Cara Bebas dari Hutang

Bagaimana cara bebas dari hutang? Secara umum masyarakat atau siapapun pasti pernah berutang kepada orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Selain itu, kamu pasti pernah meminjam uang dalam jumlah besar dengan menjanjikan pengembalian pada batas waktu tertentu.

Tak bisa dipungkiri sebagian besar orang yang meminjamkan uangnya kepada kerabat atau siapa saja pasti butuh cuan tersebut di kemudian hari. Kamu sendiri bahkan tidak segan menagihnya bila memang butuh untuk memenuhi kebutuhan yang sangat mendesak.

Kamu pasti tahu bahwa hutang adalah sesuatu yang “sensitif” dan tidak bisa dipandang sebelah mata. Siapapun mungkin pernah berseteru akibat hutangnya tak kunjung dibayar. Tak hanya itu, sebagian orang bahkan sampai rela menghabisi nyawanya sendiri akibat sulit membayar hutangnya.

Kamu tidak boleh membiarkan hutang semakin menumpuk, sedangkan hidupmu tidak akan nyaman dan tenang. Kamu juga perlu mengatur pengeluaran dan menekannya sehingga dapat memangkas hal-hal tidak penting sehingga dapat mencegah peminjaman uang kepada orang lain.

Cara Bebas dari Hutang

Cara Bebas dari Hutang
Cara Bebas dari Hutang

Apakah kamu punya hutang dan bingung membayarnya? Secara umum orang-orang akan pusing bagaimana cara bebas dari hutang sehingga kamu tidak dapat ditagih siapapun yang meminjamkan uang padamu.

Tak sedikit orang merasa ketar ketir saat jatuh tempo sudah dekat, namun kamu belum punya uang untuk melunasinya kepada pihak terkait. Meski begitu, kamu harus menyelesaikan masalah ini dengan kepala dingin untuk menemukan solusi terbaik supaya semua hutangmu bisa dilunasi.

Terkait:  Cara Kerja Flow Meter

Kamu juga harus mengenali berbagai macam hutang sehingga dapat mengutamakan salah satunya terlebih dahulu. Secara umum hutang terbagi ke dalam empat golongan yang terdiri dari hutang jangka pendek, hutang jangka panjang, hutang produktif dan hutang konsumtif.

Kamu mungkin agak paham bahwa hutang jangka pendek menjadi acuan utama yang mana pembayarannya berlangsung singkat, bahkan dalam hitungan hari saja. Jangan heran sebelum jatuh tempo biasanya kamu akan langsung ditagih oleh pemberi hutangnya.

Cara Bebas dari Hutang, Lakukan Sekarang untuk Hidup Nyaman!

Barangkali kalian penasaran bagaimana cara bebas dari hutang supaya bisa hidup lebih nyaman dan tenang. Maka dari itu, kami akan membantumu memecahkan masalah finansial sehingga dapat terbebas dari berbagai macam tagihan yang menerormu setiap hari.

Rahasia utamanya adalah kedisiplinan diri sendiri, karena disiplin dan tanggung jawab menjadi landasan penting dari setiap orang yang hendak berhutang. Apabila kamu jujur dan mampu melunasinya sesuai batas tempo yang berlaku, maka semua hutang pasti bisa dilunasi.

Hitung Jumlah Hutang

Langkah sederhana yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah hitung jumlah hutang secara keseluruhan. Kamu perlu menghitung semuanya dari perorangan maupun badan usaha. Apabila pembayarannya dicicil, maka kamu bisa memasukkan angkanya yang masih sanggup dibayar sampai akhir jatuh tempo.

Bayar Hutang Paling Urgent

Apabila kamu sudah menghitung jumlah hutang yang dimiliki secara menyeluruh, silakan bayar hutang paling urgent atau mendesak terlebih dahulu. Barangkali kamu tahu seseorang yang selalu menagih setiap hari mungkin membutuhkannya untuk kebutuhan darurat seperti biaya bersalin, rumah sakit sampai kebutuhan sehari-hari.

Cari Penghasilan Tambahan

Siapa saja pasti ingin melunasi semua hutangnya dengan cepat, bukan? Oleh karena itu, kamu bisa mencari penghasilan tambahan dengan menekuni pekerjaan tambahan untuk menambah pundi-pundi rupiah supaya bisa melunasi hutang. Kamu bisa mengerjakan pekerjaan sampingan sebagai freelancer atau pekerja lepas yang gajinya menarik.

Terkait:  Cara Bongkar Mesin Cuci

Batasi Pengeluaran

Sebaikna kamu mulai membatasi pengeluaran yang tidak terlalu penting, sehingga uangnya dapat digunakan untuk membayar hutang. Kamu bisa menganalisa berbagai macam pengeluaran tertentu yang bisa ditangani tanpa menghabiskan budget tinggi. Kamu juga harus ingat bahwa hidup tanpa hutang akan membuat batin lebih damai dan tenang.

Buat Laporan Keuangan Pribadi

Tak sedikit orang selalu membuat cash flow alias laporan keuangan pribadi untuk terhindar dari hutang. Tujuannya supaya kamu bisa tahu berapa pemasukan dan pengeluaran bulanan yang didapatkan, agar kamu dapat mengetahui perbandingan antar keduanya. Apabila kamu tahu selisihnya, kamu bakal menentukan berapa sisanya untuk dibayar hutang.

Jual Aset atau Barang

Apabila keuanganmu terbatas dan belum mempunyai pekerjaan sampingan, maka kamu bisa menjual berbagai macam aset atau barang yang memiliki nilai jual cukup tinggi. Kamu bisa menjual kendaraan, tanah atau barang berharga lainnya. Kamu bisa menjualnya kepada seseorang yang sedang butuh barang tersebut dan berani membelinya dengan harga cukup mahal.

Jangan Cari Hutang Baru

Orang-orang selalu berpikir bahwa solusi melunasi hutang adalah meminjam uang kepada orang lain alias berhutang lagi. Padahal, tindakan ini salah bahkan tidak dianjurkan karena kamu akan dibuat pusing dengan jumlah hutang yang semakin menumpuk. Hindari mencari hutang baru sehingga kamu tidak dapat dikelilingi tagihan tanpa henti yang berujung stress.

Tidak Menunda Pembayaran Hutang

Rahasia hidup terbebas dari hutang adalah tidak boleh menundanya. Kalian harus mengubah skala prioritas dengan membayar hutang terlebih dahulu setiap menerima gaji dari perusahaan. Apabila hutang sudah dibayar, maka kamu bisa menghitung sisa uangnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Jangan Pikirkan Hutang Setiap Waktu

Kamu pasti tahu bahwa siapapun yang sedang dikejar hutang mungkin akan tersiksa hidupnya. Namun, kalian harus menghadapinya dengan bijaksana dan dewasa. Hal ini dikarenakan kamu harus tetap berusaha dan tidak memikirkannya setiap waktu. Tak sedikit orang merasa stress akibat memikirkan hutangnya berlarut-larut.

Terkait:  Cara Copy Link Akun Instagram

Minta Dukungan Orang Terdekat

Terkadang seseorang yang sedang mempunyai masalah karena hutangnya banyak butuh dukungan moril dan semangat dari orang terdekat. Kamu bisa meminta motivasi dan semangat dari salah satu anggota keluarga atau kerabat terdekat. Kamu juga boleh curhat kepada mereka sehingga kamu dapat terhindar dari stress akibat memikirkan hutang yang harus dilunasi.

Hindari Pinjaman Online

Seiring berjalan waktu sebagian besar masyarakat mulai tertarik dengan pinjaman online. Bagaimana tidak, siapa saja bisa mendapatkan uang tunai dalam jumlah besar secara cepat dan praktis. Namun, kalian tidak dianjurkan mengajukan pinjaman sepeserpun karena pinjaman online cenderung memberikan suku bunga melampaui jumlah pinjaman yang diberikan.

Beli Kebutuan Seperlunya

Kalian harus cerdas saat mengatur pengeluaran dengan membeli berbagai macam kebutuhan seperlunya. Jangan pernah memasukkan berbagai macam hal yang sebenarnya tidak terlalu penting ke dalam catatan belanja. Pasalnya, sesuatu yang sudah dibeli tersebut belum tentu dibutuhkan dan bisa dimanfaatkan untuk membayar hutangmu kepada orang lain.

Tidak Pakai Kartu Kredit

Tak bisa dipungkiri kartu kredit merupakan salah satu alasan mengapa hutangmu sulit sekali dilunasi. Hal ini dikarenakan kartu kredit akan memintamu untuk melunasi cicilan yang sudah digunakan saat pembayaran berbagai macam transaksi sebelumnya. Kamu bisa berhenti menggunakannya untuk mengurangi jumlah hutang yang menumpuk.

Pakai Uang Tabungan

Jika kondisi memang darurat, kalian harus menggunakan uang tabungan untuk menutupi hutang yang belum dibayar dengan uang tabungan. Kamu perlu mempunyai uang darurat yang dimasukkan ke dalam rekening khusus. Tujuannya supaya kamu bisa melunasi hutang atau kebutuhan lainnya yang memang mendesak untuk segera ditutupi.

Related posts