor (rukan), hotel, rumah-toko (ruko), kantor, serta gedung pertemuan. Sedangkan incaran atau target dari konsumennya, umumnya para pengusaha.

Karena prospeknya luas dan sangat menjanjikan. Maka, sebagian besar orang-orang yang membutuhkan propertinya, berasal dari kalangan atas. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada pengusaha. Bisa juga ditargetkan hingga ke lingkup pemerintahan. Semakin luas koneksi Anda dalam bersosialisasi, kemungkinan bisnis ini majupun sangat besar.

2. Special Purpose Property

Lanjut lagi, ke jenis berikutnya. Dimana, poin satu ini memiliki arti sebagai usaha properti yang sangat khusus. Pasalnya, target konsumennya juga tidak sembarangan. Dikhususkan, hanya bagi mereka yang memiliki keperluan dalam pengembangan suatu kawasan. Entah itu gedung konser, rumah sakit, kolam renang, tempat olahraga, pom bensin, dan lainnya.

Pokoknya, bisa diaplikasikan ke berbagai bidang. Asalkan, tujuannya pasti. Oleh sebab itu, jangan heran kalau persentase keuntungannya juga tinggi. Tidak ada batasan kalangan buat kalian yang ingin mencoba. Semuanya, bisa terjun ke special purpose property. Cara bisnis properti tanpa modal, dalam jenis ini susah untuk diterapkan. Karena, harus memiliki budget.

3. Residential Real Estate

Selanjutnya, ada jenis properti paling umum yang dipahami oleh masyrakat luas. Ya, ini dia cara bisnis properti tanpa modal melalui hunian atau tempat tinggal. Kalian bisa berperan sebagai konsultan. Jadi, tidak perlu biaya untuk memulainya. Hanya saja, analisis pasar serta pengetahuan kosntruksi harus dimaksimalkan. Supaya, pelanggan (client) tidak kecewa .

Terkait:  Cara Berjualan di Lazada

Umumnya, target pemasarannya adalah para anak muda atau bahkan mereka yang sudah berkeluarga. Soalnya, tidak hanya rumah tapak saja yang masuk ke dalam jenis satu ini. Apartemen, rumah susun, bahkan kondominium sekalipun. Semuanya, termasuk ke dalam cakupan residential real estate. Selain itu, ada bentuk kerja sama juga dengan pihak bank.

4. Industrial Property

Definisinya adalah, sebuah properti yang dibangun untuk memenuhi keperluan dari industri. Kembali lagi, karena tujuannya wilayah industrial. Otomatis, yang diincar atau konsumennya tidak lain yaitu, sebuah perusahaan. Mau itu perusahaan rintisan, atau sekelas macan Asia.  Skalanya besar. Tidak hanya terdiri dari ruangan saja, laboratorium, gudang, olah limbah.

Semuanya harus dipersiapkan secara matang. Agar, saat properti digunakan tidak akan mengganggu jalannya proses produksi. Baik pihak penyedia maupun pembeli, kedepannya dapat merasa tenang. Mau itu terkait perombakan sistem tata letak ruangan, atau masalah kepemilikan dari bangunan tersebut. Kepengurusannya, dilakukan oleh pihak agen properti.

Cara Bisnis Properti Syariah Tanpa Modal

Instrumen investasi yang ternaasuk ke dalam lingkaran berbasis syariat dari agama islam. Sebagian besar, dibeli label dengan nama syariah. Tidak hanya bank saja, bisnis properti juga ada. Bahkan, berdasarkan fakta di lapangan. Sejak memasuki tahun 2015, jumlah pembeli di masyarakat semakin meningkat. Kalianpun bisa memulai bisnis satu ini tanpa modal loh…

Adapun cara bisnis properti tanpa modal secara umum, entah itu untuk yang masuk ke dalam ranah syariah atau umum. Keduanya, hampir memiliki tips yang sama. Hanya saja, terdapat perbedaan jenis didalamnya. Kalau syariah, ada yang namanya developer property syariah, agen properti, hingga penyewaan properti. Berikut, tips yang bisa kalian terapkan!

1. Sering Melihat Iklan

Kalian dapat memulai usaha properti ini, melalui pencarian iklan. Setelah melihat-lihat dan mempelajari cara pemasarannya, coba mulai bayangkan langkah selanjutnya. Iklan tersebut, dimuat di berbagai macam media. Mulai dari sosial media, tv, koran, sampai dengan baleho (papan iklan) yang biasanya di pasang di pinggir jalan raya. Jadi, sumbernya banyak sekali.

Terkait:  Cara Cari Uang di Internet

2. Cari Calon Penjual

Balik lagi, karena disini konsepnya mencari cara bisnis properti tanpa modal. Otomatis, anggaplah kalian tidak memiliki aset sama sekali. Biasanya, nih, para agen properti atau konsultan yang menanganinya. Lalu, pekerjaan yang harus Anda tangani adalah mencari calon penjual.  Bisa dicari dengan melakukan survey lapangan, atau melalui pameran.

3. Mulai dari Lingkungan Sekitar

Pandai-pandai lah kalian dalam bersosialisasi. Ini penting! Soalnya, banyak pebisnis properti yang menjual asetnya ke lingkungan sekitarnya. Artinya, mereka terkadang tidak ingin repot memasang iklan. Selain untuk urusan jual-beli. Bisnis properti memang berkaitan dengan banyak orang. Ada sesi diskusi juga. Biasanya nih, kalau sudah menyangkut tawaran harga.

4. Penawaran Kejasama

Langkah yang harus dilakukan oleh kalian ketika berhasil menemukan seorang penjual aset. Tawarkan sebuah kesepakatan kerjasama. Tidak hanya sekedar dari ucapan semata. Kalian wajib mempersiapkan surat-surat penawaran kerjasama diatas kertas hitam-putih. Maksudnya, terdapat kekuatan hukum didalamnya. Jadi, tidak ada yang merasa dirugikan.

5. Sediakan Website

Mempersiapkan segala hal yang berguna untuk mendukung kalian mengetahui cara bisnis properti. Bisa dimulai dari menyediakan sebuah website. Manfaatnya, nanti dapat digunakan untuk keperluan beriklan. Pokoknya, jangan berikan sampai client mencurigai bisnis properti yang kalian jalankan. Pastikan, untuk mendaftarkan diri ke badan resmi milik pemerintahan.

Sekian penjelasan mengenai cara bisnis properti tanpa modal di kesempatan kali ini. Kalian juga dapat menemukan info terkait, seperti memulai bisnis properti tanpa modal, dan cara bisnis properti syariah tanpa modal. See you on the next topics, hope you enjoy your day, and bye!

Related posts