Cara Beli Saham

Tak sedikit orang sedang mencari tahu cara beli saham lantaran berminat berinvestasi pada pasar modal. Tapi, banyak orang bahkan kamu sendiri mungkin tidak paham jual beli saham untuk meraup cuan berlimpah.

Saham merupakan instrument investasi yang menjadi bukti kepemilikan dari sebuah badan usaha maupun bukti pernyataan modal. Saham bahkan termasuk salah satu investasi yang berisiko cukup tinggi (high risk). Oleh karena itu, bila kamu tidak paham jual beli saham sebaiknya jangan iseng berinvestasi agar dapat mencegah kerugian besar di kemudian hari.

Read More

Secara umum seseorang yang berencana berinvestasi saham sebaiknya tahu ketentuan dan syarat berlaku. Kamu biasanya harus mempunyai tanda pengenal seperti KTP sehingga dapat berkecimpung dalam dunia investasi.

Apabila kamu baru pertama kali mencoba berinvestasi, investor pemula sekalipun juga bisa melakukannya. Pasalnya, siapa saja punya kesempatan yang sama untuk menanam saham di pasar modal agar kamu dapat mengantongi cuan lebih banyak dengan melakukan investasi sesuai kebijakan berlaku.

Cara Beli Saham

Cara Beli Saham
Cara Beli Saham

Kamu harus tahu bahwa membeli saham merupakan salah satu kemudahan untuk setiap investor di pasar modal. Kendati demikian, investor mana pun tidak akan selalu menjalani kegiatan investasi dengan lancar dan mulus.

Hal ini dikarenakan siapa saja bahkan kamu sendiri mungkin akan menerima risiko jangka pendek maupun jangka panjang. Oleh karena itu, siapapun harus tahu aturan dan syarat yang berlaku, termasuk cara beli saham yang benar sehingga kamu dapat terhindar dari kerugian bernilai cukup fantastis.

Terkait:  Cara Duet Nyanyi di Tiktok

Kamu bisa mengenai harga dan prosedur pembelian saham online melalui jejaring sosial. Meski begitu, kamu harus memastikan sumber informasi yang diambil memang terpercaya dan tidak diragukan keasliannya.

Kami beritahu bahwa investasi saham hanya bisa dilakukan melalui aplikasi trading maupun jasa broker saham yang sudah diakui dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Apabila kamu berinvestasi melalui broker yang belum terdaftar di OJK, sebaiknya jangan dilanjutkan karena pihak terkait belum diresmikan bahkan rentan menipu orang lain.

Cara Beli Saham Bagi Pemula dan Tips Jitu Main Saham

Bagi siapa saja yang belum tahu cara beli saham online dengan benar, maka kamu bisa mengikuti dan menyimak pembahasan ini sampai akhir. Kami akan bantu kalian supaya bisa bermain saham di pasar modal dan mengantongi pundi-pundi rupiah bernilai fantastis.

Di samping itu, investor pemula tidak perlu minder selama bergabung dengan investor mahir di pasar modal. Hal ini dikarenakan semuanya punya peluang menguasainya sesuai harga saham yang ditawarkan, sedangkan kamu perlu menjual saat nilainya sedang naik.

Daftarkan Rekening Saham

Langkah awal yang harus dilakukan adalah mendaftarkan diri untuk mempunyai rekening efek atau rekening saham. Kamu harus tahu bahwa pembelian saham sudah tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) hanya bisa dilakukan oleh beberapa perusahaan sekutas di Tanah Air.

Kamu berhak curiga bila ada wacana yang mengarahkanmu untuk membuka rekening saham ke platform tidak dikenal. Selain itu, pembukaan rekening sahamnya juga bisa dilakukan secara online (aplikasi atau website) atau offline di kantor badan usaha sekuritas terkait.

Lakukan Registrasi Rekening Dana Nasabah via Online

Kamu bisa mendaftarkan rekening dana nasabah melalui perusahaan sekuritas. Tapi, kamu bisa menghemat biaya dan waktu dengan melakukannya secara online. Kamu bisa mendaftarkannya lewat aplikasi atau website. Kamu hanya perlu mengakses salah satu situs resmi registrasinya sebagai berikut :

  • BNI Sekuritas : bnisekuritas.co.id.
  • BCA Sekuritas : bcasekuritas.co.id.
  • Ekuator Swarna Sekuritas : ie-registration.ekuator.co.id
  • CGS-CIMB Sekuritas : register.cgs-cimb.co.id.
  • Mandiri Sekuritas : register.most.co.id.
  • Jasa Utama Capital Sekuritas : register.juc.co.id.
  • Indo Premier Sekuritas : indopremier.com/Ipregister.
  • MNC Sekuritas : mncsekuritas.id.
  • Panin Sekuritas : register.pans.co.id.
  • Mirae Asset Sekuritas : open.miraeasset.co.id.
  • Sinarmas Sekuritas : financial.sinarmassekuritas.co.id.
  • Trimegah Sekuritas : trima.trimegah.id.
  • Phillip Sekuritas : poems.co.id.
Terkait:  Cara Daftar Ayo CPNS

Unduh dan Pasang Aplikasi Online Trading

Tak sedikit perusahaan sekuritas juga menyediakan aplikasi trading online yang bisa diunduh melalui Google Play Store maupun App Store. Namun, kamu harus memastikan diri sudah terdaftar sebagai salah satu nasabah di perusahaan sekuritas tersebut.

Kamu hanya perlu mengunduh dan memasang aplikasi trading online tersebut ke smartphone. Kemudian, kamu bisa masuk dengan menggunakan data diri seperti nomor telepon atau email, serta ikuti petunjuk yang diarahkan sampai kamu masuk ke pasar modal untuk melihat harga saham saat ini.

Setor Deposit Awal

Apabila aplikasi online trading sudah didaftarkan dan diverifikasi, maka kamu bisa menyetor deposit perdana yang menyesuaikan dengan batas minimum dari perusahaan sekuritas terkait. Kamu harus menyiapkan uang dari tabungan dan setorkan ke rekening dana nasabah pribadimu.

Tak hanya itu, penyetoran bisa ditransfer melalui ATM, internet banking maupun mobile banking dan ikuti prosedur sampai uangnya benar-benar masuk ke rekening dana nasabahmu. Kamu bisa memeriksa riwayat transaksi untuk memastikan uangnya sudah masuk melalui aplikasi online trading via smartphone.

Lakukan Transaksi Jual Beli Saham

Kamu bisa memulai transaksi jual beli saham sesudah semua prosedur sebelumnya dilakukan. Secara umum pembelian saham minimum adalah 1 lot, sedangkan nilai tersebut sama dengan pembelian 100 lembar saham. Di samping itu, penjualan saham juga sama yang mana dilakukan dalam besaran 1 lot.

Kamu biasanya akan dikenakan biaya transaksi sesuai kebijakan berlaku, sedangkan saham yang berada di Bursa Efek Indonesia juga bernilai variatif. Harganya bahkan mencerminkan perusahaan terkait, bila semakin rendah nilainya tentunya semakin banyak lot yang akan kamu miliki.

Tips Jitu Main Saham Online

Langkah sederhana yang harus dilakukan pertama kali adalah pilihlah perusahaan sekuritas yang sudah terdaftar dan diakui OJK. Kamu bisa mengandalkan beberapa badan perusahaan ternama yang keamanannya terjamin seperti BNI Sekuritas, BCA Sekuritas, Danareksa Sekuritas dan masih banyak lagi.

Terkait:  Cara Cancel Shopee

Kamu harus mengetahui daftar perusahaan sekuritas di Indonesia supaya bisa memastikan pilihan yang dijatuhkan benar-benar tepat. Selain itu, kamu juga bakal terhindar dari investasi abal-abal bahkan kerugian dalam jumlah besar.

Walaupun terkesan sepele, namun kamu harus membaca dan menonton pembahasan tentang jual beli saham dari perusahaan sekuritas yang sudah dipilih. Secara umum pihak badan usaha sudah menyediakan aplikasi dan website resmi yang berisi konten tentang prosedur jual beli saham dengan benar.

Kamu juga bisa menonton videonya melalui YouTube bahkan bertanya langsung kepada pihak customer service melalui website maupun jejaring sosial. Kamu wajib menanyakan sesuatu yang belum dipahami untuk cegah hal-hal tidak diinginkan.

Poin terakhir yang tidak kalah penting diperhatikan adalah tetapkan tujuanmu membeli dan menjual saham, apakah untuk investasi atau trading. Kami beritahu bahwa investasi dan trading memiliki perbedaan signifikan yang mana investasi dilakukan lebih lama untuk mengantongi cuan cukup banyak.

Apabila kamu hanya sekadar melakukannya untuk trading, maka kamu tidak bisa menjalani terus menerus karena sifatnya singkat (jangka pendek). Kamu bahkan tidak akan mendapat keuntungan karena trading cenderung meraih profit saja.

Related posts