Cara Bityly WA

Beberapa diantara kalian, pasti sudah tidak asing lagi kalau mendengar istilah bit.ly. Ya, perusahaan yang berpusat di kota New York ini, dibangun pada tahun 2008. Pendirinya adalah, seorang profesional yang tergabung dalam komunitas terbesar di dunia. Bernama, Peter Stern. Sayangnya, dirinya pensiun saat memasuki tahun 2013. Tidak menjadi CEO lagi.

Sekilas informasi mengenai perusahaan start up satu ini. Bit.ly merupakan, usaha yang bergerak di bidang network. Tujuan utamanya, untuk mempersingkat URL, serta membantu manajemen tautan di platform. Bisnis tersebut, berhasil membuat 600 juta tautan link menjadi lebih singkat, dan efisien. Itupun, hanya dalam hitungan satu bulan saja. Manfaatnya banyak.

Bisa digunakan untuk jejaring sosial terkemuka juga. Contohnya, email, Wikipedia, SMS, Whatsapp, dan lain sebagainya. Namun, di luar sana banyak sekali oknum yang tidak bertanggung jawab. Mengatas namakan Bit.ly dan membuat segudang penipuan atau cyber crime. Oleh sebab itu, pengguna internet perlu bersikap lebih waspada dan cerdas.

Selain itu, aplikasi yang kerap digunakan untuk berkomunikasi di zaman modern seperti saat ini. Yaitu, Whatsapp. Meskipun sebelumnya sempat dihebohkan karena adanya perubahan yang memungkinkan celah para hacker untuk dapat meretas isi obrolan pribadi kalian. Tetap saja, banyak masyarakat yang masih menggunakannya. Berikut, cara Bit.ly Whatsapp.

Cara Bityly WA

Cara Bityly WA
Cara Bityly WA

Cara Membuat Bitly Whatsapp di Instagram

Kalian yang setiap harinya meluangkan waktu untuk berselancar di dunia maya, pasti sadar. Kalau link yang asli, memiliki tulisan campuran antara angka dan huruf dalam deretan yang sangat panjang. Lalu, kalau mau dibagikan ke orang lain, sedikit merepotkan. Pasalnya, rentetan gabungan tersebut, kalau tidak dapat dishare otomatis. Otomatis, perlu diketik ulang.

Terkait:  Cara Install Adobe Premiere

Repot dong, kalau salah cuman karena terlewat satu angka atau hurufnya saat diketik manual. Nantinya, tautan tersebut tidak dapat terdeteksi oleh search engine. Niatnya, ingin masuk ke sebuah website tertentu untuk keperluan mengikuti seminar online. Alih-alih bisa hadir sebagai audience. Malah kalian disibukkan mencari kesalahan yang ada. Enggak mau kan?

Oleh karena itu, mempelajari cara membuat Bit.ly Whatsapp di Instagram, ternyata bisa sangat membantu kalian. Anda, tinggal mengikuti langkah-langkahnya saja. Tidak perlu, sampai harus mengambil kursus terlebih dahulu untuk mempraktekannya. Browsing saja di internet. Ada yang lebih mudah lagi. Simak penjelasan yang akan disampaikan di bawah ini!

1. Buat Link di Aplikasi Whatsapp Smartphone Kalian

Step pertama yang perlu kalian lakukan, yaitu membuat sebuah link Whastapp pribadi. Agar, mempermudah orang lain ketika mereka ingin terkoneksi langsung dengan nomor chat Anda. Jadi, tidak perlu lagi menyimpannya terlebih dahulu di daftar kontak. Sebagai acuan link awalnya, coba tautan berikut ini!

https://api.whatsapp.com/send?phone=NomorHP

Bagian tulisan yang tertulis nomor HP, kalian dapat menggantinya sesuai dengan nomor yang aktif. Contohnya, 081357653428. Nah.. ditulisnya, nanti disesuaikan dengan kode negara masing-masing. Karena ini bagian dari provider yang berasal dari Indonesia. Maka, penulisan nomornya menjadi 6281357653428. Setelah selesai, akan muncul link berikutnya.

Tautan yang dihasilkan, akan terlihat seperti berikut ini: https://api.whatsapp.com/send?phone=6281357653428 . Karena konsepnya untuk menyambungkan secara otomatis ke laman pesan teks. Kalian perlu menambahkan format yang bertuliskan &text=Pesan pada bagian terakhirnya. Berikut contoh linknya!

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281357653428&text=Hai

Kalau ingin menambahkan spasi atau space, Anda bisa menyelipkan angka %20 pada bagian tertentu yang akan ditambahkan jarak. Kemudian, %3A untuk memberikan penambahan tanda titik dua pada tautan. Lalu, %0A digunakan dalam pemberian baris baru. Berikut adalah contoh, link WA yang mengirimkan pesan teks bertuliskan selamat pagi.

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281357653428&text=selamat%20pagi

2. Kunjungi Website Bit.ly

Anda juga dapat langsung mengunjungi situs Bit.ly dengan mengetiknya pada kolom pencarian di Google. Selanjutnya, lakukan paste link Whatsapp yang sebelumnya telah kalian buat. Kalau butuh shortcut dari keyboard, tinggal tekan CTRL+V. Kemudian, bisa langsung klik tulian shorten yang ada pada laman website, untuk mengubah tautan agar lebih ringkas.

Terkait:  Cara Extract File RaR

3. Tambahkan Link ke Bio Instgram

Setelah berhasil diringkas melalui situs Bit.ly, kalian tinggal membagikan tautan tersebut ke akun Instagram. Log in terlebih dahulu ke akun Instagram Anda yang aktif. Kemudian, masuk ke bagian profile. Tap tombol yang bertuliskan edit profile. Tekan CTRL+V, untuk menempelkan tautan yang sebelumnya telah disalin. Tempatkan di kolom website, dan save.

Cara Daftar Bitly Whatsapp

Siapapun dapat mendaftar di Bit.ly untuk keperluan membuat tautan. Termasuk salah satunya adalah Whatsapp, bisa dilakukan oleh kalian yang bahkan masih di bawah umur legal sekalipun. Singkatnya, buat Anda yang belum memiliki Kartu Identitas Penduduk (KTP) bisa dengan bebas mengaksesnya. Tidak ada batasan umur bagi penggunanya.

Terlebih, kalian tidak perlu bayar untuk dapat masuk ke beranda dari situs Bit.ly. Layanan ini, memang ditujukan bagi mereka yang membutuhkan URL dalam tulisan yang lebih pendek agar mudah diingat ketika dibagikan ke orang lain. Bisa diubah sebebas mungkin sesuai kebutuhan dan keinginan Anda. Mau ganti nama Bit.ly? gampang kok. Berikut caranya!

  • Masuk ke akun Bit.ly milik Anda (harus daftar terlebih dahulu kalau belum memiliki akun)
  • Pilih menu create berwarna orange
  • Copy paste (salin dan tempel) link yang akan kalian perpendek di bagian kolom
  • Setelah selesai, otomatis Anda akan mengarah ke halaman selanjutnya
  • Hapus bagian kode belakang Bit.ly untuk memulai penggantian pada kolom customize. Sesuaikan dengan tulisan yang kalian inginkan
  • Save dan selesai

Penting untuk kalian ingat! Jangan menggunakan layanan tersebut, kalau berisikan data informasi penting ataupun milik pribadi. Supaya, tidak disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Melalui Bit.ly ini, Anda dapat melihat daftar link milik pengguna yang membagikannya kalau tidak di proteksi. Tapi, tenang, ada cara protectnya..

Terkait:  Cara Barcode Maps

Kalian dapat menggunakan fitur private. Supaya, member yang emailnya telah terdaftar saja yang bisa mengaksesnya. Hal ini, sangat sering dilakukan oleh para pemilik akun Youtube. Sehingga, video yang sudah diunggah sebelumnya, tidak dapat dilihat oleh orang lain. Masih ada cara lainnya. Selain dari cara Bit.ly WA, pastinya.

Anda bisa memanfaatkan embed file yang terdapat di akun Youtube. Tepat di bagian laman sitenya, bisa kalian tambahkan dengan fitur login. Jadi, hana orang tertentu saja yang bisa mengakses video-video milikmu yang telah diupload. Lebih mudah kan? Namun, file tersebut masih dapat dishare secara meluas, dengan mengubahnya terlebih dahulu ke Dropbox.

Mediafire juga bisa. Tapi, jangan lupa untuk dikompresi terlebih dahulu file yang akan kalian bagikan. Bebas, mau dalam bentuk format apapun. Kemudian, tambahkan password supaya tidak dapat disebar luaskan, tanpa meminta izin terlebih dahulu ke orang yang membagikan filenya. Ya.. memang sedikit rumit. Tapi, ini cara paling aman agar tidak mudah diretas.

Cara Bit.ly WA ini, seringkali dimanfaatkan oleh mereka yang memiliki akun sosial media bisnis. Jadi, langsung terkoneksi tanpa harus repot-repot membagikan nomor handphone. Tidak perlu di save oleh orang yang ingin mengontak kalian, juga bisa. Kalau di Instagram, biasanya, disisipkan dengan tampilan link tree. Klik tautannya, maka akan langsung connect.

Sekian penjelasan mengenai cara Bit.ly WA di kesempatan kali ini. Kalian juga dapat menemukan informasi serupa, seperti cara membuat Bit.ly Whatsapp di Instagram, dan cara daftar Bit.ly Whatsapp. Semoga bermanfaat. See you on the next topics, don’t forget to bring your umbrella before the rain falls, and bye bye!

Related posts